Saturday 8 October 2011

印尼华人 (21/1)

印尼华人 (21/1)


KEBEBASAN LEBIH PENTING DARI KEKAYAAN

Posted: 08 Oct 2011 08:33 AM PDT

Rasanya semakin banyak hal yang membuktikan kebenaran kalimat bijak yang berbunyi "uang tidak bisa membeli segalanya". Dari hasil penelitian di 63 negara terungkap bahwa orang yang memiliki kebebasan cenderung lebih sehat dan bahagia dibandingkan dengan orang yang memiliki uang banyak.

Itu sebabnya, para ahli mengatakan, untuk mengurangi gejala psikologis negatif, mungkin memberi kesempatan pada tiap individu untuk bebas mengaktualisasi dirinya jauh lebih penting. Demikian kesimpulan studi yang dimuat dalam Journal of Personality and Social Psychology.

"Temuan ini memberikan kita wawasan yang baru bahwa masalah kesehatan di tingkat masyarakat tidak selalu berkaitan dengan uang," kata peneliti dari Victoria University of Wellington di Selandia Baru.

Dalam penelitiannya, Ronald Fischer dan Diana Boer, yang berprofesi sebagai psikolog, melakukan tiga tes psikologi yang berbeda kepada 420.599 orang dari 63 negara yang berpartisipasi dalam penelitian ini.

Singkatnya, mereka menemukan bahwa kekayaan hanya berdampak pada kesenangan pribadi seseorang saja, tetapi tidak menambah kesehatan atau kebahagiaan.

"Dari hasil tes tersebut, kami mengamati sebuah temuan yang konsisten dan kuat bahwa nilai-nilai sosial dari individualisme adalah prediktor terbaik dari kesehatan," katanya. [Christine Lim / Ambon / Tionghoanews]

--------------------
Tetap update Berita & Artikel di manapun dengan http://m.tionghoanews.com dari browser ponsel anda atau ingin terima artikel baru berupa email bisa bergabung dalam email group http://asia.groups.yahoo.com/group/tionghoanews
--------------------

LIMA ELEMEN DAN TUBUH MANUSIA

Posted: 08 Oct 2011 08:01 AM PDT

Dalam pengobatan Tiongkok kuno, tubuh manusia dibagi menjadi lima sistem: kayu, api, tanah, logam, dan air.

Organ dan jaringan tubuh manusia sesuai dengan lima elemen. Kelima sistem tubuh tidak hanya mengatur diri secara otomatis sesuai dengan hukum Yin dan Yang, mereka juga berkoordinasi dengan lima elemen dari luar tubuh untuk mencapai kesehatan.

Di luar tubuh manusia, seseorang bereaksi terhadap beberapa hal, seperti iklim, warna, dan suara (yang kesemuanya bersesuaian dengan lima elemen). Iklim yang dikenal oleh negara-negara sub-tropis seperti musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. Warna yang kita kenal seperti merah, kuning, putih, hitam, dan hijau. Nada yang kita kenali seperti do, re, mi, fa, sol, dan la. Bahkan unsur-unsur moral dan etika bersesuaian dengan lima elemen. Sebagai contoh, kebajikan dimasukkan dalam elemen kayu, kebenaran masuk dalam elemen logam; kesopanan masuk dalam elemen air; kebijaksanaan adalah api, dan kepercayaan adalah tanah.

Ada lima jendela yang menghubungkan dunia luar dengan sistem utama dalam tubuh. Pengobatan tradisional Tiongkok menyebutnya sebagai "lensa" atau "mulut". Limpa, dianggap sebagai mulut. Paru-paru adalah hidung. Hati, dianggap sebagai mata. Jantung adalah lidah. Ginjal adalah telinga. Manusia mempelajari dunia luar melalui "lubang-lubang" ini. Hubungan antara lima sistem dan lima elemen adalah sebagai berikut:

Lima elemen:
Tanah, logam, kayu, api, dan air.

Lima lubang:
Mulut, hidung, mata, lidah, dan telinga.

Lima warna:
Kuning, putih, hijau, merah, dan hitam.

Lima nada:
Do, re, mi, sol, dan la.

Lima organ dalam:
Limpa, paru-paru, hati, jantung, dan ginjal.

Lima organ berongga:
Perut, usus besar, kandung empedu, usus kecil, dan kandung kemih.

Lima prinsip:
Kepercayaan, kebenaran, kesopanan, kebijaksanaan, dan kebajikan.

Kelima warna, nada, dan prinsip menyampaikan hal yang sama, bahwa hanya saat pikiran berada dalam kondisi murni mereka dapat menghubungkan seseorang pada Tao dan membangkitkan kesadaran mereka.

Bagaimana kelima elemen tersebut dapat saling memengaruhi? Sebagai contoh, logam adalah putri tanah, yang berorangtuakan api. Rakyat tanah adalah air dan pejabatnya adalah kayu. Jika kelima elemen dilihat secara metaforis (majas yang mengungkapkan perbandingan analogis) dalam diri manusia, akan terlihat seperti: Seseorang yang penuh kasih dan baik kepada anak-anaknya, menghormati orang tuanya, peduli rakyatnya, dan seorang pejabat yang tulus dan berbudi.

Setiap elemen terkait erat dengan empat unsur lainnya. Misalnya, ketika telinga, lubang dari ginjal, mendengar musik yang indah, empat organ lainnya juga akan mendapat manfaat. Ketika mata melihat sesuatu yang elegan, empat organ lainnya akan berbagi keindahan.

Ketika makna yang hakiki dari nada dan warna disalurkan melalui organ dalam, mereka membangunkan unsur-unsur moral kita. Dengan kata lain, semua hal ini membantu seseorang untuk mengikuti prinsip-prinsip universal dan berperilaku seperti manusia yang sejati. [Rosvina Ang / Palu / Sulteng / Tionghoanews]

--------------------
Tetap update Berita & Artikel di manapun dengan http://m.tionghoanews.com dari browser ponsel anda atau ingin terima artikel baru berupa email bisa bergabung dalam email group http://asia.groups.yahoo.com/group/tionghoanews
--------------------

MAKNA PENDERITAAN

Posted: 08 Oct 2011 07:55 AM PDT

Baru-baru ini membaca ulang buku Dong Xin Ren Xing (pergerakan hati dan hakiki kesabaran) yang ditulis Meng Zi (penerus aliran Khonghucu), setelah dibandingkan dengan bermacam pengalaman atau kejadian dalam kehidupan nyata, membuat saya mendapat kesan sangat mendalam, juga membuktikan kebijaksanaan dan penglihatan jauh orang kuno.

Sebagai contoh, orang zaman kuno yang patut dihormati seperti Meng Zi. Dia dilahirkan dalam keluarga miskin yang rendah. Saat keadaan sulit dia dipakai pemerintah, dan akhirnya mendapatkan hasil prestasi yang luar biasa.

Ini disebabkan karena perkataan, "Derita pikiran dan hatinya, melelahkan urat dan tulangnya, melaparkan jasad tubuhnya, menjadikan tubuhnya lapar dan lelah. Mawas dan menyemangati diri sendiri, menggembleng jiwa dan raganya, maka disebut dengan "Hidup dalam penderitaan, meninggal dengan damai dan bahagia".

Akan tetapi bagi orang tua zaman sekarang, mereka acapkali beranggapan, kebahagiaan itu memberikan perlindungan yang paling saksama kepada anak mereka, sehingga anak-anak telah kehilangan kesempatan untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Mengira bahwa dengan menyediakan atau memberikan kehidupan materi yang berlimpah, maka mereka dapat memiliki cinta kasih yang paling besar. 

Anak yang pundaknya tak bisa memikul dan yang tangannya tak mampu mengangkat, tercermin dalam kehidupan nyata, anak tersebut tidak bisa menunjukkan perhatian kepada orang tua, tak bisa bersyukur. Di sekolah, anak bergaya hidup mewah dan senang, asalkan tuntutan guru lebih banyak sedikit saja sudah tak mampu memikulnya. Pergaulan diantara siswa, juga tidak bisa memikirkan orang lain, asalkan timbul masalah sedikit saja, sudah bisa menimbulkan berbagai macam konflik, apakah hal demikian ini merupakan yang menggembirakan bagi orang tua anak-anak itu?  

Di Taiwan ada sebuah pepatah yang mengatakan, "Penderitaan itu adalah nutrisi." Perkataan ini mudah sekali dikatakan, namun ada berapa banyak orang tua yang benar-benar merelakan anaknya menerima kegagalan yang lebih banyak? Julukan sebagai "bunga yang tumbuh dalam ruangan" bukankah berasal dari sini?

Kita melihat beberapa tahun belakangan ini persentase orang bunuh diri naik secara drastis, orang yang menderita penyakit jiwa juga bertambah, hal tersebut bukankah menandakan tidak tahan terhadap beban tekanan, tidak berdaya menolak kegagalan yang mereka hadapi? 

Menyerang itu mungkin dikatakan kejam, kesulitan itu penuh dengan tantangan, tetapi hal ini juga tepat adalah pengalaman yang paling indah dalam pemandangan kehidupan manusia. Jika kehilangan keringat dari tapak kaki perjuangan perjalanan hidup ini, sama juga dengan kehilangan mengecap suka duka yang nyata dalam kehidupan ini. Apalagi pengalaman Anda ketika berada dalam keadaan yang kritis dan bahaya, kemungkinan pengalaman ini adalah sebagai batu loncatan Anda menuju kejalan yang lebar dan luas di masa mendatang yang tidak dapat kita prediksi ini.

Jika Anda mendapatkan kesempatan mengalami penderitaan, janganlah lupa Anda harus tetap bersyukur. Jika Anda menemui kesulitan keuangan, mari manfaatkan kesempatan ini, kemungkinan besar setelah Anda bisa melewati cobaan ini, akan mendapatkan kecerahan bagai setelah melewati bayangan pohon willow, akan ada kecerahan bunga dan sebuah desa lain! [Diana Chuang / Kendari / Tionghoanews]

--------------------
Tetap update Berita & Artikel di manapun dengan http://m.tionghoanews.com dari browser ponsel anda atau ingin terima artikel baru berupa email bisa bergabung dalam email group http://asia.groups.yahoo.com/group/tionghoanews
--------------------

MENGUNGKAP MISTERI KECANTIKAN WANITA CHINA

Posted: 08 Oct 2011 03:56 AM PDT

Wanita China punya kecantikan mengagumkan dengan kulit bercahaya serta paras terlihat selalu awet muda. Gambaran ini seolah terjaga hingga kini sebab mereka selalu mewariskan rahasia kecantikannya secara turun-temurun.
 
Menyimak kecantikan wanita China, Sheknows memberikan panduan yang bisa Anda pelajari berikut ini:
 
* Lupakan diet, minumlah teh

Masyarakat China percaya teh hijau dan teh oolong dapat mencegah penuaan dini dan membantu penurunan berat badan. Pelajaran dari mereka, teh merupakan minuman penuh manfaat yang juga menjaga tubuh tetap hangat ketika cuaca begitu dingin.
 
* Minyak kacang camellia

Minyak kacang camellia sering digunakan masyarakat Asia untuk urusan kecantikan. Konon, minyak kacang camellia memiliki berbagai khasiat, seperti membantu pertumbuhan rambut kepala, mengatasi masalah kulit dari bintik hitam, stretch mark, luka bakar, kutikula, hingga kulit kering. Selain itu, minyak kacang camellia banyak dimanfaatkan untuk bahan dasar pelembap.
 
* Pijat refleksi

Masyarakat China percaya pada kekuatan refleksiologi. Treatment ini berupa pijat kaki paling menakjubkan karena siap membuat tubuh sehat dan rileks. Pijat refleksi bermanfaat meningkatkan aliran darah, mempercepat proses penyembuhan, mengatasi gejala-gejala yang muncul akibat stres dan depresi seperti sakit kepala, masalah lambung, dan gangguan tidur. Dalam perkembangannya, pijat refleksi juga digunakan untuk mengatasi penyakit seperti diabetes dan migrain.
 
* Ginseng

Dalam menjaga kecantikan, wanita China lebih percaya pada produk-produk alami. Itu sebabnya mereka kerap menggunakan hasil alam, seperti ginseng dan teh hijau. Mereka percaya bahwa komponen-komponen dari alam akan lebih aman dan lebih baik daripada yang ditemukan di laboratorium. Ginseng sendiri berkhasiat mengurangi kelelahan, meningkatkan stamina, mencegah diabetes, menguatkan sistem pencernaan, mencegah iritasi, dan mengeluarkan racun.
 
* Tidak ada produk 2 in 1

Agar kecantikannya tetap terpancar alami, wanita China selalu mempertimbangkan setiap langkah yang diambil dalam sesi perawatan kecantikan mereka. Jika Anda berpikir bahwa krim kaki adalah body lotion menakjubkan, mereka justru tidak pernah menganggap hal itu efektif. [Lu Xiao Fang / Hong Kong / China / Tionghoanews]

--------------------
Tetap update Berita & Artikel di manapun dengan http://m.tionghoanews.com dari browser ponsel anda atau ingin terima artikel baru berupa email bisa bergabung dalam email group http://asia.groups.yahoo.com/group/tionghoanews
--------------------

TERLENA DENGAN CINTA TERLARANG

Posted: 08 Oct 2011 02:58 AM PDT

Story: Pertama kali bertemu Ardi (bukan nama sebenarnya) dua tahun lalu, aku tak pernah memiliki sedikitpun prasangka buruk terhadapnya.

Ardi yang kukenal adalah seseorang yang sangat memperhatikan segala aktifitasku, amat menyayangiku dan begitu setia mendampingiku kapanpun aku membutuhkan kehadirannya. Dan karena hal itu aku jatuh cinta kepadanya, tentunya dengan pertimbangan ia juga seorang pemuda yang cukup mapan.

Saat berumah tanggapun, aku dan Ardi jarang sekali menemukan persolaan yang membuat kami bertengkar. Bahkan Ardi lebih mementingkan keperluan dan kepentingan rumah tangga dari hal apapun. Dan akupun sempat merasakan perasaan shok yang teramat sangat saat aku mendengar dan merasakan hal-hal janggal yang sebelumnya tak pernah aku rasakan selama berumah tangga dengan Ardi

Kehancuran rumah tanggaku mulai nampak ketika aku mendapati suamiku berselingkuh dengan seorang perempuan muda yang masih berstatus mahasiswa. Mereka ternyata telah menikah, diam-diam, Pikiranku kacau, aku tak mampu mengendalikan diri.

Perasaan cinta dan kesetiaan yang kujaga selama ini telah dihancurkan Ardi. Meski aku mencoba bertahan dengan kondisi rumah tangga yang sudah hancur-hancuran, dan dengan imanku sudah terkoyak, aku sepertinya tinggal selangkah lagi menuju jurang kenistaan

Aku mulai mencari cara bagaimana mengobati sakit hatiku selama ini. Kalau harus cerai dengan Ardi, aku harus berpikir dua kali. karena aku yakin aku tak akan mampu mencukupi kebutuhan hidupku.

Sementara aku juga tak bisa mengharapkan bantuan apa-apa dari kedua orangtuaku, untuk memberitahu keadaanku saja aku tak tega, apa lagi meminta bantuan mereka. Aku justru takut keadaan ini diketahui keluargaku, karena aku yakin mereka akan menjadi lebih menderita dari keadaan sekarang

Untuk itulah aku mencoba mempertahankan rumah tangga kami. Suamiku yang seorang pengusaha, menjanjikan akan memenuhi semua kebutuhanku asal aku tidak lagi mempermasalahkan pernikahannya dengan perempuan muda itu. Untuk langkah pertama, aku memang menerima keputusan itu. Aku pikir, itu jauh lebih baik ketimbang mengambil tindakan yang bisa merugikan kepentingan keluarga dan rencanaku.

Ketika Ardi pergi berbulan madu dengan isteri mudanya ke Jakarta, aku memanfaatkan kesempatan itu untuk mencari hiburan di luar rumah. Kebetulan saja Ardi memberi uang belanja untuk sebulan, yang jumlahnya lumayan banyak dan aku berencana menghabiskan uang tersebut untuk melakukan sesutu yang belum pernah aku rasakan sebelumnya

Mulailah aku berkenalan dengan dunia malam. Beberapa diskotik, bar dan tempat hiburan kelas atas kujelajahi. Sampai suatu hari aku berkenalan dengan seorang pemuda di suatu tempat hiburan di hotel berbintang. Ketampanannya cukup membuatku tergiur, apalagi hampir dua bulan lamanya Ardi tak pernah lagi memberiku nafkah bathin, yang membuatku uring-uringan kala malam hari telah tiba.

Sebagai perempuan normal, tentu saja aku sangat mengharapkan dekapan dan belaian hangat seorang lelaki. Perkenalanku dengan pemuda yang bernama Haris (bukan nama sebenarnya) seolah membuka kesempatan bagiku untuk balas dendam terhadap Ardi.

Apalagi kurasakan Haris cukup pandai menaklukan perempuan, termasuk aku. Hanya dalam tempo seminggu setelah perkenalan kami malam itu, aku dan Haris sudah melanjutkan hubungan itu di atas ranjang.

Tak terpikirkan lagi olehku, bagaimana dosa yang harus kutanggung atas perselingkuhan ini. Yang penting aku bisa menikmati kehangatan Haris dan membalas sakit hatiku pada Ardi.

Walau sebenarnya ada perasaan aneh saat Haris mencumbuku, menciumiku dan mulai mendesakan tubuhnya ke tubuhku dan aku hanya mampu melenguh dan mengerang, selebihnya Haris lebih banyak memainkan peranannya, sampai aku benar-benar terkulai lemas.

Berbulan-bulan hubungan gelap itu kujalani dengan Haris. Hingga kinipun, aku dan Haris masih terus berhubungan. Kalau suami lagi menginap di rumah istri mudanya, maka Harislah yang menggantikannya untuk menghangatkan malamku. Atau kalau tidak, kami bisa melakukannya di hotel, di losmen atau dimana saja saat kami menginginkannya. Begitulah seterusnya hubungan terlarang ini berlanjut. Entah sampai kapan semua ini akan berakhir.

Yang pasti, aku sangat menikmati hubungan gelap itu. Namun entah mengapa, kini hubungan itu bukan lagi karena aku ingin membalas dendam, namun rasa – rasanya aku mulai benar – benar merasa jatuh cintah pada Haris. Perasaan yang sama saat aku baru mengenal Ardi. Dan aku mulai merasa takut. Bukan saja takut dengan peristiwa yang aku alami bersama Ardi terulang saat bersama haris, namun aku lebih takut bangkai yang kusimpan ini tercium keluargaku. [Vivi Tan / Jakarta / Tionghoanews]

--------------------
Tetap update Berita & Artikel di manapun dengan http://m.tionghoanews.com dari browser ponsel anda atau ingin terima artikel baru berupa email bisa bergabung dalam email group http://asia.groups.yahoo.com/group/tionghoanews
--------------------

TAK KUDUGA, KUSELINGKUHI SUAMI SAHABATKU

Posted: 08 Oct 2011 02:08 AM PDT

Story: Betapa terkejutnya aku setelah aku tahu pria yang sudah beberapa bulan kupacari, ternyata suami teman lamaku sendiri. Bukan hanya itu, anaknya juga teman anakku. Celakanya lagi, tempat tinggal kami masih dalam satu komplek. Duh, mauku kemanakan mukaku ini. Aku hanya bisa mengupat dalam hati, memaki, dan ingin mengeluarkan sumpah serapah lainnya, tentunya kepada pacarku itu. Benar-benar laki-laki buaya darat, bajingan, penipu ! Aku muak !!!

Bagaimana tidak, pembaca. Pertama aku kenal pacarku itu, sebut saja namanya Dedi (bukan nama sebenarnya), dia mengaku sudah duda. Kebetulan aku juga sudah janda. Aku ditinggal suami yang meninggal pada sebuah kecelakaan lalu lintas beberapa lalu. Awalnya aku biasa saja. Tapi Dedi nampaknya selalu berusaha mendekatiku, dan sesekali merayuku. Sebagai perempuan dan seorang janda, aku tak punya beban lagi. Apalagi didekati pria yang juga duda. Usiaku pun masih 30-an. Tentu tak ada penghalang kalau aku menerima pendekatan dan rayuannya.

Ya, lama-lama aku terpikat dan terikat dengan perasaanku sendiri. Diam-diam aku merindukan Dedi, merindukan ceritanya dan merindukan rayuannya. Jatuh cintakah aku? Yang jelas, aku merasa kembali seperti remaja dulu, walau aku sudah memiliki dua buah hati.  Hubungan kami lancar-lancar saja, walau aku berusaha menutupinya dari orang lain. Seandainya mereka tahu, biar saja, toch nggak ada salahnya kalau aku berteman dengan seorang pria. Lagi pula aku sering janjian sama Dedi di luar, nggak pernah Dedi kuajak ke rumah.

Suatu waktu, Dedi ngotot mau main ke rumahku. Aku tak bisa mengelak lagi. Dedi kuperkenalkan dengan dua anakku, yang sudah sekolah dasar. Mereka menyambut kedatangan Dedi biasa saja. Seperti tamu-tamu lainnya. Mereka asyik bermain sendiri, membaca dan mengerjakan PR sekolah. Setelah Dedi pulang, anak sulungku langsung mendekatiku. Pengakuannya sungguh mengejutkanku. ''Mama, om yang tadi itukan papanya teman Nana,''  ujar Nana, anakku. ''Yang benar Nana. Kamu salah lihat mungkin,'' ujarku berharap apa yang ku katakan itu benar.
''Iya, Ma. Benar, Nana nggak salah kok,'' jawab Nana.

Pembaca yang budiman. Aku tak kuasa lagi bertanya apa-apa pada Nana. Hatiku tiba-tiba terasa teriris, pedih sekali. Kubiarkan Nana memandangku heran. Air mataku pun mulai membasahi pipiku. Tanpa menunggu waktu, aku langsung ke luar rumah. Aku mencoba menyelidiki sendiri kebenaran kata anakku.

Setelah kuselidiki, memang benar. Dedi sudah memiliki istri. Dan setelah aku tahu siapa istrinya, aku makin terkejut. Istri Dedi ternyata Wina, teman sekolahku dulu. Dan, ternyata kami tinggal di komplek yang sama, walau terpisah beberapa blok. Tuhan, apa yang telah aku lakukan selama ini? Mengapa aku diperdaya oleh laki-laki hidung belang seperti Dedi? Padahal, aku sudah terlanjur menyukainya dan banyak berharap padanya?

Setelah kebenaran itu terungkap, aku langsung menjauhi Dedi. Aku tak mau bertemu dengannya lagi. Hatiku hancur, benci. Tapi diam-diam aku juga merindukannya. Sementara Dedi, tampaknya tak peduli dengan perasaanku yang sudah dicabik-cabiknya itu. Dedi terus mendekatiku. Dia minta maaf atas kebohongannya selama ini. Dan dia menyatakan kesungguhannya padaku. Dia benar-benar mencintaiku dan tak bisa pisah dariku.

Pembaca, aku juga merasakan apa yang dirasakan Dedi. Aku terlanjur menyukainya. Tapi aku tak mungkin menjalin kasih dengan suami temanku dan ayah dari teman anakku sendiri. Aku tahu apa akibatnya kalau sampai orang-orang mengetahuinya. Betapa hinanya aku. Betapa bejadnya moralku. Pasti kata-kata itulah yang akan ditujukan padaku. Aku tahu itu. Dan aku tak ingin julukan seperti itu hinggap kepadaku.

Namun perasaan ini mengalahkan akal sehatku. Dedi tetap saja mendekatiku, dan aku pun tak bisa menolaknya karena perasaan kami sama-sama suka, sama-sama membutuhkan. Ketika kami berdua, kami merasakan nyaman, dan tak peduli dengan orang lain. Tentunya frekuensi pertemuan kami hanya sesekali, ketika ingin bertemu dan kebetulan ada waktu saja.

Mungkin pembaca menganggapku sangat tak bermoral, karena aku juga sering main ke rumah Dedi. Tapi ketika di rumahnya aku bersikap biasa saja, karena kedudukanku di rumah Dedi bukan sebagai pacar gelap Dedi, melainkan sebagai kawan istrinya. Tentunya aku juga membawa anak-anakku karena mereka juga kawan sekolah anak Dedi dan Wina.

Saat ini aku sering dihantui kesalahan. Tapi aku tetap saja berhubungan dengan Dedi. Karena itu, aku ingin membagi ceritaku kepada orang yang aku percaya dan bisa memberiku jalan keluar.  Walau aku sudah tahu harus berbuat apa, (paling-paling semua orang pasti menyarankan agar aku menjauhi Dedi dan mengakhiri hubungan terlarangku itu), tapi aku belum bisa melakukan itu selama Dedi terus mendatangiku. Pembaca, aku mohon didoakan supaya aku bisa mengambil sikap. [Vivi Tan / Jakarta / Tionghoanews]

--------------------
Tetap update Berita & Artikel di manapun dengan http://m.tionghoanews.com dari browser ponsel anda atau ingin terima artikel baru berupa email bisa bergabung dalam email group http://asia.groups.yahoo.com/group/tionghoanews
--------------------

TIGA PRIA ITU MEMBUATKU TERPESONA

Posted: 08 Oct 2011 02:08 AM PDT

Story: Orang-orang disekitarku mungkin menganggap aku sebagai perempuan gila yang mencintai tiga pria sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Tetapi sungguh hal itu juga diluar akal sehatku. Bertemu dengan Rio, Dewa, dan Randi (ketiganya bukan nama sebenarnya) seolah sebagai anugerah dari Tuhan buatku. Mereka bertiga selalu menghadirkan suasana yang sangat menyenangkan dan membahagiakan hatiku.

Dari mereka bertiga aku juga mendapatkan apa yang aku cari selama ini, kemapanan, romantisme, kehangatan serta kasih sayang yang mangalir bagai air, tak pernah terputus. Padahal aku berkali-kali berfikir dengan tenang tentang siapa yang bakal aku pilih menjadi pendamping hidupku kelak, tetapi aku tak pernah mampu memilih. Nyaris Tak ada beda saat aku jatuh cinta pada Rio, Dewa dan Randi, semua serasa sama, semua mendebarkan, semua menggairahkan, semua menjanjikan. Gila!

Hingga suatu saat kuutarakan hal ini pada ibu, dan tak jauh dengan sahabat-sahabatku, ibu juga menganggap aku ini gila.  "Ri, seharusnya kamu memilih salah satu dari mereka dan jangan memberikan harapan kepada ketiga lelaki itu sekaligus, kamu harus gunakan hati kamu jangan nafsu kamu," kata ibu. "Bagaimana aku mampu memilih salah seorang kalau semuanya sama baiknya, semuanya mampu membuatku terlena, bagaimana?"

Menurut ibu aku tak mampu berpikir jernih, terbawa nafsu dan egoisme yang berlebihan. Tetapi aku merasa pikiranku teramat jernih, aku telah menimbang dengan hati dan pikiran, dengan selera dan cinta yang murni. Semuanya sudah jelas bahwa aku benar-benar mencintai mereka bertiga dengan segala kelebihan dan kekurangannya. "Lalu apa lagi, harus bagaimana lagi," sungutku, seolah ingin melawan ketidak adilan yang ditunjukan oleh ibu.

Saat Rio tak ada disampingku, aku segera dapat merindukan Dewa tanpa mengurangi rasa rinduku terhadap Rio, demikian juga saat Dewa pergi, aku dengan segera merindukan kehadiran Randi tanpa kehilangan rinduku terhadap Rio dan Dewa. Dan yang membingungkan aku sama sekali tak merasakan keanehan dalam dalam diriku seperti yang dikatakan teman-teman dan bahkan ibuku sendiri. Aku mungkin memang orang aneh…

Bersama Rio, kami sering pergi keluar kota untuk menikmati keindahan-keindahan pemandangan alam, menikamati semilir angin pagi di pegunungan, menikmati rangkulan dan kehangatan tubuh  Rio dalam udara dingin, terkadang disebuah tenda, di gubuk tua atau juga di kamar-kamar hotel yang sederhana sampai hotel berkelas internasional. Aku selalu saja dapat menikmati cara-cara Rio dalam menterjemaahkan sisi romantisnya.

Sementara bersama jika Dewa, aku seperti seorang permaisuri yang selalu dibalut dengan hal-hal yang agung, mewah dan serba anggun. Dewa bak seorang pendongeng yang mahir dalam membawakan cerita. Aku seringkali terhanyut oleh ungkapan-ungkapan cinta dari bibirnya yang teramat manis, membuaiku dalam kehangatan gerakannya yang bergelora, selalu menjambangiku dengan cintanya yang seperti seorang Dewa.

Dan Randi selalu mengajakku ke lokasi-lokasi hiburan malam yang membuat adrenalinku bergolak dengan cepat. Randi memang sedikit agak kasar, tetapi ituah yang membuat aku jatuh cinta pada Randi. Dekapan dan hentakan tubuhnya saat bercinta selalu membuatku terpesona, menggeliat bahkan berguncang kencang saat puncak kegairahan bertemu di persimpangan nafsu yang menggebu dan itu juga yang membuat aku begitu berharap Randi selalu ada disisiku.

Kadang aku berpikir apa yang salah dengan cintaku kepada mereka, aku selalu mendapatkan apa yang selalu terbayang dengan sensasi seksual yang luar biasa, saat bersama Rio, Dewa dan Randi. Dan sekarang saat ibu mendapratku habis-habisan karena aku hamil, aku masih tak bisa memilih diantara mereka bertiga, ditambah aku sendiri tak tahu persis siapa ayah dari jabang bayi yang kukandung saat ini. Sungguh tak bisa.

Yang aku masih ingat, ketika suatu hari, siang sampai malam aku pernah bercinta dengan Rio, Dewa, dan Randi. Dan hal itu terjadi secara berulang-ulang seperti juga saat aku mengalami kepuasan yang juga berulang-ulang, menggeliat berulang-ulang bahkan merintih dan setengah berteriak juga berulang-ulang dengan masing-masing dari ketiga pria yang dicintainya itu. Saat ibu mencaci makinya, aku benar-benar tak tahu harus berbuat apa.

Meminta Rio bertanggung jawab, aku takut kehilangan Dewa, sementara untuk meminta pertanggung jawaban Dewa, aku takut kehilangan Rio dan Randi. Haruskah aku menjadi perempuan pertama di dunia yang memiliki tiga orang suami sekaligus pada waktu bersamaan, dan anakku kelak akan memanggil ayah kepada tiga ayah berbeda. Lalu aku harus bagaimana, yang jelas aku masih mencintai ketiga pria ini sampai kapanpun. [Vivi Tan / Jakarta / Tionghoanews]

--------------------
Tetap update Berita & Artikel di manapun dengan http://m.tionghoanews.com dari browser ponsel anda atau ingin terima artikel baru berupa email bisa bergabung dalam email group http://asia.groups.yahoo.com/group/tionghoanews
--------------------

KEBIASAAN KENCAN YANG TIDAK DISUKAI WANITA

Posted: 08 Oct 2011 12:56 AM PDT

Apakah Anda akan keluar pada kencan pertama atau keseratus Anda, memastikan Anda melakukan hal yang benar selama kencan Anda membuat stres. Jika Anda ingin hubungan untuk tumbuh, maka Anda akan harus memastikan untuk menghindari kebiasaan kencan yang kebanyakan wanita tidak suka. Jika Anda sukses, tidak hanya akan Anda mendapatkan kasih sayang tetapi Anda juga akan memenangkan kompetisi.

* Pria yang Kurang Sikap Ksatria

Ada sesuatu yang unik dan khusus tentang diperlakukan "seperti seorang wanita." Meskipun mungkin tidak perlu untuk melemparkan jaket Anda diatas setiap genangan lumpur di tempat parkir restoran, yang sangat jelas diperlukan adalah melakukan hal-hal seperti membuka pintu mobilnya atau mengambil bon setelah makan malam. Terlepas dari apa yang mungkin ia katakan, petunjuk halus ini akan mengatakan padanya langsung jika Anda Pangeran Tampan atau hanya Pangeran Kodok.

* Semua Tentang "Saya"

Jika Anda telah mengambil waktu untuk meminta seorang wanita berkencan, jangan menghabiskan seluruh kencan untuk berbicara tentang diri Anda. Pastikan bahwa Anda bersedia untuk mengetahui lebih lanjut tentang wanita yang duduk di depan anda dan menghabiskan lebih banyak waktu mengajukan pertanyaan daripada membuat pernyataan. Jaga cerita Anda tetap santai dan lucu dan menghindari topik yang mungkin kontroversial atau menyedihkan. Wanita ingin dijadikan pusat perhatian, jadi coba untuk mengingat itu sebelum Anda menghabiskan seluruh waktu Anda berbicara tentang diri Anda.

* Pria yang Tidak Tahu Waktu

Jika Anda mengatakan Anda akan menjemputnya pukul 7 malam, maka pastikan untuk tiba sekurangnya lima menit lebih awal. Bahkan jika Anda menghabiskan lima menit menunggunya menempatkan sentuhan akhir pada rambut atau make up, itu lebih baik daripada membuat dia menjadi orang yang menunggu Anda untuk muncul.

* Menyentuh

Anda membahayakan diri sendiri jika Anda membiarkan tangan Anda, atau mata, mulai mengembara. Perempuan biasanya tidak suka dibuat merasa seperti objek, sehingga pentingkan untuk membuat kontak mata ketika Anda memiliki percakapan dan menjaga kontak fisik ke tingkat yang dapat diterima. Menempatkan tangan di lengannya saat ia masuk atau keluar dari mobil bisa manis dan penuh kasih sayang, tapi merangkulkan tangan Anda ke bahunya selama menonton film dapat dilihat sebagai agresif dan sombong. [Selvia Chang / Gorontalo / Tionghoanews]

--------------------
Tetap update Berita & Artikel di manapun dengan http://m.tionghoanews.com dari browser ponsel anda atau ingin terima artikel baru berupa email bisa bergabung dalam email group http://asia.groups.yahoo.com/group/tionghoanews
--------------------

CARA-CARA PENGOBATAN DI RUMAH YANG EFEKTIF

Posted: 08 Oct 2011 12:47 AM PDT

Tidak ada seorangpun yang meragukan kehebatan dari ilmu kedokteran modern – apa yang dapat kita perbuat tanpa obat-obatan seperti penisilin untuk mengobati infeksi? Tetapi, perlu diketahui, bahwa barang yang kita temukan sehari-hari memiliki daya pengobatan rahasia juga. Lain kali, jika anda tidak ingin menghabiskan uang untuk menghilangkan kutil, pertimbangkanlah untuk menggunakan lakban.

Telah makan dua butir aspirin tetapi masih belum dapat menyembuhkan sakit kepala anda? Sebatang pensil mungkin dapat membantu. Berikut ini, ada penjelasan mengenai beberapa trik-trik yang aneh – meskipun cemerlang – seperti pengobatan rumah ala MacGyver.

* Lakban untuk menghilangkan Kutil

Pada tahun 2002, sekelompok dokter membandingkan keefektifan dari lakban dengan cairan nitrogen dalam menghilangkan kutil. Setelah dua bulan menggunakan lakban hampir setiap hari, dan menggunakan batu apung seminggu sekali untuk mengangkat kulit mati, hampir 85 persen dari kutil pasien itu hilang, dibandingkan dengan metode pembekuan hanya dapat menghilangkan 60 persen. "Pertanyaannya adalah, apakah ini berhubungan dengan pelekat kimianya, ataukah karena oklusi yang menyebabkan kutil tersebut terurai," kata ahli kulit dari Kota New York, Robin Blum, MD."Pemikiran lainnya adalah lakban akan menyebabkan iritasi, yang merangsang sel imunitas tubuh untuk menyerang kutil."

* Obat Gosok untuk Menyembuhkan Jamur Kuku

Meskipun tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa dengan mengoleskan obat gosok pada kuku jari dua kali sehari akan efektif menghilangkan jamur di kuku, hasil dari penyelusuran di Internet menunjukkan sejumlah pengobatan pribadi menunjukkan kemampuan obat gosok untuk menghilangkan jamur kuku. "Saya mendengar banyak pasien yang mengatakan bahwa obat gosok dapat menolong, tetapi saya tidak begitu yakin mengapa," demikian diakui oleh Dr. Blum. Beberapa argumentasi menyatakan bahwa kandungan mentol dalam obat gosok tersebut yang membunuh jamur dan yang lain mengatakan bahwa efek pelicin dari gel kental, yang jika digunakan secara konsisten, maka obat gosok akan dapat menghilangkan bukan hanya jamur, tetapi juga kuku jari yang terinfeksi, dimana kuku jari akan menghitam dan kemudian terlepas. Dan ketika kuku jari tumbuh lagi, akan terbebas dari jamur.

* Gandum untuk Menenangkan Eksema

"Ini sangatlah betul, bahwa gandum mengandung sifat anti-peradangan," kata Dr. Blum. Apakah ketika digunakan sebagai perekat atau untuk dituangkan ke dalam bak mandi, banyak para ahli menyarankan untuk memilih gandum yang dihaluskan dan merendamkan ke area yang terkena peradangan selama 15 menit. Sebagai tambahan untuk mengurangi peradangan, gandum dianggap memiliki efek pencegahan alergi, kata Dr. Blum. Dengan mengurangi kadar alergi, yang menyebabkan peradangan pada kulit sebagai bagian dari respon pemulihan sistem kekebalan tubuh, jelasnya, gandum mencegah atau mengurangi peradangan pada kulit.

* Sesendok Gula untuk Menghilangkan Cegukan

Pada tahun 1971, Edgar Engelman, MD melakukan penelitian untuk menemukan apakah sesendok gula dapat secara efektif menyembuhkan cegukan. Dia mengumpulkan dalam satu kelompok total 20 pasien yang mengalami cegukan selama lebih dari enam jam, delapan dari pasien tersebut mengalami cegukan hampir sehari penuh hingga selama enam minggu. Setiap pasien diberikan satu sendok teh gula putih untuk ditelan, dan 19 dari 20 pasien sembuh dari cegukan tersebut segera. Andre Dubois, MD, ahli pencernaan dari Bethesda, Maryland, mencatat dalam The Doctors Book of Home Remedies bahwa "gula mungkin bertindak dalam mulut untuk memodifikasi impuls saraf yang kemudian memberitahukan kepada otot diafragma untuk berkontraksi secara tidak teratur.

* Menggigit Pensil untuk Menyembuhkan Sakit Kepala

Ketika dokter tidak yakin mengapa kita melakukan hal ini, menggertakkan gigi adalah efek samping dari stress. Menurut Fred Sheftell, MD, direktur dari New England Center for Headache di Stamford, Connecticut, ketika kita menggertakkan gigi, kita menegangkan otot yang menghubungkan rahang ke sambungannya, yang dapat memicu ketegangan sakit kepala. Dengan menaruh pensil diantara gigi kita – tetapi tidak menggigitnya – kita melakukan relaksasi pada rahang kita, yang mengurangi ketegangan dan juga mengurangi sakit. Ingatlah, bahwa resep ini hanya berlaku untuk sakit kepala akibat ketegangan – dan tidak berlaku untuk migraine, atau sakit kepala akibat tekanan sinus.

* Minyak Zaitun untuk Mual

Menurut National Library of Medicine, terdapat sejumlah gejala yang menunjukkan diri sebagai hasil dari mual, termasuk meningkatnya air liur, yang merupakan cara tubuh untuk melindungi gigi dari tingginya dosis asam lambung yang disertai dengan muntah muntah. Zaitun yang mengandung zat tannin, ketika dilepas ke dalam mulut, akan mengeringkan air liur – pertama akan mengurangi gejala dan kemudian insting tubuh akan mengikuti. Akan tetapi, pengobatan ini hanya akan efektif pada awal dari gejala mual, ketika perubahan air liur muncul.

* Air garam untuk Menyembuhkan Sakit Tenggorokan

Ketika anda masih kecil dan mengalami sakit tenggorokan, ibu anda mungkin akan membuatkan anda air garam, dan sepertinya dia sadar sedang mengharapkan sesuatu akan bekerja. Menurut Douglas Hoffman MD, PhD, penulis dari laman "The Medical Consumer's Advocate", sakit tenggorokan adalah peradangan yang timbul akibat infeksi jaringan, dan garam akan membantu mengeluarkan cairan yang berlebihan dengan mengurangi pembengkakan dan sakit yang diakibatkan. Kebanyakan ramuan menyatakan perbandingan antara 1 sendok the garam dengan 8 ons air, tetapi sangat disarankan untuk memilih garam dengan takaran yang lebih banyak daripada kurang. Tetapi perlu diiingat bahwa anda adalah mengatasi gejala penyakit -- bukan penyakit tersebut. Catatan dari Dr. Hoffman dalam lamannya: "Penurunan gejala tersebut sangat nyata, tetapi hanya bersifat sangat sementara, karena garam tidak akan dapat menghilangkan penyebab dari sakit tenggorokan." [Susi Ng / Balikpapan / Tionghoanews]

--------------------
Tetap update Berita & Artikel di manapun dengan http://m.tionghoanews.com dari browser ponsel anda atau ingin terima artikel baru berupa email bisa bergabung dalam email group http://asia.groups.yahoo.com/group/tionghoanews
--------------------

DUA REMAJA MANTAN BIKSU TIBET BAKAR DIRI

Posted: 07 Oct 2011 09:40 PM PDT

Organisasi warga Tibet di pengasingan mengatakan dua remaja telah membakar diri mereka di wilayah Tibet, Tiongkok barat daya untuk memprotes penindasan Tiongkok terhadap agama.

Organisasi Free Tibet yang berbasis di London hari Jumat mengatakan kedua remaja itu tadinya adalah biksu Tibet di vihara Kirti di provinsi Sichuan.

Organisasi itu mengutip laporan yang belum dikukuhkan bahwa salah seorang pengunjuk rasa itu, Choepel, berusia 19 tahun, meninggal, sedangkan kondisi Khayang, berusia 18 tahun, tidak diketahui.

Setidaknya tujuh biksu telah membakar diri tahun ini untuk memprotes apa yang mereka anggap sebagai penindasan beragama oleh Tiongkok. Beijing sering menuduh pemimpin spiritual Tibet, Dalai Lama, dan pengikutnya hendak mengupayakan kemerdekaan Tibet.

Direktur Free Tibet Stephanie Bridgen mengatakan banyak warga Tibet siap mengorbankan nyawa agar dunia menaruh perhatian pada kebijakan Tiongkok mengenai agama. [Janet Ong / Singapore / Tionghoanews]

--------------------
Tetap update Berita & Artikel di manapun dengan http://m.tionghoanews.com dari browser ponsel anda atau ingin terima artikel baru berupa email bisa bergabung dalam email group http://asia.groups.yahoo.com/group/tionghoanews
--------------------

FAKTA MENGEJUTKAN TENTANG CHINA (1)

Posted: 07 Oct 2011 09:27 PM PDT

Perkembangan dunia yang paling signifikan dalam dua dekade terakhir mungkin adalah kebangkitan China. Namun, beberapa kenyataan ternyata cukup menakutkan.

Businessinsider merilis fakta-fakta mengkhawatirkan tentang kondisi ekonomi China. Baik dari pinjaman pemerintah yang membubung tinggi, bubble perumahan, hingga ancaman kredit bemasalah. Inilah beberapa diantaranya.

* Pinjaman pemerintah lokal China meledak

Selama bertahun-tahun, risiko pembiayaan pemerintah yang melampaui kontrak lokal platform mereka. Sejak awal 2008, pinjaman pemerintah lokal China meledak dari US$ 235 juta menjadi US$ 1,6 triliun. Hal ini sudah diprediksi para investor, ekonom dan akademisi, namun kemungkinan menjadi suatu realita akan muncul dalam waktu dekat.

Selama ini, pembiayaan infrastruktur yang royal dilakukan untuk mencegah dampak terburuk dari krisis keuangan global. Tapi, tampaknya banyak proyek akan berubah menjadi aktiva bermasalah.

* Gelembung perumahan, ternyata tidak hanya terjadi di AS.

Jika Anda berpikir AS berada dalam gelembung perumahan, maka harga rumah di Beijing telah merusak semua harga, karena naik 40% sejak 2007. Satu meter persegi properti perumahan di ibukota senilai rata-rata 26.000 yuan (US $ 3.800), tetapi rata-rata per kapita pendapatan bulanan hanya 2.000 yuan.

Jika seluruh pendapatan tahunan dihabiskan untuk perumahan, maka rata-rata penduduk Beijing bisa membeli 6 meter persegi properti perumahan. Sebuah survei terbaru oleh Akademi Ilmu Sosial China (CASS) bahkan menemukan bahwa 85% keluarga perkotaan tidak mampu apartemen.

* China memiliki 64 juta rumah yang disewakan, termasuk seluruh kota yang kosong

Setidaknya 64,5 juta rumah kosong ada di China, jumlah yang mengejutkan. Ini adalah tanda bahwa pasar properti mengalami masa sulit. Sektor real estate pun dinilai berbahaya dan bisa mengancam keuangan negara dan stabilitas sosial. Bagaimanapun, Beijing telah mengadopsi sejumlah langkah untuk mendinginkan pasar properti, termasuk menaikkan uang muka dan tingkat hipotek. Namun, mereka tampaknya belum mencapai hasil yang diinginkan.

* Banyak masyarakat China yang hidup di bawah kemiskinan.

Ada hampir 500 juta orang China yang hidup dengan biaya kurang dari US$2 per hari. Populasi di bawah US$2 per hari ini menggunakan patokan harga internasional 2005.

* Utang kartu kredit China diproyeksikan melesat 600% dalam lima tahun

Tahun ini saja, total utang sudah meledak dari US$ 63 miliar menjadi US$ 93 miliar. Pasar kartu kredit berkembang pesat di Cina. Jumlah pemegang kartu telah melebihi 30 juta. Dalam tiga tahun terakhir, tingkat pertumbuhan tahunan mencapai 54%, dan diharapkan dapat mempertahankan tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata 30% selama empat tahun ke depan.

* Sekitar 140 juta petani telah disita tanahnya secara paksa oleh pemerintah dalam dua dekade terakhir

Perkiraan ini berdasarkan data penyitaan lahan pertanian 1994-2006, dikutip New York Times . Sejak berlanjutnya hal tersebut, kota-kota menghadapi peningkatan pertumbuhan untuk menjual lahan pertanian sebagai real estate menguntungkan.

Memang kota-kota yang mengandalkan pada penjualan tanah untuk pendapatan, lebih dari sebelumnya, menurut NBER . Karena penyitaan ini, lahan pertanian China telah menyusut 8,33 juta hektar dalam 12 tahun terakhir, seukuran dengan kawasan Carolina Selatan.

* Di China, rata-rata ada 493 massa protes setiap harinya

Akademisi China memperkirakan ada 180 ribu protes, pemogokan dan kerusuhan massal lain tahun lalu, menurut Telegraph. Kerusuhan sipil meningkat dalam menghadapi inflasi makanan, korupsi dan tekanan lainnya, menyusul, meningkatnya standar hidup di negara ini.

* Dalam lima tahun terakhir, sebanyak 16.810 penambang batubara China meninggal dalam kecelakaan

Kematian pekerja tambang batu bara telah turun untuk tahun kelima berturut-turut, meskipun angka kematian tetap tinggi. Pada 2006, sebanyak 4.746 orang meninggal dalam kecelakaan tambang, kemudian 3.786 pada 2007, lalu 3.214 pada 2008, 2.631 pada 2009 dan 2.433 pada 2010.

Terkait hal ini, pihak berwenang sudah menutup 21.200 tambang batubara ilegal dan memangkas operasi tambang skala kecil dari 18.145 ke 9.042 selama lima tahun terakhir. Pemerintah juga akan mengeluarkan standar penggunaan fasilitas di tempat penampungan, yang harus dibangun di semua tambang selama tiga tahun ke depan.

Tingkat gas yang ditemukan di tambang, sebagai penyebab kematian ini pun sudah berkurang. Sehingga tingkat fatalitas per juta ton batubara yang diproduksi turun 73% dalam lima tahun terakhir dan selanjutnya akan jatuh 28% selama lima tahun ke depan. [bersambung] [Tiffanny Chen / Batam / Tionghoanews]

--------------------
Tetap update Berita & Artikel di manapun dengan http://m.tionghoanews.com dari browser ponsel anda atau ingin terima artikel baru berupa email bisa bergabung dalam email group http://asia.groups.yahoo.com/group/tionghoanews
--------------------

MISTERI PEMAKAMAN XIAOHE DI XINJIANG CHINA

Posted: 07 Oct 2011 08:33 PM PDT

Pemakaman Xiaohe (Sungai kecil), yang ditemukan oleh arkeolog Swedia Folk Bergman pada tahun 1939 di propinsi Xinjiang, disebut-sebut termasuk sebagai 10 besar penemuan arkeolog di China. Menurut laporan harian Guangming tanggal 23 April, perhatian umum terhadap pemakaman itu mencuat ketika Bergman menerbitkan pengenalan secara detail pada situs arkeologi ditepi sungai Xiaohe di Stockholm tahun 1939 dengan judul Penemuan Arkeologi di Xinjiang.

Namun saat petunjuk penting tempat pemakaman itu, yaitu sungai Xiaohe mengering, masyarakat telah melupakan pemakaman itu dalam beberapa dekade ini. Tidak sampai lebih dari 60 tahun kemudian pada tanggal 11 Desember 2000, seorang anggota Peninggalan Kebudayaan Xinjiang dan Institut Arkeologi di China meneliti gurun pasir Lop Nor dengan melalui sebuah penempatan satelit dan menemukan pemakaman Xiaohe sekali lagi. Pada bulan Maret 2005, penggalian secara menyeluruh berakhir dengan sukses.

Pemakaman Xiaohe merupakan sistem pemakaman berskala besar yang menyediakan informasi tentang peradaban awal yang berharga di Lop Nor kepada seluruh arkeolog didunia. Dengan 167 makam dan lebih dari 1000 peninggalan-peninggalan budaya pada masa itu ditemukan, area Xiaohe tidak serupa dengan tempat lain yang ada di China, atau mungkin diseluruh dunia.

Menurut Idelisi Abuduresule, kepala Peninggalan Kebudayaan Xinjiang dan Institut Arkeologi, pemakaman Xiaohe menarik perhatian masyarakat karena banyak benda-benda peninggalan yang ditemukan masih merupakan misteri, menunggu untuk dipecahkan.

Misteri ke 1 : Peradaban? Tidak ada tanda!

Berdasarkan bukti dari masa sejarah yang lampau, biasanya orang dapat memprediksi tanda peradaban mereka pada masa itu. Akan tetapi setelah diteliti dengan cermat oleh para arkeolog di dalam radius beberapa kilometer, tidak ada benda-benda peninggalan yang menggambarkan kehidupan pada masa lalu.

Misteri ke 2 : Peti jenasah "berbentuk kapal"

Peti jenasah yang ada di pemakaman Xiaohe dipendam dalam lima tingkat, setiap peti jenasah menyerupai perahu pantai yang terbalik dengan mayat yang dikubur didalamnya. Beberapa sapi hidup telah dibunuh dipemakaman itu dan kulitnya digunakan untuk membungkus mayat tersebut. Begitu kulit ini mengering dan menyusut, bungkusan kulit ini akan membalut mayat dengan semakin kencang.

Misteri ke 3 : Sebuah budaya pemujaan?

Pemakaman Xiaohe ditandai dengan balok-balok kayu poplar yang tertancap di atas gunung pasir. Bentuk kayunya berbeda menurut jenis kelamin yang meninggal dan melambangkan organ reproduksi. Kebudayaan misterius yang sangat memuja organ reproduksi, ini sangat jarang terlihat didunia.

Misteri ke 4 : Hilangnya masyarakat Xiaohe

Pemakaman Xiaohe merupakan hal penting untuk mempelajari masyarakat kuno di daerah Lop Nor. Meskipun kami mempunyai petunjuk mengenai orang-orang Xiaohe yang meninggal, akan tetapi kami tidak dapat melacak jejak kehidupan mereka. Misteri terbesar berdasarkan pada peradaban yang ditinggalkan oleh pemakaman Xiaohe adalah hilangnya masyarakat Xiaohe. Apakah sebuah wabah yang telah membinasakan mereka ? Apakah karena timbul perang ? Ataukah mereka benar-benar tertelan gurun pasir ?

Misteri ke 5 : Lumpur aneh yang menyelubungi peti jenasah

Ditemukan 4 peti jenasah yang diselubungi oleh lumpur pada daerah sebelah utara dan selatan kompleks tersebut. Peti ini berbeda bentuk dengan peti jenasah berbentuk perahu yang ditemukan semula ; penutup peti itu berbentuk persegi panjang, dan didalamnya terdapat rangka kayu yang menunjukkan bentuk asli kapal. Apa yang menjadi tanda tanya orang adalah 4 peti jenasah ini ini seluruhnya berisi jenasah perempuan dewasa yang penuh dengan benda-benda penguburan. Para arkeolog tidak dapat menjawab mengapa hanya peti jenasah 4 perempuan dewasa ini yang dilumuri oleh lumpur.

Misteri ke 6 : Mayat-mayat kayu

Pada situs penggalian ini, ditemukan juga 6 peti jenasah yang berisi mayat kayu sebagai pengganti mayat asli. Setelah dianalisa, diketahui bahwa mayat kayu ini dibuat dalam jangka waktu yang singkat. Seluruh mayat kayu ini berjenis kelamin pria dan dibuat dalam bentuk yang serupa. Wajahnya rata dengan tanda X merah diatasnya. [Jeni Wang / Semarang / Tionghoanews]

--------------------
Tetap update Berita & Artikel di manapun dengan http://m.tionghoanews.com dari browser ponsel anda atau ingin terima artikel baru berupa email bisa bergabung dalam email group http://asia.groups.yahoo.com/group/tionghoanews
--------------------

FAKTA TENTANG INDOMIE YANG MUNGKIN ANDA BELUM KETAHUI

Posted: 07 Oct 2011 07:20 PM PDT

1. Pendiri Indomie bernama Sudono Salim, lahir pada 16 July 1916 mempunyai nama asli Liem Sioe Liong. Beliau termasuk salah satu orang terkaya di Indonesia.

2. Merupakan salah satu perusahaan makanan cepat saji paling sukses di Indonesia. Produk-produk Indomie dipasarkan ke banyak manca negara termasuk Amerika Serikat, Australia, berbagai negara Asia dan Afrika serta negara-negara Eropa. Produsen Indomie menganggap mi instan ini sehat dan bergisi karna mengandung energi, protein, niasin, asam folat, pantotenat, mineral besi, natrium, dan berbagai vitamin seperti vitamin A,C, B1, B6, dan B12. Padahal Indomie mengandung pewarna tartrazine yang tidak baik bagi kesehatan apabila dikonsumsi dalam jangka panjang.

3. Tahun 2005, Indomie memecahkan rekor dunia dalam Guinness Book of World Records untuk kategori "Paket Terbesar Mi Instan" dengan menciptakan paket dengan ukuran 3,4m x 2,355m x 0,47m, dengan berat bersih 664,938 kilogram, dimana berat ini adalah 8.000 kali berat standar sebuah paket mi instan.

4. Pada tanggal 13 Desember 2009, Indomie disebut oleh Roger Ebert, kritikus film populer dari Amerika Serikat untuk majalah Chicago Sun-Times, sebagai salah satu kado Natal pilihan di urutan no.1

5. Indomie adalah makanan yang sangat populer di Nigeria. Di Nigeria, Indomie diproduksi oleh De-United foods industries ltd, anak perusahaan Dufil Group, hasil joint venture Tolaram Group dari Singapura dengan Salim Group dari Indonesia.

6. Pihak berwenang Taiwan pada awal 7 Oktober 2010 mengumumkan bahwa Indomie yang dijual di negeri mereka mengandung dua bahan pengawet yang terlarang, yaitu metil p-hidroksibenzoat dan asam benzoat. dua unsur itu hanya boleh digunakan untuk membuat kosmetik. Sehingga dilakukan penarikan semua produk mie instan "Indomie" dari pasaran Taiwan.
Semenjak December 6, 2010 Taiwan telah mengizinkan perusahaan Indomie untuk memasarkan kembali produk-produknya. Menurut Harian Hong Kong, The Standard, dalam pemberitaan Senin, 11 Oktober 2010, harian itu mengungkapkan bahwa dua supermarket terkemuka di Hong Kong, ParknShop dan Wellcome, menarik semua produk Indomie dari rak-rak mereka. Untuk itu, akan dilakukan pengujian atas Indomie dan akan menindaklanjutinya dengan pihak importir dan diler. Sebaliknya, importir Indomie di Hong Kong, Fok Hing (HK) Trading, menyatakan bahwa mie instan itu tetap aman dikonsumsi dan memenuhi standar di Hong Kong dan Organisasi Kesehatan Dunia. Itu berdasarkan hasil pengujian kualitas pada Juni lalu, yang tidak menemukan adanya bahan berbahaya.

7. Menurut The Standard, bila bahan-bahan dikonsumsi, konsumen berisiko muntah-muntah. Selain itu, bila dikonsumsi secara rutin atau dalam jumlah yang substansial, konsumen akan menderita asidosis metabolik, atau terlalu banyak asam di dalam tubuh.

8. di Indonesia pada tahun 2010, indomie dihargai Rp. 1350,00 per bungkusnya atau sekitar 10 sen dolar Amerika. Di Australia, tahun 2009 indomie dijual dengan harga 25 sen per bungkusnya atau AUD 10 untuk satu kardus berisi 40 bungkus indomie, sedangkan di Amerika Serikat pada tahun 2009, indomie biasa dijual dengan harga 1 dolar per 3 bungkusnya.

9. Indomie sendiri mempunyai 40 macam rasa yang bisa dinikmati, sedangkan pop mie mempunyai   12 macam rasa.

10. May 2011, seorang rapper bernama Jesse Two Ocean (J2O) dari London, Inggris menyanyikan lagu rap tentang kegemaran kesehariannya mengkonsumsi Indomie yang berjudul "Indomie". Diproduksi oleh Acen. 

* Profil sudono salim PENDIRI INDOMIE

Di ekonomi dan bisnis Indonesia, nama Liem Sioe Liong sudah menjadi legenda. Banyak yang lupa: hampir setengah abad yang lalu, pemuda perantau dari Futsing, Hokkian, Cina Selatan, itu memulai upayanya dengan magang pada seorang paman yang berdagang jagung, beras, kedelai

Lahir sebagai Lin Shao-liang, anak kedua dari tiga bersaudara ini mengikuti jejak abangnya, Liem Sioe Hie, yang sudah mendarat di Jawa sembilan tahun lebih awal. ''Dua tahun pertama di Indonesia amat berat,'' tutur Shao-liang, yang belakangan dikenal juga dengan nama Sudono Salim.

Ketika Jepang datang, ia mulai berdagang minyak kacang kecil- kecilan di Kudus, Jawa Tengah. Kemudian mencoba nasib sebagai penyalur cengkih di kota sigaret kretek itu.

Tetapi, ketika Jepang menyerah, ia sempat disrempet musibah. Berkarung-karung uang Jepang miliknya mendadak dinyatakan tidak laku, karena pemerintah menerbitkan uang baru. Ketika itu, tiap orang menerima satu rupiah uang baru tadi. ''Keluarga saya delapan orang, jadi dapat delapan rupiah, wah, edan,'' katanya mengenang.

Liem lalu mengubah taktik dagangnya. ''Bisnis itu tidak boleh atas dasar uang, tapi harus atas dasar barang,'' ia seperti memberi nasihat. Sejak itu pula ia lebih memusatkan usaha diversifikasi. ''Dulu dagang susah, orang banyak bicara,'' katanya. ''Tapi sejak Orde Baru, dipimpin oleh Presiden Soeharto, saya ambil keputusan: apa yang harus dilakukan sebagai orang dagang.''

Kini, bos perusahaan induk Liem Investors di Hong Kong, dan PT Salim Economic Development Corporation (SEDC) di Jakarta, itu sering disebut sebagai ''pengusaha terkaya nomor enam di dunia''. Jumlah hartanya mengalahkan keluarga Rotschild dan Rockefeller. Pada 1984, kekayaan kelompok ini ditaksir sekitar US$ 7 milyar. Artinya, sama dengan jumlah uang yang beredar di Indonesia ketika itu yang, menurut beberapa sumber, meliputi sekitar Rp 7 trilyun.

Liem pindah ke Jakarta pada 1951, dan mulai mengembangkan usahanya. Mula-mula ia mendirikan pabrik sabun, kemudian pabrik paku, ban sepeda, pengilangan karet, kerajinan, dan makanan. Ia juga bergerak di bidang pengusahaan hutan, bangunan, perhotelan, asuransi, perbankan, bahkan toko pakaian. Kunci sukses baginya adalah jasa. ''Kalau jasa itu jalannya betul, otomatis bisa jual lancar,'' katanya, dalam bahasa Indonesia yang tetap patah-patah.Namun, Liem keberatan usahanya dikatakan menerobos ke semua penjuru bisnis. ''Orang suka bilang ini-itu punya Liem Sioe Liong. Gila apa? Tapi kalau orang lain suka pakai nama Liem, bisa bilang apa?'' katanya kepada majalah TEMPO, media massa pertama yang mewawancarainya, Maret 1984.

Selain dikenal sebagai ''raja bank'', kelompok Liem juga disebut-sebut sebagai satu di antara ''raja semen'' di dunia. Dalam setiap usaha patungan, kelompok ini selalu menonjol sebagai pemilik saham terbesar. Dan langkah itu bukannya tanpa pertimbangan. Dengan memiliki 51% saham perusahaan Hagemeier di Belanda, misalnya, ''Kami bisa menentukan policy perusahaan,'' kata Liem. ''Juga supaya bisa mengawasi ekspor dari Indonesia, misalnya hasil bumi.''

Sejak 1982, gebrakan kelompok Liem di luar negeri semakin mantap. Ia membeli, antara lain, 80% saham Hibernia Banchares, San Francisco, disusul 54,4% saham Shanghai Land Investment. Tetapi, Maret 1986, ia tersandung dalam usaha penanaman modal di Provinsi Fujian, RRC, bekas daerah kelahirannya.

Di kawasan itu, di sebuah desa peternakan tiram di Teluk Meizhou, terdapat proyek pengilangan minyak senilai US$ 800 juta. Usaha ini merupakan patungan antara China Fujian Petroleum Co., China Petrochemical International Corp., Fujian Investment & Enterprise Ltd., dan China Pacific Petroleum Ltd. Perusahaan terakhir ini, menurut surat kabar The Asian Wall Street Journal, didaftarkan di Liberia, dan ''dikontrol oleh Mr. Liem''.

Menjelang usia 70, ''Oom Liem'' ini mengaku tidak lagi bekerja terlalu keras. ''Setiap hari saya masuk kantor jam sepuluh pagi, lalu terima tamu,'' katanya. Ia tidak merokok, juga tidak menjamah minuman keras. Kegemarannya terbatas: jogging tujuh kilometer setiap pagi, dan, kabarnya, mengunjungi klub malam. ''Saya juga sudah jarang sekali teken cek,'' katanya.

Lalu, siapa yang akan menggantikan tahta si Oom? ''Semua anak sama,'' katanya. ''Yang perlu di sini teamwork. Yang bilang Anton bakal ganti saya itu orang luar.'' Ia, memang, seperti lebih menekankan perlunya tenaga profesional. [Liana Yang / Surabaya / Tionghoanews]

--------------------
Tetap update Berita & Artikel di manapun dengan http://m.tionghoanews.com dari browser ponsel anda atau ingin terima artikel baru berupa email bisa bergabung dalam email group http://asia.groups.yahoo.com/group/tionghoanews
--------------------

No comments:

Post a Comment