Saturday 1 October 2011

印尼华人 (21/1)

印尼华人 (21/1)


INGIN UMUR PANJANG ? JANGAN DUDUK LAMA-LAMA

Posted: 01 Oct 2011 06:24 AM PDT

Sebuah studi yang dilakukan di Australia mengungkapkan orang yang terlalu lama duduk setiap hari berpeluang memiliki umur ebih pendek. Benarkah?

Penelitian itu melibatkan 260 ribu pria dan wanita di negara bagian New South Wales yang diperiksa rekam jejak kesehatannya sejak 2006. Meski berolahraga diperhitungkan, hal tersebut tidak cukup untuk menghentikan efek dari duduk berjam-jam tersebut.

Mereka yang duduk lebih dari 10 jam sehari mempunyai peluang 48% lebih tinggi untuk meninggal dunia lebih dulu ketimbang orang-orang aktif yang duduk kurang dari empat jam sehari.

Peneliti dari School of Public Health di the University of Sydney, Profesor Adrian Bauman, mengatakan orang yang bekerja dengan aktivitas fisik seperti tukang kebun, pekerja bangunan, ataupun pekerja di Childcare menghadapi lebih sedikit problem ketimbang mereka yang bekerja sambil duduk di kursi.

"Risiko terendah adalah jika Anda bekerja aktif secara fisik dan tidak duduk," ujar Profesor Bauman.

Prefesor Bauman menambahkan, salah satu cara mengatasinya adalah berusaha keras untuk menghindari hal tersebut. Karena itu, lanjut dia, sangat penting bagi mereka yang seharian lebih banyak duduk untuk menambah waktu berolah raga dan menjadikannya sebagai rutinitas.

"Orang rajin berolah raga, satu jam sehari, akan terhindar dari efek duduk terlalu lama. Masalahnya, hanya sedikit dari kita yang bisa melakukan hal itu. Sebagian yang lain harus berjuang untuk melakukan yang direkomendasikan di Australia, berolah raga selama 1,5 jam sehari,'' kata Profesor Bauman.

Semakin lama Anda duduk dalam sehari, lanjut Profesor Bauman, semakin sering Anda harus berjuang melakukan aktivitas fisik ekstra dengan misalnya berjalan kaki ke halte bus atau membeli sandwich di toko terdekat kantor saat makan siang serta, "Memilih menggunakan tangga ketimbang lift," ujarnya.

Ditambahkan Bauman, para ahli tidak menjelaskan seluruh alasan mengapa duduk dalam waktu yang lama begitu buruk dampaknya terhadap kesehatan kita. Namun, salah satu teori menghubungkan efek dari duduk dengan kadar gula darah.

"Yang terjadi ketika Anda duduk, makanan yang baru saja Anda makan dipecah menjadi gula dan gula darah Anda tetap dalam level yang tinggi," kata Profesor Bauman.

Gula akan dibawa menuju otot-otot dan hati untuk dimanfaatkan".

"Tapi jika Anda duduk, ia hanya berputar-putar sehingga kadar gula darah Anda tetap tinggi," pungkas prefesor Bauman. [Natalia Lim / Cirebon / Jabar Tionghoanews]

PRIA YANG SUKA SENYUM TAK MENARIK BAGI WANITA

Posted: 01 Oct 2011 06:17 AM PDT

Pria beranggapan bahwa senyuman bisa membuat wanita tertarik padanya. Sayang, anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Menurut penelitian pria sombong dengan wajah angkuh justru lebih menarik bagi wanita.

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh University of British Columbia telah menyimpulkan bahwa wanita merasa kurang tertarik secara seksual terhadap pria yang periang ketimbang pria yang sombong dan moody.

Penelitian tersebut bantu menjelaskan mengapa wanita seringkali tertarik dengan pria 'bad boy'. Selain itu, penelitian juga menemukan cara bagaimana pria dan wanita menilai ketertarikan seksual dari ekspresi non-verbal seperti rasa senang, bangga dan rasa malu.

"Memperlihatkan wajah senang dianggap penting untuk dalam interaksi sosial termasuk daya tarik seksual. Tapi dari penelitian diketahui wanita dan pria merespon ekspresi emosi secara berbeda termasuk senyum," ujar ketua penelitian bidang psikologi dari UBC Jessica Tracy, seperti yang dikutip dari Times of India.

"Kami menemukan kalau wanita tidak terlalu tertarik dengan pria periang dengan wajah senang. Justru mereka lebih suka pria yang terlihat kuat, moody atau yang malu-malu," katanya.

Tracy menjelaskan bahwa alasan wanita lebih memilih pria sombong berwajah angkuh diakibatkan oleh evolusi dan proses budaya. Misalnya, secara evolusi teori, wanita cenderung tertarik pada pria yang memiliki wibawa, status, dan kompeten sebagai pasangan. Ia juga menjelaskan, senyuman juga berhubungan dengan imej kurangnya dominasi pria.

Jika pria periang tak menarik bagi wanita, hal tersebut justru berbanding terbalik dengan tanggapan para peserta penelitian yang berjenis kelamin pria. Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal 'American Psychological Association journal Emotion' mengatakan bahwa pria lebih tertarik secara seksual pada wanita yang terlihat bahagia dan percaya diri. [Natalia Lim / Cirebon / Jabar Tionghoanews]

APA ITU KEBAHAGIAAN SEJATI

Posted: 30 Sep 2011 07:32 PM PDT

Memiliki kekayaan yang tidak habis dipakai seumur hidup? Ataukah bersama sekelompok teman baik bersuka-cita menikmati keindahan alam?

Sebenarnya ini bukanlah kebahagiaan sesungguhnya. Lalu apakah kebahagiaan sejati? Ketika orang lain melakukan kesalahan kepada kita, kita masih dapat bertoleransi, dengan demikian barulah akan memperoleh kebahagiaan sejati. 

Bertoleransi dapat membuat seseorang menjadi semakin teguh. Artinya: "Jangan menggunakan kesalahan orang lain untuk menghukum diri sendiri." Han Xin, jenderal besar pendiri Dinasti Han, pernah diprovokasi oleh seorang berandal di pasar, untuk dapat lewat Hanxin dipaksa harus merangkak melalui selangkangannya.

Hanxin tidak ingin konflik terjadi dengannya, setelah berpikir sesaat akhirnya ia menyetujui permintaan yang tidak logis ini. Sekalipun telah dihina, Hanxin masih tidak ingin mencela pihak lain. Dengan sikap yang terang dalam menghadapi masa-masa sulit, sehingga hatinya menjadi semakin kokoh, seperti keuletan rerumputan dalam menghadapi angin dan hujan, sulit untuk dipatahkan. Yang paling patut dibanggakan seseorang bukanlah keberhasilannya, melainkan sikapnya terhadap kegagalan.

Toleransi dapat membuat seseorang menjadi lebih berani. Inilah yang disebut: "Ketika Anda bertoleransi kepada orang lain tidak akan terdapat musuh."

Saya ingat sebuah cerita yang terjadi di India. Ketika Sang Buddha masih hidup, karena sesuatu alasan pernah ada orang yang iri hati terhadapnya. Mereka ingin membunuh Sang Buddha, maka mereka berencana menempatkan seekor gajah besar yang mabuk di jalan yang akan dilalui Sang Buddha agar menabrak Sang Buddha. Pada suatu hari Sang Buddha benar-benar melewati lembah itu, orang yang iri padanya menempatkan gajah yang telah mabuk tersebut. Gajah itu datang menerjang ke arah Sang Buddha. Dengan penuh toleransi, kasih sayang, kedamaian dan ketenangan Sang Buddha memandang gajah tersebut. Pada saat itu juga, si gajah menghentikan langkahnya, dan Sang Buddha tak diterjangnya.

Toleransi dapat membuat orang lebih berpikiran terbuka. Xie Kunshan salah seorang pelukis pria dengan mulut, menjadi cacat karena tidak sengaja menyentuh kabel listrik ketika bekerja. Arus listrik mengaliri seluruh tubuhnya, ketika siuman mendapati dirinya telah berada di rumah sakit. Dia menatap pilu kedua lengannya yang telah diamputasi, merasakan seluruh kejadian, dia berharap ini hanya merupakan sebuah mimpi buruk. 

Setelah kesehatannya pulih, ada orang yang mengusulkan agar dia menjadi pengemis, yang dapat menyambung hidup hanya dengan meletakkan sebuah mangkuk di depannya. Namun pemuda ini berkata, "Saya hanya melihat apa yang saya miliki, bukan melihat apa yang tidak saya miliki." Kemudian dia berjuang menciptakan metode makan tidak dengan tangan, kemudian mulai menulis dan menggambar dengan mulut, pada awalnya sangatlah sulit dan menyakitkan.

Atap rumah Xie Kunshan banyak yang bocor, setelah menghadapi hujan lebat semalam suntuk. Pada saat itu ia masih duduk di sekolah menengah atas, ia meminta adik perempuannya memperbaiki buku yang rusak. Ketika membuka paku bukunya, karena kurang hati-hati, telah membentur mata kanannya sehingga selaput jalanya terlepas, dengan demikian ia kehilangan pula sebuah mata yang dapat mengamati dunia luar.

Setelah memasuki dunia seni, dengan pikiran yang lebih terbuka ia melewati lembah kehidupan yang justru membuatnya melupakan penderitaan. Kalau saja pada saat itu ia tidak dapat melepaskan kondisi yang dihadapinya, menuruti kata orang menjadi pengemis, membenci manusia atau sepanjang hari menangis, tidak akan berkesempatan untuk belajar memiliki pikiran terbuka dan membuat diri sendiri berhasil. 

Manusia kadang-kadang mungkin saja dapat diselimuti awan kemuraman oleh karena kesalah-pahaman; mungkin juga di dalam perjalanan hidup kita perlu berdoa untuk memperoleh perisai kekuatan. Biarlah keberanian mengembangkan visi baru, biarlah pikiran terbuka membawa kita menghadapi wajah asli kehidupan, menuju ke kehidupan yang lebih cemerlang dan kaya makna. [Tiffanny Chen / Batam / Tionghoanews]

PENGOBATAN ALTERNATIF UNTUK JERAWAT

Posted: 30 Sep 2011 07:25 PM PDT

Seringkali orang dengan masalah jerawat mengatasinya dengan mengolesi gel, krim, dan lotion, konsumsi obat atau diet khusus harian. Banyak orang percaya sekali dengan pengobatan jerawat alternatif. Namun American Academy of Dermatology memperingatkan bahwa cara ini belum terbukti efektif, dan beberapa bahkan mungkin berbahaya. Bila anda membeli obat yang diminum atau dioles, perhatikan komposisinya. Ada yang mengandung lebih dari 200 kali jumlah selenium yang tercantum pada label. Hal ini menyebabkan reaksi beracun pada skala luas. American Academy of Dermatology juga menyatakan bahwa tidak ada bukti bahwa pola diet tertentu memiliki efek pada jerawat.

Bagi sekelompok orang, perawatan jerawat konvensional tidak selalu ampuh. Perawatan ini dapat juga menyebabkan efek samping mulai dari iritasi kulit hingga bayi terlahir cacat. Kekhawatiran lainnya adalah resistensi antibiotik, sebab antibiotik banyak digunakan pada perawatan jerawat konvensional. Sebuah studi di U.K. melaporkan bahwa lebih dari satu dari setiap dua pasien jerawat yang diobati dengan antibiotik, membawa strain resisten dari dua bakteri berbeda yang sering ditemukan pada kulit.

Pendukung pengobatan alternatif menekankan bahwa jerawat tidak diketahui pada masyarakat yang disebut "Zaman Batu". Di sisi lain, jerawat mempengaruhi hingga 95% remaja. Ini menunjukkan, kata mereka, bahwa pola makan mungkin menjadi faktor utama dalam perkembangan jerawat.

Ratusan pengobatan alternatif untuk jerawat dipromosikan di internet dan di tempat lain sebagai obat yang dikategorikan aman dan efektif. Namun, perawatan alternatif, tidak perlu diuji dan dibuktikan aman sebelum dijual online atau ditempatkan pada rak-rak toko. Jadi pastikan untuk membahas pro dan kontra dari setiap pengobatan alternatif dengan dokter anda atau dokter kulit sebelum memulai pengobatan.

Penelitian ini tidak konklusif, tetapi beberapa studi awal menunjukkan bahwa perawatan jerawat alami berikut mungkin menawarkan beberapa keuntungan.

* Tea Tree Oil

Tea Tree Oil adalah minyak esensial yang diekstrak dari daun pohon tea tree yang aslinya berasal dari Australia. Ia telah lama disebut-sebut sebagai obat alternatif aman dan efektif untuk jerawat. Pada tahun 1990, peneliti mempelajari 124 pasien jerawat. Beberapa diobati dengan Tea Tree Oil 5% dalam gel berbasis air. Lainnya diobati dengan benzoil peroksida 5%, bahan yang ditemukan pada berbagai obat jerawat di pasaran.

Penelitian yang dikutip secara luas ini melaporkan bahwa Tea Tree Oil tidak bekerja secepat seperti benzoil peroksida. Namun, para peneliti mengatakan, penggunaannya menghasilkan pengurangan serupa pada luka jerawat setelah tiga bulan. Mereka juga melaporkan insiden efek samping  yang lebih rendah secara signifikan, seperti kekeringan, iritasi, gatal, dan kulit terasa terbakar.

Pengobatan Tea Tree Oil dianggap aman untuk kebanyakan orang dewasa. Namun, Ini bisa jadi memicu reaksi alergi kulit pada beberapa orang. Hal ini terutama terjadi jika Tea Tree Oil teroksidasi setelah terpapar di udara. Tea Tree Oil tidak boleh diminum. Hal ini dapat menyebabkan reaksi toksik mulai dari ruam sampai koma. Jauhkan dari jangkauan anak kecil dan pastikan kemasan tertutup rapat.

* Vitex

Pengguna lain merekomendasikan perawatan yang telah disetujui oleh Komisi Jerman E. Komisi Jerman E adalah lembaga Eropa yang meneliti obat-obat herbal. Ini termasuk perawatan jerawat oral seperti:

Vitex, ekstrak tanaman alami yang digunakan untuk mengobati jerawat saat menstruasi dan juga punya kelebihan meningkatkan kesuburan wanita. Diperkirakan Ia memberi efek positif pada hormon yang menstimulasi folikel dan kadar hormon LH pada kelenjar di bawah otak. Vitex dikatakan dapat meningkatkan tingkat progesteron dan mengurangi tingkat estrogen. Vitex tidak boleh dikonsumsi oleh wanita hamil atau menyusui. Rekomendasi yang lain adalah Brewer's yeast (ragi bir), yang memiliki efek antimikroba. [Kelly Chang / Jogjakarta / Tionghoanews]

No comments:

Post a Comment