Thursday 27 October 2011

印尼华人 (21/1)

印尼华人 (21/1)


KADO KEMATIAN UNTUK ANDIKA

Posted: 27 Oct 2011 01:51 PM PDT

Selamat Ulang Tahun, Andika. Semoga kamu menjadi seperti yang kamu inginkan. Aku tak bisa memberikan kado apapun untukmu, selain KEMATIANKU. Mungkin ini akan menjadi kado termanis untukmu.. _Gisella_

Aku tetegun sejenak setelah kubaca surat Gisella yang kuambil dari kotak surat yang terletak di depan rumahku. Sekelebat bayangan Gisel kini hadir di benakku. Gadis keturunan Tionghoa yang sampai saat ini masih kusayangi. Satu-satunya gadis yang sangat sederhana yang kutemui sepanjang perjalanan hidupku. Gisel tinggal bersama ayah dan ibu tirinya yang biasanya dia panggil tante. Orang tua Gisel memperlakukannya dengan tidak baik, tapi dia sama sekali tak pernah mengeluh dan menjelekkan keduanya. Cerita-cerita pilunya kudapat dari tetangganya yang suka mengadu padaku saat aku menunggunya di warung dekat rumahnya.

Aku tak habis pikir mengapa Gisel sebodoh itu mengambil keputusan untuk mengakhiri hidupnya dengan cara yang tragis. Ah, aku tak mau membuang lebih banyak waktu lagi. Dengan tergesa aku ambil kunci motor Ninjaku lalu berangkat menuju rumah Gisel. Ketika aku tiba di rumahnya, tak ada seorangpun yang nampak. Kucoba telpon tante Dira-Ibu tiri Gisel_ untuk memastikan ada apa sebenarnya. Tetapi beberapa panggilanku tak dijawab olehnya. Aku mulai bingung dan tak tau lagi harus bagaimana. Tiba-tiba hapeku berdering, "Halo Dika, maaf tadi ga tante angkat telponnya karena lagi di pemakaman. Dika lagi dimana?"

"Oke Tan, aku segera kesana"

Aku tak bisa berkata apapun ketika melihat makam Gisel. Cuma air mata yang secara tak sadar menitik di wajahku. Mungkin aku lelaki paling bodoh di dunia ini karena tak bisa mengerti jalan pikiran satu-satunya gadis yang aku cintai. Ayah dan tante gisel nampak biasa saja saat berada di pemakaman, tak ada raut kesedihan sedikitpun. Kemudian aku mulai memberanikan diri untuk bertanya kronologis ceritanya. Dengan cueknya ayah gisel menjawab, "Gisel tertabrak Kia picanto di tikungan jalan menuju rumah kami. Dan orang yang menabrak langsung kabur begitu aja. Gisel ga sempat kami bawa ke rumah sakit dan ga tertolong"

Aku menemukan sebuah kotak yang isinya semua tentang kami, mulai dari kaos couple yang tulisannyaI WANNA GROW OLD WITH HIM dengan potoku yang lagi senyum dibawah tulisan itu, CD Maliq n d'essentials yang pernah kuberikan untuknya dan menjadi satu-satunya barang yang sangat ia sayangi, dan aku menemukan sebuah buku harian. Gisel memang selalu mengarsipkan perasaannya, kadang dia menunjukkan apa yang baru ia tulis. Dan semuanya itu pasti tentang aku dan dia. Di buku itu, ada yang pernah kubaca dan banyak juga ternyata yang belum kubaca.

Apa yang terjadi padamu dika? mengapa aku tiba-tiba tak mengenal kamu? banyak sekali cerita yang ingin kubagi denganmu, tapi untuk mengangkat telponku saja kamu kini tak mau. Aku sakit Dika :'(

10-10-2011

Apa dika? kamu bilang tunangan kita dibatalkan? apa kamu ga inget lagu coba katakannya maliq n d'essentials kita?

DIka!! kenapa? Aku butuh penjelasan, sayang. Ga baik Dik, menyimpan alasan yang harus kuketahui.

17-10-2011

Ya Tuhan, kenapa kamu setega itu padaku? kamu bilang kamu mau tenang. dan berharap aku tak lagi menggangu kamu. baiklah kalau begitu sayang.

22-10-2011

Itulah beberapa tulisannya sebelum dia pergi. Dan aku kembali teringat waktu terakhir kali smsan dengannya. Aku jawab dengan kata kataku seadanya "Jangan ganggu aku lagi Gisel. AKu mau hidup tenang, plis". Oh God, ternyata akhirnya akan seperti ini. AKu tak bermaksud demikian Gisel. Seandainya saja kamu mengerti. Aku masih sangat menyayangimu, tapi aku tak bisa lagi bersamamu. Bukan, bukan karena ada yang perempan lain. Hanya saja, Ah.. sulit aku jelaskan.

Masih kulanjutkan melihat-lihat isi kotak itu, aku menemukan hape gisel yang masih aktif, dan ada satu hal yang membuat jantungku hampir diam sejenak. Aku menemukan cincin yang pernah aku berikan untuknya, tapi Masya Alloh.. Cincin itu bukan berada di dalam kotak perhiasannya, tapi cincin itu melekat di jari manis, ya jari manis Gisel. Ya Tuhan… mengapa kamu lakukan ini Gisella????

***
Malam ini, kamarku terasa lebih dingin dari hari hari sebelumnya. Bukan karena dingin AC ataupun hujan di luar sana. Tapi entahlah, masih saja Gisel di pikiranku. Teringat dia yang selalu memperhatikan dan mengingatkanku mulai dari hal sepele sampai semua jadwal jadwal pentingku. Dia selalu meledekku yang jarang sekali menyisir rambut, dan selalu mengingatkanku untuk olahraga ketika perutku maju beberapa senti. Dia yang selalu menyanyikan atau mengirimkan sms lirik Fix You- ColdPlay apabila aku sedang down. AKu merasa kehilanganmu, Gisel. Mengakhiri hidupmu untukku si bodoh ini, tak ada artinya Gisel. Iya, aku tau kamu sengaja berdiri di tikungan itu menunggu kendaraan yang akan mengantarmu pulang dari dunia ini. I Still love you, Gisel.

IDOL BIBIR TERSEKSI VERSI MTV TAIWAN

Posted: 27 Oct 2011 01:20 PM PDT

Setelah mengumpulkan lebih dari 929 suara dalam jajak pendapat, MTV Taiwan memberi Heechul pujian sebagai berikut: "Tidak mengherankan bahwa Heechul mengambil tempat pertama. Dia benar-benar memiliki bibir seksi, terutama saat ia berdandan seperti seorang wanita."

Heechul dikenal untuk parodi kostum Lady Gaga-nya di konser Super Junior, dan para wanita sendiri bahkan memuji Heechul dengan sebutan 'penampilan yang menakjubkan'.

Heechul juga mengambil tempat teratas dalam jajak pendapat oleh 'Gossip House' yang digelar Mnet dengan judul Idol Pria Dengan Kaki Terindah'. [Anita Li / Jayapura / Papua / Tionghoanews]

EROPA MINTA BANTUAN CHINA ATASI KRISIS

Posted: 27 Oct 2011 06:27 AM PDT

Presiden Prancis Nicholas Sarkozy berencana meminta bantuan China untuk menambah kapasitas dana bantuan Eropa yang diperkirakan mencapai 440 milyar euro. Sumber Bloomberg mengatakan pertemuan dengan pemimpin China Hu Jintao akan digelar besok. Sarkozy juga dikabarkan ingin bertemu Hu Jintao sehari sebelum eksekutif Lembaga Bantuan Stabilitas Finansial Eropa (EFSF) Klaus Regling berangkat ke Beijing.

EFSF, yang didirikan tahun lalu, berencana menjual obligasi untuk membiayai pinjaman bantuan untuk negara-negara Eropa. Sumber di lembaga itu menyatakan, kunjungan Regling ke Beijing pekan ini terkait dengan teknis bantuan yang akan dikucurkan China untuk menutupi utang-utang obligasi itu.

Itu diskusi biasa. Wajar jika EFSF bertemu dengan calon pembeli obligasi yang akan mereka tawarkan," kata Christof Roche, juru bicara EFSF di Luxemburg. Namun, Roche menolak berkomentar panjang soal ini.

Kantor berita AFP melaporkan, Regling kini berada di Tokyo untuk selanjutnya bermuhibah di beberapa negara Asia. China kemungkinan besar memberi respon positif atas permintaan Eropa untuk menolong benua itu dari jeratan krisis ekonomi.

Pemimpin Eropa kini memohon bantuan international untuk mengakhiri krisis utang yang mengkhawatirkan seisi dunia. Saat ini 20 negara Eropa berkumpul di Brussel untuk membicarakan bantuan penyelamatan Yunani, lalu kemudian pertolongan bagi negara lain, di antaranya Irlandia, Portugal, Spanyol, dan Italia. Untuk itu, EFSF pun menyediakan obligasi sebesar 17,7 milyar euro untuk bantuan Irlandia serta 26 milyar untuk membantu Portugal.

Sementara itu, pemimpin Eropa dikabarkan telah sepakat untuk memangkas 50 persen utang Yunani. "Hasil ini membawa kabar baik bagi dunia yang berharap banyak dari pertemuan ini," Sarzoky seperti dikutip BBC. [Janet Ong / Singapore / Tionghoanews]

CHEONG SAM MENJADI INCARAN COSPLAYER

Posted: 27 Oct 2011 02:12 AM PDT

Kehadiran Komunitas Cosplay rupanya berdampak positif terhadap penjualan cheongsam. Para cosplayer- sebutan anggota komunitas itu- kerap menggunakan baju perempuan khas Tiongkok tersebut sebagai pelengkap penampilan mereka dalam sebuah festival. Mella mengungkapkan, cheongsam dengan kualitas terbaik masih diimpor dari negara asalnya. Itu sebabnya, harganya terbilang cukup tinggi. Mulai dari Rp 200 ribu, hingga mencapai jutaan. "Bahannya masih diimpor, jadi mahal," kata staf toko kostum di sebuah pusat perbelanjaan di Mangga Dua itu.

Selain cheongsam, di tokonya nampak beberapa kostum ala tokoh kartun Jepang. Menurut dia, itu untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat. "Awalnya hanya menjual cheongsam, belakangan karena ada beberapa konsumen yang menanyakan, kami pasok beberapa," tuturnya. Hal yang sama diungkapkan Cherry Hasan. Dia memasok kostum tokoh kartun Jepang di tokonya untuk memenuhi tingginya minat pembeli. "Semakin banyaknya komunitas anime dan harajuku, jadi lebih banyak peminat," ungkapnya. [Yanti Ng / Jakarta / DKI / Tionghoanews]

JEJAK PEDAGANG TIONGHOA DI MAKASSAR

Posted: 27 Oct 2011 01:59 AM PDT

Mengapa orang-orang Tionghoa umumnya kaya dan menjadi pengendali roda perekonomian terutama aktivitas perdagangan di Makassar? Itulah pertanyaan yang kerap muncul dari benak orang pribumi. Bahkan tidak jarang rasa iri bercampur egois di kalangan penduduk pribumi (asli) di Makassar, seringkali menjadi bom waktu yang mempermulus meledaknya insiden pengganyangan yang mengancam harmonisasi hubungan keduanya.

Kondisi tersebut terjadi kemungkinan besar disebabkan oleh ketidaksiapan menerima kondisi mereka (Tionghoa yang kaya) yang demikian memperlihatkan perbedaan ekonomi yang mencolok bercampur ketidakmengertian akan eksistensi mereka (Tionghoa) secara historis. Karena itu, bagaimana eksistensi mereka di Makassar dan andil para pedagang Tionghoa dalam proses pertumbuhan dan perkembangan pelabuhan di kota ini perlu mendapat pencerahan sejarah. 
 
Pedagang Tionghoa secara historis merupakan sebuah komunitas yang sangat berjasa memberi spirit bagi pertumbuhan kota-kota dagang Nusantara. Sebut saja Banten atau Batavia, merupakan dua kota yang sezaman dengan masa kebangkitan Makassar, dapat disebut sebagai kota dagang yang perkembangannya tidak dapat dipisahkan dengan kiprah dan andil para pedagang Tionghoa.

Pertumbuhan dan perkembangan kota dagang tersebut, secara alamiah telah memberi stimulan kepada penguasa-penguasa lokal untuk senantiasa terbuka dan tidak terlalu protektif terhadap pedagang asing. Karena itu, prinsip perdagangan bebas yang telah berlaku pada hampir semua kerajaan-kerajaan di Nusantara sebelum kedatangan orang Eropa, dapat dianggap sebagai faktor pendukung utama berkembangnya kota-kota pelabuhan.

Pada awal abad ke-17, orang-orang Tionghoa merupakan komunitas yang mulai memainkan peran penting di Makassar. Pada tahun 1618, mereka secara resmi membuka kantor perwakilan dagangnya di Somba Opu.

Prinsip keterbukaan bagi pihak luar sebagai kondisi faktual masa itu, pada gilirannya membuka ruang luas bagi pedagang Tionghoa yang telah memiliki jiwa kapitalisme untuk memanfaatkan keadaan. Bahkan kondisi ini juga saling mendukung dengan peran ekonomi jung-jung Tionghoa pasca dicabutnya larangan berdagang tahun 1567. Hal ini  sama artinya dengan pemberian izin untuk berlayar mondar mandir di Kawasan Asia Tenggara pada abad ke-16 dan 17 bahkan seabad kemudian.

Sejarawan kondang Tionghoa sekaliber Tien Ju-kung, pernah mengemukakan bahwa pada ke-17 hampir sebanyak 100 buah perahu besar Tionghoa dengan kapasitas muat sekitar 2.000 ton bertahun-tahun berlayar ke Nusantara. Orang-orang Tionghoa pun kemudian telah membangun jaringan perdagangan ketika eskpedisi dilakukan, dengan memanfaatkan koneksi yang telah terbentuk sebelumnya dengan para pedagang pribumi.

Pada awal abad ke-17, orang-orang Tionghoa merupakan komunitas yang mulai memainkan peran penting di Makassar. Pada tahun 1618, mereka secara resmi membuka kantor perwakilan dagangnya di Somba Opu meski data mengenai jumlah mereka hingga kini belum diketahui secara persis. Menjelang dekade kedua abad ke-17, orang-orang Belanda, Inggris, Spanyol, dan Denmark, juga membuka kantor dagangnya di Somba Opu.

Kedatangan orang Tionghoa melalui jalur pelayaran, memanfaatkan pengaruh angin musim utara pada Januari dan tiba pada Februari. Jung yang biasanya digunakan bertipe besar yakni yang-ch'uan untuk pelayaran samudera, yang dapat mengangkut lebih dari 100 orang, baik awak kapal maupun penumpang. Hal menarik dari aktivitas pelayaran ini, yakni kapal-kapal dagang dilengkapi dengan persenjataan terbatas berupa meriam, senjata ringan, pedang, mata panah serta mesiu.

Kelengkapan persenjataan dalam kegiatan pelayaran tersebut, diperkirakan penyebabnya ada dua kemungkinan. Pertama, di sepanjang laut Cina Selatan kala itu terkenal tidak aman oleh bahaya para bajak laut yang setiap saat dapat menghambat kegiatan pelayaran. Kedua, untuk menjaga kemungkinan terjadinya aksi perampokan yang dilakukan oleh para awak kapal terhadap kapalnya sendiri.

Jejak kehadiran pedagang Tionghoa di Makassar dalam bentuk sebuah jung secara garis besar tidak dapat diperoleh, kecuali data mengenai sebuah kesaksian seorang pelaut Belanda John Splinter Stavorinus, yang naik ke sebuah jung yang sedang merapat di dermaga Makassar tahun 1780-an. Dia mengatakan bahwa jung-jung yang mereka gunakan dihias dengan aneka gambar dan hiasan.

Di wilayah teritori Makassar, mereka tidak diperkenankan melakukan palayaran ke kepulauan di bagian Selatan atau Timur sehingga harus menunggu di Bandar Somba Opu selama Februari hingga Juni. Selama empat bulan tersebut, mereka menanti para pedagang dan pelaut yang membawa produksi permintaan mereka. Pedagang-pedagang Tionghoa dalam aktivitas ini telah memainkan peran sebagai pedagang perantara terutama dalam bidang distribusi, mengumpulkan hasil bumi untuk ekspor, pedagang eceran, dan praktek monopoli lain yang mendatangkan keuntungan.

Pilihan orang-orang Tionghoa terhadap kota pelabuhan yang berada di bawah kekuasaan orang-orang Eropa, untuk dijadikan tempat berdagang disebabkan dua hal. Pertama, tempat-tempat tersebut merupakan pusat perdagangan Internasional terutama untuk jenis komoditas rempah-rempah dan hasil bumi yang sangat dibutuhkan oleh Tionghoa. Kedua, tempat-tempat tersebut merupakan lingkungan yang teratur sehingga memungkinkan bagi orang Tionghoa untuk menjadi kaya dan berpengaruh tanpa harus meninggalkan karakter ke-Tionghoa-annya.

Akhirnya, dapat dikemukakan bahwa dalam rentetan atau proses pertumbuhan dan perkembangan Makassar sebagai kota pelabuhan secara historis telah melibatkan peran pedagang-pedagang Tionghoa. Karena itu, merupakan hal yang wajar jika mereka merupakan bagian integral tak terpisahkan dengan kondisi Makassar di kekinian dan masa mendatang. [Aprilda Bong / Makassar / Tionghoanews]

KIAT PEBISNIS TIONGHOA MEDAN YANG HEBAT

Posted: 27 Oct 2011 01:44 AM PDT

Siang itu, Herman Batubara bergegas menuju pabrik di kawasan Tanjung Morawa, Medan. Seperti biasanya, sebelum menyupiri bus Antar Lintas Sumatera jurusan Medan-Jakarta, ia mendatangi pabrik dekat pelabuhan Belawan itu.

Secara pribadi, ia mendapat titipan pesan order barang-barang tertentu untuk kebutuhan produksi dari si pemilik pabrik. Perintah ordernya ditulis hanya di sesobek kertas. Bahkan, sering Herman membawa order yang ditulis di atas kertas bekas bungkus rokok atau kalender. Padahal, ia tahu betul, nilai oder itu mencapai puluhan juta rupiah. Sepotong kertas yang kelihatan tak layak itu biasa ia sampaikan ke seorang pengusaha di kawasan Jl. Pangeran Jayakarta, Jakarta, setelah ia selesai mengantar seluruh penumpang ke terminal bus Pulogadung, Jakarta.

Melakukan order bernilai puluhan juta rupiah hanya dalam secarik kertas bekas dan dititipkan pada orang lain atau dengan satu kali telepon, dinilai tak wajar oleh pebisnis di Jakarta, karena bisa dikesankan tidak serius. Namun, itulah uniknya. Bagi banyak pengusaha keturunan Tionghoa asal Medan, praktik-praktik bisnis seperti itu biasa dilakukan. Tak sedikit pengusaha Tionghoa Medan yang mengandalkan jasa orang-orang kepercayaan. Setelah melihat sobekan kertas pesanan seperti itu, tanpa banyak cingcong mereka langsung menyiapkan barang yang dipesan, tanpa terkesan ada kekhawatiran akan ditipu. Maklum, mereka memegang kuat prinsip 'sing yong' alias kepercayaan.

* Kebanyakan Berawal dari Nol

Penindasan yang dihadapi orang Tionghoa di Indonesia telah lama ada. Pembantaian pihak Belanda (VOC) terhadap orang Tionghoa terjadi pada tahun 1740. VOC membantai orang Tionghoa di Batavia, Tangerang, dan semua kota pantai utara Jawa dengan korban mencapai 10 ribu jiwa. Belanda juga menerapkan kebijakan yang mengharuskan orang Tionghoa memiliki surat izin ketika ingin bepergian keluar pemukiman mereka. Pola pemukiman diatur dan disatukan dalam suatu wilayah tertentu yang biasa disebut Pecinan atau kampung Cina.

Menurut sejarawan Indonesia alm. Ong Hok Ham, pembagian pola migrasi orang Tionghoa di Indonesia terbagi dua, yakni Tionghoa Jawa dan Tionghoa Sebrang. Tionghoa Jawa datang sebagai individu atau kelompok kecil. Di tanah Jawa, mereka berinteraksi intens dengan masyarakat setempat dan membuat mereka kehilangan bahasa ibunya setelah dua generasi. Kita sering mendapati orang Tionghoa di Jawa yang berbicara bahasa Jawa dengan lafal Jawa medok.

Sedangkan Tionghoa Sebrang datang berkelompok besar. Tionghoa Sebrang menempati wilayah seperti Sumatera, Pontianak, Semenanjung Malaya dan lainnya. Karena mereka berkelompok besar, rata-rata mereka jarang berinteraksi intens dengan penduduk asli. Mereka berjuang dalam kelompok yang membuat bahasa dan juga budaya masih kuat sampai sekarang. Wajah dan gaya berpakaian sangat khas, juga potongan rambut dengan poni lurus menancap. Berada di angkutan kota atau pertokoan Kalimantan, tak ubahnya seperti di pecinan Medan.

Bisnis di Medan, tak bisa dilepaskan dari pengaruh Tionghoa ke kota ini. Bila berbicara Tionghoa di Medan tak lepas dari riwayat Tjong A Fie. Bernama asli Tjong Fung Nam ini adalah pengusaha, bankir dan kapitan yang berasal dari Tiongkok dan sukses membangun bisnis besar di Sumatera dan merupakan orang Tionghoa pertama yang dipercaya Sultan Deli, Makmun Al Rasyid. Tjong adalah orang Hakka dan merintis bisnisnya mulai dari nol, yaitu ketika dia tiba di Medan saat usianya 18 tahun bekerja di toko milik kenalan kakaknya. Di akhir hayatnya Tjong meninggalkan bisnis yang menggurita di bidang perkebunan, pabrik minyak kelapa sawit, pabrik gula, bank dan perusahaan kereta api.

Pihak Belanda juga mengarahkan kaum Tionghoa untuk berdagang. Belanda merasa, bahwa Tionghoa tak terlalu cocok bekerja sebagai kuli kebun atau pekerja kasar lain. Hal ini berlangsung sampai jaman Orde Baru. Namun karena ditekan luar biasa begitu, peran Tionghoa bagi perekonomian menjadi sangat besar. Tak salah kalau kemudian, minoritas ini menguasai aset cukup besar di Indonesia, termasuk di Medan.

* Kepercayaan adalah segalanya

"Perbedaan antara pendekatan bisnis orang Tionghoa Medan dan orang Barat ialah sing yong atau kepercayaan (trust). Tionghoa Medan mengedepankan kepercayaan. Sementara pendekatan yang dikembangkan ekonomi pasar bebas sekarang selalu dimulai dengan kontrak," kata Jhon Tafbu Ritonga, pengamat ekonomi dan bisnis dari Universitas Sumatera Utara, Medan. Menurut Jhon, pengusaha Tionghoa Medan biasanya berprinsip: ada kepercayaan, bisnis akan jalan. Sedangkan bisnis Barat dan orang Indonesia umumnya adalah ada kontrak, barang baru bisa dikirim.

Anton C.T., pengusaha muda asal Medan dan pemilik kelompok usaha properti Grup Kota Baru membenarkannya. Dicontohkan Anton, ketika ia ingin membeli mobil BMW, ia cukup menelepon. Keesokan pagi, mobil pesanan sudah terparkir di halaman rumahnya. Urusan administrasi menyusul.

Faktor kepercayaan merupakan hal yang paling mutlak. Untuk mendapatkan kepercayaan, harus punya kejujuran. Sekali tidak jujur, bakal habis. "Apalagi, jaringan pengusaha Medan hanya itu-itu," tutur pengusaha ini. Bila kepercayaan sudah terbangun, bisnis pun akan menjadi lebih mudah. Tak harus melalui kontrak resmi, bisa secara lisan saja atau via telepon.

Di ranah bisnis di tanah air, selama ini pengusaha Tionghoa Medan memang dikenal punya cara-cara bisnis yang unik. Agak berbeda dari kaum keturunan Tionghoa dari daerah lain. Tak hanya soal komitmen terhadap nilai kepercayaan, tetapi juga keuletan dan kegigihan serta keberanian menghadapi risiko bisnis.

Ini bisa dilihat dari kesuksesan sejumlah pengusaha besar asal Medan. Banyak dari mereka yang berangkat dari nol dengan modal utama kerja keras. Saripin Taidi, pemilik Grup Probesco (distributor alat-alat berat) yang dari Medan, mengatakan bahwa pengusaha asal Medan rata-rata berani mengambil risiko terencana. Kewirausahaan mereka cukup tinggi. Menurut Saripin, di Jakarta banyak orang Medan yang sukses merintis bisnis dari nol, bukan warisan orang tua.

Bila disimak lagi, salah satu keunggulan pengusaha Medan ialah kemampuan mereka dalam membangun jaringan. Itu memungkinkan sesama pengusaha berhubungan langsung, tak perlu perantara. Tidak perlu dana cash terlalu banyak karena sudah ada kepercayaan. Hanya saja, sikap pragmatis dan tanpa basa-basi , sering memunculkan kesan pengusaha Medan cenderung kasar dan keras. Tapi mereka memang sangat efisien.

Contoh menarik dilakukan pemilik Olagafood ketika masuk industri mi instan. Bisnis mi instan merupakan bisnis yang padat modal di awal. Hanya pemain besar yang bisa masuk (Indofood, Orang Tua, Wings, Sentrafood/Medco). Pendiri Olagafood yang dari Medan ini punya cara sendiri yang unik. Karena modal awal tidak terlalu besar, mereka memilih menggunakan mesin-mesin bekas yang dibeli dari pabrik mi instan Nestle di Medan. Nestle memang pernah punya bisnis mi instan dengan pabrik di Medan, tapi karena tak sukses, mesin-mesinnya dijual.

Strategi permodalan yang efisien, ditambah ketepatan dalam membidik segmen pasar dan strategi harga yang lebih rendah, penetrasi Alhamie, nama produk mi instan yang diambil dari potongan kata: Alhamdulillah di wilayah Sumatera dan Indonesia tergolong sukses dan kompetitif dengan Sarimi, Supermie (Indofood) dan merek-merek lain.

Bila kita mau menulis panjang lebar, banyak Tionghoa Medan yang sangat berhasil di bisnisnya. Meski isu suap diarahkan kepada mereka, namun mereka sukses secara nasional. Grup Raja Garuda Mas, milik Soekanto Tanoto (marga Tan) yang dari Medan adalah konglomerasi besar di Indonesia. Rajali Chuwardi, pemilik produsen sirup markisa merek Pohon Pinang, juga berasal dari Medan. Begitu juga Wirnardi Lie, CEO Trophy Tour & Travel yang juga pemilik maskapai Jatayu Air. Produk-produk seperti minyak goreng Tropical dan Sania, sabun Shinzui dan Harmony, sirup Sarang Tawon serta kopi instan Indocafe adalah produk dari Medan.

Mereka memang bukan pemain perdana, melainkan pemain susulan yang berusaha menguasai pasar dengan pelan dan menggerogoti kue para pemimpin pasar, dan ternyata sukses. [Indah Tjong / Pematang Siantar / Tionghoanews]

KEHIDUPAN SETELAH USIA EMPAT PULUH

Posted: 27 Oct 2011 01:17 AM PDT

Memasuki usia empat puluh orang baru akan mengerti bahwa sahabat karib hendaknya saling mengagumi, bukanlah saling memanfaatkan.

Sahabat karib hanya dapat terjadi dalam lapisan yang sama. Orang miskin dan orang kaya, rakyat jelata dan pejabat tinggi, rakyat kecil dan selebriti, orang buta huruf dan orang terpelajar selamanya tidak dapat bersahabat akrab dalam arti yang sesungguhnya. Karena bila tidak berada dalam lapisan yang sama, selamanya tidak akan dapat mengerti dan memahami secara mendalam temannya tersebut.

Setelah usia empat puluh, orang baru mengerti: nasi hendaknya dimakan sesuap demi sesuap, pekerjaan hendaknya dikerjakan sedikit demi sedikit. Tidak ada suatu tujuan yang dapat dicapai hanya dalam satu langkah, oleh sebab itu tidak seharusnya terlalu lelah karena terlalu sibuk. Pada usia setengah baya hendaknya hidup dengan tidak tergesa-gesa.

Setelah usia empat puluh, orang baru mengerti: segala sesuatu bersifat ganda, kadang kala bahkan ada yang tidak mengandung benar-salah, apa yang Anda anggap salah, bagi orang lain mungkin benar. Sedangkan yang Anda perjuangkan dengan segenap tenaga justru sangat mungkin adalah apa yang ingin dicampakkan dan ditinggalkan orang lain.

Setelah usia empat puluh orang baru akan mengerti: baik buruknya kualitas hidup, seluruhnya ditentukan oleh mentalitas diri sendiri. Makanan mahal dan nikmat dalam pesta pora, bila hanya untuk menyembunyikan maksud saling menipu, jauh tidak senyaman duduk dengan sahabat karib mengobrolkan hal-hal biasa dengan ditemani teh tawar. Menempuh kehidupan bercocok tanam sambil menikmati keindahan panorama pegunungan, jauh lebih nyaman bila dibandingkan dengan kedudukan tinggi dan penghasilan besar bila miskin kebijakan, dan selalu was-was dalam menjalankan kewajiban.

Setelah usia empat puluh orang baru bisa mengerti: pasangan hidup kita kelihatannya biasa-biasa tidak ada yang istimewa, bahkan terkadang merasa kesal tak tertahankan, sebenarnya sang waktu telah membaurkannya menjadi satu, meskipun terdapat kebiasaan yang jelek dan tabiat yang kasar juga telah menjadi bagian kehidupan kita sendiri. Bila pada suatu hari Anda benar-benar mengoyakkan pernikahan yang tidak indah itu, maka akan ditemukan bahwa setiap koyak-an telah terhubung dengan kulit dan tulang-daging kita sendiri.

Setelah usia empat puluh orang baru akan mengerti: memanjakan anak adalah seperti lemak dan gula darah berlebihan yang akan merusak kesehatan mereka, kita takut mereka menempuh jalan yang memutar. Kita khawatir mereka mengalami kesusahan, kita cemas mereka akan mengalami cobaan dan penderitaan. Segenap keluarga telah mendirikan tenda besar baginya, kemudian hanya menatap dengan pandangan kosong pertumbuhannya yang lemah.

Setelah usia empat puluh orang baru akan mengerti: hendaknya tidak melakukan kebodohan dengan memelihara orang tua secara pelit namun mengubur mereka dengan royal, tempaan yang mereka alami selama hidup sudah terlalu banyak, memperlakukan mereka dengan baik adalah memperlakukan nurani kita sendiri dengan baik.

Mengenai perlakuan, orang tua kebanyakan sangat menyayangi uang, namun perlu pertimbangan masak agar sesuatu dapat diselesaikan dengan sempurna. Misalnya: dapat membeli sup sarang burung kelas satu di restoran lalu mengatakan kepada orang tua bahwa telah dibelikan sup jamur seharga 20ribu di kedai!

Kemudian memandang mereka menikmatinya dengan bahagia, sesungguhnya kebanyakan waktu mereka tidak membutuhkan kemuliaan dan kemakmuran Anda, setiap minggu tanyakan pengalaman mereka saat masih muda, lalu dengarkan cerita mereka, ini sudahlah cukup.

Setelah usia empat puluh orang baru akan mengerti: jabatan hanyalah sebuah gelas, sedangkan kultivasi diri dan karakter moral Anda barulah merupakan isi dari gelas tersebut, gelas kristal yang gemerlapan belum tentu berisikan anggur bagus, mungkin juga berisikan air keruh; cangkir tembikar kasar belum tentu berisikan air putih, sangat mungkin berisikan seduhan teh Longjing kelas wahid.

Mutu di dalamnya seluruhnya tergantung pada peruntungan dan usaha diri Anda! [Chen Chen / Jakarta / Tionghoanews]

ALASAN WANITA SUKA PRIA TUA

Posted: 27 Oct 2011 01:01 AM PDT

Urusan kemapanan hingga sifat kedewasaan terkadang jadi sejuta alasan wanita memilih pria dewasa menjadi pasangan hidupnya.

Bagi wanita, usia memang menjadi pertimbangan dalam menentukan jodoh yang tepat untuknya. Tidak heran semakin dewasa pria, maka daya tarik untuk disukai wanita semakin besar.

Seperti dilansir Your Modern Living, berikut alasan kenapa hal 'ajaib' tersebut bisa terjadi.

Pria tua pastinya jauh lebih mapan dibandingkan dengan Anda para pria muda. Jika seorang pria telah membentuk mapan segi finansialnya, maka kepercayaan dirinya akan muncul.

Ya, tidak dipungkiri lagi wanita itu sangat menyukai hal ini. Dengan memiliki kemapanan, Anda akan dengan mudah mendapatkan hati para wanita tersebut. Rasa nyaman dari segi perasaan dan finansial akan terpenuhi.

Satu hal lagi, pria tua jauh lebih percaya diri dan yakin tentang diri mereka sendiri. Mereka kerap tidak benar-benar peduli tentang banyak hal mengenai apa yang orang lain pikirkan.

Beberapa di antaranya bahkan tahu bagaimana cara berdamai dengan kesalahan mereka. Mereka juga dapat diandalkan dan bertanggung jawab. Makanya, ketika pria tersebut tertarik pada seseorang, maka dengan kedewasaannya dia pun akan bertanggung jawab dengan pilihan hatinya.

Satu hal lagi, dalam pandangan wanita pria yang berusia dewasa akan lebih mempunyai pemikiran yang luas dan luwes. Mereka dapat menghadirkan kestabilitasan sebuah hubungan yang sedang terjalin.

Bagi semua wanita yang serius, pria tua merupakan tipe pria favorit. Berbeda dengan para wanita yang sedang mengalami kelabilan mental, mereka lebih memilih pria muda yang insecure baik dari sisi finansial maupun kepastian hidup. [Liana Yang / Surabaya / Tionghoanews]

TIPE APAKAH PRIA PASANGAN ANDA?

Posted: 27 Oct 2011 12:43 AM PDT

Para wanita seringkali dibuat pusing memahami sikap para pria di sekitarnya, apalagi jika itu menyangkut sang kekasih. Gilles d'Ambra, seperti dilansir Doctissimo, mengungkapkan, sikap pria dalam sebuah hubungan dipengaruhi oleh gen. Uniknya, gen itu ternyata mempunyai kesamaan dengan gen yang dimiliki monyet.

Dengan melihat tiga jenis primata yang mempunyai sifat berlainan, sifat-sifat pria dapat dikelompokkan dalam tiga jenis.

1. Orang utan.

Primata ini dikenal sebagai hewan yang suka hidup menyendiri. Orang utan juga suka menggerutu jika diminta sesuatu, tidak suka bepergian, ataupun bersosialisasi. Hmm.. sepertinya mirip dengan sifat pria di sekeliling Anda? Jika iya, tipe pria seperti ini lebih cocok untuk para wanita mandiri yang tak terlalu risau dengan perasaan dalam suatu hubungan.

2. Gorilla.

Gorila adalah tipe hewan yang sangat menikmati hidup. Ia mempunyai kawanan berjumlah besar, bersifat sangat sosial, dan mudah bersahabat dengan siapa pun. Berkebalikan dengan tipe orang utan, pria dengan sifat seperti gorila ini justru akan tersiksa jika harus bersama wanita yang tak terlalu mementingkan perasaan. Bersama pasangan yang ingin membangun keluarga dengan hubungan yang stabil akan lebih cocok dengan pria bertipe ini.

3. Simpanse.

Simpanse dikenal cerdik. Primata ini diketahui selalu suka bersama kawan-kawannya, moody, tapi juga sangat individual. Anda bisa menjumpai karakter simpanse ini pada diri para pria yang tak pernah lepas dari teman-temannya, tampak gaul dan gaya, namun ternyata sangat moody dan egois. Karenanya, pasangan yang tepat untuk para pria bertipe simpanse adalah wanita yang tidak ingin dikekang dan sangat menghargai kebebasan seseorang.

Wah wah ternyata karakter ajaib para pria ada pengaruhnya ya. [Liana Yang / Surabaya / Tionghoanews]

TIPE WANITA YANG DIJAUHI PRIA

Posted: 27 Oct 2011 12:42 AM PDT

Setiap orang pasti telah memiliki kriteria tersendiri dalam memilih pasangan yang tepat bagi hidupnya. Dengan beragam kepribadian, tentu saja kita tidak boleh terpaku dengan penampilan fisik belaka.

Seperti dilansir iVillage, seorang kolumnis AskMen.com yang menyebut dirinya Player mengatakan telah mengalami kegagalan dalam sebuah hubungan akibat sifat-sifat wanita yang belum pernah dia prediksikan sebelumnya. Beberapa tipe di bawah ini dapat Anda jadikan tolok ukur dalam bercermin terhadap diri Anda sendiri. Jika Anda termasuk dalam kriteria di bawah ini, sebaiknya ubahlah dari sekarang, sebelum Anda benar-benar akan dijauhi oleh berbagai kaum Adam.

1. Wanita cerdas

Mungkin bagi Anda menjadi wanita yang cerdas dan tegas dapat membuat diri Anda memiliki daya tarik tersendiri. Apalagi dengan pendapat-pendapat yang mengagumkan saat berdiskusi tentang sesuatu yang high topic dapat menambah kualitas Anda di depan para pria. Namun Ladies, harus Anda pikirkan secara jauh ke depan. Seperti yang dikatakan Player, gadis cerdas cenderung percaya berlebihan pada argumentasi yang dia miliki. Mereka merasa bahwa sesuatu yang mereka katakan adalah benar. Dan bayangkan jika kelak Anda dan pasangan berkencan lalu terlibat dalam suatu masalah. Pastinya Anda sudah memiliki gambaran pada apa yang akan terjadi selanjutnya. Tentu perang dingin dalam argumen kalian berdua tak akan berujung dengan menyenangkan.

Sebagai sosok yang cerdas, pastinya membuat Anda mempunyai pendirian yang kuat terhadap suatu keputusan. Hal ini tentu saja membuat si dia tak memiliki waktu untuk memberikan pendapatnya. Belum berhenti di situ, kemarahan pada diri Anda juga dapat disebabkan oleh sesuatu di luar kuasanya. Pendapatnya tentang hal-hal yang tidak berkenan di hati dapat tampak sangat menjengkelkan bagi Anda.

2. Materialistis

Pria pada umumnya rela melakukan apapun untuk menunjukkan tanda cintanya yang besar terhadap seorang wanita. Diawali dengan kata-kata puitis, perlakuan romantis seperti pemberian bunga, hingga pemberian barang-barang berharga menjadi rutinitas dalam usahanya untuk mendapatkan cinta Anda. Tapi Ladies, jangan terhanyut dengan semua perlakuan istimewa ini. Beberapa pria terkadang ingin mengetahui seberapa jauh tingkat materialistis Anda terhadap barang pemberiannya.
Pasalnya, wanita tipe ini sangat ditakuti oleh berbagai pria di penjuru dunia. Setiap gerak-gerik Anda akan menjadi tolok ukur baginya. Beberapa pengalaman pribadi dapat menjadikan mereka lebih berhati-hati dalam memilih wanita. Tentu saja, wanita materialistis sama sekali tidak termasuk dalam daftar idamannya. Selain menghabiskan waktu, wanita materialistis juga menghabiskan harta mereka. Wow!

3. Ms. Right

Wanita dengan tipe seperti ini hampir sama dengan wanita yang merasa dirinya cerdas. Mereka dengan mudahnya menyebut bahwa merekalah yang patut dinomersatukan pendapatnya. Apapun yang dilakukan dan dikatakan akan selalu benar baginya. Dan tentu saja, tak ada celah bagi pria untuk memberikan satu ide, atau pendapat mengenai sesuatu di depannya. Dia akan mudah menyangkal dan berkata " bukan itu, yang benar ialah..." atau bahkan " Tidak mungkin itu benar, aku sangat tahu dengan jelas mengenai hal itu".

Bagi mereka, pengetahuan dan pengalaman merekalah yang patut dipertimbangkan. Mereka hampir tidak sadar oleh apa yang mereka perbuat. Bahkan, mereka akan terus mencari celah berargumentasi hingga sampai di titik di mana merekalah yang menang. Wanita dengan sifat ini cenderung tidak akan mendengarkan pasangannya, sekalipun seorang pria yang menjadi kekasihnya. Hati-hati jika Anda sudah mulai memasuki tahap di mana Anda merasa selalu benar dengan segala pendapat. Karena hal ini akan membuat pria jenuh dengan segala pemikiran agresif Anda.

4. Posesif

Sifat wanita yang satu ini menjadi momok yang paling ditakuti oleh beberapa pria. Peran yang biasa dia lakukan tak hanya sekedar sebagai seorang kekasih. Namun, menjadi seorang ibu, kakak, bahkan pembantu rumah tangga bagi kehidupan pasangannya. Wanita yang mulai menelepon kekasihnya sepuluh kali dalam sehari hanya untuk menanyakan apa yang dia lakukan sangat diwaspadai oleh berbagai pria. Tak hanya itu, wanita posesif seperti Anda cenderung membuat hidup seorang pria dengan pekerjaannya menjadi terbengkalai.

Dengan berbekal alasan perhatian dan kasih sayang, wanita posesif tak dapat mengontrol perlakuan obsesinya. Anda merasa menjadi orang yang harus tahu mengenai berbagai sisi kehidupannya, mulai dari pekerjaan, keluarga, dan pertemanan. Wanita ini akan sangat gelisah dan memberikan kecurigaan yang tidak masuk akal terhadap pasangan. Hal ini membuatnya menjadi seorang tersangka yang harus Anda cintai keberadaannya. Tentu saja kasus ini dapat membuat para pria lari terbirit-birit. Bagi mereka, hidup dengan wanita posesif sama halnya hidup bersama teroris.

5. Terlalu bangga terhadap diri sendiri

Anda mungkin merasa tersanjung dan bangga dengan kekasih yang memuji paras Anda yang cantik nan elok. Namun, jangan biarkan perhatian lebih dari kekasih dan laki-laki di sekitar membuat Anda berkepala besar. Hal ini tentu saja akan membuat Anda merasa bangga berlebihan terhadap diri sendiri. Akibatnya, di setiap saat dan waktu, yang terpenting bagi Anda adalah penampilan yang sempurna. Bahkan, ketika Anda dan pasangan telah membuat janji jam tujuh malam, Anda selalu telat karena proses dandan yang terlalu lama.

Memang, pria mana yang tak bangga memiliki wanita cantik seperti Anda. Namun, jika Anda terus menebar pesona, bahkan saat berkencan dengannya, hal ini akan menjadikannya berpikir seribu kali untuk menjadi kekasih Anda. Tampil cantik bukanlah sesuatu yang salah, namun ada baiknya bagi Anda untuk bersikap sederhana di manapun Anda berada.

Jika Anda mulai mengalami beberapa syndrom tipe wanita seperti di atas, ada baiknya bagi Anda untuk segera mengubah kepribadian buruk itu. [Liana Yang / Surabaya / Tionghoanews]

JANGAN HANYA BERBISNIS DI TAIWAN, TAPI BERLIBURLAH

Posted: 27 Oct 2011 12:17 AM PDT

Taiwan umumnya lebih dilirik oleh para pebisnis dan eksportir karena potensi ekspornya daripada wisatawan. Padahal, Taiwan memiliki warisan budaya dan spiritual yang sangat kaya, makanan-makanan yang lezat, pemandian air panas kelas dunia dan juga pemandangan yang menakjubkan.

Berikut adalah lima alasan mengapa Taiwan harus masuk ke dalam daftar tempat yang Anda kunjungi, seperti dikutip dari BBC, Kamis (27/11/2011);

1. Pemandangannya yang Menakjubkan

Taiwan dilatarbelakangi pemandangan gunung, salah satunya gunung tertinggi di Asia Timur, Jade Mountain. Fotografer-fotografer dunia berlomba mengambil gambar lautan awan saat fajar menyingsing di puncak gunung ini. Pegunungan di Taiwan juga merupakan salah satu tempat terindah untuk bersepeda.

Tidak hanya gunung, Taiwan juga memiliki pantai indah yang menawarkan beberapa tempat terbaik di Asia Timur untuk berselancar ombak juga selancar angin.

2. Makanan khas Taiwan

Makanan Taiwan banyak terinspirasi dan diturunkan dari budaya China, namun bukan berarti dapat dilabeli sama dengan makanan China. Ketika orang Han (China) datang, gaya memasak dan resep mereka bertemu dengan bahan dan tradisi kuliner orang asli Taiwan, menjadi sesuatu yang baru dan berbeda. Tempat terbaik untuk merasakan masakan asli Taiwan adalah dengan mengunjungi pasar malam tradisionalnya.

3. Mata Air Panas Alami

Terletak secara geologis di atas "cincin api" yang tidak stabil memiliki keuntungan istimewa bagi Taiwan. Taiwan adalah satu-satunya yang memiliki mata air laut panas yang bernama the Sunrise Spring di Green Island, sebuah pulau kecil di lepas pantai tenggara Taiwan. Banyak hotel dan resor di Taiwan yang menyediakan faislitas pemandian air panas belerang, yang sangat bagus untuk kesehatan kulit. Salah satu hotel dengan pemandian air panas terbaik adalah Jiaoshi Art Hotel, yang dilengkapi spa dan seluncuran menuju air panas.

4. Kuil-kuil yang tersebar di penjuru Taiwan

Kuil Buddha, Tao, dan Konghucu tersebar di seluruh Taiwan. Tidak hanya sebagai objek wisata statis, namun juga pusat aktif dari kebudayaan dan peribadatan. Kuil yang wajib dikunjungi antara lain Kuil Longhsan dan Kuil Guandu, kunjungi juga Kota Tainan dan apabila anda melakukan penerbangan selama 40 menit ke Kepulauan Penghu, anda akan melihat beragam kuil-kuil terindah di Asia Timur.

5. Museum-museum Inspiratif

Taiwan menawarkan wisata untuk kepala anda, dengan museum-museumnya. Yang paling terkenal adalah Museum Istana Nasional di Taipei. Museum ini berisi koleksi lukisan-lukisan, gulungan, serta patung dan porselen kuno. Selain museum ini, Taiwan juga memiliki museum seni modern, Museum Agama-agama dunia dan juga Museum Miniatur. [Angelina Lim / Medan / Tionghoanews]

SIPIR JUAL BARANG MEWAH DI PENJARA CHINA

Posted: 26 Oct 2011 10:44 PM PDT

Para sipir di sebuah penjara di China bagian utara menjual barang mewah kepada para tahanan, termasuk anjing keturunan murni, arwah pelindung, dan ponsel, media China melaporkan, Rabu (26/10/2011).

Penyelidikan terhadap penjara di provinsi Hebei menemukan bahwa para penjaga tahanan mendapat uang tambahan dengan menjual hewan peliharaan dan botol-botol berisi roh pelindung dengan harga tinggi, seperti dilansir Oriental Morning Post, surat kabar yang terbit di Shanghai.

Pengawasan akses ke kunci-kunci di penjara sangat buruk dan beberapa narapidana bahkan memiliki duplikatnya, kata harian yang lain, Shanghai Daily.

Informasi mengenai lemahnya keamanan dan "kemewahan" yang dinikmati oleh para narapidana muncul setelah seorang narapidana kasus perampokan yang menjalani hukuman 10 tahun melarikan diri pada September lalu, katanya.

Pelarian itu memicu pemburuan besar-besaran yang melibatkan ratusan polisi sebelum akhirnya ia ditangkap dua pekan kemudian. Kejadian ini mendorong pemerintah untuk menyelidiki penjara  yang dihuni lebih dari 3.000 tahanan itu.

Para penjaga ditemukan telah menjual sejumlah barang terlarang termasuk ponsel  untuk berselancar internet, alkohol dan bahkan, menurut satu laporan, anjing jenis chows chow, yang memang populer di China.

Beberapa pejabat beralasan, kondisi itu disebabkan infrastruktur di penjara Shenzhou yang telah berusia 40 tahun itu. Dinding penjara dibangun dengan buruk dengan  yang memiliki dinding yang dibangun dengan buruk dan catu daya yang tidak stabil, sehingga pagar yang dialiri arus listrik secara berkala harus dimatikan.

Pemerintah telah berjanji menutup penjara itu dan memindahkan narapidana ke fasilitas baru yang masih dalam pembangunan di dekatnya. Pihak berwenang telah memecat kepala penjara dan menangkap dua penjaga. [Miao Miao / Beijing / China / Tionghoanews]

MAHASISWA UNIVESITAS BRAWIJAYA UTAK-ARIK SOAL PECINAN

Posted: 26 Oct 2011 05:10 PM PDT

Kota Semarang banyak dipengaruhi budaya Cina. Bukan saja kulinernya, tetapi juga budaya, seni, pengetahuan, religi, sistem bahasa, sistem kemasyarakatan, dan masih banyak lagi.

Misalnya saja gambang Semarang, adalah salah satu bentuk seni pertunjukan tradisional kota Semarang yang terdiri atas seni musik, vocal, tari dan lawak sebagai seni tradisi kerakyatan. Sejatinya gambang Semarangan bukan kesenian asli pribumi Semarang, tetapi berasal dari Gambang Kromong Jakarta sebagai perpaduan unsur kesenian masyarakat Cina dan pribumi. Namun di Semarang, kesenian ini mengalami perkembangan sehingga berbeda dari Gambang Kromong.

Hampir sama dengan masyarakat Jawa, warga peranakan di Semarang juga mempunyai ritual slametan yang dilaksanan di Klenteng. Saat ritual tersebut, keturunan Tionghoa ini pun membuat makanan yang tak jauh berbeda dengan yang dibuat warga pribumi, seperti nasi tumpeng lengkap dengan lauk pauknya, opor ayam, enten-enten, ketan, nasi dengan ikan laut, bubur merah dan bubur putih.

Pemerhati Budaya Tionghoa di Semarang, R Soenarto menjelaskan, masyarakat Tionghoa itu sudah hadir di Indonesia berabad-abad lalu. Kedatangan mereka di Semarang diperkirakan pada awal abad ke 15, antara tahun 1416.

Asisten Direktur Bidang Pengembangan Teknologi Suara Merdeka ini menambahkan, sebelumnya masyarakat Tionghoa ini lebih dulu mendarat di Banten, kemudian berpencar mendarat di Jepara, Lasem, Rembang, Demak, Tanjung, Buyaran dan baru mereka mendarat di Pulau Tirang dan Bukit Simongan (Semarang).

"Kehidupan warga Tionghoa di Semarang dari waktu ke waktu semakin baik dan maju. Terlebih dengan berkembangnya wilayah Pecinan, maka wilayah ini makin lama makin berkembang dinamis," papar R Soenarto saat mengenalkan berbagai akulturasi Semarang-Cina kepada mahasiswa-mahasiswa Universitas Brawijaya Malang yang berkunjung ke Kantor Suara Merdeka CyberNews, siang ini (26/10).

Perpaduan budaya Cina di Semarang selalu menarik untuk diperbicarakan. Terlebih, etnis Tionghoa bersama warga pribumi mulai membangkitkan kearifan lokal baru. Sebut saja, perayaan festival Bukan Bee-kun yang merupakan ide dari perkumpulan Rasa Darma Semarang. Perayaan ini mulanya hanya untuk memperingati datangnya Sam Poo Tay Djien di Semarang, tetapi kemudian dikembangkan untuk ikut memeriahkan festival budaya yang lain, misalnya pawai Dugderan.

Potensi budaya di Semarang ini sangat memungkinkan untuk lebih dikembangkan, utamanya akulturasi budaya Cina di Semarang. Berdasarkan budaya Cina yang ada di Semarang ini, beberapa mahasiswa Universita Brawijaya tersebut berupaya melakukan penelitian tentang tata bangunan dan lingkungan yang ada di Pecinan.

"Budaya Semarang-Cina sangat berpotensi untuk dikembangkan agar lebih baik. Sebab itu kami tertarik untuk meneliti aspek penataan kota di Semarang, khususnya di kawasan Pecinan," kata Rezky Anggi, mahasiswi Fakultas Tekni Universita Brawijaya. [Jeni Wang / Semarang / Tionghoanews]

WASPADALAH ! JIKA PIPIS LEBIH DARI 8 KALI

Posted: 26 Oct 2011 04:59 PM PDT

Jika sering bolak-balik ke toilet pada siang hari atau malam hari, Anda patut waspada. Kemungkinan besar ada masalah di saluran kencing Anda. "Untuk kondisi normal di siang hari ini maksimal delapan kali.

Harus hati-hati apalagi jika disertai susah menahan keinginan pipis," ujar ahli urologi Rumah Sakit Asri Dr. Harrina E. Rahardjo saat Edukasi Media tentang Lakukan Tindakan Tepat untuk Mengatasi Inkontinensia Urin di Jakarta, baru-baru ini.

Tanda-tanda sering pipis dan susah menahan pipis ini bisa menjadi penanda inkontinensi atau pipis yang tak terkontrol. Harrina mengatakan tubuh butuh minum antara 2-2,5 liter air. Tubuh mempunyai sistem untuk mengeluarkan cairan.

Dalam kondisi normal seseorang akan mengeluarkan urine atau kencing setiap 3-4 jam sekali. "Kandung kencing bisa menampung 300-400 cc dan setiap keluar harus habis," ujarnya.

Namun Harrina juga mengingatkan jenis minuman bisa memicu seseorang lebih sering ke kamar kecil. Dia mencontohkan minuman kafein atau soda. Minuman yang mengandung kafein akan mempengaruhi pola buang air kecil.

Jika seseorang merasa beser atau sering pipis bolak-balik, harus dipastikan apakah karena kebanyakan minum atau memang ada sesuatu yang tidak normal. Demikian juga pada malam hari, jika seseorang bolak-balik terbangun untuk kencing.

Selain dicurigai ada masalah, hal ini juga bisa menimbulkan gangguan fisik dan psikologis.

Setelah ditemukan sumber masalahnya, terapi bisa banyak dilakukan. Mulai dari pengobatan, perubahan perilaku, hingga operasi. Terapi pengobatan dan perilaku cukup efektif untuk mengatasi masalah ngompol ini.

Terapi perilaku yang banyak dilakukan seperti mengurangi minum di malam hari, mengubah pola makan yang lebih kaya serat untuk mengurangi mengejan, melakukan senam kegel, dan penguatan otot dasar panggul.

Ahli Urologi lain, Dr. Arry Rodjani, juga meminta untuk rajin berolahraga terutama yang memperkuat otot dasar panggul. Jika semua terapi seperti pengobatan dan perubahan perilaku tak mempan, alternatif operasi harus dilakukan.

Dia pun menguraikan beberapa teknik operasi. Cara operasi terbaru yakni dengan memasangkan semacam pita untuk menyangga kantong kemih. "Pada dasarnya ini menguatkan kantong kemih supaya tidak turun akibat lemahnya otot dasar panggul," ujar dia. [Pauline Kwek / Medan / Tionghoanews]

No comments:

Post a Comment