Wednesday 26 October 2011

印尼华人 (21/1)

印尼华人 (21/1)


IMPIAN YANG TAK PERNAH TERWUJUD!

Posted: 26 Oct 2011 06:01 AM PDT

Story: Aku teringat lagi dengan jejak  masa silam, jejak yang selalu membekas dan meninggalkan hangat dalam detik langkahku. Masih segar dalam ingatan bagaimana aku dan Maya (bukan nama Sebenarnya) bersahabat hingga semua orang menyangka kami terlibat dalam permainan cinta. Jujur saja aku memang mengharapkan tuduhan itu benar-benar menjadi nyata.  Namun aku sadar bahwa itu tak mungkin, karena aku dan Maya berada dalam dunia  yang berbeda.

Dua hari lalu aku kembali bertemu Maya setelah beberapa tahun Maya berada di Belanda untuk melanjutkan studinya. Ia sudah sangat berbeda kini, yang jelas ia semakin cantik. Ketika bertemu ia kembali menampakan senyum manisnya sambil memperlihatkan sebuah cicin emas yang melingkar di.jari manisnya, "Aku sudah bertunangan Wan…," dan aku cuma bisa tersenyum getir mendengarnya. Kami sempat berbincang sebentar sebelum Maya akhirnya pamit dan meninggalkanku dalam keheningan jiwa yang teramat dingin

Siang ini aku dikejutkan dengan dering telepon selulerku, diseberang sana kudengar suara maya memintaku menemuinya disebuah tempat yang sangat bersejarah bagi kami. Waktu menunjukan pukul empat sore, ketika aku tiba ditempat dimana biasanya kami sering bertemu. Sebuah gedung sineplex 21 yang begitu banyak menyimpan kenangan manis bersama Maya.

Malam semakin larut, ketika film romantis yang diputar di bioskop ini telah selasai. Kamipun bergegas untuk pulang. Dan suasana romantis dalam film mulai merambat dalam aliran darahku. Seperti biasanya aku mengantarkan Maya untuk pulang ke apartemennya. Kami jadi semakin akrab seperti seorang anak kecil yang tak mau kehilangan mainan yang telah lama hilang, Maya memang telah lama hilang dari kekhidupanku dan sekarang ia muncul kembali.

Masih sempat kulirik jam dinding diruang tamu Maya telah menunjukan pukul 21.20 ketika aku tiba di apartemen miliknya. Dan aku memutuskan untuk segera pulang. Baru saja aku hendak berpamitan saat kudengar suara Maya bertanya, pertanyaan yang tak pernah aku duga, pertanyaan yang dulu sekali pernah kuharapkan, "Wan Pernahkan kamu mencintai aku, Wan aku ingin tahu" Ualngnya lagi. "Untuk apa May," aku balik bertanya. "Aku hanya sekedar ingin tahu, ayolah Wan Please," serunya dengan wajah memelas. dan aku tak bisa menjawabnya selain menundukan kepala dan menarik nafas dalam-dalam, tetapi Maya terus memaksaku untuk menjawabnya.

Malam semakin merambat ke titik terkelam, sampai akhirnya aku terpaksa menceritakan yang sebenarnya tentang perasaanku, "Ya, Maya, aku memang pernah mencintaimu, bahkan selalu, selalu mencitaimu hingga saat ini," lanjutku semakin tak kuasa menahan gejolak hati yang teriris mengingat maya telah dimiliki oleh lelaki lain.

Sunyi keadaan setelah itu. Menit-menit berlalu dan aku tak tahu harus berbuat apa, sementara Maya masih kulihat duduk terdiam sambil menundudukan kepalanya. Namun tiba-tiba ia merangkulku erat sambil menangis, saat itu aku cuma bisa membalas pelukannya sambil mengusap rambutnya yang hitam kelam, mulutku masih terkunci sementara otakku berputar untuk mencari jawaban apa yang sebenarnya terjadi antara kami berdua.

Ditengah-tengah ledakan tangisnya ia masih sempat menuduhku sebagai orang  jahat yang egois, "Wan kenapa baru sekarang kau ungkap perasaan itu, kamu jahat, kamu tahu Wan, betapa setianya aku menyimpan cinta ini untuk kamu, sampai akhirnya aku terpaksa  memberikannya pada orang lain," serunya lagi sambil sesegukan. Sesak rasanya mendengar kenyataan ini, mendengar Maya mengatakan cintanya kepadaku.

Selanjutnya aku membiarkan Maya bercerita semuanya, bercerita bagaimana ia begitu mengharapkan kata cinta dariku. sampai ia pergi keluar negeri untuk menuntut ilmu. Dan akhirnya menerima cinta Chandra dan belajar mencintainya, karena cinta Chandra adalah kenyataan, sementara cintaku hanyalah sebuah mimpi. Aku saat itu tak tahu lagi harus berbuat apa selain berusaha meredakan tangisnya sampai akhirnya ia bisa tenang dan kami masih tetap saja berpelukan.

Suasana semakin menghanyutkan kami berdua tatkala terdengar lagu merdu dari radio yang berada di pojok ruangan. Selanjutnya kami terbuai dengan apa yang baru kami sadari saat itu. Perasaan cinta yang teramat lama terpendam akhirnya bisa kami satukan walau hanya sesaat. Perih, sedih, bahagia dan kecewa bercampur aduk menjadi satu, manakala kami selesai menyatukan hasrat badaniah kami dan tergolek lemas diatas sofa.

Mata Maya masih berkaca-kaca, ketika ia kembali berkata, "Wan, mungkin aku memang tak bisa mencintai Chandra sepenuhnya karena aku masih mencintaimu, namun saat ini aku lebih memilih Chadra karena cintanya adalah nyata untukku, sementara kamu hanyalah mimpi indahku. Dan aku tak ingin hidup dalam mimpi, aku butuh kepastian hidup dan kepastian itu sudah aku dapatkan bersama Chandra," ungkap Maya

"Sudahlah May, aku mengerti apa yang saat ini kamu rasakan, biarlah malam ini menjadi saksi kita bahwa kita masih selalu mencintai, dan itu cukup buatku," kataku dengan lemah. Maya hanya tertunduk, ia kemudian memintaku merahasiakan apa yang sudah terjadi malam itu. kami memang tak menyesali itu semua, yang kami sesali hanyalah mengapa rasa cinta kami tak pernah terungkap saat kami masih saling sendiri.

Kokok ayam jantan mengiringi langkahku di pagi hari itu. sesaat kemudian walau samar kudengar alunan lagu dari sebuah rumah yang kulewati. Sevia, Tembang cantik milik sheila on 7 itu memberikan bayangan kembali tentang Maya. Kata-katanya selalu terngiang di telinga bahwa ia memerlukan kepastian. Terbayang kembali kisah-kisahku dengan beberapa perempuan yang sempat singgah dihatiku. Jika hingga saat ini aku belum menemukan sesuatu yang kucari dari sosok perempuan yaitu kedamaian, mungkin karena selama ini aku juga tak bisa memberikan sesuatu yang mereka harapkan dariku yaitu kepastian. [Vivi Tan / Jakarta / Tionghoanews]

CHINA TERIMA PROPOSAL DAMAI TAIWAN

Posted: 26 Oct 2011 04:12 AM PDT

Pemerintah China menyambut baik dan menerima proposal perjanjian damai dari Presiden Taiwan, Ma Ying-jeou. Perjanjian damai ini nantinya diharapkan dapat membawa ketenangan di antara kedua negara.

Juru bicara Kantor Urusan Taiwan milik pemerintah China, Yang Yi, mengatakan penghentian perseteruan kedua negara memang telah menjadi salah satu kepentingan utama China.

"Menghentikan perseteruan antara kedua pihak dan mencapai perjanjian damai adalah kepentingan besar bagi negara China dan keinginan bersama dari warga kedua negara," kata Yang Yi, seperti dilansir Reuters, Rabu 26 Oktober 2011.

"Negara China" adalah kata yang dipakai pemerintah China untuk menyebut kedua pihak, sesuai prinsip Satu China yang diterapkan Beijing. Kedua negara terpisah sejak tahun 1949 setelah kaum Nasionalis mengungsi ke pulau Taiwan karena kalah dari kaum komunis pada perang saudara.

Taiwan secara sepihak telah menyatakan penghentian ketegangan dengan China pada 1991. China juga tercatat tidak pernah melakukan agresi militer untuk mendapatkan kekuasaan di Taiwan.

Proposal damai dari Ma mencakup kerangka dasar upaya perdamaian kedua negara yang diharapkan dapat ditandatangani dalam waktu sepuluh tahun lagi. Bukannya tanpa penghalang, rencana Ma ditentang oleh partai oposisi Taiwan, Parta Demokrat Progresif (DPP), yang meminta adanya referendum sebelum melakukan pembicaraan dengan China.

Menanggapi penentangan ini, Yang Yi, mengatakan agar permasalahan ini jangan sampai dijadikan permainan politik oleh DPP, demi mendapatkan keuntungan pribadi. Dia menegaskan bahwa perdamaian kedua pihak sangat penting karena menyangkut aspirasi rakyat kedua negara. [Miao Miao / Beijing / China / Tionghoanews]

MENUJU KESEMPURNAAN

Posted: 26 Oct 2011 03:42 AM PDT

Saya pikir adalah sangat penting bagi kita untuk memiliki cinta kasih kepada semua makhluk. Cinta kasih adalah hati dari Bodhicitta, sikap dari Bodhisattva. Cinta kasih adalah jalan yang paling menyenangkan, meditasi yang paling mengasikkan. Dengan adanya Bodhicitta, tak ada lagi pertentangan antara Timur dan Barat. Jalan ini adalah jalan yang paling membahagiakan, seratus persen sederhana, dan tidak akan membawa orang kejalan yang ektrem.

Mengapa Bodhicitta diperlukan demi keberhasilan meditasi? Karena ada kemelekatan yang mementingkan diri sendiri. Jika Anda melakukan meditasi dengan baik, tetapi tanpa ada Bodhicitta, maka Anda akan melekat pada kenikmatan yang sangat kecil sekalipun: "Aku , aku, aku ingin lagi". Maka pengalaman yang mengasyikkan itu pun lenyap sama sekali. Melekat adalah halangan terberat dalam usaha melakukan perhatian yang terpusat dalam meditasi. Dan dengan adannya kemelekatan ini, kita akan selalu mengabdi pada kebahagiaan diri kita sendiri: "Aku, aku, aku merana. Aku ingin bahagia. Karena itu Aku bermeditasi". Itu bukanlah jalan yang benar, karena beberapa alasan, meditasi yang baik dan hasilnya ketenangan, kenikmatan, dan kebahagiaan yang akan muncul.

Tanpa Bodhicitta adalah sangat sukar untuk mengumpulkan kebajikan. Anda hanya akan menciptakannya, yang selanjutnya juga akan memusnahkannya. Sebelum hari menjelang sore, kebajikan yang dikumpulkan di pagi hari telah lenyap. Ini sama halnya dengan membersihkan kamar, dan satu jam kemudian membuatnya kotor lagi. Anda membersihkan pikiran, dan segera menodainya kembali. Tentu saja bukan merupakan hal yang menguntungkan. Jika Anda ingin berhasil dalam mengumpulkan kebajikan, Anda harus mempunyai Bodhicitta. Dengan Boddhicitta Anda menjadi begitu berharga seperti emas atau intan. Anda menjadi benda yang paling sempurna di dunia ini, tak dapat dibandingkan dengan materi-materi yang lain.

Dari Sudut pandang materialisme akan terdengar mengagumkan, jika seseorang berkata "Saya akan berdana, saya akan memberikan seratus dolar kepada setiap orang diseluruh dunia." Bahkan jika orang itu sungguh-sungguh memberikan dana sebesar itu dengan tulus, kebajikan atau jasanya itu tidak akan berarti apa-apa dibandingkan dengan pikiran, "Saya bercita-cita untuk mewujudkan Bodhicitta demi kebahagiaan semua makhluk, dan saya akan melakukan enam paramita sebanyak mungkin." Itulah sebabnya, mengapa saya selalu berkata bahwa mewujudkan Bodhicitta merupakan jalan kesempurna yang bisa Anda tempuh.

Ingatkah Anda pada cerita Kadampa Geshe, yang melihat seorang tua yang mengelilingi stupa? Ia bertanya "Apa yang sedang engkau lakukan? Orang tua itu menjawab, "Saya sedang berpuja bakti , Guru." Lalu Geshe menasehatinya, "Tidakkah lebih baik jika engkau mempraktikkan Dharma?

Berikutnya Geshe melihat orang tua itu sedang bersujud. Ketika ia bertanya apa yang sedang dilakukannya, orang tua itu berkata, bahwa ia sedang melakukan sembah sujud seratus ribu kali. Dan Geshe kembali menasehatinya, "Tidakkah lebih baik engkau mempraktekkan Dharma, saudaraku?"

Demikianlah cerita itu berlanjut. Tetapi maksud dari Kadampa Geshe adalah bahwa melakukan puja bakti atau kegiatan kegiatan keagamaan tidak selalu berarti mempraktekkan Dharma. Yang perlu kita lakukan adalah meninggalkan kemelekatan dan pemujaan diri sendiri.

Kita semua berhubungan satu sama lain. Mengapa kita berkata "Aku mencintaimu." Dan kadang-kadang pula, "Aku membencimu" Dari mana pikiran yang naik dan turun ini datang?" Dari pikiran yang memuja diri sendiri (tanpa Bodhicitta). Apa yang kita ucapakan sebenarnya adalah, "Saya benci padamu karena engkau tidak memuaskanku. Engkau melukaiku, engkau tidak memberiku kesenangan." Itulah keseluruhannya: Aku – egoku, kemelekatanku – tidak mendapatkan kepuasan darimu, karenanya aku benci kamu. Menggelikan! Semua masalah yang timbul dalam hubungan antar pribadi muncul karena tiadanya Bodhicitta, karena kita belum mengubah pikiran kita.

Jadi, Anda lihat bahwa meditasi saja belum cukup. Jika Kadampa Geshe melihatmu bermeditasi, ia akan bertanya "Apa yang sedang engkau lakukan? Tidakkah lebih baik jika engkau mempraktekkan Dharma?" Puja bakti bukan Dharma, bersujud bukan Dharma, meditasi bukan Dharma. Celaka!, lalu Dharma itu apa ? Inilah yang mengusik pikiran orang tua dalam cerita itu. Ia tak bisa memikirkan hal lain lagi untuk dikerjakan. Baiklah…, pratek Dharma yang terbaik, yang paling sempurna, dan yang paling mendasar, adalah tak diragukan lagi, mewujudkan Bodhicitta.

Anda bisa membuktikan secara ilmiah bahwa Bodhicitta adalah latihan terbaik yang bisa dilakukan. Pikiran kita yang mementingkan diri sendiri merupakan akar dari semua masalah kita. Ia membuat hidup kita sulit dan mengesalkan. Penawar pikiran yang mementingkan diri sendiri ini, lawannya, adalah pikiran yang penuh dengan Bodhicitta. Pikiran yang egosentris hanya memikirkan aku atau diri sendiri dengan orang lain.

Bodhicitta membuka ruang dalam pikiran Anda, sehingga teman Anda yang paling dekat sekalipun, jika lupa memberikan hadiah ulang tahun, tidak akan membuat Anda tersinggung," Ah, tahun ini ia tidak memberiku coklat, tidak apa-apalah." Bagaimanapun juga, Anda hidup bukan untuk coklat, bukan untuk kenikmatan indria. Sesuatu yang lebih dalam dapat muncul dari kebersamaan kita.

Jadi Bodhicitta merupakan cara paling sempurna untuk mempraktekkan Dharma. Khususnya diabad modern ini, Bodhicitta sangat bernilai. Dengan berakar pada Bodhictta, Anda pasti akan tumbuh subur.Sarwa manggalang.Semoga semua mahluk. Terberkahi dengan kebahagiaan, kedamaian dan kesejahteraan. [Liana Yang / Surabaya / Tionghoanews]

TIONGKOK PERMUDAH SYARAT IZIN TINGGAL WARGA ASING

Posted: 26 Oct 2011 12:38 AM PDT

Menteri Sumber Daya Manusia dan Jaminan Sosial Tiongkok, Yin Weimin baru-baru ini menyatakan, Tiongkok akan segera mendalami dan mempermudah persyaratan izin tinggal warga asing, atau "Green Card", sehingga lebih banyak menarik tenaga berkualitas dari luar negeri.

Dikatakan pula, Tiongkok akan terus berupaya menarik tenaga berbakat dari Tiongkok yang belajar di luar negeri. Tiongkok akan terus memperbaiki kebijakan pengaturan identitas, imigrasi, pajak, investasi, dan pendanaan.

Tiongkok juga akan mempertimbangkan kebijakan imigrasi, izin tinggal tetap, dan pemberian fasilitas kepada tenaga berkualitas dari luar negeri. [Miao Miao / Beijing / China / Tionghoanews]

PEMERINTAH CHINA MELARANG MESIN WAKTU

Posted: 26 Oct 2011 12:26 AM PDT

Pemerintah Republik Rakyat China telah mengeluarkan larangan terhadap warganya yang menggunakan mesin waktu. Walupun sebetulnya, belum tentu mesin waktu itu benar-benar dibuat.

Ya, ini memang sebuah aturan yang agak membingungkan, sebab mesin waktu sendiri belum tentu dapat dibuat, karena masih menimbulkan pro dan kontra. Namun alasan ini diberlakukan bagi film-film yang membahas tentang mesin waktu.

Menurut New York Times, baru-baru ini, alasannya sendiri karena China khawatir ada orang-orang yang tidak menghormati sejarah China.

Konsep film dan pertunjukan televisi yang memberikan kesan bahwa adalah mungkin untuk pergi mundur dalam waktu dan hal-hal yang menyinggung perubahan leluhur China yang mulia sangat menyinggung.

Salah satu acara yang cukup populer adalah Palace, di mana seorang wanita tertarik pada sebuah lukisan dinasti Qing, melakukan perjalanan kembali ke masa lalu kemudian jatuh cinta dengan beberapa pangeran.

Negara Administrasi Negara untuk Radio, Film & Televisi telah menyatakan bahwa produser dan penulis sejarah memperlakukan serius dengan cara sembrono, seharusnya tidak perlu lagi didorong untuk berkarya. [Lu Xiao Fang / Hong Kong / China / Tionghoanews]

CARA DIDIK ANAK JENIUS TERMUDA DI CHINA

Posted: 25 Oct 2011 11:57 PM PDT

Wawancara seorang anak jenius termuda di Cina telah menuai kontroversi mengenai penerapan sistem pendidikan yang terlalu dipaksakan oleh kedua orang tua anak itu.

Zhang Xingyang, dinobatkan sebagai anak termuda paling jenius di Cina. Di usianya yang masih belia, 10 tahun, Zhang sudah melangkahkan kakinya di bangku universitas. Tiga tahun kemudian ia telah melanjutkan pendidikan S2-nya di Universitas Teknologi Beijing. Sebulan yang lalu, Zhang yang kini telah berusia 16 tahun baru saja mengambil program doktoralnya di bidang matematik di Universitas Beihang.

Tak diragukan lagi, anak ini memang benar-benar jenius. Tapi apakah Zhang benar-benar berdedikasi dengan pendidikannya dan menikmati semua aktivitas pemebelajarannya tersebut? Wawancaranya di sebuah stasiun televisi telah menunjukan bahwa di balik kejeniusannya tersebut, Zhang hanyalah anak kecil biasa yang secara emosi masih sangat labil.

Dalam wawancara tersebut, Zhang mengakui bahwa dirinya beberapa kali mengancam orangtuanya untuk berhenti sekolah jika mereka tidak membelikannya sebuah apartemen di Beijing.

Peryataannya ini mengundang debat panjang di Internet yang sebagian dari mereka berpendapat bahwa Zhang tidak semestinya memaksa orang tuanya yang berpenghasilan pas-pasan untuk membelikan apartemen.

Di sisi lain, banyak netter juga mengomentari bagaimana orangtua Zhang telah menerapkan sistem pendidikan yang salah dan terlalu ambisius kepada anaknya ini.

Ayah Zhang, Huixiang pernah bercerita mengenai pola pembelajaran aktif yang ia terapkan pada anaknya telah meningkatkan agresifitas belajar pada anaknya itu. Sedari kecil Zhang, sudah tertarik membaca topik serius seperti perang di Irak dan seringkali berdebat dengan ayahnya dalam berbagai hal.

Ia, yang juga telah menerbitkan buku tentang belajar anak, Keajaiban dari Belajar, juga bercerita tentang bagaimana ia dan istrinya mendidik Zhang, dimana anaknya sangat suka sekali membaca buku-buku miliknya, mengikuti ujian bersama teman sekolahnya yang lebih tua dan melompati berbagai jenjang pendidikan. Tapi dalam wawancara itu kemudian telah diketahui bahwa Zhang sama sekali tidak menikmati cara didik orangtuanya tersebut.

Zhang mengatakan bahwa ketika ia bosan belajar dan mencoba menghabiskan waktu dengan bermain game, ayahnya akan segera menghukumnya.

Ia juga mengatakan bahwa ayahnya lebih menderita daripada orang lain ketika hasil belajar dirinya tidak terlalu bagus.

"Ayah ingin memberi saya susu selamanya, tapi hal itu tidak akan terjadi."

"Semakin lama ayah melepas tekanan terhadap saya, hasilnya akan semakin bertolak belakang," ujar Zhang.

Dengan tekanan yang kuat dari orang tuanya dan ekpektasi tinggi terhadap dirinya sendiri, Zhang mengalami kegagalan dalam beberapa subjek ketika menempuh S2 dan beberapa kali mengalami masa-masa bahaya ketika studinya akan gagal. Ia bahkan pernah berpikir untuk bunuh diri.

Huixiang mengatakan bahwa anaknya berubah semenjak ia pindah ke Beijing dan membaur dengan kehidupan perkotaan.

"Ia hanya mengejar uang. Ia mengenal hal-hal seperti itu terlalu dini dan berpikir bahwa akan sangat sulit untuk hidup tanpa uang meskipun ia mempunyai ilmu pengetahuan dan keahlian," tambahnya.

Untuk hal ini Zhang beralasan bahwa ia berusaha membuat orang tuanya mengerti bahwa jika mereka tidak membeli sebuah apartemen sekarang, maka harganya akan terus naik.

Zhang juga menyadari bahwa saat ini di Internet tengah banyak orang yang mendiskusikan mengenai kehidupan dirinya.

"Saya memilih untuk terus berpikiran positif. Saat ini saya hanya ingin melupakan masa-masa itu, tetap bersahaja dan melanjutkan studi saya." [Eleven Yang / Hong Kong / China / Tionghoanews]

10 KELUARGA TERKAYA DI ASIA

Posted: 25 Oct 2011 11:00 PM PDT

Gelombang kekayaan Asia sedang menciptakan lebih banyak jutawan dan miliarder dibandingkan wilayah lain di dunia.

Bank swasta Julius Baer mengutip CNBC.com memperkirakan kekayaan 3,3 juta yang merupakan high net worth individuals (HNWI) kawasan ini akan tiga kali lipat menjadi hampir $ 15,81 triliun pada tahun 2015.

Gelombang pertumbuhan ekonomi, ditambah dengan booming saham dan pasar properti, telah membantu beberapa bisnis terbesar di Asia.

Keluarga Wang dari Taiwan memiliki bisnis Formosa Plastics Group diperkirakan memiliki kekayaan bersih senilai $ 8,6 miliar. Keluarga Wang adalah pendiri Formosa Plastics Group, salah satu produsen plastik terbesar di dunia dan terbesar perusahaan yang terdiversifikasi terbesar Taiwan. Perusahaan ini juga salah satu produsen petrokimia utama di Asia dan mengontrol lebih dari 100 perusahaan.

Keluarga Ng dari Singapura yang memiliki bisnis Far East Organization, Sino Group yang diperkirakan memiliki kekayaan bersih senilai $ 8,9 miliar. Keluarga Ng memiliki perusahaan pengembang properti swasta terbesar di Singapura bernama Far East Organization dan adik perusahaan Hong Kong Sino Group. Keduanya merupakan salah satu kelompok terbesar real estate Asia dengan pendapatan tahunan sebesar $ 4,3 miliar.

Keluarga Hartono dari Indonesia yang memiliki bisnis Grup Djarum yang diperkirakan memiliki kekayaan bersih $ 11 miliar. Keluarga Hartono adalah keluarga terkaya di Indonesia dan pemilik dari salah satu pembuat rokok kretek terbesar di dunia - Grup Djarum. Kelompok ini juga memiliki saham mayoritas di salah satu bank terbesar - Bank Central Asia.

Keluarga Lee Kun Hee dari Korea Selatan yang memiliki bisnis Samsung Group yang diperkirakan memiliki kekayaan bersih senilai $ 11,6 miliar. Lee Kun Hee adalah ketua dari Samsung Electronics, perusahaan unggulan dari Samsung Group, bisnis konglomerat terbesar Korea Selatan yang memiliki hampir 70 afiliasi. Kelompok ini menyumbang sekitar seperlima dari PDB negara itu.

Keluarga Kuok dari Malaysia, Singapura yang memiliki bisnis Kuok Group yang diperkiraan memiliki kekayaan bersih senilai $ 16,1 miliar. Keluarga Kuok adalah keluarga terkaya di Asia Tenggara, dan pemilik dari Kuok Group - salah satu perusahaan Asia yang paling terdiversifikasi dengan kepentingan di bidang pertanian, real estat, dan jasa keuangan ternama.

Keluarga Sunil Mittal dari India dengan bisnis Bharti Grup yang diperkirakan memiliki kekayaan bersih senilai $ 16,5 miliar. Sunil Bharti Mittal adalah pendiri Bharti Group, dan ketua perusahaan unggulan Bharti Airtel, operator telepon terbesar India. Ini juga merupakan telekomunikasi kelima terbesar dunia dengan lebih dari 200 juta pelanggan.

Keluarga Kwok dari Hong Kong dengan bisnis Sun Hung Kai Properties yang diperkirakan memiliki kekayaan bersih senilai $22 miliar. Keluarga Kwok adalah pendiri dari Sun Hung Kai (SHK) Properti - pengembang properti terbesar Asia dari sisi nilai pasar. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1963 oleh pengusaha China daratan Tak Seng Kwok.

Keluarga Lakshmi Narayan Mittal dari Non-Resident India dengan bisnis ArcelorMittal yang diperkirakan memiliki kekayaan bersih senilai $ 28 miliar. Lakshmi Mittal Narayan adalah pendiri dari ArcelorMittal - perusahaan terbesar di dunia yang memproduksi baja. Mittal juga dianggap sebagai orang terkaya keenam di dunia, menurut Majalah Forbes.

Keluarga Li Ka-shing dari Hong Kong dengan bisnis Cheung Kong, PCCW, Hutchison Whampoa yang diperkirakan memiliki kekayaan bersih senilai $ 32 miliar. Li Ka-shing dianggap sebagai salah satu pemimpin bisnis yang paling kuat di Asia, dan perusahaan yang memiliki total kapitalisasi pasar senilai $92 miliar (HKD 710 miliar) di bursa saham Hong Kong.

Keluarga Ambani dari India dengan bisnis Reliance Industries & Reliance Group yang diperkirakan memiliki kekayaan bersih senilai $ 37,6 miliar. Ambanis adalah keluarga terkaya di kawasan Asia-Pasifik, dan pendiri Reliance Industries - perusahaan publik terbesar di India dengan kapitalisasi pasar sebesar $ 55,6 miliar. Perusahaan ini didirikan oleh Dhirubhai. [Diana Chuang / Kendari / Tionghoanews]

WADUK SINGAPORE TEMPAT PEMBUANGAN JASAD

Posted: 25 Oct 2011 10:59 PM PDT

Aparat Singapura kembali menemukan jasad mengapung di Waduk Bedok (Bedok Reservoir), kelima kalinya sejak Juni tahun ini.

Singapore Civil Defence Force (SCDF) menyatakan ada panggilan pada pukul 07.11, Senin (24/10) lalu, mengenai temuan jasad di beduk tersebut.

Satu area di pinggir waduk yang berseberangan dengan kompleks perumahan langsung ditutup dan jasad dipindahkan pukul 10.30, hari yang sama.

Jasad yang ditemukan adalah seorang wanita ras China yang diperkirakan berusia 50 tahun. Paramedis menyatakan ia tewas di lokasi, 9 menit setelah ditemukan.

Sebelumnya ditemukan sejumlah jasad di tempat ini. Termasuk diantaranya seorang ibu dan putranya. [Dina Kwek / Ternate / Tionghoanews]

SEJARAH ETNIS HAKKA !

Posted: 25 Oct 2011 10:55 PM PDT

Terdapat 56 etnis suku di china, selain itu masih terdapat banyak sub suku lainnya di china. Salah satunya yang terkenal adalah orang hakka. Hakka mempunyai arti keluarga pendatang dimana hak = tamu/pendatang dan ka = keluarga.

Orang Hakka bukanlah Etnis suku di China, tetapi merupakan bagian dari Etnis Suku Han. Mengenali orang Hakka yang telah banyak melahirkan pemimpin dunia.

Orang-orang hakka dalam bahasa mandarin: kèjiā ren, adalah suku han china yang berbicara dalam bahasa hakka, tersebar di provinsi guangzhou, jiangxi, fujian. Provinsi fujian merupakan daerah pusat pembentukan orang hakka, dan mendapat julukan sebagai tanah leluhur orang hakka.

Di indonesia orang hakka banyak terdapat di aceh, bangka-belitung, jawa, serta kalimantan barat. Orang hakka juga tersebar merata hampir di seluruh dunia.

Orang hakka mempunyai bahasa sendiri yaitu bahasa ke. Bahasa ke ini salah satu dari 7 bahasa daerah utama yang digunakan dalam bahasa suku china. Di indonesia bahasa ke ini dikenal sebagai kejia atau bahasa khek.

Dikenal sebagai orang-orang yang rajin dan ulet bekerja. Julukan ini kilas balik ke jaman dahulu. Orang hakka hidup berpindah pindah, dari tanah yang satu ke tanah yang lain, oleh sebab itu mereka dinamakan keluarga pendatang, mereka membuka tanah di daerah yang berbukit, menjadikan daerah tersebut subur dan berkembang. Selain itu mereka adalah pedagang yang handal, jika ada pepatah mengatakan orang china adalah orang-orang yang rajin dan ulet, orang-orang hakka ini dua kali lipat daripada orang-orang china kerajinan dan keuletannya, pantang menyerah. Tidak mengenal perbedaan gender, wanita dan lelaki hakka sama sama harus bekerja.

Dunia mengenal pemimpin china modern, dr sun yat sen. Bapak republik china ini adalah orang hakka, begitu juga deng xiaoping, salah satu pemimpin china yang membawa china membuka diri memasuki era kebebasan, sehingga china menjadi negara maju.

Siapa yang tidak mengenal lee kuan yew, juga anaknya lee hsien loong, perdana menteri singapore saat ini, mereka adalah keturunan orang hakka. Perdana menteri thaksin shinawatra adalah orang hakka dari propinsi chiang mai, ex gubernur jendral canada adriane clarkson adalah keluarga hakka yang terkenal di canada, keluarga poy.

Actor chow yun fat adalah orang hakka, begitu juga tjong a fie, pengusaha terkenal dari medan pada tahun 1900. Corazon aquino juga keturunan orang hakka, pengusaha prayogo pangestu dan marie pangestu. Gus dur dan yusril ihza mahendra pernah menjadi penasehat orang-orang hakka di indonesia.

***
Pada abad ke 19, terjadi pemberontakan Taiping di China. Pemimpin pemberontakan ini adalah orang Hakka yaitu Hong Xiuquan, pemberontakan ini hampir menjatuhkan Dinasti Qing. Setelah pemberontakan ini ditumpas oleh Pemerintah Qing, terjadi tekanan terhadap orang-orang Hakka. Tidak lama kemudian, terjadi lagi perang etnis yang mengakibatkan kematian berjuta orang dan paling berdarah di China. Pertentangan orang-orang Hakka dengan orang-orang di propinsi menjadikan banyak orang Hakka yang keluar dari daerah dan merantau ke seluruh dunia. Menjadikan populasi orang Hakka tersebar hampir di seluruh dunia.

Situasi dalam negeri China dengan banyaknya tekanan yang dialami orang-orang Hakka, mengakibatkan orang Hakka lebih mudah beradaptasi dengan kepahitan hidup. Mereka menjadi lebih progresif dan mempunyai pikiran yang lebih bebas, dan keinginan maju, menuntut perubahan dalam kehidupan. Pemikiran orang-orang Hakka yang tidak mempertahankan adat dan tradisi yang lama, banyak pelopor2 ide baru adalah orang-orang Hakka.

Di Indonesia, komunitas orang Hakka terbesar adalah Kalimantan Barat. Mereka mendarat di Kalimantan pada abad ke 19. Orang Hakka dari Propinsi GuangZhou mendirikan Republik LanFang yang berdiri selama 107 tahun, dan mempunyai 10 Presiden, hingga diambil alih oleh Belanda pada tahun 1884.

Populasi orang Hakka terbesar kedua adalah di pulau Bangka Belitung. Mereka mendarat pertama kali pada tahun 1700 dari Propinsi GuangZhou. Orang Hakka berbaur dengan penduduk melayu setempat, ada yang bekerja di pertambangan timah, dan ada juga yang membuka toko kelontong.

***
Di China salah satu peninggalan orang Hakka yang sampai saat ini masih ada dan menjadi salah satu warisan utama dunia UNESCO adalah rumah orang Hakka.

Tu Lou mempunyai arti rumah tanah. Dibangun sejak abad ke 12, Tu Lou terletak di bagian barat daya Propinsi Fu Jian di selatan China. Mempunyai bentuk bulat, persegi panjang atau empat segi. Hanya mempunyai satu pintu masuk dan di lantai pertama tidak terdapat jendela, untuk menghindari masuknya perampok.

Untuk melindungi diri terhadap perampok dan binatang liar, mereka mengunakan tanah liat dan kayu, membangun tempat yang tinggi, bangunan bertingkat melingkar di mana seluruh keluarga atau klan bisa hidup bersama. Inilah rumah tanah yang kita lihat sekarang ini. Bangunan ini dianggap sebagai keajaiban oleh ribuan ahli, sarjana dan pengunjung yang telah terpesona oleh keindahan bangunan ini.

Rumah tanah ini adalah benteng untuk melindungi diri orang Hakka melawan musuh. Selain lorong-lorong aneh, rumah tanah ini memiliki fungsi pencegahan kebakaran, menjaga terhadap binatang liar dan memiliki ventilasi dan pencahayaan yang baik, selain itu tahan terhadap gempa bumi. Tu Lou ini mempunyai keistimewaan, hangat sewaktu musim dingin, dan dingin sewaktu musim panas.

Tu Lou terdiri dari bangunan yang dikelilingi oleh lorong2 yang besar yang menampung ratusan kamar. Dengan semua ruang, gudang, sumur dan kamar tidur di dalam, fungsi bangunan besar seperti hampir seperti kota benteng kecil.

Ukuran bangunan ini ada yang kecil, menengah dan besar. Yang kecil dengan ketinggian tembok 1 – 2 M, hanya memiliki satu lorong dan diisi dengan 21-28 kamar. Ukuran menengah dengan tinggi 3 – 4 M dengan ruang terbuka yang besar , ada yang memiliki satu lorong atau 2 lorong, berisi 30-40 kamar. Bangunan-bangunan bulat yang lebih besar biasanya memiliki ketinggian 4- 5 M yang terdiri dari sebanyak tiga putaran memiliki sekitar 42-58 kamar. Ada lagi bangunan bulat sangat kecil memiliki sekitar 12-18 kamar.

Luas Tu Lou ini sekitar 10.200 m2 dan yang terbesar mencapai 40.000 m2 dengan ketinggian 3-4 lantai dan ketebalan dinding mencapai 1,8 m, dan ditinggali sebanyak 800 orang.

Ingatkah pembaca dengan film KungFu Hustle ? Tempat tinggal para penjahat menyerupai Tu Lou.

Salah satu Tu Lou yang terkenal adalah Tsap Hing , dibangun pada tahun 1419 mengunakan bambu dan tanah liat, dengan diameter 66 M, ketebalan tembok 1, 6 M, terdiri dari 4 tingkat, mempunyai 247 kamar. Tsap Hing Tu Lou terletak di desa ChuXi, Yong Ding.

Tu Lou yang tertua adalah Fu Xing Lou terdapat di kota Le Hu dibangun lebih dari 1200 tahun lalu, menjadi fosil hidup saksi karya arsitektur orang Hakka.

Lebih dari dua puluh ribu dari rumah-rumah ini masih berdiri hari ini, sepuluh di antaranya berusia lebih dari 600 tahun. Sebagian Tu Lou masih dijadikan tempat tinggal oleh orang Hakka, banyak juga kaum muda yang tidak menyukai tinggal di Tu Lou, dan pindah ke apartment modern.

***
Hongkeng Tulou Cluster dikenal sebagai Desa Budaya Yongding Hakka, terletak di kota Hukeng. Tu Lou terlengkap dan masih terawat dengan baik. Ada hampir 100 Tu Lou didesa ini, berdiri di sepanjang tepian sungai.

Chengqilou Tu Lou terbesar di Yongding County, dijuluki "the King of Tulou" berumur hampir 300 tahun, mempunyai 400 kamar, dan pernah dipergunakan oleh 80 keluarga hidup bersama.

Tianluokeng Tulou Cluster, terletak di Shangban Village, Shuyang Town, mempunyai 4 Tu Lou bulat dan 1 Tu Lou tanah persegi panjang. Tu Lou ini salah satu yang terkenal, Tu Lou ini mempunyai istilah Si Cai Yi Tang, 4 sayur dan 1 sup.

Yuchang Lou, terletak di Desa Xiaban, Fuyulou dibangun pada 1308 dan merupakan salah satu Tu Lou tertua. Terkenal dengan bangunan lima pilar.

Changjiao Ancient Village, desa kuno yang indah ini diberi nama dari Jembatan Changjiao yang menghubungkan Heguilou dan Huaiyuanlou. Sepanjang tepi sungai adalah pohon beringin kuno, bangunan kuno dan petak-petak lahan pertanian. Berjalan melalui desa ini akan membawa anda kembali ke masa silam.

Eryilou, dibangun pada tahun 1770, disebut Raja dari 1.000 Tulou. Dengan diameter bidang 73,4 meter, rumah Eryilou terdapat 192 kamar terdiri dari 4 lantai, dan mempunyai halaman dengan luas 600 meter persegi. Eryilou ini selamat dari pengepungan musuh selama 3 bulan, mortil yang ditembakkan hanya meruntuhkan sebagian dinding luar. [Bong Li Pien / Singkawang / Tionghoanews]

KARYANYA SULIT DICARI, KARENA TERSEBAR DI DUNIA

Posted: 25 Oct 2011 10:25 PM PDT

Lukisan kontemporer karya seniman asal Tiongkok Xiao Hong akan dipamerkan di Museum Nasio nal, Jakarta Pusat, 30 Oktober- 6 November mendatang. Mengusung tema Face, pameran yang digagas Linda Gallery itu akan dibuka Duta Besar Brasil untuk Indonesia Paulo Alberto Da Silveira Soares. "Beberapa karya Xiao Hong sudah tiba di Jakarta. Nantinya, ada sekitar 15 karya Xiao Hong yang dipamerkan," ujar General Manager Linda Gallery Karyadi, kemarin. Lima belas karya terbilang sedikit untuk sebuah pameran tunggal.

Terlebih untuk ukuran Museum Nasional yang cukup luas. Namun Karyadi punya alasan untuk itu. Sebagai salah satu seniman top, kata dia, karya Xiao Hong tersebar di berbagai belahan dunia.

Tak mudah mengumpulkannya. Terlebih, beberapa karya sudah berpindah-pindah tangan sehingga sulit ditemukan. "Setiap kali satu karya dibuat, yang mau membeli sudah waiting list. Sekali jadi, langsung berpindah tangan kepada kolektor seni dari berbagai belahan dunia. Jadi, sulit bagi kami mengumpulkan karya-karya Xiao Hong untuk dipamerkan," terangnya.

Itu juga sebabnya, lanjut Karyadi, pameran itu baru bisa terlaksana akhir bulan ini. Padahal, pihaknya sudah lama ingin menyuguhkan karya seniman Tiongkok itu di tanah air. "Sudah tertunda beberapa kali.

Baru tahun ini bisa memamerkan karya Xiao Hong di Jakarta," tuturnya. Dia menambahkan, keunikan Xiao Hong adalah ide orisinilnya menggabungkan unsur kontemporer dan tradisi. Ciri khas lain, dia selalu membuat potret wajah dalam kanvasnya. Dalam wajah-wajah itu dia menggambarkan objek lain dengan berbagai tema menarik. [Mariati Ong / Tangerang / Tionghoanews]

JEPANG KETEMU BANGKAI KAPAL INVASI MONGOLIA

Posted: 25 Oct 2011 10:17 PM PDT

Para peneliti di Jepang mengatakan peninggalan kapal dari invasi Mongolia ke Jepang merupakan momen penting bagi sejarah Jepang.

Temuan lambung kapal Mongolia yang masih utuh dari abad 13 itu dilihat sebagai bukti dari kegagalan invasi Mongolia di Jepang.

Tentara darat Mongolia pernah menjadi pasukan yang paling berhasil dalam sejarah dunia.

Para penunggang kuda yang membawa panah berhasil mengalahkan musuh-musuhnya dari Korea hingga Hungaria dan membangun Kekaisaran Asia Eropa hanya dalam waktu beberapa dekade.

Namun mereka menemukan lawan yang sebanding di Jepang, pada masa-masa puncak tentara Mongolia tahun 1281.

Dan lambung kapal yang ditemukan di Pulai Kyushu menjadi petunjuk dari hal yang terjadi pada saat tersebut.

Para peneliti Jepang yang menggunakan teknologi ultrasonik menemukan bagian lunas, atau dasar perahu, sepanjang dua belas meter dari kapal Mongolia yang tertimbun di bawah pasir.

Sejumlah bebatuan dan senjata masih ditemukan di dalam kapal.

* Bukan ahli laut

Jepang selalu mengklaim kemenangan atas armada Mongolia dalam dua upaya invasi.

Mereka berhasil menghancurkan armada Mongolia dengan aksi kamikaze -yang secara luas bisa diartikan sebagai bunuh diri untuk menjaga kehormatan diri. Dan kamikaze juga digunakan dalam perang dunia kedua saat menyerang kapal-kapal tempur Amerika Serikat di Pearl Harbour.

Di balik penafsiran kemenangan perang tersebut, para peneliti Jepang mengatakan temuan dari kapal yang nyaris masih utuh itu merupakan keajaiban karena bisa bertahan sampai ribuan tahun.

Sebelumnya hanya sebagian kecil peninggalan kapal Mongolia yang bisa ditemukan. Struktur kapal Mongolia yang ditemukan di Jepang mirip dengan kapal-kapal Cina pada masa yang sama.

Sebagai bangsa yang nomaden, Mongolia tidak punya pengalaman di laut dan menggunakan warga Cina dan Korea -yang sudah mereka kalahkan- untuk membangun armada lautnya.

Para ahli sejarah berpendapat sebenarnya tentara darat Mongolia mencapai keberhasilan juga saat melawan Jepang, namun kehilangan dukungan ketika kapal-kapal mereka dihancurkan. [Robin Lim / Medan / Sumut / Tionghoanews]

AWAS ! SKENARIO DEMO & PENJARAHAN ASET TIONGHOA 28-OKT-2011

Posted: 25 Oct 2011 08:57 PM PDT

Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB) Adhie M Massardi menjamin tidak akan ada kerusuhan saat aksi demonstrasi besar pada 28 oktober nanti.

Apalagi jika sampai terjadi penjarahan dan kekerasan terhadap etnis Tionghoa sebagaimana tragedi 1998. Adhie menjamin isu yang beredar di masyarakat belakangan ini adalah berita palsu alias hoax.

Tujuan penyebaran berita palsu itu, katanya, untuk menebar rasa takut di kalangan masyarakat, dengan demikian gerakan perubahan yang tidak mendapat simpati publik.

"Cara-cara kasar dengan menebar teror semacam ini tidak akan berhasil meredam gelombang perubahan yang diinginkan rakyat. Apalagi etnis Tionghoa turut serta dalam gerakan ini," ujar Adhie dalam keterangan tertulis yang diterima INILAH.COM, Rabu (26/10/2011).

Jubir presiden era Gus Dur ini menjelaskan, langkah awal gerakan perubahan yang tergabung dalam Aliansi Rakyat untuk Perubahan ini, justru dimulai oleh kalangan lintas etnis termasuk Tionghoa.

Bersama komunitas lintas agama yang belum lama ini melakukan doa dan puasa bersama di depan Istana Negara karena prihatin atas kemerosotan etika dan moralitas penguasa yang korup.

Adhie yakin, perlawanan rakyat terhadap rezim yang terindikasi korup ini akan terus meningkat dan terjadi di seluruh Indonesia. Tapi dengan cara-cara damai dan dalam suasana seperti pesta demokrasi.

"Makanya saya minta aparat keamanan (polisi) jangan melakukan provokasi dengan tindakan represif. Ingat, tugas aparat keamanan menurut UU adalah menjaga keselamatan presiden dan keluarganya. Bukan menyelamatkan kekuasaannya yang korup dan tidak pro-rakyat," tegas Adhie. [mah]

Sumber: http://m.inilah.com/read/detail/1789430/awas-hoax-skenario-demo-penjarahan-aset-tionghoa

APAKAH MANUSIA MEMILIKI KEMAMPUAN PREKOGNISI?

Posted: 25 Oct 2011 04:06 PM PDT

Psikolog sosial Daryl Bem dari Universitas Cornell membuat banyak desas-desus dalam bidang parapsikologi tahun lalu ketika ia mengklaim memiliki bukti bahwa peristiwa di masa depan waktunya dapat diulur ke belakang untuk memengaruhi perilaku seseorang.

Versi akhir dari studinya dipublikasikan secara online pada 31 Januari 2011 dalam terbitan  psikologi sosial terkemuka, Journal of Personality and Social Psychology (Jurnal Kepribadian and Psikologi Sosial). Bahkan sebelum makalahnya dicetak, orang-orang yang percaya maupun yang sinis, telah dibingungkan atas temuannya dan memperdebatkan keberadaan psi, yaitu masa perlindungan untuk setiap proses transfer informasi atau energi yang tidak bisa dijelaskan dengan prinsip fisik atau biologis yang dikenal sekarang ini.

Dalam tulisannya, Bem memerinci sembilan percobaan yang ia pimpin, semuanya menyertakan prosedur tetap, yang bermanfaat dalam bidang psikologi sosial. Bagaimanapun titik krusialnya adalah "mundurnya waktu" yang disebutkan oleh Bem, prosedur ini berarti bahwa bukannya mengekspos peserta untuk stimulus (biasanya dianggap sebagai penyebab perilaku seseorang) dan kemudian mengukur reaksi (efek) nya, melainkan Bem terlebih dahulu mencatat perilaku peserta dan kemudian memberikan stimulus.

Pada percobaan Bem yang pertama, peserta disajikan dengan sebuah gambar dua tirai pada sebuah layar komputer dan diminta untuk menebak tirai mana yang menyembunyikan gambar. Pada kenyataannya, gambar dan posisinya itu hanya ditentukan oleh program pengacak dari komputer setelah peserta membuat keputusan.

"Dari sudut pandang peserta, prosedur ini tampaknya untuk menguji clairvoyance (kemampuan untuk mendapatkan informasi tentang sesuatu secara langsung tanpa melalui indera)," menurut artikel itu. "Namun pada kenyataanya, tak satupun dari gambar itu sendiri ataupun posisi kanan/kirinya ditetapkan sampai setelah tebakan peserta (laki-laki atau perempuan) dicatat, membuat prosedur tes pendeteksian peristiwa masa depan (tes prekognisi)."

Bem menemukan bahwa dalam kasus di mana komputer lebih lambat menghasilkan gambar erotis, peserta telah menebak posisi itu dengan benar sebanyak 53,1 persen kali. Meskipun kecil, perbedaan antara temuannya dan 50 persen (persentase tebakan benar yang diharapkan murni berdasarkan pada setiap kemungkinan), secara statistik adalah signifikan, pendapat Bem, yang menyatakan bahwa secara keseluruhan peserta yang menebak dengan benar setidaknya sebagian berkaitan dengan sesuatu selain kemungkinan.

Pada tujuh dari delapan percobaannya yang lain, Bem mendapatkan data sama yang mendukung keberadaan psi. Para ilmuwan skeptis, bagaimanapun, menyebutkan bahwa temuan Bem yang anomali itu hanyalah kebetulan statistik belaka.

Dalam sebuah kritIk yang dipublikasikan bersamaan dengan artikel Bem, Eric-Jan Wagenmakers dan rekannya di Universitas Amsterdam menganjurkan tes statistik yang lebih "konservatif" untuk mengevaluasi data Bem. Menurut analisisnya, mayoritas percobaan Bem sebenarnya telah memberikan bukti, baik yang "anekdot" maupun "substansial" yang mendukung tidak adanya prekognisi.

Namun pada saat yang sama, mereka menemukan bahwa tiga percobaan Bem memberikan pembenaran "anekdot" atas klaimnya, dan bahwa hasil percobaannya yang ke sembilan adalah "substantial."

Percobaan ke sembilan Bem adalah tes untuk "kecakapan mengingat retroaktif." Peserta diperlihatkan 48 kata benda satu per satu, dan kemudian disuruh untuk mengetik kata-kata sebanyak yang mereka dapat ingat. Setengah dari kata-kata itu dipilih secara acak oleh komputer dan ditampilkan lagi pada peserta satu per satu. Berikutnya sebagian kecil kata-kata disajikan secara bersamaan sementara itu peserta harus mengklik kata-kata itu untuk menempatkannya ke dalam kategori dan mengetiknya.

Intinya adalah untuk melihat apakah paparan masa depan dan praktek mencoba untuk mengetik sebagian kecil kata-kata akan ada hubungannya dengan ingatan yang lebih tinggi terhadap kata-kata yang dipilih pada pengeluaran kata-kata yang tidak dipilih. Bem menyimpulkan bahwa hasilnya mendukung fenomena psi, dan bahkan Wagemakers menemukan bahwa hasilnya adalah "substantial."

Sementara "substansial" adalah jauh dari bukti dengan pepatah "luar biasa" yang dibutuhkan untuk mendukung klaim yang luar biasa seperti Bem, namun itu membenarkan intrik dari komunitas ilmiah dan publik.

Sekarang ini Wagemaker sedang melakukan percobaan untuk menguji kemampuan replikasi temuan Bem. Menurut blog tim penelitinya, sejak 20 Juni 2011, mereka telah menguji sebuah kelompok peserta, dan analisis mereka sedang tertunda.

Para peneliti lainnya juga telah berusaha untuk mereplikasi percobaan Bem, dengan berbagai macam kegagalan dan keberhasilan, sehingga perdebatan terus berkecamuk hingga kini. Namun siapa tahu, mungkin pergeseran paradigma seperti kreatifitas Bem yang terbelit secara tradisional suatu hari nanti mungkin dapat menjawab pertanyaan ini. [Liana Yang / Surabaya / Tionghoanews]

TEMPAT PERSEMBUNYIAN KUMAN DI RUMAH

Posted: 25 Oct 2011 03:55 PM PDT

Anda selalu mencuci tangan setelah keluar dari kamar mandi dan sebelum memasak makanan anda. Anda tidak pernah berbagi sikat gigi dengan teman anda (bahkan dengan suami anda). Tetapi ada tempat persembunyian kuman-kuman di dalam rumah anda yang tidak pernah anda pikirkan. Cari tahu dimana biasanya kuman-kuman bersembunyi di dalam rumah dan juga lemari anda.

Satu cara utama dimana anda dapat terjangkit penyakit adalah dengan menyentuh permukaan yang kotor, kemudian menyentuh muka anda – kuman-kuman akan masuk ke tubuh anda lewat mata, hidung dan juga mulut anda. Itulah mengapa dengan mencuci tangan adalah satu dari cara pencegahan terbaik. Cara lainnya? Mengetahui dimana tempat tempat kuman bersemayam. Dengan semakin banyaknya kasus flu dan demam yang merajarela tahun ini, sangatlah disarankan agar anda lebih berhati-hati!

1. Di pakaian kotor

Sebelum anda mencuci baju, biasanya anda akan memilah baju putih dari baju yang berwarna. Di lain waktu, pertimbangkanlah untuk memilah pakaian dari fungsinya: Contohnya pakaian yang berhubungan dengan makanan dan juga kain lap dapur dalam satu paket, dan pakaian dalam atau handuk di paket lainnya. Mengapa? "Kebanyakan orang mencuci bajunya dengan air dingin atau air hangat, yang hanya dapat membunuh sekitar 80% dari bakteri," kata Charles Gerba, PhD, seorang professor microbiologi di Universitas Arizona di Tucson. Di dalam mesin cuci, air cuci yang kotor dapat menyebarkan kuman-kuman ke seluruh baju di dalamnya, bahkan dapat menempel di dinding mesin cuci.

Pencegahan: Cucilah pakaian yang beresiko tinggi dalam air panas dan keringkan secara total dengan menggunakan pengering. Sebulan sekali, bersihkanlah dan dekontaminasi mesin cuci anda dengan air yang dicampur pemutih, demikian disarankan oleh Dr. Gerba.

2. Di dapur anda

Anda baru saja mengiris daging ayam untuk makan malam anda, kemudian anda mengambil kain untuk mengelap sisa sisa irisan daging ayam mentah, telur dan bahan masakan lainnya yang tertinggal di meja dapur anda. Berhentilah! Dengan mengelap menggunakan spons, ada kemungkinan akan terikut serta kuman kuman seperti salmonella (yang dapat tetap bertahan hidup di permukaan keras selama beberapa hari, bahkan beberapa bulan) yang dapat menyebabkan gejala sakit perut yang sangat parah dan bahkan juga demam.

Spons yang berpori, basah dan penuh celah bahkan untuk remah remah makanan, menjadikan spons "tempat tinggal yang sangat bagus bagi kuman-kuman," kata Elizabeth Scott, PhD, pendiri dan Direktur bersama dari Center for Hygiene and Health in Home and Community di Sekolah Tinggi Simmons di Boston. Spons bahkan lebih kotor dibandingkan dengan jamban, kata Dr. Gerba.

Jika anda menggunakan spons tersebut untuk membersihkan piring kotor dan juga membersihkan meja dapur anda, anda berkemungkinan besar telah menyebarkan kuman-kuman penyakit di sekitar anda.

Pencegahan: Gunakan spons terpisah untuk membersihkan piring dan membersihkan meja dapur, dan letakkanlah spons anda di tempat mencuci piring setiap kali anda menjalankannya. Taruh spons anda di dalam microwave selama satu menit juga dianjurkan. Untuk meja dapur, pertimbangkanlah untuk tidak menggunakan spons, dan gunakanlah lap antibakteri atau handuk kertas, demikian rekomendasi Paul Dawson, PhD, professor dari ilmu makanan di Universitas Clemson.

Fakta: "Aturan 5 detik" adalah mitos. Hasil penelitian yang menyatakan teori bahwa makanan yang jatuh di lantai sebelum lima detik adalah aman untuk dimakan adalah mitos. Ditemukan bahwa 99% dari bakteri salmonella langsung hinggap di makanan secara cepat. "Potongan pisang yang lengket akan tertempel oleh kuman-kuman lebih banyak dibandingkan dengan keripik tortilla yang kering, tetapi ketika makanan menyentuh lantai, kuman-kuman yang akan lengket dalam waktu 5 detik akan sebanyak kuman-kuman yang lengket dalam waktu 60 detik," demikian dinyatakan oleh Paul Dawson, PhD. "Dan hanya mmbutuhkan sedikit sekali kuman-kuman untuk membuat anda sakit,"

3. Di Supermarket atau toko Kebutuhan Rumah Tangga

Plastik penutup yang dibuat untuk dudukan dari kereta dorong belanjaan adalah digunakan untuk alasan yang baik: "Kami menemukan bakteri E.Coli di kereta dorong belanjaan lebih banyak dibandingkan dengan dudukan toilet," kata Dr. Gerba. "Selain bakteri yang berasal dari makanan, bokong anak-anak juga duduk di kereta dorong tersebut – dan kereta dorong tersebut jarang dibersihkan."

Layar dimana anda menggesek kartu kredit atau kartu ATM anda juga tidak lebih baik. Di beberapa toko kelontong, 80% mengandung bakteri E.Coli – yang diperkirakan berasal dari orang-orang yang menyentuh paket daging yang bocor, tidak mencuci tangan, kemudian menyentuh layar tersebut. Sumber bakteri lainnya: Kantong belanja daur ulang yang anda gunakan. Ya betul, kantong belanja anda sangatlah ramah lingkungan, tetapi bakteri dari daging dan bahan makanan dari belanjaan anda yang terdahulu, mungkin masih ada di sana. "Hanya 3% dari orang-orang yang disurvei mengatakan bahwa mereka pernah mencuci kantong belanjaan mereka, dan setengah dari mereka malah menggunakan kantong tersebut untuk membawa benda lainnya, seperti baju bekas pakai untuk dicuci," kata Dr. Gerba. "Hal ini seperti anda membungkus bahan makanan anda dengan baju kotor."

Pencegahan:Tutuplah daerah dudukan dengan kantong plastik sebelum anda membawanya keliling toko. Setelah meninggalkan toko, pastikan anda mencuci tangan atau membersihkan tangan anda dengan gel sanitasi. Sebagai tambahan, cucilah tas daur ulang anda secara berkala, atau bungkuslah paket daging dalam kantongan plastik sebelum anda memasukkannya ke dalam tas daur ulang anda.

Bagaimana dengan uang dan pen? Ya betul, barang-barang tersebut mungkin telah disentuh oleh ratusan orang, akan tetapi resiko anda terkontaminasi oleh bakteri dari uang sangatlah rendah, karena bakteri akan lengket ke jaringan berpori dalam uang kertas tersebut dan tidak dapat berpindah secara gampang ke tangan anda, kata Dr. Gerba. Nikel dan tembaga memiliki sifat antibakteria sehingga sangat sukar terkontaminasi dari uang logam. Pena yang digunakan di tempat umum secara mengejutkan bersih, demikian menurut hasil penelitian Dr. Gerba."Di beberapa toko, pena tersebut bahkan dibersihkan pada akhir jam kerja," katanya.

4. Di Kamar Mandi

Mencuci tangan adalah suatu kegiatan tanpa perlu berpikir. Cucilah selama 15 hingga 20 detik – hampir sama dengan waktu yang digunakan untuk menyanyikan lagu "selamat ulang tahun," kata Carlene Muto, MD, direktur medis untuk kontrol infeksi di Universitas Pittsburgn Medical Center. Namun kran air itu sendiri mungkin tidak bersih. Kontak yang terus menerus dengan tangan dan kelembaban, berarti keran air sangat rentan terhadap bakteri. Satu penelitian menunjukkan bahwa di tempat yang basah, keran air merupakan tempat yang paling banyak dihinggapi oleh bakteri super seperti MRSA, yang dapat menyebabkan infeksi kulit yang menyakitkan dan dapat membahayakan jiwa. 
Handuk mandi juga merupakan tempat yang selalu lembab dimana banyak bakteri E.Coli (yang dapat menyebabkan sakit perut dan muntah muntah) bersemayam.  E.Coli adalah kuman kuman yang terkumpul dari tangan dan juga air tetesan toilet.

Pencegahan: Tutuplah toilet sebelum anda menyiramnya, jikalau tidak, setiap kali anda menyiram toilet, air kotor akan menyebar ke udara. Bersihkan keran air setiap hari dengan menggunakan pencuci anti bakteri, dan di tempat umum, matikan keran air dengan menggunakan kertas tissue. Gantilah handuk lap tangan sesering mungkin dan pertimbangkanlah untuk menggunakan handuk kertas untuk tamu. Gantilah handuk mandi setiap tiga hari sekali.

Bagaimana dengan sikat gigi? Sikat gigi penuh dengan bakteri – tetapi itu adalah milik anda sendiri, kecuali jika anda berbagi sikat gigi, sangat kecil kemungkinan bahwa kuman kuman di sikat gigi tersebut akan membuat anda sakit," kata Abigail Salyers, PhD, professor dari molekul dan sel biologi di Universitas Illinois, Urbana-Champaign. Usahakanlah untuk menyimpan sikat gigi sehingga sikat gigi mengering sebelum anda memakainya, dan buanglah sikat gigi tersebut ketika anda mengalami sakit perut, karena jika anda menggunakannya lagi, akan membuat anda sakit lagi.

Saran: Ketika menggunakan toilet umum, pertimbangkanlah untuk memilih toilet yang paling akhir di barisan, karena toilet tersebut paling jarang digunakan dibandingkan dengan toilet yang di tengah.

5.  Di bagian bawah Tas, Koper atau Ransel anda.

Anda pulang ke rumah setelah tas anda ditaruh di keranjang dorong belanjaan, di lantai, dan di manapun juga, dan anda meletakkannya di meja dapur anda. Bersiaplah untuk mendengar fakta buruknya: Penelitian menunjukkan bahwa bakteri seperti E.Coli terdapat di 18% dari bagian bawah tas. Usahakan untuk tidak meletakkan tas di lantai, dan jangan meletakkan tas di permukaan dimana makanan dibuat.

6. Remote TV dan AC, pegangan pintu serta keyboard.

Semua orang menyentuhnya, tetapi hanya sedikit orang yang membersihkannya. Bersihkanlah dengan kain pembersih anti bacteria atau kain yang dicelupkan dalam ramuan 1 bagian pemutih dan 9 bagian air.

Mudah-mudahan, dengan cara diatas, keluarga Anda akan terhindar dari penyakit sehari-hari seperti sakit perut, flu dan batuk. [Jeni Wang / Semarang / Tionghoanews]

No comments:

Post a Comment