Friday 7 October 2011

印尼华人 (21/1)

印尼华人 (21/1)


CARA TEPAT BEBAS DIRI DARI STRES

Posted: 07 Oct 2011 02:37 AM PDT

Putus cinta, terkena PHK, atau tidak lolos seleksi masuk kerja, dapat memicu depresi bila Anda tidak mampu mengelola kesedihan yang dialami. Depresi, selain membuat suasana hati terpuruk, juga bisa menimbulkan pikiran untuk melakukan aktivitas fatal yang merugikan diri sendiri.

Karena itu, bila Anda mengalami depresi, jangan lama-lama larut dalam perasaan. Segeralah bangkit. Percayalah, Anda pasti bisa! Untuk membantu mencapainya, terlebih dulu artikel ini akan menguraikan lima pengetahuan mendasar mengenai depresi dan menjelaskan bagaimana menanganinya dengan memanfaatkan energi Anda sendiri, dikutip dari Methods Of Healing.

* Membuka diri

Depresi bisa disebabkan trauma masa kecil, misalnya pernah mengalami kekerasan fisik, seksual, atau emosional oleh orang tua, saudara, atau anak-anak lain. Pengalaman seperti itu bisa mempengaruhi pribadi seseorang menjadi tertutup, perasaan terisolasi, dan menjauh dari teman-teman serta keluarga, dan tidak bahagia.

Bila perasaan seperti itu terus-terusan dipelihara, Anda sendirilah yang rugi. Jadi, sebaiknya mulai sekarang, temukanlah teman-teman baru, peliharalah dan tingkatkan hubungan yang sudah ada dengan sehat. Memang, hal ini tidak mudah dilakukan. Tapi percayalah, lama kelamaan bila Anda membuka diri untuk orang lain, Anda akan menemukan diri Anda lagi.

* Perhatikan hal-hal baik

Kebanyakan orang yang dikuasai depresi biasanya selalu menilai segala sesuatu dari sisi buruk. Mereka tidak mampu menangkap kebaikan-kebaikan dari luar dirinya. Sekarang, cobalah mengurangi rasa curiga terhadap banyak hal, dan berusaha bersikap positif. Ini adalah cara sederhana untuk mulai mengisi pikiran Anda tentang kehidupan menyenangkan.

Setelah Anda melihat orang lain bersikap baik terhadap satu sama lainnya, sekarang mulailah mengakui adanya kebaikan dari orang lain.

Seiring dengan mengenali kebaikan dalam diri orang lain, mulai juga dengan melihat keindahan di sekitar Anda. Anda tidak harus pergi ke tempat-tempat rekreasi mahal. Anda bisa mengagumi, misalnya keindahan garis-garis bangunan, kesibukan orang di jalan, kesibukan orang bekerja, bunga-bunga kecil yang menyembul di trotoar dan banyak lagi.

Biarkan indera Anda belajar untuk menemukan keindahan lagi. Biarkan hati mulai menerima bahwa Anda pantas mendapatkan keindahan dalam hidup. Perhatikan hal-hal baik di sekeliling Anda dan menjadi bahagia bersama mereka.

* Merawat penampilan

Depresi akan mengurangi perhatian Anda terhadap perawatan tubuh, bahkan bisa sama sekali tidak peduli. Ini terjadi karena Anda merasa menjadi pribadi yang tidak layak untuk dirawat.

Setidaknya, cobalah tetap rutin mempertahankan perawatan dasar, seperti mandi, mencukur, menggunting kuku, dan memakai deodorant. Ini dapat membantu Anda merasa tetap menjadi manusia. Selain itu, bersih dan berbau harum juga akan membuat orang lain menilai positif diri Anda.

Untuk membangkitkan semangat diri, cobalah olahraga jalan kaki setiap hari atau pergi ke gym. Aktivitas ini dapat membantu mulai memperhatikan diri. Lalu, Anda akan menemukan keajaiban tentang diri Anda.

* Curahkan perasaan ke jurnal

Tahukah Anda, sering menuliskan hal-hal yang membuat Anda marah akan memiliki efek menenangkan. Jadi, Anda tidak perlu membayar mahal untuk pergi ke terapis, cukup mencurahkan perasaan Anda ke jurnal harian, efeknya sama, beban menjadi lebih ringan.

Anda dapat menulis jurnal dengan tangan, ketik ke komputer, atau merekam suara diri Anda. Tetapi, pastikan bahwa Anda bisa secara bebas mengungkapkannya. Jurnal Anda benar-benar pribadi dan untuk Anda saja.

Ketika Anda merasa memiliki tempat aman untuk mencurahkan masalah, Anda akan terkejut bahwa kelak Anda akan mampu memilah-milah masalah Anda sendiri, atau setidaknya mengidentifikasinya. Dengan demikian, Anda bisa menanganinya satu persatu.

* Mendorong spiritualitas

Depresi memberitahu Anda bahwa hidup ini tidak berarti, tanpa harapan, dan gelap. Untuk menyangkalnya membutuhkan banyak usaha, dan belajar untuk bersandar pada kekuatan yang lebih tinggi. Kekuatan ini juga akan mengingatkan Anda bahwa masih ada harapan, makna, dan alasan mengapa Anda ada.

Orang yang sedang depresi mungkin tidak tertarik pergi ke tempat ibadah, tetapi banyak orang yang telah berhasil mengatasi depresi dengan mengembangkan hubungan dengan Tuhan. [Kelly Chang / Jogjakarta / Tionghoanews]

--------------------
Tetap update Berita & Artikel di manapun dengan http://m.tionghoanews.com dari browser ponsel anda atau ingin terima artikel baru berupa email bisa bergabung dalam email group http://asia.groups.yahoo.com/group/tionghoanews
--------------------

KUTIPAN-KUTIPAN STEVE JOBS YANG INSPIRATIF

Posted: 07 Oct 2011 12:06 AM PDT

Semasa hidupnya, pendiri Apple, Steve Jobs, dikenal sebagai salah satu tokoh yang inspiratif. Setiap pidatonya banyak mendapat pujian dan penuh makna dengan kutipan-kutipan kalimat yang menggetarkan.

Beberapa pernyataan dan pemikirannya banyak dikutip orang sebagai motivasi. Steve Jobs boleh meninggal dunia, namun pemikirannya akan menjadi warisan yang dikenang sepanjang masa. Berikut beberapa kutipan-kutipan pidato Steve Jobs yang menginspirasi.

* Wawancara dengan Playboy pada 1985

"Saya tidak berpikir akan bekerja sekeras ini untuk sesuatu, tapi bekerja untuk Macintosh adalah pengalaman paling menarik dalam hidup saya. Ketika kami selesai presentasi pada rapat pemegang saham, semua orang di auditorium berdiri dan memberi penghargaan dengan melakukan standing ovation selama lima menit. Itu merupakan hal yang tidak akan saya lupakan. Tidak ada yang pernah berpikir bahwa kami bisa menyelesaikan proyek ini. Dari situ semua orang mulai menitikkan air mata."

* Wawancara dengan Wired pada 1996

"Teknologi membuat hidup kita lebih mudah. Ini bisa menyentuh berbagai sisi kehidupan seseorang yang kita pikir tidak akan bisa. Anda mungkin memiliki anak yang kurang sempurna dan bisa membentuk komunitas dengan orang tua lain yang memiliki pengalaman serupa sehingga bisa mendapatkan informasi medis, dukungan serta informasi obat-obatan yang sangat berguna."

* Wawancara dengan Fortune pada 2000

"Di benak sebagian besar orang, desain itu berarti hanya untuk menutupi sesuatu dan interior adalah sebuah dekorasi. Desain dan interior tak lebih dari produk kain untuk gorden dan sofa. Tapi buat saya, tidak ada yang lebih berharga dari sebuah desain. Ini merupakan jiwa dari setiap kreasi manusia yang mampu menginformasikan tiap-tiap lapisan yang ada dari produk maupun jasa yang dihasilkan."

* Wawancara dengan Business Week pada 2004

"Inovasi datang ketika orang bertemu di jalan atau bercakap-cakap di telepon pada pukul 22:30 tentang sebuah ide. Atau inovasi itu ketika mereka sadar ada sesuatu yang bisa dipecahkan terhadap sebuah masalah. Atau ketika pada sebuah pertemuan dengan enam orang yang dihubungi oleh seseorang karena dia pikir menemukan suatu ide yang akan menghasilkan sesuatu yang hebat dan semua orang mendengarkan dengan antusias."

* Pidato Steve Jobs di Stanford University pada 2005

"Mengingat bahwa saya akan segera mati adalah cara yang paling efektif untuk berani membuat keputusan besar dalam hidup. Karena segala harapan, kebanggaan, rasa malu serta ketakutan terhadap kegagalan akan tidak berarti jika dihadapkan dengan kematian. Mengingat bahwa kita akan mati adalah cara terbaik untuk menghindari pemikiran takut gagal. Tidak ada alasan untuk anda tidak mengikuti kata hati anda."

"Waktu Anda sangat terbatas, jadi jangan sia-sia kan hidup orang lain. Jangan terperangkap oleh dogma yang membuat anda hidup di pemikiran orang lain. Jangan biarkan gangguan dari opini orang lain mengalahkan suara hati anda."

* Konferensi AllThingsD pada 2010

"Tidak ada hal yang lebih menyenangkan daripada menerima email dari seseorang yang tidak saya kenal di berbagai belahan dunia yang baru saja membeli iPad. Ia menceritakan pengalamannya menggunakan iPad dan menyatakan bahwa iPad merupakan produk teknologi paling keren yang ia bawa pulang ke rumah sepanjang hidupnya. Itulah yang membuat saya untuk terus bertahan. Itulah yang menguatkan saya pada 5 tahun lalu, 10 tahun lalu ketika semua kesempatan hampir tertutup. Dan ini yang akan terus menyemangati saya pada lima tahun ke depan apapun yang akan terjadi." [Angelina Lim / Medan / Tionghoanews]

--------------------
Tetap update Berita & Artikel di manapun dengan http://m.tionghoanews.com dari browser ponsel anda atau ingin terima artikel baru berupa email bisa bergabung dalam email group http://asia.groups.yahoo.com/group/tionghoanews
--------------------

JI KONG, DEWA YANG BAIK HATI

Posted: 06 Oct 2011 05:00 PM PDT

Warga Pelantar Teladan, Kota Tanjungpinang, Pulau Bintan menggelar upacara sembahyang keselamatan dan aneka hiburan memperingati HUT Kelenteng dan juga HUT Dewa Jikong. Dewa Jikong yang ulang tahunnya tengah dirayakan, Rabu malam (5/10) diyakini umat Budha sebagai dewa yang baik hati.

Bobby Jayanto yang diberi kehormatan untuk memberikan sambutannya mengatakan, perayaan HUT Kelenteng Jikong ini juga merupakan peringatan ulang tahun Dewa Jikong yang dikenal sebagai dewa yang baik hati dan suka menolong umat manusia. Dengan digelarnya pelaksanaan sembahyang keselamatan tersebut, diharapkan akan memberikan rasa aman dan tenteram bagi daerah sekitar Tanjungpinang, serta dijauhkan dari segala marabahaya.

"Sembahyang keselamatan ini mempunyai makna permohonan dan ungkapan rasa terima kasih kita terhadap Dewa Jikong. Semoga daerah kita ini senantiasa jauh dari segala bencana di bawah lindungan dewa yang baik hati ini," kata Bobby.

Bobby juga meminta pada masyarakat agar senantiasa meningkatkan rasa kebersamaan dan tidak mudah terprovokasi dari sebuah isu yang akan menimbulkan perpecahan.

"Dengan upacara sembahyang keselamatan ini mari kita tingkatkan kebersamaan yang telah terjalin dengan baik selama ini di tengah masyarakat yang sangat heterogen," ujarnya.

Lebih jauh, mantan Ketua DPRD Kota Tanjungpinang tersebut juga mengingatkan akan pentingnya pendidikan bagi generasi muda. Karena, tanpa dibekali pendidikan generasi penerus akan ketinggalan dari pesatnya tekhnologi dan informasi. Untuk itu orang tua wajib memberikan pendidikan layak bagi anaknya.

"Tanpa dibekali pendidikan yang mumpuni, generasi kita akan tertinggal oleh roda zaman, karena kita harus tekadkan bersama bahwa setiap anak wajib sekolah, dan setiap orang tua harus menyadari hal ini," tandasnya.

Sembahyang keselamatan, HUT Kelenteng Jikong juga diisi dengan aneka hiburan yang menghadirkan grup musik dan penyanyi lokal. Kemudian, acara juga diisi dengan kegiatan lelang amal yang dananya diperuntukkan untuk pengelolaan kelenteng. [Tiffanny Chen / Batam / Tionghoanews]

--------------------
Tetap update Berita & Artikel di manapun dengan http://m.tionghoanews.com dari browser ponsel anda atau ingin terima artikel baru berupa email bisa bergabung dalam email group http://asia.groups.yahoo.com/group/tionghoanews
--------------------

No comments:

Post a Comment