Sunday 9 October 2011

印尼华人 (21/1)

印尼华人 (21/1)


KAPAL CHINA DISERANG DI SUNGAI MEKONG, 11 TEWAS 2 HILANG

Posted: 09 Oct 2011 03:45 PM PDT

11 orang di China tewas dan dua lainnya hilang, setelah kapal-kapal barang mereka diserang di daerah segitiga emas Sungai Mekong. Demikian dikatakan media pemerintah, Ahad (9/10).

Kedua kapal itu, Hua Ping dan Yu Xing 8, diserang pada 5 Oktober, tulis kantor berita Xinhua, yang mengatakan bahwa para pemimpin China "memberikan perhatian cermat pada masalah itu".

Kementerian Luar Negeri di Beijing meminta Kedutaan Besar China di Thailand dan konsulat jendral di kota Chiang Mai, Thailand utara, melakukan segala sesuatu untuk menemukan kembali kedua orang awak yang hilang itu, siar Xinhua.

Beijing juga meminta "negara-negara terkait" untuk mengambil langkah guna memperbaiki perlindungan terhadap kapal dan pelaut China di Sungai Mekong, kata Xinhua mengutip sebuah pernyataan di situs kementerian itu.

Kawasan Sungai Mekong mencakup Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand, Vietnam dan provinsi Yunnan, China. [Lu Xiao Fang / Hong Kong / China / Tionghoanews]

------------------------------------------------
Mari membaca dan bergabung bersama http://tionghoanews.com dengan ponsel klik http://m.tionghoanews.com dan e-group http://asia.groups.yahoo.com/group/tionghoanews
------------------------------------------------

SEMBILAN PENYAKIT YANG DIWARISKAN KELUARGA

Posted: 09 Oct 2011 03:11 PM PDT

Sejarah keluarga memegang peranan penting dalam kondisi kesehatan seseorang. Misalnya jika dalam keluarga ada riwayat penyakit kanker, itu berarti kita atau anak-anak kita memiliki kemungkinan untuk mewarisi gen yang sama. Dengan kata lain risikonya untuk terkena kanker jauh lebih tinggi daripada risiko individu yang tidak memiliki gen tersebut.

⁠Sejauh ini para ilmuwan telah mengidentifikasi gen-gen yang dapat meningkatkan sekitar 400 kondisi penyakit paling menonjol, seperti misalnya parkinson dan cystic fibrosis atau kondisi fatal yang disebabkan oleh mutasi genetik. Cystic fribrosis menyebabkan terbentuknya lendir lengket dan tebal di dalam paru-paru dan berbagai bagian lain.

⁠Kendati demikian beberapa penyakit tidak hanya disebabkan oleh gen tunggal melainkan akibat kombinasi beberapa faktor seperti pola makan dan gaya hidup. Sebut saja misalnya tekanan darah tinggi, penyakit jantung atau skizofrenia.

Berikut ini beberapa penyakit beserta persentase tingkat risiko yang mengkin bisa diturunkan terkait riwayat yang dimiliki oleh anggota keluarga :

⁠1. Tekanan darah tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah keadaan dimana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah diatas normal atau kronis (dalam waktu yang lama). Hipertensi sering tidak disadari karena tidak bergejala. Untuk mengetahuinya perlu dilakukan pengukuran tekanan darah. Jika tidak segera diobati, dapat meningkatkan risiko stroke atau serangan jantung.

Risiko diturunkan: Menurut para ahli, jika salah satu orang tua Anda memiliki tekanan darah tinggi, risiko Anda mendapatkan penyakit ini sebesar 15 persen atau bahkan lebih tinggi.

⁠2. Kolesterol tinggi

Dalam keluarga yang sama, kadang para anggotanya memiliki tingkat kadar kolesterol tinggi. keadaaan ini dalam ilmu kedokteran disebut Familial Hypercholesterolaemia (FH). FH disebabkan oleh perubahan gen dimana lemak tidak dimetabolisme dengan baik dalam darah dan menumpuk di arteri. FH merupakan satu contoh dari sifat genetik yang dominan, yang berarti bahwa seseorang memerlukan hanya satu gen abnormal untuk memiliki kondisi tersebut.

Risiko diturunkan: Dr Nigel Capps, dari Inggris mengatakan, jika salah satu orang tua Anda memiliki hiperkolesterolemia familial, maka Anda memiliki risiko 50 persen mendapatkan penyakit tersebut.

⁠3. Hipotiroid

Hipotiroid terjadi ketika tubuh tidak menghasilkan cukup hormon tiroksin. Gejala yang muncul biasanya sering merasa kelelahan dan penurunan berat badan. Penyakit ini tujuh kali lebih mungkin terjadi pada perempuan.

Risiko diturunkan: Dr Mark Cohen, konsultan endokrinologi dari Spire Bushey Hospital, Hertfordshire mengungkapkan, memiliki saudara atau ibu dengan tiroid (kurang aktif), maka Anda memiliki risiko 20 kali lebih mungkin untuk mendapatkannya.

⁠4. Gangguan Bipolar

Gangguan bipolar (juga dikenal gangguan manik depresi) adalah suatu kondisi yang menyebabkan periode depresi dan mania, biasanya dipicu oleh stres. Diduga disebabkan oleh ketidakseimbangan kimia di otak, dan pengaruh faktor genetik.

Risiko diturunkan: Jika ada orang tua yang memiliki penyakit ini, maka risiko untuk setiap anak-anak mereka mengalami hal sama adalah sebesar 10-15 persen.

⁠5. Diabetes tipe 2

Umumnya gejala awal diabetes tipe 2 tidak dapat dideteksi. Risiko mengidap diabetes cukup tinggi jika keluarga, orang tua atau saudara Anda juga memiliki riwayat penyakit ini.

⁠Risiko diturunkan: Jika ada salah satu orang tua dengan diabetes tipe 2, risiko penyakit itu diturunkan sebesar 15 persen. Tetapi jika kedua orang tua memiliki kondisi tersebut, risiko penyakit itu diturunkan kepada anak mereka sebesar 75 persen. Namun, faktor lain seperti kegemukan, malas olahraga dan makan yang tidak sehat dapat meningkatkan resiko.

⁠6. Arthritis (radang sendi

Osteoarthritis adalah jenis penyakit sendi yang disebabkan oleh keausan sendi dan merupakan salah satu dari keluarga besar penyakit arthritis yang paling sering terjadi. Penyakit ini mempengaruhi sekitar 80 persen orang pada suatu waktu dalam kehidupan mereka.

Risiko diturunkan: Banyak masyarakat yang menganggap kalau osteoartritis adalah penyakit yang diturunkan. Tetapi Dr. Sanggar mengatakan, kondisi seperti ini sebetulnya sangat jarang diwariskan. "Ini biasanya terjadi karena keausan pada sendi," katanya.

⁠7. Motor Neuron Disease (MND)

MND adalah suatu penyakit mematikan yang sudah dikenal sejak abad ke-19. Karena relatif jarang ditemukan sering seorang dokter luput mendeteksi gejala-gejala penyakit ini bahkan banyak yang mendiagnosanya sebagai stroke.

Penyakit umumnya merusak sistem saraf sehingga menyebabkan otot lemah. Penyakit ini cenderung mempengaruhi orang berusia lebih dari 40 tahun dan lebih sering menimpa laki-laki. Penyebab pastinya belum jelas, tetapi penyakit ini bisa diturunkan.

Risiko diturunkan: Peneliti mengatakan, sekitar 10 persen penyakit ini dapat diturunkan jika Anda memiliki kerabat dekat dengan kondisi seperti tersebut.

⁠8. Kanker payudara dan ovarium

Kanker payudara adalah kanker paling umum yang diderita kaum perempuan. Di Indonesia, kanker payudara merupakan salah satu penyakit penyebab terbesar kematian pada wanita. Sedangkan kanker ovarium, biasa dikenal dengan "silent killer", menduduki peringkat ke-lima sebagai penyebab kematian pada wanita akibat kanker.

Risiko diturunkan: Menurut penelitian sementara 90 persen kasus tidak diwariskan. Hanya 5-10 persen kanker payudara disebabkan oleh mutasi gen yang diwariskan dari satu ibu atau ayah. Mutasi gen BRCA1 dan BRCA2 adalah yang paling sering. Perempuan dengan mutasi ini memiliki risiko terkena kanker payudara sampai 80 persen. Meningkatnya risiko kanker ovarium juga dikaitan dengan mutasi gen ini.

⁠9. Parkinson

Penyakit parkinson dimulai secara samar-samar dan berkembang secara perlahan. Pada banyak penderita, pada mulanya parkinson muncul sebagai tremor (gemetar) tangan ketika sedang beristirahat. Penyakit ini cenderung diturunkan, walau terkadang faktor genetik tidak memegang peran utama. "Sekali lagi, ini adalah kondisi multi-faktorial," kata Dr Walker.

⁠Risiko diturunkan: Menurut Walker, mereka yang mempunyai orangtua, saudara atau kerabat dekat dengan gangguan parkinson, maka dua kali lipat lebih mungkin untuk mengalami hal serupa. [Sina Huang / Meraule / Tionghoanews]

------------------------------------------------
Mari membaca dan bergabung bersama http://tionghoanews.com dengan ponsel klik http://m.tionghoanews.com dan e-group http://asia.groups.yahoo.com/group/tionghoanews
------------------------------------------------

MAYAT ALIEN RAKSASA DITEMUKAN DI AFRIKA

Posted: 09 Oct 2011 07:28 AM PDT

Sebuah tim antropolog menemukan penguburan misterius di hutan dekat kota Kigali Rwanda (Afrika Tengah). Jasad yang ditemukan berukuran rakasasa tapi mirip dengan manusia. Kepala kelompok riset percaya bahwa mereka makhluk-makhluk itu adalah
pengunjung dari planet lain yang meninggal akibat bencana.

Menurut para ilmuwan, mereka dikubur setidaknya 500 tahun yang lalu. Pada awalnya, peneliti berpikir bahwa mereka akan menemukan sisa-sisa permukiman kuno, tapi tidak ada tanda-tanda kehidupan manusia telah ditemukan di dekatnya.

40 pemakaman umum itu memiliki sekitar 200 mayat di dalamnya. Semua sempurna diawetkan. Para makhluk itu tinggi sekitar 7 kaki. Kepala mereka besar tidak proporsional dan mereka tidak punya mulut, hidung atau mata.

Para antropolog percaya bahwa makhluk itu adalah anggota pendaratan alien, mungkin hancur oleh beberapa virus terestrial yang mereka tidak mampu mereka lawan. Namun, tidak ada jejak pendaratan pesawat ruang angkasa atau fragmen yang ditemukan.

Ini bukan temuan yang pertama. Pada musim panas 1937 sekelompok ilmuwan Cina yang dipimpin oleh Profesor Chi Putei mengamati gua Gunung Bayan-Kara-Ula. Di dalam mereka menemukan tengkorak dengan kepala terlalu besar dan tubuh kecil. Di dekatnya ada 176 piring batu. Di tengah setiap piring ada lubang dari mana alur spiral menyebar ke perimeter dengan beberapa karakter di atasnya.

Selain itu, dinding gua ditutupi dengan gambar-gambar matahari terbit, bulan dan bintang-bintang, dengan titik-titik dicat banyak atau benda-benda kecil yang tampak perlahan-lahan mendekati gunung dan permukaan bumi.

Para ahli dalam mengartikan karakter tertulis kuno dibuat bingung atas pengungkapan rahasia spiral dari gua Bayan-Kara-Ula selama dua dekade. Akhirnya, profesor Universitas Beijing Zum Umniu itu menguraikan dalam beberapa artikel.

Diriwayatkan bahwa sekitar 12 ribu tahun lalu beberapa benda terbang jatuh di pegunungan ini. Arkeolog Cina menemukan tanda-tanda sekelompok masyarakat pernah tinggal di gua-gua pegunungan Bayan-Kara-Ula.


Sesosok mayat asing lain ditemukan oleh para ahli gua Turki. Sebuah mumi zaman es sedang beristirahat di sebuah sarkofagus yang terbuat dari bahan kristal. Tinggi makhluk humanoid laki-laki itu tidak melebihi 1 meter 20 cm, kulitnya hijau muda dan memiliki sayap transparan besar di sisi tubuhnya.

Menurut para peneliti, meskipun penampilan yang tidak biasa, makhluk tampak lebih mirip manusia, bukan binatang. Hidungnya, bibir, telinga, tangan, kaki, kuku, sangat mirip dengan manusia. Hanya matanya sangat berbeda, tiga kali lebih besar daripada manusia dan tidak berwarna, seperti mata reptil.

Tidak lama di salah satu makam Mesir kuno mumi seorang pria 2,5 meter ditemukan. Sosok ini tidak memiliki hidung atau telinga dan mulut yang sangat lebar dan tidak punya lidah.

Menurut arkeolog Gaston de Villars, usia Mumi itu sekitar 4 ribu tahun. Ia dikuburkan sebagai seorang bangsawan Mesir. Ia dimumikan dengan hati-hati dan dikelilingi oleh para pelayan makanan dan karya seni yang dirancang untuk akhirat. Anehnya, tidak semua benda di sekitar mumi itu adalah milik budaya bumi Mesir atau kebudayaan bangsa lain di Bumi. Misalnya, terdapat sebuah cakram logam bulat dipoles dengan karakter aneh atau kostum yang terbuat dari logam dengan sisa-sisa sesuatu yang menyerupai sepatu plastik dan lempengan batu yang dihiasi dengan gambar bintang, planet dan mesin aneh.

Kuil tempat mumi aneh itu ditemukan juga terlihat tidak biasa. Pemakaman terbuat dari bahan yang tidak diketahui di jaman kuno. Batu itu secara harfiah diukir dari batu sehingga dinding itu halus, seperti marmer dipoles. Proses itu sepertinya dipotong oleh laser.

Namun, teori alien bukan satu-satunya. Menurut beberapa peneliti, makhluk raksasa dan  kerdil bisa jadi merupakan sisi lain dari manusia yang pernah hidup di Bumi, tapi untuk beberapa alasan punah. [Siao Wei / Tanjung Pinang / Tionghoanews]

------------------------------------------------
Mari membaca dan bergabung bersama http://tionghoanews.com dengan ponsel klik http://m.tionghoanews.com dan e-group http://asia.groups.yahoo.com/group/tionghoanews
------------------------------------------------

SERING MENGUPIL BISA MENIMBULKAN GEJALA INI LOH !

Posted: 09 Oct 2011 04:21 AM PDT

Bagi beberapa orang mengupil adalah kegiatan yang mengasyikkan atau menyenangkan. Tapi mengupil terlalu sering ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan dan tubuh seseorang.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh tim peneliti dari Wisconsin dengan melibatkan 200 partisipan, diketahui bahwa rata-rata seseorang mengupil sebanyak 4 kali sehari yang dilakukan saat sedang senggang atau santai.

Mengupil adalah kegiatan yang positif karena membantu membersihkan hidung dari kotoran atau benda asing yang masuk dengan menggunakan jari. Meskipun kegiatan yang umum, tapi bagi budaya tertentu cenderung tabu karena bisa menimbulkan perasaan jijik dan geli.

Upil yang ada di hidung sebenarnya terbentuk dari lendir yang mengering. Membran mukosa di rongga hidung akan terus menerus menghasilkan lendir basah yang berfungsi menghilangkan debu dan benda-benda asing lainnya yang masuk ke hidung. Lendir yang mengering ini akan menyebabkan sensasi iritasi yang kadang menimbulkan rasa gatal dan memicu orang untuk mengupil.

Seperti dikutip dari eHow, ada beberapa alasan yang membuat seseorang harus mengupil, yaitu:

* Sedang bengong atau memikirkan sesuatu

Penyebab paling umum orang mengupil terjadi ketika seseorang sedang tidak memikirkan apa-apa, bingung atau bosan. Tindakan ini hampir sama dengan kebiasaan menggigit kuku atau mengisap jempol, karenanya tak jarang orang tanpa sadar melakukannya di depan umum.

* Menghilangkan iritasi

Hidung memiliki kecenderungan menjadi kering dan teriritasi oleh hal-hal seperti alergi, bahan kimia dan polusi udara. Saat hidung mengalami iritasi, maka akan timbul rasa gatal dan keinginan untuk menggaruk melalui cara mengupil.

* Untuk menghilangkan sekresi hidung

Ketika sedang pilek, infeksi sinus dan alergi bisa menyebabkan sekresi hidung atau lendir meningkat. Sekresi ini seiring waktu akan mengering yang membuat seseorang sulit bernapas. Karenanya seseorang akan mengupil untuk membuat napasnya lega dan menghilangkan penumpukan lendir.

* Gangguan obsesif-kompulsif

Salah satu tanda gangguan obsesif kompulsif adalah suka mengupil yang disebut dengan rhinotillexomania. Mengupil dilakukan untuk meringankan perasaan-perasaan negatif yang mengganggu pikirannya, karenanya seringkali ia mengupil di depan umum dan tidak melihat kondisi di sekitarnya. Orang dengan gangguan ini membutuhkan bantuan medis atau psikolog.

Satu hal yang pasti adalah selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah mengupil, memotong kuku dan jangan menarik upil terlalu keras agar tidak melukai lapisan di dalam hidung.

Tapi jika seseorang terlalu sering mengupil bisa menyebabkan hidung menjadi kering yang dapat memicu perdarahan. Hal ini karena secara alami hidung tetap membutuhkan pelumas setiap saat untuk mencegahnya dari kekeringan.

Sedangkan jika seseorang jarang mengupil, maka lendir yang bercampur dengan kotoran tersebut akan semakin mengeras yang menghambat pernapasan (sulit bernapas) serta membuat hidung tidak lagi bisa efektif menyaring benda-benda asing dari luar.

Akibat keseringan mengupil adalah:

1. Mudah terkena flu

Virus flu bisa melewati selaput lendir yang salah satunya terdapat di dalam hidung. Memasukkan jari-jari yang terkontaminasi virus ini ke dalam hidung bisa menyebabkan seseorang terkena flu yang disebabkan oleh diri sendiri. Dalam beberapa hari ke depan, seseorang bisa saja mengalami flu, tenggorokan gatal dan serangan bersin-bersin.

2. Mimisan

Jika terlalu sering mengupil atau mengupil dengan keras bisa  menyebabkan kerusakan pada lapisan di hidung yang berfungsi melindungi tubuh dari bakteri dan benda-benda asing di udara, sehingga memicu terjadinya mimisan.

3. Infeksi

Selain infeksi virus flu, terlalu sering mengupil menyebabkan kuman dan bakteri lebih mudah masuk ke hidung dan menyebar ke bagian tubuh lain.

4. Merontokkan rambut hidung

Ketika mengupil secara konsisten dna terus menerus akan menyebabkan rambut hidung rontok. Padahal rambut ini memiliki fungsi penting untuk menyaring debu dan polutan di udara. Tanpa rambut hidung akan membuka jalan bagi semua jenis penyakit dan infeksi masuk ke dalam tubuh.

5. Bisa meninggal

Kondisi ini bisa terjadi jika seseorang berusaha mengeluarkan upil yang besar. Karena di dalam hidung ada tulang yang disebut tulang ethmoid, tulang ini memisahkan hidung dari otak. Jika saat mengupil seseorang menusuk tulang ini, maka cairan di otak bisa bocor yang menyebabkan meningitis. [Winda Ong / Bengkulu / Tionghoanews]

------------------------------------------------
Mari membaca dan bergabung bersama http://tionghoanews.com dengan ponsel klik http://m.tionghoanews.com dan e-group http://asia.groups.yahoo.com/group/tionghoanews
------------------------------------------------

BAGAIMANA WARNA MENDAPAT ARTI SIMBOLIKNYA ?

Posted: 09 Oct 2011 01:11 AM PDT

Warna dijiwai kekuatan symbolik yang kuat. Bahkan di dunia barat tempat kepercayaan takhayul mulai pudar di bawah cahaya pengetahuan ilmiah, warna tetap terkait hal kuno.

Kebanyakan orang mengetahui pengantin wanita sebaiknya memakai warna putih karena jika memakai warna merah akan mencerminkan marah dan jika memakai warna hijau menimbulkan cemburu. Mempelajari mengapa konotasi ini ada akan membawa kita kembali ke kepercayaan dan praktik di zaman kuno.

* Merah-Gairah

Merah memiliki serangkaian arti simbolik, termasuk kehidupan, kesehatan, semangat, perang, keberanian, kemarahan, cinta dan semangat agama. Garis besarnya adalah gairah dan 'kekuatan kehidupan' yang mendorong gairah, darah, adalah merah.

Saat marah, muka orang menjadi merah. Saat senang dan sehat, pipi orang juga merah. Saat berkelahi, darah tumpah. Hal ini menunjukkan merah darah terkait gairah. Di budaya tradisional, obyek merah menandakan kesehatan. Di Roma dan China, anak-anak memakai koral berwarna merah atau benda lain berwarna merah untuk melindungi dari sakit.

* Putih-Kesucian

Di banyak kebudayaan, putih menjadi simbol kesucian dan kemurnian. Di sisi lain, jubah putih dipakai untuk melakukan penyucian dan atau penyucian seksual. Tak mengejutkan jika putih terkait kesucian karena noda setitik saja bisa merusak warna ini.

* Hitam-Misteri/Kematian

Banyak budaya kuno yakin seperti diungkap Ellen Conroy dalam bukunya berjudul 'The Symbolism of Colors', hitam adalah 'warna misteri, cara misterius Tuhan dan pengetahuan Tuhan'. Hal ini dikarenakan, malam serta kegelapan yang tak memiliki cahaya berada di luar pemahaman manusia.

Dari semua misteri, kematian menjadi misteri terbesar. Orang kuno benar-benar berada 'dalam kegelapan' untuk bisa mengetahui apa yang terjadi setelah kematian. Terdapat suatu kebetulan tambahan mengenai kematian dengan tidur yang terjadi di gelap malam dan saat kelopak mata tertutup menghalangi cahaya yang masuk.

* Ungu-Keluarga Kerajaan

Ungu menyimbolkan keluarga kerajaan, bangsawan dan imperialism. Di banyak masyarakat Eropa, simbolisme ini ditegakkan oleh hukum, dari Roma kuno hingga Inggris Elizabeth. 'Hukum sumptuary' melarang keluarga dekat kerajaan memakai warna ini. Warna ini terbuat dari moluska kecil yang hanya ada di Laut Mediterania.

Untuk membuat satu gram pewarna ungu dibutuhkan sembilan ribu moluska mahal yang hanya para bangsawan mampu membelinya. Karenanya, warna ini menjadi terkait kelas bangsawan Roma, Mesir dan Persia. Selain itu, ungu juga dianggap mewakili spiritualitas dan kesucian karena raja dan ratu yang memakai warna ini sering kali dianggap turunan dewa.

* Biru-Kebenaran/Kesedihan

Menurut Conroy, hubungan utama biru yang ada dalam sejarah adalah kebenaran. Hal ini dikarenakan biru merupakan warna tenang dan langit cerah serta mencerminkan kebenaran. Saat ini, biru terutama mencerminkan kesedihan dan penyesalan. Konotasi ini terkait air mata dan hujan yang biasanya muncul sebagai warna biru di pikiran manusia. Di mitologi Yunani, Zeus menurunkan hujan saat ia bersedih.

* Hijau-Alam/Wawasan

Alasannya jelas sekali, hijau mewakili alam dan lingkungan dan secara abstrak mewakili wawasan. Menurut Conroy, orang Mesir yakin, Dewa Thoth mengantar jiwa orang mati ke lembah hijau kehidupan abadi.

* Kuning-Kesenangan/Kepengecutan

Tak mengejutkan jika kuning melambangkan kesenangan, kehangatan dan sinar matahari di banyak budaya karena warna ini merupakan karakteristik matahari kuning dan efeknya. Di budaya kuno tempat dewa terkait matahari seperti Mesir dan China, kuning merupakan warna tertinggi dan termulia.

Sisi lain kuning adalah kepengecutan dan penipuan. "Kita mengenali penipu Judas di banyak lukisan kuno dari fakta jubah kuning yang ia pakai," ungkap Conroy.

* Oranye-Peringatan

Sejarawan mengatakan, oranye tak terkait peradaban barat sebagai warna utama. Tergantung coraknya, warna ini bisa masuk merah atau kuning. Karena alasan ini, oranye dijiwai dengan arti simbolik kuatnya sendiri. Dalam sejarah, oranye menandakan peringatan. Karenanya, warna ini digunakan untuk pakaian bevisibilitas tinggi seperti baju astronot serta perlengkapan keamanan. [Natalia Lim / Cirebon / Jabar Tionghoanews]

------------------------------------------------
Mari membaca dan bergabung bersama http://tionghoanews.com dengan ponsel klik http://m.tionghoanews.com dan e-group http://asia.groups.yahoo.com/group/tionghoanews
------------------------------------------------

USIA PERNIKAHANKU HANYA SEHARI

Posted: 09 Oct 2011 01:11 AM PDT

Namaku Heni (bukan nama sebenarnya), aku dibesarkan dalam lingkungan keluarga yang sangat taat dengan ibadah, itulah sebabnya sejak aku mengenal kata cinta di usia tujuh belas tahun, belum sekalipun aku merasakan bagaimana indahnya pacaran atau memilki seorang kekasih, padahal menurut teman-teman sabayaku aku termasuk perempuan yang memiliki daya tarik yang cukup kuat.

Keluargaku, terutama ayah memang selalu berkata, bahwa pacaran tak baik untuk seorang perempuan seperti aku. ayah juga berkali-kali menjelaskan padaku bahwa pacaran memiliki resiko besar terhadap perkembangan kejiwaanku, karena memiliki pacar sama dengan mendekati kemaksiatan. Dan kata-kata ayah itu semakin membuat aku takut untuk berpacaran.

Namun belakangan aku mulai risau dengan perasaanku sendiri, hal ini berawal saat aku bertemu dengan seorang laki-laki, sebut saja namanya Hendra (bukan nama sebenarnya). Entah mengapa laki-laki ini begitu membuatku terpesona, sangat berbeda dengan laki-laki yang sebelumnya banyak aku kenal. Dan tak seperti biasanya, aku sangat sulit untuk melupakannya, sampai-sampai terbawa dalam mimpi.

Ketika hal itu aku ceritakan pada teman dekatku, ia bilang bahwa aku sedang jatuh cinta. Ada perasaan bahagia sekaligus takut dengan hal tersebut. Bahagia karena aku ternyata bisa jatuh cinta, dan takut karena jika perasaan itu aku lanjutkan maka aku akn mendekati perbuatan maksiat, seperti apa  yang sering ayah katakan kepadaku.

Namun ternyata, perasaan takut itu hilang dan tenggelam oleh perasaan cinta yang semakin hari semakin menggebu. Walau dengan jalan sembunyi-sembunyi, akhirnya aku memutuskan untuk menjalani cinta kasih itu dan untunglah Hendra  menyadari dan memenuhi keinginanku tersebut. Dan mulai saat itu aku resmi menjalin cinta dengan Hendra.

Ternyata apa yang selalu didengung-dengungkan ayah soal resiko berpacaran tak terjadi terhadap hubungan kami, sebaliknya aku malah merasa sangat nyaman dan bahagia. Dan keadaan itu semakin menambah motifasi terhadap semua kegiatannku, mulai dari belajar, beribadah dan prilaku keseharianku.

Perubahan itu ternyata membuat semua kelurga merasa bingung dan curiga dengan apa yang terjadi saat itu. Dan akhirnya hubungan cinta kasihkuku dengan Hendra terbongkar juga. Ayah sangat marah terhadap apa yang kau lakukan, beliau memaksaku utnuk segera mengakhiri hubungan itu dan tentu saja aku menolak. Ujungnya aku akhirnya di ungsikan kerumah sanak familiku yang berada di luar pulau Jawa dan itu membuatku tak bisa lagi berhubungan dengan Hendra.

Singkat kata, selama tujuh tahun aku tak lagi bertemu dengan Hendra dan selama itu juga aku tak pernah lagi merasakan jatuh cinta. Sampai akhirnya orang tuaku datang menyampaikan sebuah berita, bahwa aku baru saja dilamar seorang pria dan lamaran itu sudah diterima, dan aku diharuskan kembali ke Pulau Jawa untuk berkenalan dengan Imran (bukan nama sebenarnya).

Singkat cerita, aku memang tak bisa menolak dengan keadaan itu, setelah bertemu Imran, aku memang memiliki kesan yang lumayan baik tentang dirinya. Ia cukup tampan, romantis dan sangat memperhatikan tata karma kesopanan. Namun dibalik itu semua aku memang belum mengtahui secara persis tabiat Imran yang sebenarnya.

Dan ketidak tahuan itu akhirnya membawaku kesebuah situasi yang sulit saat Imran mengajakku kesuatu tempat yang menurutnya sangat romantis. Imran berkata bahwa ia telah meminta izin kepada orang tuaku dan mereka mengizinkannya. Dan akhirnya berangkatlah kami menuju tempat yang dikatakan Imran cukup romantis itu.

Ternyata tempat yang dikatakan Imran adalah sebuah taman yang cukup sepi. Dan ditaman itulah akhirnya aku menemukan pengalaman indah sekaligus pahit. Imran yang semula begitu santun ternyata lihai membangkitkan gairah seks perempuan, dan ditaman yang sepi itu aku akhirnya terbenam dalam kenikmatan oleh pelukan dan rabaan, dan bahkan ketika tangan Imran mulai meraba pangkal pahaku, aku seperti kehilangan akal sehat, hingga akhirnya Imran berhasil menelusupkan satu jarinya. Ada rasa nyeri saat itu tapi kenikmatan menutupi semuanya.

Dan itulah awal mala petaka yang aku hadapi. Karena setelah kami menikah, Imran menuduhku pernah melakukan persetubuhan, karena saat malam pertama aku tak mengeluarkan darah seperti yang diharapkan Imran, padahal saat ia menelusupkan jarinya itulah yang kuperkirakan telah merobek selaput keperawananku, tapi tak mau mengerti dengan penjelasanku.

Akibatnya sejak malam pertama itu Imran tak lagi muncul dirumahku, ia hanya meninggalkan sepucuk pesan mealui surat bahwa ia menyesal telah menikahi perempuan yang sudah tak perawan, dan ia juga berkata bahwa ia tak akan kembali lagi untuk selamanya. Saat itu aku tak tahu harus berbuat apa selain mengadukan hal ini terhadap keluarga, parahnya keluargakupun tak tahu  harus berbuat apa, sementara keluarga Imran tetap mempercayai kata-kata Imran. Hingga saat ini aku tak tahu apa satusku, sebagai istri aku tak memiliki lagi suami, sebagai janda perceraianpun belum aku terima. [Vivi Tan / Jakarta / Tionghoanews]

------------------------------------------------
Mari membaca dan bergabung bersama http://tionghoanews.com dengan ponsel klik http://m.tionghoanews.com dan e-group http://asia.groups.yahoo.com/group/tionghoanews
------------------------------------------------

LAYANAN TIDUR SIANG DI PERKANTORAN SINGAPORE

Posted: 09 Oct 2011 01:05 AM PDT

Makin banyak kantor meyakini, karyawan bisa produktif juga diberi waktu istirahat siang. Kini Singapura juga ikut melakukannya.

Setidaknya dua perusahaan di Central Business District (CBD) Singapura menawarkan layanan penyewaan tempat tidur siang untuk memulihkan energi (power nap) kepada klien-klien, yang karyawan perusahaan di wilayah itu.

Mereka harus membayar 18-28 dolar Singapura atau sekitar Rp120-200 ribu untuk tidur selama 30 menit di kasur pijat. Perusahaan yang memberikan layanan ini mengaku, mereka kerap melihat karyawan mengeluh ingin istirahat siang sejenak.

Meski begitu, perusahaan ini juga mengaku belum banyak karyawan yang berminat menggunakan jasa yang mereka tawarkan. Dalam sebulan, mereka baru mendapatkan empat klien saja. [Jasica Ng / Singapore / Tionghoanews]

------------------------------------------------
Mari membaca dan bergabung bersama http://tionghoanews.com dengan ponsel klik http://m.tionghoanews.com dan e-group http://asia.groups.yahoo.com/group/tionghoanews
------------------------------------------------

DELAPAN TINDAKAN SUAMI YANG DIDAMBAKAN ISTRI

Posted: 09 Oct 2011 12:28 AM PDT

Bukan hanya para pria yang punya harapan tentang seorang istri. Para wanita pun juga memiliki keinginan yang sama. Ini dia 8 hal yang didambakan wanita dari suaminya.

Dilansir About, pada dasarnya ada empat kebutuhan dasar emosional yang diinginkan wanita. Empat kebutuhan itu adalah, keinginan untuk dimiliki, dicintai, citra diri yang baik dan mengurus rumah tangga.

Dari empat kebutuhan dasar tersebut, ini 8 hal konkrit yang diinginkan wanita dari suaminya:

1. Ucapan cinta

Wanita ingin mendapatkan penegasan. Wanita ingin tahu kalau mereka dicintai. Cara terbaik untuk mengucapkan 'I love you' biasanya dengan sederhana, sehari-hari dan tindakan yang tampaknya tidak penting seperti memeluk secara tak terduga atau memegang tangan saa berjalan bersama-sama.

2. Memahami dan Memaafkan

Ada saatnya para istri membuat kesalahan. Tidak ada manusia yang sempurna. Untuk itu jadilah suami yang mau memahami dan memaafkannya. Perlu diingat, tidak ada hubungan yang bisa langgeng tanpa ada kata maaf.

3. Komunikasi

Wanita senang mengobrol dengan pasangan mereka. Topik seputar obrolan tersebut tentu saja bukan masalah seputar rumah tangga, anak-anak dan karir suami. Jika hanya tiga topik tersebut yang setiap hari jadi bahan obrolan, siap-siaplah pernikahan Anda bermasalah.

4. Memiliki waktu untuk anak & istri

Menghabiskan waktu dengan anak dan istri terkadang dilupakan para suami, terutama ketika pernikahan sudah berjalan bertahun-tahun. Kadang, quality time bersama keluarga hanya menjadi formalitas belaka. Padahal wanita ingin suami mereka benar-benar mau meluangkan waktunya untuk dihabiskan bersama dirinya dan anak-anak.

5. Menjadi pendengar yang baik

Seringkali para wanita mendapatkan suami mereka tidak terlalu mendengarkan apa yang sedang dibicarakan istri. Padahal wanita bukan hanya butuh teman bicara. Wanita juga ingin teman bicaranya itu mendengarkan dengan telinga dan hati.

6. Romantis

Seberapa sering para suami memberikan istri mereka ciuman secara tiba-tiba? Kalau jarang, ini cukup menyedihkan untuk wanita. Mereka sebenarnya ingin sesekali mendapat kejutan atau perlakuan romantis dari pasangannya. Mengucapkan, 'tolong' dan 'terimakasih' pada istri juga bisa membuat dia tersenyum.

7. Membantu pekerjaan rumah tangga dan mengurus anak

Salah satu yang kerap memicu pertengkaran pasangan suami-istri adalah siapa yang bertugas melakukan pekerjaan-pekerjaan di rumah. Mengurus anak dan rumah tentu saja bukan hanya tugas istri. Sebagai suami, para pria seharusnya tidak perlu lagi disuruh untuk membantu.

8. Komitmen Suami Untuk Mengurus Diri Sendiri

Tidak sedikit pria yang tak peduli jika sudah berkaitan dengan masalah kesehatannya. Jika Anda menganggap, hal itu seharusnya menjadi tugas istri, tentu saja itu akan sangat tidak adil untuk wanita. Harap diingat, istri bukanlah ibu untuk suami. Jadi para suami, bertanggungjawablah pada kesehatan diri sendiri. [Irene Ang / Malang / Jatim / Tionghoanews]

------------------------------------------------
Mari membaca dan bergabung bersama http://tionghoanews.com dengan ponsel http://m.tionghoanews.com dan e-group http://asia.groups.yahoo.com/group/tionghoanews
------------------------------------------------

PERBANDINGAN CHIANG KAISHEK & MAO ZEDONG (1)

Posted: 08 Oct 2011 10:48 PM PDT

Jika lensa sejarah hanya dibekukan pada 1 Oktober 1949, di saat Mao Zedong (baca: mao cetung) menginjakkan kakinya di atas podium Tiananmen mengumumkan berdirinya RRT, maka citra Mao sebagai sosok "agung dan bijaksana" dan Chiang Kaishek sebagai sosok "diktator dan pengkhianat rakyat" bakal terpatri ke dalam sejarah.

Sebenarnya hari itu adalah titik tolak kehidupan dari kedua tokoh tersebut. Sejak saat itulah, dua tokoh sejarah ini secara tidak sengaja telah bertukar arah dan masing-masing berjalan ke arah yang berlawanan dari yang ditempuh semula.  

Panggung politik Tiongkok pada abad-20, dalam makna lain boleh dikatakan sebagai arena perang hidup mati perebutan kekuasaan kedua tokoh sejarah yakni Chiang Kaishek dan Mao Zedong. Di saat PKT sedang mempersiapkan peringatan ultah Mao secara megah, marilah kita bandingkan kedua tokoh tersebut, sehingga menjadi bermakna sekali bagi kita.

Perbandingan 2 Taman Bunga

Sebuah artikel yang membicarakan tentang PKT lebih diktator daripada KMT (Partai Nasionalis dengan Chiang Kaishek sebagai ketuanya), mengambil sebuah contoh:

Hu Jiwei yang kala itu tinggal di daerah kekuasaan pemerintah Nasionalis telah menerbitkan majalah progresif, karena mengkritik Partai Nasionalis maka majalahnya dibredel (diberangus). Nama majalah tersebut diganti Hu dan terus diterbitkan, dibredel lagi. Total sudah berganti nama sepuluh kali tapi masih tetap bisa dilanjutkan terbit. Jika hal tersebut terjadi dalam kekuasaan komunis, maka hal itu mustahil terjadi.

Mungkin karena Chiang Kaishek berlatar-belakang militer, dia lebih gemar memimpin pasukan dan negara, dan tidak mau mencampuri bidang sastra dan seni. Maka taman bunga sastra dan seni Taiwan di bawah kekuasaannya, bisa mendapatkan ruang untuk tumbuh. Demikian halnya dengan koran dan majalah swasta indipenden tetap eksis di sana, termasuk Zi You Zhong Guo (Tiongkok Bebas) yang didirikan oleh kelompok oposisi Lei Zhen. Dalam sejarah Taiwan ketika dikuasai dan dipimpin Chiang Kaishek, hanya terjadi sekali insiden sastra dan seni: pada 1965, Majalah Wen Xing karena menerbitkan sebuah artikel yang menyuarakan perlindungan kebebasan pers, majalah tersebut dilarang terbit selama satu tahun.

Perbandingan yang kontras sekali dengan Chiang Kaishek, adalah Mao mencurahkan keantusiasan yang luar biasa terhadap sastra dan seni. Dimulai awal berdirinya RRT dalam kasus kritikan terhadap film Wu Xun Zhuan, senapan otomatis Mao tidak pernah berhenti lagi untuk membidik dan memberondong arena sastra dan seni: Komentar tentang Penelitian Hong Lou Meng (Dream of Red Mansions), kelompok pembangkang partai Hu Feng dan lain sebagainya hingga akhirnya masuk ke puncak revolusi kebudayaan.

Jelas sekali taman bunga Chiang di Taiwan jauh lebih berwarna-warni dibandingkan dengan taman bunga sastra dan seni dari Mao.

Gejala Abnormal Otokrasi

Tiongkok Baru yang didirikan Mao Zedong, selain tidak membawa kepada rakyat kehidupan bahagia seperti yang ia janjikan, sebaliknya sejak 1949, rakyat Tiongkok mulai saat itu telah kehilangan kebebasan bersuara, kehilangan hak-hak untuk mogok kerja dan aksi protes, kehilangan hak untuk memiliki harta kekayaan pribadi. Petani baru saja mendapatkan bagian tanah sudah segera dirampas kembali oleh komunis. Rakyat tidak ada kebebasan untuk memilih pekerjaan dan tidak ada kebebasan untuk berpindah.

Buku catatan penduduk, buku catatan pangan, sistem penyandaran satuan kerja, sistem dokumen, komite tempat tinggal dan polisi rahasia membentuk sebuah jala yang sangat ketat, hanya demi satu tujuan: Melaksanakan pengontrolan ketat terhadap setiap orang Tiongkok dan tidak mengizinkan mereka bicara dan bergerak semaunya sendiri.

Pada zaman Mao, tidak ada seorang rakyat Tiongkok pun yang bisa melindungi hak dan martabat sebagai manusia seutuhnya. Kecuali Mao seorang diri, dimulai dari Liu Shaoqi sebagai orang nomor 2 di RRT, hingga Zhang Zhixin yang mewakili rakyat jelata. Mao telah membuat Tiongkok berubah menjadi sebuah penjara besar.

Walaupun Chiang Kaishek dalam bidang politik juga merupakan seorang diktator, tetapi kecuali masalah sensitif seperti komunisme dan kaum separatis Taiwan, dunia pers di Taiwan sangat bebas, boleh mengecam negara dan pemerintah daerah. Masyarakat Taiwan memiliki kebebasan ekonomi, asalkan dia tidak terlibat dalam politik, sebagai individu atau keluarga bisa hidup dengan bahagia. [Yanna Pang / Jakarta / Tionghoanews.com]
 
------------------------------
Mari membaca dan bergabung bersama http://tionghoanews.com atau http://m.tionghoanews.com dan bergabung e-group http://asia.groups.yahoo.com/group/tionghoanews
------------------------------

MENGENALI TRADISI BERSALAMAN SETIAP NEGARA

Posted: 08 Oct 2011 10:30 PM PDT

Kamu pasti pernah dong bersalaman dengan seseorang? Bersalaman kerap kita lakukan pada orang baru ataupun pada orangtua dan saudara-saudara kita. Uniknya tiap-tiap negara punya tradisi bersalaman yang berbeda-beda lho.

Di Indonesia, hal pertama yang kita lakukan ketika bertemu dengan seseorang adalah berjabat tangan. Meski kelihatannya cukup sederhana, tapi ini adalah hal yang penting sebagai bentuk penghormatan kita terhadap orang lain. Itu baru di Indonesia, bagaimana di negara lainnya?

Kalau kita hendak berpergian ke luar negeri, kita harus kenali cara terbaik bagaimana bersalam-sapa dengan mereka supaya kita memberikan kesan yang baik kepada mereka. Ini dia caranya:

1. Amerika Serikat

Ketika kamu sampai di negara adidaya ini, usahakan kamu berjabat tangan dengan semua orang yang kamu sapa dan sapalah semua orang yang ada di ruangan. Jangan sampai tidak, karena nanti mereka merasa diabaikan. Selain itu, berjabat tangan tidak hanya pada saat datang, saat pergi juga, ya.

2. China

Kalau di China, lakukan gerakan jabat tangan dengan pegangan yang ringan dan sedikit gerakan memompa. Kamu juga harus turunkan sedikit tatapan mata sebagai tanda penghormatan. Karena kalau menatap langsung ke mata mereka bisa dianggap sebagai tanda tidak hormat.

3. Jepang

budaya membungkuk sangat terkenal di negara matahari terbit ini. Tapi tidak hanya membungkuk, jepang juga berjabat tangan. Keduanya mempunyai nilai yang sama sebagai bentuk penghormatan. Namun untuk menghindari rasa kikuk dan kebingungan, ikutilah bimbingan dari orang yang kamu temui. Jika dia mengulurkan tangan untuk berjabat tangan, jabatlah dengan ringan. Jika kamu disambut dengan sebuah bungkukan, responlah dengan membungkuk balik.

4. Rusia

Orang-orang Rusia memiliki cara yang berbeda dalam berjabat tangan dengan tamunya. Jika bukan pertemuan yang pertama kali, jangan heran kalau ucapan selamat datang dan jabat tangan disertai dengan pelukan. Umunnya, para laki-laki Rusia, mencium pipi tamu mereka, baik laki-laki maupun perempuan, sementara para wanita hanya boleh mencium pipi kepada teman sesama Rusia, dan hanya berjabat tangan dengan orang asing.

5. Perancis

Di sini, lakukanlah jabat tangan dengan satu gerakan mengayun yang cepat pada saat kamu datang dan pergi, dan pastikan juga kamu berjabat tangan dengan semua orang yang ada bersama kamu.

6. Amerika Latin

Orang-orang Amerika Latin menunjukkan kehangatan dan keramahan mereka dengan sebuah gerakan jabat tangan yang ringan, lembut, dan cenderung berlama-lama, hampir dua kali lebih lama dibanding jabat tangan biasanya. Nikmati saja dan jangan pernah menarik tangan terlalu cepat karena akan dianggap sebagai sebuah penolakan.

7. Eropa

Gaya berjabat tangan di kawasan Eropa sama dengan gaya berjabat tangan ala Amerika, hanya saja lebih sering frekuensinya, apalagi jika kamu berkunjung ke kawasan timur dan barat Eropa. Jadi jangan heran kalau kamu berjumpa, lalu berjabat tangan, kemudian berpisah untuk makan siang, kemudian berjumpa dan berjabat tangan lagi.

8. Negara-negara Arab

Diantara para teman sesama pria, kegiatan merangkul dan saling mencium kedua pipi setelah berjabat tangan dengan ringan dan berlama-lama adalah sesuatu yang biasa. Dan mereka pun juga berdiri sangat dekat satu sama lain ketika sedang berbicara. Namun jika seorang wanita non-Arab yang bepergian ke negara Arab, biarkan pihak yang ditemui (terutama pria) mengulurkan tangannya dulu, baru Anda boleh berjabat tangan karena beberapa pria Arab tidak berjabat tangan dengan wanita. Demikian juga sebaliknya.

Wah, kalian harus ingat-ingat ini ya, kalau ingin pergi berlibur ke negara lain. [Silvana Tan / Bogor / Tionghoanews]
 
------------------------------
Mari membaca dan bergabung bersama http://tionghoanews.com atau http://m.tionghoanews.com dan bergabung e-group http://asia.groups.yahoo.com/group/tionghoanews
------------------------------

PEMAKAN SUAMI

Posted: 08 Oct 2011 10:13 PM PDT

Cerpen: Wajah yang cantik terkubur oleh kesedihan dan kenestapaan  saat melepas jasad suami ketujuhnya ke pemberangkatan terakhir. Di tengah handai tauladan, Nina mendekap erat putri satu-satunya dari perkawinan suami pertama. Buah hati pelipur lara, tujuh kesedihan sudah ia lewati, tujuh orang suami yang hanya memberikan satu orang anak bagi Nina, semuanya mati mendahului dalam ikatan perkawinan dengan dirinya.

Perasaan malu dan was-was terus melanda. Apakah Tuhan telah menakdirkan dirinya dengan nasib yang begitu malang, teman hidupnya harus mati dalam ikatan nikah dengannya. Tujuh perkawinan dengan tujuh kematian bagaikan badai, terkadang ada keinginan untuk menghabisi dirinya, ada keinginan untuk tetap menjanda agar lelaki yang menjadi suaminya tidak mati dalam rumah perkawinannya.

Namun ia wanita yang lemah, tak punya kepandaian, hidup harus menopang dengan orang lain, suami adalah kebutuhan ekonominya, namun terkadang ia juga sadar banyak lelaki yang tertarik kepada kecantikannya, berkali-kali pula Nina sudah menyatakan bahwa ia telah kawin enam kali dan semuanya meninggal dalam ikatan rumah tangganya, namun Mustafa yang sudah kadung gila dimabuk cinta dan kasmaran berat tetap ngotot ingin menikahnya. "Saya juga ingin memelihara anak yatim,"ujar Mustafa saat melamar Nina.

Mustafa dengan yakin dan percaya mengatakan kepada Nina bahwa kematian keenam suaminya adalah kebetulan saja, karena takdir sudah memperlakukan suami-suaminya harus menemui ajal dalam ikatan perkawinan dirinya.

Tidak banyak tetangga yang tahu, Mustafa adalah suami ketujuh Nina dan suami ketujuh pula meninggalkannya dan Mustafa sudah tahu takdir pahit yang harus ia temui. Saat sakit Mustafa mulai ragu dan menyalahkan Nina dan menyesal harus kawin dengan Nina dan Mustafa dalam kesakitannya mulai yakin bahwa Nina memang si pemakan suami, istilah orang kampung bagi janda yang ditinggalkan suami mati apalagi sampai tujuh kali.

Nina mulai sadar bahwa ini bukan hanya kebetulan tetapi takdir yang diturunkan, Neneknya juga demikian, kendatipun tidak sampai tujuh, lima suami neneknya juga mati, beda dengan Nina, sang Nenek dikarunia banyak ada dari lima suaminya, dan nenek mengalami kematian kelima suaminya dalam usia 55 tahun, sementara Nina 30 tahun, satu anak dengan tujuh suami yang semuanya sudah terbaring kaku di kubur.

Saat suami ketiganya meninggal, Nina sudah mulai merasakan takdir yang aneh ini, setiap shalat ia selalu berdoa agar Allah menjauhkan dugaan takdir yang ada di hatinya. Nina berusaha keras untuk tidak menyakini takdir tadi, namun gunjingan tetangga sudah mulai terdengar bahwa ia adalah pemakan suami.

Sejak itu, Nina berkelana dari satu kota ke lain kota dengan satu suami untuk satu kota yang berakhir dengan kematian. Menghindari dari gunjingan tetangga dan menghapus masa lalu itu tidak mampu mengaburkan alamatnya dari takdir, dunia ini sangat sempit, takdir sangat luas, mengintip bahkan hati manusia itu sendiri.

Nina juga pernah mengemukakan masalah nasibnya sebagai pemakan suami ini kepada  Nek Manyak yang dikenal sangat paham dengan tajul muluk. Nek Manyak baru sekali ini menemukan kasus seperti ini, namun ia sudah mendengar kasus-kasus zaman dulu dan semuanya tidak ada jalan keluarnya.

Lelaki yang biasa akan jadi suami dari perempuan si pemakan suami, biasanya terbius dengan kecantikan dan kemolek si perempuan. Lelaki yang ambisius ini akan mengenyampingkan semua takdir yang mereka ketahui dari si perempuan. Namun Nek Manyak tidak habis akal, dengan kemampuan setingkat pakar hukum, ia melakukan metode analogi hukum, tetapi dalam kasus ini, analogi pemahaman hukum takdir.

"Nenek tidak menemukan jalan keluar atas kasusmu, tetapi ada satu jalan yang masih kamu ingat dalam kasus anak kembar atau suami-istri yang selalu melahirkan anak tetapi meninggal," ujar Nek Manyak kepada Nina saat ia minta nasihat akan nasib Mustafa yang tidak sabar ingin kawin dengan dirinya.

Nek Manyak menceritakan kepada Nina bahwa banyak jenis takdir yang disambangi dengan pemahaman logika manusia sesuai dengan tradisi. Misalnya jika ada anak lelaki yang sangat mirip dengan ayahnya atau anak perempuan yang sangat mirip dengan ibunya, maka ada kenyakinan di tengah masyarakat dan mereka menemukan banyak kasus dalam kenyataannya, salah satunya akan meninggal muda, sebab tidak boleh ada kesamaan, bintang tidak boleh ada dua dalam satu keluarga.

Biasanya, kemiripan ini akan dilakukan dengan cara "menjual" secara simbolik, biasanya sangat anak atau salah satu anak kembar kepada keluarga lain, sehingga mereka seolah-olah tercatat kepada keluarga baru yang sudah membelinya, misalnya dengan beras, walaupun secara fisik sangat anak masih tinggal bersama dengan keluarganya. Bahkan dalam banyak kasus anak kembar akan dipisah secara fisik untuk menghindari takdir agar tidak mati muda salah satunya.

"Mungkin suamimu dapat kita jual kepada perempuan lain sebagai simbolis seolah-olah dia bukan lagi suaminya, walaupun secara fisik ia tinggal bersamamu," ujar Nek Manyak.

Tanpa pikir panjang, Nina setuju dengan ide tersebut, sebuah analogi yang mungkin akan berjalan di alam sana. Keputusan ini ia sampaikan kepada Mustafa dan Mustafa tidak keberatan karena ia tidak percaya dengan takdir "makan suami" itu, yang penting  Mustafa ingin segera membina rumah tangga dengan Nina. Kendatipun Bujang, Mustafa tidak ingin pesta perkawinan, dalam hati kecilnya ia juga malu harus mengawini janda, tetapi cinta memang buta.

Masalah timbul kemudian, kepada siapa Mustafa akan "dijual" Nek Manyak yang sudah janda itu menawarkan dirinya sebagai "istri" yang akan membeli itu. Namun takdir sulit diduga, Mustafa sudah terbaring kaku, didekap erat takdir Nina sebagai pemakan suami.   Kini Nina pindah kota lagi, berketetapan hati untuk menjanda dalam usia yang relatif muda, dengan sisa uang dari penjualan tanah petak kecil Mustafa, Nina dengan putrinya tinggal di Kota lain yang seorangpun tak tahu siapa ia.

Nina mencari rumah kontrakkan dan ia mendapatkan rumah sewa Haji Bandum, saat mengetahui Nina seorang janda satu anak yang perlu dikasihani, Haji Bandum pun merasa terpanggil dan perkenalan mereka selama tiga bulan telah membulatkan tekad dan Nina untuk membina rumah tangga, sekali ini Nina mantap dan tak perlu lagi pendapat Nek Manyak, sebab Haji Bandum pun sudah menikah enam kali dan semua istrinya mati dalam ikatan perkawinan dengan dirinya. Satu kebetulan takdir, entah siapa yang akan makan siapa, tetapi mereka sudah mengerti dengan takdir ini, kesamaan takdir akan mendudukan mereka sederajat dan mungkin akan menguatkan mereka.

Di hari perkawinan Haji Bandum dengan Nina semua takdir saling melihat dan menyapa untuk berdamai, damai untuk ketentraman Haji Bandum dan Nina yang sudah lelah menangis dan sedih kehilangan pasangan yang dicintai, di hari perkawinan itu, langitpun tersenyum dan anak tunggal Nina berharap tidak menjadi yatim untuk kedelapan kalinya. [Meilinda Chen / Jakarta / Tionghoanews]
 
------------------------------
Mari membaca dan bergabung bersama http://tionghoanews.com atau http://m.tionghoanews.com dan bergabung e-group http://asia.groups.yahoo.com/group/tionghoanews
------------------------------
 

CHINA DAN KENYATAAN MENGESANKAN (2)

Posted: 08 Oct 2011 10:05 PM PDT

China mungkin akan segera menjadi negara dengan perekonomian terbesar dunia, jika tidak ikut terlibas dalam krisis. Beberapa kenyataan mengesankan pun tampaknya perlu diperhatikan.

China telah mencapai titik, dimana setiap pergerakannya dapat membangun atau menghancurkan pasar global, dengan imbas yang lebih besar ketimbang AS. Businessinsider pun memilih beberapa fakta mengesankan tentang Negara Tirai Bambu ini:

Konsumsi komoditas China Menakjubkan

China merupakan penggerak dalam peningkatan komoditas utama dunia. Sementara PDB hanya 9,4% dari ekonomi global, dan penduduknya adalah 19% dari populasi dunia, negara ini mengkonsumsi 53% dari semen dunia, 48% bijih besi dunia, 47% batubara, baja 45%, seng 41%, Alumunium 41%, tembaga 39%, telur 37% dan nikel 36%.

Beberapa permintaan relatif stabil, seperti konsumsi makanan. Sedangkan bahan bangunan tergantung pada investasi aset tetap. Sementara pasar lain, seperti tembaga, telah melonjak karena penimbunan. Ketika China melambat, tentu imbasnya akan mendunia.

Ketika Anda membeli saham China, pada dasarnya membiayai pemerintah China. Tujuh dari sepuluh atas Shanghai saham adalah milik pemerintah.

Tujuh dari sepuluh saham terbesar di Shanghai Stock Exchange dikuasai negara. Yakni PetroChina, Industrial and Commercial Bank of China, Sinopec, Bank of China, China Shenhua Energy Company, China Life Insurance Company dan Bank of Communications.

Pada 2025, China akan membangun gedung pencakar langit yang cukup untuk membangun kota-kota seukuran New York

Pada 2025, 40 miliar meter persegi lantai akan dibangun, dalam lima juta bangunan. Sebanyak 50 ribu bangunan ini bisa pencakar langit. Ini setara dengan sepuluh Kota New York.

Militer China didukung personel yang cukup besar

China memiliki militer terbesar dunia, dengan 3,5 juta personel aktif dan cadangan. Hal ini dengan perbandingan jumlah personel Amerika tidak sampai 3 juta orang.

China mengeksekusi tiga kali lebih banyak orang ketimbang gabungan seluruh dunia

China melakukan setidaknya 1.718 eksekusi pada 2008, tiga kali lebih banyak ketimbang seluruh dunia, menurut Amnesty International. Beberapa analis menempatkan angka tahunan mendekati ke 6.000. Untuk mempercepat, mereka menggunakan kendaraan eksekusi (death vans) bernama Jinguan Automobile, menurut USA Today :

"Pembuat kendaraan kematian mengatakan kendaraan dan suntikan merupakan alternatif yang beradab ketimbang regu tembak, mengakhiri kehidupan lebih cepat, klinis dan aman. Peralihan dari tembakan ke suntikan adalah tanda bahwa China mempromosikan hak asasi manusia sekarang, "kata Kang Zhongwen, yang mendesain death vans tersebut.

China mengkonsumsi rokok 55.000 setiap detiknya

Berdasarkan data WHO pada 2002, dari seluruh dunia, satu dari tiga rokok dikonsumsi di China. Ada lebih dari 300 juta orang perokok China, lebih dari seluruh populasi AS. Mereka mengkonsumsi 1,7 triliun rokok per tahun atau 3 juta rokok per menit.

Besarnya Gurun Gobi China seukuran dengan Peru dan tiap tahun bertambah luas 1.400 mil persegi.

Saat ini, gurun Gobi berkembang pada tingkat yang mengkhawatirkan, dalam proses yang dikenal sebagai desertifikasi. Ekspansi cepat terutama terjadi di tepi selatan ke China, dimana 3.600 km2 padang rumput tersusul setiap tahun oleh Gurun Gobi.

Debu badai, yang muncul teratur di China, telah melihat peningkatan dramatis dalam 20 tahun terakhir, terutama karena desertifikasi, dan menyebabkan kerusakan lebih lanjut bagi perekonomian pertanian China. Perluasan gurun Gobi disebabkan sebagian besar kegiatan manusia, terutama penggundulan hutan, penggembalaan, dan penipisan sumber daya air.

China telah membuat berbagai rencana untuk memperlambat perluasan gurun, tapi biasanya tidak berdampak besar. Rencana terbaru adalah penanaman Tembok Hijau Cina, cincin besar hutan baru yang ditanam dengan harapan dapat menjadi penyangga terhadap perluasan lebih lanjut. [Tamat] [Tifganny Chen / Batam / Tionghoanews]
 
------------------------------
Mari membaca dan bergabung bersama http://tionghoanews.com atau http://m.tionghoanews.com dan bergabung e-group http://asia.groups.yahoo.com/group/tionghoanews
------------------------------

MIE ASIN BIKIN PANJANG UMUR

Posted: 08 Oct 2011 07:15 PM PDT

Mie asin bagi warga keturunan Tionghoa memiliki arti khusus. Mereka percaya memakan mie asin dapat memperpanjang umur.

"Saya selalu membelikan mie asin setiap mama ulang tahun," kata Ahoi, perempuan Tionghoa warga Pontianak, Minggu. Ahoi yakin,orang tua yang makan mie asin akan panjang umur. "Cara makannya tidak boleh diputus."

Keluarga The Ngak Cun alias Sunyoto Tejo (58 tahun) sudah tiga generasi membuat mie asin. Selain mie asin, dia juga membuat mie biasa dan pangsit. "Biasanya pembeli datang sendiri," ujar Sunyoto.

Mie buatan Sunyoto disukai pembeli karena kualitasnya terjaga dan tanpa bahan pengawet. Jika tidak masuk kulkas, mie hanya tahan disimpan satu hari.

Mie asin dihargai Rp 15 ribu per kilogram. Bandingkan dengan harga mie biasa yang dijual Rp 12 ribu. Permintaan mie asin bertambah jika ada hari besar warga Tionghoa seperti Cap Go Meh atau Imlek. [Widya Wong / Pontianak / Tionghoanews]

------------------------------------------------
Mari membaca dan bergabung bersama http://tionghoanews.com dengan ponsel http://m.tionghoanews.com dan e-group http://asia.groups.yahoo.com/group/tionghoanews
------------------------------------------------

KATAK PENGGIGIT KOIN EMAS PENARIK REZEKI

Posted: 08 Oct 2011 07:06 PM PDT

Seorang perempuan muda berkulit putih nampak memasuki sebuah toko di kawasan pecinan Semarang.
Dirinya langsung menuju pada sebuah etalase yang dipenuhi patung-patung berwarna emas.
Seorang karyawati toko segera mengeluarkan beberapa patung dari etalase.

Setelah beberapa saat akhirnya perempuan itu membawa pulang sebuah patung katak berwarna emas.

* Apakah dia termasuk penggemar pernik-pernik berbentuk katak?

Tjan Yoek Ping, pemilik Apple Collection yang menjual asesoris fengshui menjelaskan bahwa hiasan berbentuk katak itu sering juga disebut sebagai ?katak rejeki'. Patung tersebut itu berwujud hiasan berupa katak berkaki tiga. Dia selalu menggigit koin emas dan duduk di atas setumpuk uang serta logam emas. Koin dimulutnya menjadi simbol untuk menarik kekayaan dan kemakmuran.

"Katak rejeki termasuk dalam benda fengshui. Orang-orang yang memahami ilmu tersebut pasti selalu memasang katak rejeki," kata Tjan Yoek Ping saat ditemui di tokonya sekitar Gang Pinggir Semarang.

"Bentuk katak rejeki harus berkaki tiga, menggigit koin emas dan duduk diatas tumpukan uang logam. Jumlah koin yang digigit satu; tapi kalau yang diduduki jumlahnya tak tentu," paparnya.

Menurut Tjan Yoek Ping kebanyakan orang suka katak rezeki yang warnanya mencolok, seperti merah atau emas. Bisa dipahami karena warna merah selalu didentikkan sebagai warna yang mendatangkan rejeki. Di sekujur tubuh katak biasanya bertaburkan batu permata berwarna-warni.

"Katak rejeki biasanya dibuat dari bahan logam. Tapi ada juga yang dari batu sehingga warnanya alami," ucapnya.

Bagaimana cerita di balik katak rejeki ini sehingga banyak warga etnis Tionghoa yang percaya bahwa patung ini akan membantu mendatangkan rezeki. Tjan Yoek Ping menceritakan semua itu bermula dari cerita kuno Tionghoa.

Alkisah istri salah satu dari Delapan Dewa Keabadian mencuri minuman keabadian milik Hsi Wang Mu, Ratu Barat. Kemudian dia melarikan diri, terbang ke bulan dan berubah menjadi katak.

Disaat mencicipi minuman itu, dia telah memperoleh keabadian.
Dan ditengah perubahan menjadi katak dia mohon pengampunan.
Karena belas kasihan, dewa-dewa pun lalu mengampuni kesalahannya, sehingga hanya bagian atas tubuhnya saja yang berubah menjadi sosok katak.

Sebagai pengganti bagian belakang tubuh yang hilang, para dewa mengijinkan untuk mempertahankan ekornya.

* Maka jadilah dia menjadi sosok katak berkaki tiga.

Dalam kisah legenda yang lain, Lui Hai, salah satu dari 8 Dewa Keabadian ternyata memahami kekuatan katak berkaki tiga untuk menarik kekayaan dan kemakmuran.

Setelah berupaya mencari makhluk mistik tersebut akhirnya Lui Hai menemukan katak berkaki tiga itu sedang bersembunyi di dasar sebuah sumur.

Dia paham bahwa makhluk itu sangat menyukai uang. Maka Lui Hai memancing katak itu dengan umpan koin emas yang diikat dengan benang merah.

Dari peristiwa itu lalu muncul sebuah lukisan yang menggambarkan anak kecil sedang memancing katak berkaki tiga dengan koin yang diikat benang merah panjang. Lukisan tersebut dikenal memiliki makna bahwa kekayaan akan datang menjelang.

Sejak itu banyak warga Tionghoa yang percaya pada katak rejeki.
Hiasan itu harus diletakkan di atas meja kasir atau meja kantor serta arahnya dihadapkan ke pintu masuk.

Sehingga sang katak seakan-akan memandangi pintu dan menunggu untuk menyapa ch'i kekayaan. [Caroline Chan / Bandung / Tionghoanews]

-----------------------------------------------
Mari membaca dan bergabung bersama http://tionghoanews.com dengan ponsel http://m.tionghoanews.com dan e-group http://asia.groups.yahoo.com/group/tionghoanews
-----------------------------------------------

MUKJIZAT TIMBUL KARENA KEYAKINAN

Posted: 08 Oct 2011 08:31 PM PDT

Di dunia ini sering timbul mukjizat dan keajaiban, mukjizat hanya timbul didepan orang yang percaya kepada Tuhan, sedangkan keajaiban biasanya muncul karena iman seseorang, keyakinan yang kuat dalam keadilan atau kebenaran. Di dalam kehidupan ini sering muncul hal-hal yang diluar dugaan manusia, biasanya keajaiban dan mukjizat ini timbul karena keyakinan yang kuat terhadap seseorang, seperti habis gelap timbullah terang, dramatis yang indah akan muncul setelah keyakinan atau iman yang kuat dari seseorang.

Di tahun 1989 di Los Angeles Amerika terjadi gempa besar, dalam waktu kurang dari 4 menit terdapat 30 juta orang yang terluka. Ditengah kekacauan dan reruntuhan, ada seorang ayah muda, setelah menempatkan istrinya yang terluka ditempat yang aman, dia bergegas ke sekolah anaknya yang berusia 14 tahun. Tetapi sesampainya di sekolah, di depan matanya gedung yang bertingkat tiga ini sekarang telah menjadi puing-puing. Dia lalu berteriak dengan lantang, "Amanda, anakku, dimanakah engkau?" Dia tidak mendengar jawaban apapun, lalu dia mulai menggali ditanah.

Pada saat ini kapten pemadam kebakaran menghentikannya dan berkata, "Tempat ini terlalu berbahaya, setiap saat dapat meledak dan terbakar, cepat tinggalkan tempat ini."

Pada saat ini polisi juga datang menasehatinya, "Saya tahu bapak sangat sedih, tidak dapat mengontrol diri sendiri, tetapi keadaan tidak kondusif selain dapat melukai diri sendiri juga bisa mencelakaan orang lain, pulanglah."

Orangtua yang lain mendengar nasehat polisi hanya bisa menggelengkan kepala, atau menangis dan menghela nafas meninggalkan tempat itu, tetapi didalam hati ayah muda ini hanya memiliki satu pikiran,"Putri saya sedang menunggu pertolongan saya." Tanpa memerdulikan apapun, dia mengambil sekop dan menggali terus menerus. Walaupun dia sudah tidak dihalangi orang lain, tetapi sama sekali tidak ada tanda-tanda kehidupan, seluruh wajahnya penuh dengan debu, matanya merah, tangan dan seluruh badannya banyak luka-luka dan berantakan. Tetapi ketika dia menggali sampai 38 jam, tiba-tiba dibawah tanah dia mendengar suara anaknya, "Papa, apakah itu kamu?"

Ayah muda ini tiba-tiba tenaganya bertambah dua kali lipat, dengan gembira dia menjawab," Benar, ini adalah papa, Amanda anakku!."

"Saya sudah mengatakan kepada teman-teman menyuruh mereka tidak usah takut, selama papa masih hidup papa pasti akan datang menyelamatkan aku, dan pasti akan menyelamatkan kita semua. karena  papa pernah berkata, "Tidak peduli apapun yang terjadi, papa akan selalu bersama saya!"

"Bagaimana keadaanmu sekarang, masih ada berapa orang yang masih hidup?"

"Kami disini ada 14 orang yang masih hidup, kami berada di sudut kelas, ketika gedung runtuh, kami berada di sebuah sudut yang bercelah segi tiga, sehingga kami tidak tertimpa atap gedung."

Sang ayah muda ini kemudian berteriak ke sekitarnya, "Di sini masih ada 14 orang siswa yang masih hidup,  cepat bantu tolong mereka!" Orang-orang yang lewat mendengar teriakannya segera datang menolong. Setelah 50 menit berlalu, mereka menggali sebuah lubang kecil yang aman, ayah muda ini dengan suara gemetar berkata, "Amanda, anakku keluarlah."

"Tidak papa, biarlah siswa yang lain yang keluar terlebih dahulu, saya tahu papa pasti akan bersama saya." Sepasang ayah dan anak yang hebat, setelah menderita bencana yang besar ini mereka berdua berpelukan dengan erat dan bahagia.

Berkat ketekunan ayah muda ini yang menggali tanpa berhenti selama 38 jam, dan keyakinan anaknya yang tidak meragukan ayahnya, jika tidak mungkin ke 14 siswa ini tidak akan bisa keluar hidup-hidup dari reruntuhan. Ya terhindar dari bencana dan keajaiban dan mukjizat ini timbul karena keyakian yang teguh dari seseorang. [Natalia Lim / Cirebon / Jabar Tionghoanews]

------------------------------
Mari membaca dan bergabung bersama http://tionghoanews.com atau http://m.tionghoanews.com dan bergabung e-group http://asia.groups.yahoo.com/group/tionghoanews
------------------------------

No comments:

Post a Comment