Monday 26 September 2011

印尼华人 (21/1)

印尼华人 (21/1)


OPERA BEIJING, SEBAGAI OPERA NASIONAL CHINA

Posted: 26 Sep 2011 03:14 PM PDT

Dikenal sebagai Opera Nasional Tiongkok, Opera Beijing, yang berasal dari akhir abad ke 18, adalah sintesis dari musik, dansa, seni dan akrobat. Merupakan opera yang paling berpengaruh dan mewakili dari seluruh opera di Tiongkok.

Opera Beijing Berasal dari opera tradisional Anhui, serta mengadopsi lagu, musik dan teknik penampilan dari Opera Kun dan Opera Qingqiang, dan juga menyerap cerita-cerita rakyat pada perkembangannya, sehingga menghasilkan sebuah opera yang sangat kaya musik dan penampilan.

Opera Beijing dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu "adat", yang menonjolkan nyanyian, dan "seni beladiri", yang kaya akan akrobat dan aksi berani. Beberapa kisah yang ditampilkan menggabungkan keduanya.

Jalan cerita yang dibawakan termasuk sejarah, komedi, tragedi dan jenaka. Banyak kisah-kisah sejarah yang diadopsi oleh Opera Beijing, yang mana pada masa lalu merupakan kisah utama dalam sejarah dan berupa prinsip-prinsip kehidupan untuk memberikan pendidikan bagi rakyat.

Dua orkes, memainkan alat musik petik dan pukul, diiringin dengan nyanyian, yang diikuti oleh alat musik lainnya dengan irama dan melodi yang seirama. "Jinghu", sebuah alat musik petik dengan dua busur adalah alat musik utama dari orkes.

Dialog dan monolog yang ada dibawakan dalam dialek Beijing dan beberapa kata-kata diumpamakan pada pakaian-pakaian khusus yang hanya terdapat pada opera.

Aktor dan aktris disamping membawakan nyanyian juga memperagakan gerak-gerik, seperti mengelus janggut, membenarkan posisi topi, menaikkan lengan baju, atau mengangkat kaki, untuk mengungkapkan sebuah emosi atau arti.

Tangan dan tubuh yang bergetar menunjukkan kemarahan dan menyentil lengan baju berarti jijik. Seorang aktor atau aktris memperagakan perasaan malu dengan menutupi muka memakai lengan baju. Beberapa gerakan tidak mudah diartikan maksudnya. Seorang aktor memegang lengan bajunya dengan gerakan cepat dan kemudian meletakkan tangannya dibelakang tubuh dengan muka tegang menunjukkan dirinya sedang bersiap-siap akan adanya bahaya.

Kadang kala sebuah gerakan dapat memakan waktu hingga 20 menit. Contohnya ketika seorang aktor sedang membuat sebuah rencana, jari-jari dan tangannya menunjukkan tanda gelisah, dan ketika rencana telah disusun dia memukulkan sebuah kepalan ke telapak tangan satunya hingga menimbulkan bunyi. Ketika gelisah, sang aktor akan menggosok kedua telapak tangannya selama beberapa menit.

Pertarungan akrobat Opera Beijing, baik dimainkan dua orang atau kelompok, adalah sebuah kombinasi keahlian bertempur dan peran.

Terdapat empat jenis peran secara umum, yaitu pria, wanita, muka di cat dan badut, yang masing-masing dibagi berdasarkan umur dan profesi. Sheng atau peran pria dapat dibagi menjadi tiga kategori, yaitu tua, muda dan ahli bela diri. Dan atau peran wanita terdiri dari wanita muda, wanita paruh baya, wanita tidak berdosa, ahli bela diri dan wanita tua. Jing atau muka di cat selalu ditampilkan sebagai seorang yang jujur dan terbuka dengan warna-warna wajah yang cerah. Chou atau badut ditandai dengan adanya bulatan putih pada ujung hidung. Peran ini terkadang positif, baik hati dan jenaka, namun kadang negatif, licik, jahat, atau tolol. Setiap peran memiliki nyanyian dan gaya tersendiri.

Mirip dengan akting dan nyanyian, tata rias muka juga memiliki seni tersendiri. Yang diberi ilham oleh tarian pada opera masa Dinasti Tang, Song, dan Yuan. Tata rias muka menonjolkan sifat dari peran yang dimainkan.

Untuk peran muka di cat, warna muka dari wajah dapat menunjukkan sifat atau kepribadian peran. Merah menandakan pembela kebenaran dan kesetiaan, putih menandakan banyak akal dan cerdik, keteguhan dan keberanian ditandai dengan warna biru, sedangkan kuning menunjukkan kepandaian. Hitam berarti lurus dan jujur, sedangkan abu-abu sering melambangkan keras kepala dan egois.

Pakaian yang dikenakan didasari pada pakaian masa Dinasti Ming, dengan tidak menghiraukan masa latar belakang cerita yang dibawakan. Alat bantuan dapat berupa dinding kain, tenda, payung, cambuk, dayung atau senjata. Alat-alat tersebut berupa alat sebenarnya namun dibuat sedemikian rupa agar tidak mengganggu penampilan yang dibawakan. Perumpamaan adalah suatu ciri dari opera. Membawa cambuk adalah untuk menunjukkan bahwa sang pembawa sedang naik kuda. Beberapa peran tentara di panggung menunjukkan seluruh tentara. Seorang aktor yang berputar-putar pada panggung menunjukkan pengembaraan yang jauh.

Kadang hanya berupa meja dan beberapa buah kursi diatas panggung. Detail dari setiap penampilan tergantung dari kemampuan penampilan dari para aktor dan aktris.

Membuka pintu, berjalan pada malam hari, mendayung perahu, makan, minum dan lainnya, ditampilkan oleh gerakan-gerakan tersendiri dari para aktor dan aktris. Mereka juga menggunakan mata dan ekspresi wajah untuk menjelaskan arti.

Pada masa 200 tahun, tidak terhitung jumlah sekolah dan aktor serta aktris yang ada. Banyak diantara mereka yang mendapat sentuhan gaya masa kini dalam berperan.

Beberapa aktor yang terkenal adalah Tan Xinpei, Yang Xiaolou, Yu Shuyan, Ma Lianliang dan Zhou Xinfang. Sedangkan beberapa aktris terkenal adalah Mei Lanfang, Shang Xiaoyun, Cheng Yanqiu, Zhang Junqiu dan Xun Huisheng.

Opera Beijing menampilkan sebuah arti penting bagi kebudayaan Tiongkok dan merupakan hasil kerja keras dan bahu membahu dari ratusan seniman dalam masa lebih dari dua abad.

Beberapa jalan cerita yang terkenal adalah:

Pesta di Hongmen (Hongmen Yan)
Gabungan dari intrik pembunuhan dan politik, jalan cerita opera ini membuat lubang antara panglima perang Xiang Yu terhadap Liu Bang, yang kemudian akan menjadi kaisar dari Dinasti Han Barat (B.C. 206 – A.D. 24). Xiang Yu mengundang Liu Bang ke sebuah pesta di tempat bernama Hongmen dan berencana membunuh Liu Bang. Mengetahui rencana ini lebih awal, para perwira Liu membantu Liu menggagalkan rencana Xiang Yu.

Pertempuran Chibi (Chibi Zhi Zha)
Didasari dari Kisah Tiga Negara yang menceritakan sebuah kekuatan besar dari Kerajaan Wei yang berhasil dikalahkan oleh kekuatan gabungan Kerajaan Wu dan Shu, yang dipimpin oleh Zhou Yu dan Zhuge Liang, para ahli militer pada masa Tiga Negara.

Memukul Jubah Naga (Da Long Pao)
Bao Zheng, seorang pejabat tinggi kerajaan pada masa Dinasti Song, memainkan sebuah drama pada panggung untuk Kaisar Zhao Zhen pada Perayaan Lentera mengenai anak durhaka yang meninggal disambar petir. Kisah ini membuat marah Zhao karena seolah-olah anak durhaka tersebut adalah dirinya. Sang kaisar bagaimanapun juga akhirnya menyadari bahwa ibunya telah dijebak oleh selir ayahnya dan mengalami hidup penuh penderitaan di sebuah desa. Sang kaisar lalu membawa pulang sang ibu. Sang ibu memarahi sang anak dan menyuruh Bao Zheng memukul anaknya karena merupakan anak durhaka. Bao meminta sang kaisar melepas jubahnya dan memukul jubah tersebut.

Menerobos kepungan (Zou Maicheng)

Guan Yu, salah seorang jenderal utama Kerajaan Shu pada masa Tiga Negara, dikalahkan oleh gabungan dua kekuatan, Wei dan Wu. Guan Yu akhirnya melarikan diri ke sebuah kota kecil, Maicheng, yang mana kemudian dikepung. Guan Yu menyadari bahwa satu-satunya kesempatan yang ada adalah menerobos kepungan, namun dirinya gagal.

Yu Tangchun

Bermasa pada Dinasti Ming, menceritakan seorang pelacur yang jatuh cinta dengan seorang sarjana, Yu Tangchun, yang sering mengunjungi rumah pelacuran tempat sang pelacur berada. Ketika Yu kehabisan uang, dia dilarang datang lagi ke rumah pelacuran tersebut oleh para penjaga yang ada. Sementara itu, sang pelacur dijual kepada seorang pedagang dari Propinsi Shanxi. Istri sang pedagang meracuni suaminya dan membuat sang pelacur disalahkan. Sedangkan Yu menjadi seorang pejabat tinggi pengadilan di Taiyuan, Ibukota Propinsi Shanxi. Yu memiliki banyak masalah yang perlu diperjelas dan memerintahkan sang pelacur dibawa ke Taiyuan. Meskipun Yu mengetahui tuduhan yang dijatuhkan kepada mantan kekasihnya, namun dirinya tidak dapat mengendalikan diri, sehingga mengadakan pertemuan rahasia dengan sang pelacur di penjara. Namun hal ini diketahui oleh pejabat lainnya, yang lalu menyarankan agar Yu menyelidiki kasus yang ada dan menemukan kebenaran. Pada akhirnya sang pelacur dapat bebas dan menikah dengan Yu.

Sang pemabuk cantik (Guifei Zui Jiu)

Yang Yuhuan, yang dikenal sebagai Guifei dan merupakan seorang selir kesayangan dari Kaisar Ming Huang dari Dinasti Tang, diundang oleh sang kaisar untuk mengagumi keindahan bunga sambil minum arak pada Paviliun Seratus Bunga. Seperti yang diperintahkan, Guifei datang ke paviliun bersama para pembantu istana dan kasim. Guifei menunggu lama sebelum akhirnya mengetahui bahwa sang kaisar tidak dapat datang karena Ming Huang mengunjungi Meifei, selir lain. Kecewa dan sedih, Guifei tidak memiliki pilihan kecuali mabuk seorang diri. Guifei semakin sedih setelah mengingat bagaimana dirinya ketika hari pertama berada di istana. Arak dapat membuat dirinya lupa akan segala kesedihan dan membuatnya mabuk. Guifei kembali ke kediamannya dengan bantuan pada pembantu istana, suram dan kesepian.

Kaisar Cao Cao dan Sarjana Yang Xiu (Cao Cao Yu Yang Xiu)

Kaisar pertama Kerajaan Wei pada masa Tiga Kerajaan, Cao Cao, kagum atas kepandaian Yang Xiu namun terganggu karena kadang-kadang sarjana pandai ini secara berani membuka tipu muslihatnya. Yang Xiu berkeinginan agar sang kaisar kagum atas dirinya namun selalu mempermalukan Cao Cao dengan membuka tipu muslihat Cao Cao secara terang-terangan. Sang sarjana akhirnya dihukum mati ketika sekali lagi membuka sebuah tipu muslihat. [Anita Li / Jayapura / Papua / Tionghoanews]

MANFAAT DONGENG UNTUK ANAK-ANAK KITA

Posted: 26 Sep 2011 08:10 AM PDT

Cerita/Dongeng adalah tradisi lisan yang masih diwariskan dari generasi ke generasi. Pada umumnya, anak-anak sangat menyukai dongeng, baik itu berupa dongeng binatang (fabel), kisah rakyat (folklore), kehidupan tokoh-tokoh dunia yang terkenal, dan sebagainya. Dalam perkembangannya, tradisi mendongeng mulai tersaingi oleh televisi dan video game yang merupakan produk dari perkembangan teknologi.

Kebanyakan orang mempunyai pikiran bahwa mendongeng adalah aktivitas yang biasanya dilakukan oleh orang tua untuk meninabobokan anaknya menjelang tidur di malam hari. Di satu sisi hal ini benar, tetapi di sisi yang lain pemikiran tersebut mempersempit makna atau manfaat yang sesungguhnya dari mendongeng.

Ada beberapa manfaat yang dapat dipetik dari aktivitas mendongeng kepada anak:

* Pertama, mendongeng dapat membangun hubungan yang hangat antara orang tua dan anak. Ketika seorang anak berada di pangkuan ayah atau ibunya sambil mendengarkan cerita, akan timbul perasaan disayang, dikasihi dan merasa diperhatikan. Di samping itu, ada dialog langsung antara ayah atau ibu dengan anaknya. Hal inilah yang tidak dapat digantikan oleh televisi. Televisi memang dapat menyampaikan isi cerita yang menarik perhatian anak, akan tetapi tidak dapat memberikan kehangatan dan perasaan dikasihi seperti yang diperoleh dari mendongeng.

* Kedua, mendongeng dapat menumbuhkan daya imajinasi anak. Imajinasi yang dimaksud adalah bagaimana anak menanggapi dongeng tersebut dengan pertanyaan-pertanyaan yang kritis dan lebih jauh hal itu dapat mendorong nalar kreativitas anak. Seorang psikolog yang bernama Cici Kaloh menambahkan bahwa intelegensi anak-anak yang kurang didongengi ternyata lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang lebih banyak didongengi orang tuanya. Penelitian itu kemudian juga menemukan, setelah sering didongengi, anak-anak yang semula intelegensinya kurang, belakangan meningkat. Masih menurut Cici, pengembangan daya pikir anak sangat dipengaruhi oleh stimulus lingkungan, yang salah satu di antaranya adalah
lewat pemberian dongeng.

* Ketiga, dongeng menanamkan nilai-nilai moral yang luhur kepada anak. Si Kancil yang Cerdik, Gadis Penjual Korek Api, dan Tiga Babi Kecil merupakan contoh-contoh cerita yang dapat dipetik nilai moralnya oleh anak. Dongeng menjadi sarana yang tepat untuk mengajarkan nilai-nilai moral kepada anak tanpa bersikap menggurui. Semakin sering anak membaca atau mendengarkan dongeng, maka semakin peka pula dirinya untuk menangkap berbagai pesan moral yang terkandung di dalamnya.

* Keempat, dongeng merangsang keinginan anak untuk gemar membaca. Dapat dipahami bahwa tidak semua orang pandai mendongeng dan mengingat banyak dongeng secara lengkap. Oleh sebab itu, buku dapat dijadikan sarana untuk mendongeng. Anak akan melihat buku sebagai sumber informasi yang menarik di mana dirinya akan tertantang untuk mencari, menemukan bahan lebih jauh serta membaca lebih banyak. Dalam hal ini, orang tua tidak hanya sekedar mendongeng tetapi juga mewariskan teladan yang baik kepada anak yaitu teladan dalam hal membaca buku.

Melihat beberapa manfaat penting dari mendongeng, seperti yang terlihat di atas, tentunya dapat dikatakan bahwa dongeng memiliki makna yang luas dan penting. Jadi, mendongeng adalah suatu aktivitas yang masih perlu dilakukan oleh orang tua pada masa kini. Meskipun televisi memiliki program acara yang paling menarik sekalipun, tetap tidak dapat menandingi peran orang tua yang mampu memberikan kehangatan dan keakraban kepada anak-anaknya lewat mendongeng.

Oleh karenanya, alangkah lebih bijak bagi orang tua untuk dapat menyediakan waktunya yang berharga setiap hari, meskipun tidak terlalu lama, untuk mendongeng kepada anak-anaknya. Waktu yang dimaksud bukan hanya malam hari sebelum tidur, tetapi bisa juga sebelum anak berangkat sekolah, waktu luang keluarga, dan sebagainya. Hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah bagaimana ayah atau ibu bisa menjiwai cerita yang dibawakan damenjadikannya sebagai suatu kemasan yang menarik perhatian anak. [Vivi Tan / Jakarta / Tionghoanews]


MENGAPA OLAHRAGA PAGI LEBIH BAIK ?

Posted: 26 Sep 2011 07:16 AM PDT

Olahraga di pagi hari memiliki banyak tantangan, seperti kita harus bangun pagi. Anda bisa mulai mencoba untuk berolah raga di pagi hari, karena ada banyak manfaat yang anda dapatkan.

Selain sinar matahari yang masuk ke retina mata di pagi hari. Olah raga pagi membantu untuk mengawali fungsi metabolis seperti memicu keluarnya hormon yang mempengaruhi nafsu makan, tekanan darah dan siklus bangun dan tidur.

Dan inilah manfaat lain yang bisa anda dapat dengan berolah raga di pagi hari, seperti dikutip dari Livestrong :

1. membantu orang lebih konsisten dalam berolah raga.

Secara umum ada sedikit masalah yang terjadi di pagi hari yang jarang menemui masalah, dibandingkan jika seseorang berolah raga di sore hari atau setelah pulang kerja. Juga banyak orang yang sudah merasa lelah bekerja sehingga kecenderungannya untuk tidak berolah raga lebih besar.

2. mendapat banyak energi.

Berolah raga di pagi hari akan memperbaiki mood dan energi anda selama beberapa jam kedepan. Kondisi ini membantu orang untuk lebih siap menghadapi tantangan bekerja atau menghadapi apapun selama seharian. Olah raga di malam hari akan membuat suhu tubuh meningkat dan dapat mengganggu tidur.

3. Lebih baik dalam membakar kalori.

Setelah berolah raga tubuh masih akan membakar kalori pada tingkat yang lebih tinggi karena hal itu masih melakukan aktivitas fisik lainnya. Sambil bekerja, tubuh akan menggunakan energi lebih efisien dan akan lebih membentuk massa otot.

4. Pusat kebugaran tak ramai

Kebanyakan orang akan pergi ke gym atau pusat kebugaran selama sore atau siang hari sehingga dengan banyak orang terkadang membuat seseorang mengantre untuk menggunakan peralatan olah raga yang ada. Di pagi hari, anda tak butuh menunggu jika anda ingin menggunakan peralatan itu dan berolah raga akan lebih efektif. [Winda Ong / Bengkulu / Tionghoanews]

TAK SEHARUSNYA KITA MENIKAH !

Posted: 26 Sep 2011 07:07 AM PDT

Story: Inikah takdir?, terlahir sebagai seorang lelaki yang tak mendapat restu dari orang tuaku dan orang tua Sumi, tapi aku dan Sumi (bukan nama sebenarnya) harus tetap menikah karena cinta. Walau hanya dihadiri dua sahabatku dan wali hakim yang menikahiku, dalam beberapa menit prosesi pernikahan kami selesai. Tampa sungkem, tabur melati atau hidangan istimewa dan ucapan selamat dari kerabat. Itu tak membuatku putus asa. Cita-cita kami sederhana, ingin hidup bahagia.

Empat tahun kemudian kami di karunia seorang putri yang cantik, sebut saja namanya Bunga (bukan nama sebenarnya). Sayang, dia tak dijenguk kakek-neneknya dan aku merasa prihatin. Aku harus bisa terima nasib kembali, orangtuaku dan orangtua Sumi tak mau menerima kami.  Ya sudahlah.  Aku  tak berhak untuk memaksa dan aku tidak membenci mereka.  Aku hanya yakin, suatu saat nanti, mereka pasti akan berubah.

Bunga tumbuh menjadi seorang gadis kecil yang lincah, senang melompat-lompat, menaiki apa saja yang bisa ia capai, menggapai benda-benda yang ingin ia tahu. Keingin tahuan Bunga tentang sesuatu memang sangat tinggi, tak jarang benda-benda tersebut rusak atau pecah. Terakhir cermin rias ibunya yang pecah.  Waktu dia melompat dari tempat tidur ke lantai, boneka kayu yang dipegangnya terpental. Dan dia cuma bilang  "Kenapa semua kaca di rumah ini selalu pecah, Ma?"

Hari ini Bunga ulang tahun.  Aku sengaja pulang lebih awal dari pekerjaanku agar bisa membeli hadiah dulu. Kemarin lalu dia merengek minta dibelikan bola. Ibunya tak membelikannya karena tak mau anaknya jadi tomboy apalagi di pemain bola seperti  yang sering diucapkannya. "Nanti kalau sudah besar, Bunga mau jadi pemain bola!" tapi aku tidak suka Bunga menangis terus minta bola, makanya kubelikan ia sebuah bola.  Paling tidak aku bisa punya lawan main setiap sabtu sore.  Dan seperti yang sudah kuduga, dia bersorak kegirangan waktu kutunjukkan bola itu. "Horee, Bunga jadi pemain bola."

Anakku sedang asyik menendang bola dan ia semakin ketengah jalan. Aku berlari menghampirinya, rasa khawatirku mengalahkan kehati-hatianku dan sebuah truk pasir telak menghantam tubuhku, lindasan ban besarnya berhenti di atas dua kakiku.  Waktu aku sadar, dua kakiku sudah diamputasi.  Ya Tuhan, bagaimana ini. Bayang-bayang kelam menyelimuti pikiranku, tanpa kaki, bagaimana aku bekerja sementara pekerjaanku mengantar barang dari perusahaan ke rumah konsumen.  Kulihat Sumi menangis sedih, bibir cuma berkata "Coba kalau ayah tak belikan ia bola!"

Sejak kejadian itu, keadaan ekonomi kami morat-marit yang akhirnya memaksa Sumi harus bekerja diluar negeri, padahal saat itu Bunga baru berumur empat tahun. Hanya beberapa tahun Sumi mengirimkan uang untuk keperluan kami, sebelum akhirnya ia menghilang tak pernah lagi memberi kabar, apalagi mengirimkan uang. Aku miris, menghadapi kenyataan.  Menyaksikan anakku yang tumbuh remaja dan aku tahu dia ingin menikmati dunianya.  Tapi keadaanku mengurungnya dalam segala kekurangan.  Tapi aku harus kuat.  Aku harus tabah untuk mengajari Bunga hidup tegar.

Aku merenung seharian. Ingatanku tentang istriku, kembali menemui pikiranku. Sudah bertahun-tahun tak kudengar kabarnya.  Dan itu pula yang membuat aku takut. Semalam Bunga bilang dia ingin bekerja diluar negeri. Sulit baginya mencari pekerjaan di sini yang cuma lulusan SMP.   Dia bilang aku sudah tua, tenagaku habis dan dia ingin agar aku beristirahat.  Dia berjanji akan rajin mengirimi aku uang dan menabung untuk modal.  Setelah itu dia akan pulang, menemaniku kembali  dan membuka usaha kecil-kecilan.  Seperti waktu lalu, kali ini pun aku tak kuasa untuk menghalanginya.  Aku hanya berdoa agar anakku baik-baik saja.

Tiga tahun kemudian aku menerima kabar yang membuat dunia terasa kiamat, Bungaku terancam hukuman mati karena telah membunuh suami majikannya. Aku menangis, aku tak percaya.  Bungaku yang lemah lembut tak mungkin membunuh.  Lagipula kenapa dia harus membunuh.   Hampir setahun aku  gelisah menunggu kasus anakku selesai.  Tenaga tuaku terkuras dan airmataku habis.  Aku hanya bisa memohon agar anakku tidak dihukum mati andai dia memang bersalah.

Hari ini, anakku akan dihukum gantung.  Dan perempuan yang menuntutnya itu akan hadir melihatnya.  Aku  mendengar dari petugas jika dia sudah datang dan ada di belakangku.  Tapi aku tak ingin melihatnya.  Aku melihat isyarat tangan dari hakim di sana.  Petugas itu membuka papan  yang diinjak anakku.  Dan "'blass" Bungaku kini tergantung.  Aku tak bisa lagi menangis. Setelah yakin sudah mati, jenazah anakku diturunkan mereka, aku mendengar langkah kaki menuju jenazah anakku.  Dia perempuan yang menuntut anakku dengan hukuman mati menyibak kain penutupnya dan tersenyum sinis.

Aku mendongakkan kepalaku, dan dengan mataku yang samar oleh air mata, aku melihat garis wajah yang kukenal. "Sumi?" "Mas Hen, kau . !" "Kau … kau bunuh anakmu sendiri, Sumi!" "Bunga? Dia..dia . Bunga?" serunya getir menunjuk jenazah anakku. "Ya, dia Bunga kita. Bunga yang ingin jadi pemain bola jika sudah besar."  "Tidak … tidaaak … " Sumi  berlari ke arah jenazah anakku. Diguncang tubuh kaku itu sambil menjerit histeris.

Sejak saat itu istriku gila.  Tapi apakah dia masih istriku.  Yang aku tahu, aku belum pernah menceraikannya.  Terakhir kudengar kabarnya dia mati bunuh diri.  Dia ingin dikuburkan di samping kuburan anakku, Bunga.  Kata pembantu yang mengantarkan jenazahnya padaku, dia sering berteriak, "Bunga sayaaang, apalagi yang pecah, Nak." Kamu tahu Sumi, kali ini yang pecah adalah hatiku.  Mungkin orang tua kita memang benar, tak seharusnya kita menikah. Agar tak ada kesengsaraan untuk Bunga anak kita.  Benarkah begitu Bunga sayang? [Vivi Tan / Jakarta / Tionghoanews]

GELIAT NAGA DARI ASIA

Posted: 26 Sep 2011 06:41 AM PDT

Saat ini, menurut Bank Dunia, China tercatat sebagai negara dengan tingkat pertumbuhan ekonomi terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat. Tingkat pertumbuhan Produk Domestik Bruto China mencapai 10 persen setiap tahunnya, sementara tingkat pertumbuhan industri mencapai 17 persen. China juga mengukuhkan diri sebagai negara pengekspor dan importir tebesar ketiga di dunia. Selama 30 tahun terakhir, China membebaskan setidaknya 600 juta penduduknya dari kemiskinan.

Kehebatan ekonomi China adalah buah dari program reformasi ekonomi yang dimulai pada 1979. Deng Xiaoping, penggagasnya, meletakkan dasar bagi sistem ekonomi yang memungkinkan pasar bebas dan industri kecil di pedesaan berkembang pesat di seluruh negeri.

Sesungguhnya usaha merombak total ekonomi China sudah pernah dilakukan ketika pemerintah Sosialis Komunis memenangi revolusi pada 1949. Mao Zedong dan Zhou Enlai yang berkuasa saat itu mencanangkan program The Great Leap Forward (Lompatan Besar ke Depan) pada 1958. Mereka berharap China menjadi negara industri maju dalam waktu singkat. Titik beratnya adalah pembangunan ekonomi yang berfokus pada industri mesin dan baja, juga produksi pangan untuk memenuhi kebutuhan domestik sekaligus ekspor.

Yang tak setuju program ini dihukum mati. Menurut Dali Yang dalam bukunya Calamity and Reform in China, pada 1958 setidaknya 550.000 orang dieksekusi karena alasan ini.

Untuk merealisasikannya, pemerintah mengambil-alih lahan pertanian pribadi dan membentuk sistem pertanian komunal. Sementara ratusan juta pekerja dikerahkan demi tujuan industrialisasi. Kepala daerah berlomba-lomba menyenangkan pusat dan memfokuskan energi tenaga kerja di wilayah masing-masing untuk memproduksi besi dan baja. Di sisi lain pertanian terbengkalai, meski laporan ke pusat produksi pangan berlimpah ruah.

Tahun 1959 terjadi wabah kelaparan di China, yang terparah dalam sejarah dunia. The Great Leap Forward berujung bencana kelaparan terbesar –The Great Leap Famine. Menurut Yang, para ahli memperkirakan bencana itu menelan korban jiwa antara 16,5 juta hingga 40 juta.

Industrialisasi memang terjadi, namun menurut ekonom Bank Dunia Justin Yifu Lin dalam tulisannya "China's Miracle Demystified", dimuat dalam blogs.worldbank.org, industri China saat itu membutuhkan sokongan yang amat besar dari pemerintah. Industri yang baru berkembang diizinkan melakukan monopoli, diberi subsidi amat besar, dan kerapkali pemerintah harus mengalokasikan sumberdaya ke banyak perusahaan yang sebenarnya tak punya kontribusi. Ekonomi China memang berkembang tapi amat jauh dari harapan.

Deng Xiaoping menyadari kelemahan reformasi ekonomi ala Mao. Format ekonomi baru yang dia canangkan didasarkan pada pemikiran bahwa ekonomi sosialis yang selama ini dianut China adalah salah satu penyebab lambatnya pertumbuhan. Deng, yang memimpin China setelah Mao wafat pada 1976, meyakinkan seluruh China bahwa sosialisme dan ekonomi pasar bukan dua hal yang bertentangan. Suatu hari dia bahkan pernah berkata bahwa "saripati dari sosialisme yang sesungguhnya adalah pembebasan dan pembangunan sistem produksi". Deng menyebut program reformasinya sebagai gaige kaifang –reformasi dan membuka diri.

Investasi asing dilegalkan sejak 1979. Kebijakan ini memberikan dana segar yang dibutuhkan China untuk membangun infrastruktur. Selain itu, sentralisasi pertanian dihapuskan dan pemerintah memberi keleluasaan bagi industri swasta. Pada 1990 bursa saham pertama dibuka di Shanghai, diikuti penjualan industri milik negara pada 1997.

Ada beberapa faktor yang membuat pembangunan industri di China berjalan pesat. Menurut Justin Yifu Lin, salah satu faktor di balik kesuksesan China justru ketertinggalannya dari negara maju. "Sebagai pemain yang agak terlambat masuk dalam proses modernisasi pada 1949, ketertinggalan China menjadi satu keuntungan. Untuk melakukan inovasi, China tak perlu menciptakan teknologi atau membangun industri dengan terlebih dulu melakukan riset. China dapat dengan mudah 'meminjam' teknologi, industri, juga institusi dari negara-negara maju dengan risiko dan biaya amat rendah," tulis Yin.

Sementara dalam bukunya Chindia, Pete Engardio, jurnalis senior Business Week menyebut kekuatan China terletak pada kemampuannya memobilisasi modal serta tenaga kerja untuk membangun infrastruktur dan berproduksi dalam jumlah besar.

Saat ini China tercatat sebagai negara manufaktur terbesar di dunia. Buruh yang dibayar sangat rendah, dengan ketrampilan yang tinggi, menghasilkan barang-barang berkualitas setara yang diproduksi negara maju tapi dengan harga jauh lebih murah. Hasilnya: barang-barang made in China membanjiri dunia. Dari elektronik, peralatan rumahtangga, tekstil, hingga otomotif.

Sama seperti Jepang, banyak industri di China meniru produk-produk dari luar negeri. Bedanya, Jepang kemudian mengembangkannya sementara China terang-terangan memalsukannya.

Dalam Chindia, Pete Engardio menulis bahwa pada 2003 perusahaan obat terkemuka AS, Pfizer, harus menarik 16,5 juta tablet produknya karena ternyata palsu. Pada tahun yang sama, di Brasil terbongkar pemalsuan besar-besar cartridge tinta produksi Hewlett Packard.

Sejak 1996, di bawah tekanan Amerika yang mengancam akan mengenakan sanksi terhadap barang-barang ekspornya, pemerintah China memberlakukan serangkaian kebijakan dan hukum tentang perlindungan hal kekayaan intelektual serta menghukum pelaku pemalsuan. Pada 2001 China juga membuat sebuah kerangka kerja untuk memenuhi standar Kesepakatan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) tentang Perdagangan terkait Aspek Hak Kekayaan Intelektual. Namuan menurut Letkol David J.Clark  dalam Product Counterfeiting in China and One American Company's Response, penegakan hukum lemah dan sanksi bagi para pemalsu relatif ringan. Kedua hal itu membuat pemalsuan terus merajalela.

Perusahaan seperti Pfizer kemudian menyelesaikan masalah itu sendiri. Simeon Bennett dalam "Pfizer Spies Find Spanish Villa, Gold Rolex in Fake Viagra Bust" yang dimuat Business Week menulis bahwa Pfizer menyewa mantan petugas pabean AS, agen FBI, ahli narkotika Turki, serta mantan polisi Hong Kong untuk memburu para pemalsu. Sementara perusahaan besar seperti Coca-Cola, Compaq, dan Gillette memutuskan untuk bergabung dengan asosiasi khusus seperti Quality Brands Protection Committee atau AntiCounterfeiting Coalition, Inc.

Di luar masalah yang dihadapinya, ekonomi China terus bertumbuh. Dalam tulisan "The Chinese Economic Miracle Can It Last?", Burton G. Malkiel menyitir penerima Nobel Bidang Ekonomi tahun 1979, Sir W.Arthur Lewis, yang mengatakan pentingnya budaya dalam menjelaskan mengapa bangsa yang satu berkembang sementara yang lain stagnan. Kondisi yang dibutuhkan untuk pembangunan ekonomi berkelanjutan adalah penduduk yang punya etos kerja kuat, komitmen pada pendidikan, kesadaran untuk mengambil risiko, dan semangat kewirausahaan. Semuanya dimiliki China. [Vivi Tan / Jakarta / Tionghoanews]

COBA DENGARKAN SUARA TANAMAN

Posted: 26 Sep 2011 05:22 AM PDT

Ketika saya bertanya metode medis pada seorang shaman (dukun medis) mereka menjawabnya dengan, "tanyalah pada tanaman," jelas Enrique Barbano Quijano. Henri, begitu dia dipanggil oleh kerabatnya, adalah seorang ahli herbal (tanaman) dan ahli medis tradisional. Mantan pendeta dan penginjil Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (dikenal juga dengan Gereja Advent) yang berkhotbah layaknya Billy Graham, tokoh rohani Amerika ini, sekarang menghabiskan sebagian besar waktunya di hutan Amazon meneliti tanaman obat untuk pengobatan tradisional.

"Saya menetap di salah satu suku Peru selama hampir dua bulan. Mereka hidup layaknya tradisi  300 tahun lalu. Saya melihat bagaimana mereka mengumpulkan tanaman dan membuat obat-obatan," kata Henri dari Palm Beach, Florida, dimana ia menghabiskan waktu saat tidak melakukan penelitian di Amazon maupun Meksiko.

Lahir pada 1957 di La Plata, Argentina, ayah Henri adalah seorang insinyur yang bekerja pada Pan-American Highway. Ibunya adalah seorang dokter. Setelah menamatkan SMA di La Plata, Henri melanjutkan kuliah di University of Denver mengambil Fakultas teologi dengan jurusan arkeologi. Pencarian Henri dalam arkeologi membawanya ke hutan dimana ia bertemu dan berteman dengan masyarakat adat. Dia mulai membawakan mereka pakaian dan obat-obatan selama bekerja disana.
Pada 1999, Henri memulai proyek pencarian tulisan-tulisan kuno dari suku Inca Peru. Saat itulah minatnya terhadap tanaman obat mulai tumbuh. Dia telah menyaksikan kinerja shaman—bukan sebagai orang luar, tetapi sebagai rekan terpercaya.

Saat itulah Henri mulai membuat catatan tentang tanaman obat untuk buku yang sedang ia persiapkan. "Guru terbaik saya adalah ayahuasca. Saya mempelajari tanaman tersebut selama bertahun-tahun," kenangnya. Ayahuasca ini diucapkan dengan lafal aye-ahh-was-ka. Pokok (bagian tanaman yang dapat terus hidup meskipun bagian atas/bawahnya dipotong) anggur liar yang tumbuh di hutan Amazon Peru dan Ekuador. Tanaman ini dipetik oleh shaman, dipotong, lalu direbus bersama daun chacruna (sejenis tanaman pokok anggur yang lain).

"Tanaman ini telah digunakan ribuan tahun. Saat seorang anak dilahirkan, masyarakat setempat memberikan setetes ayahuasca," jelas Henri. Tradisi ini konon berfungsi untuk membersihkan fisik dan spiritual tubuh.

Henri mendapatkan resep ayahuasca dan mempelajarinya di Universidad Particular de Iquitos di Peru. Ada banyak jenis pokok anggur dan daun obat yang berbeda kekuatannya. Salah satu varietas yang dijelaskan Henri disebut Heaven (Surga): "Pokok anggur ayahuasca dipotong, dikupas, lalu direbus dalam tiga liter air bersama chacruna. Resep ini digunakan di wilayah Pucallpa Peru. Direbus selama delapan jam. Cairan hasil rebusan berwarna coklat dan lengket."

Sesuai tradisi, pasien akan dipersiapkan melalui semacam 'upacara' pembersihan selama tiga sampai tujuh hari. Makanan hanya diperbolehkan dari pisang raja dan ikan air tawar dari danau atau sungai. Shaman kemudian mempersiapkan pasien dengan cara mengasapinya dengan tembakau. Upacara ini tidak berbeda jauh dengan upacara pengasapan tradisional bangsa Amerika asli.

"Setelah tubuh dibersihkan, pasien diberikan ramuan ayahuasca. Kemudian mereka beranjak tidur dan bermimpi," kata Henri. Upacara ini ditemani dengan Ikaro (lagu tradisional pengiring pengobatan). "Lagu tradisional Ikaro dimainkan dengan flute (seruling). Pemain flute akan memandu pasien dalam mimpi-mimpinya. Mereka juga mengoleskan cairan Agua de Florida (Florida Water) yang dikenal sebagai air spirit. Shaman akan merawat saat mereka menangis. Pasien kemudian bermimpi. Umumnya mereka menangis karena melihat masalah yang timbul ketika masih muda."

Rekaman video dan wawancara oleh seorang warga Amerika yang mengikuti proses berlangsungnya upacara tradisional ayahuasca menunjukkan bahwa reaksi dari tanaman tersebut bisa sangat ekstrim. Hal-hal yang ditekan dalam memori sadar akan berefek pada pandangan yang terlihat. Pasien seringkali muntah akibat efek cairan lengket yang berasa buruk. Seorang laki-laki menggambarkan kurangnya kontrol setelah meminum  obat tersebut dan harus muntah beberapa kali, namun kemudian ia merasa tenang.

Henri menegaskan bahwa terapi ini digunakan untuk menyembuhkan kecanduan heroin dan kokain. "Ketika membersihkan tubuh, Anda pasti akan membersihkan hati, darah, dan ginjal. Menghirup udara saat dilakukan pengasapan akan membersihkan daerah pernapasan," katanya.

Selain ayahuasca, Henri menggambarkan bagaimana makanan menjadi bagian penting dari pengobatan tradisional yang dia pelajari. "Tubuh membutuhkan vitamin dan mineral. Tubuh membutuhkan makanan. Makanan yang sehat adalah makanan semacam salad, buah-buahan, dan makanan segar. Bukan makanan cepat saji." lanjut Henri, "Dalam pengobatan tradisional, sakit kepala disembuhkan dengan mengonsumsi strawberi. Kolesterol dibantu dengan jus nanas, terung, dan gambir (dalam bahasa Inggris dikenal dengan daun cat's claw). Semua makanan yang berfungsi sebagai obat ini berasal dari tabib tradisional."

"Stres adalah hal terburuk yang membuat Anda sakit," tegas Henri. "Saat makan, Anda perlu meluangkan waktu. Bila Anda tegang dan stres dan terburu-buru, makanan tidak akan berfungsi baik untuk sistem tubuh Anda."

Dalam pengobatan tradisional yang dia pelajari, Henri juga menggambarkan pentingnya seseorang merasa dibutuhkan, diinginkan, dan dicintai oleh orang-orang di sekitar mereka, "Jika ginjal tidak berfungsi dengan baik orang akan merasa kesepian dan sedih. Beberapa orang melampiaskannya dengan meminum minuman keras dan berakhir dengan kecanduan alkohol."

Saat ini, ilmu pengetahuan modern mulai belajar dari praktek-praktek tradisional. Para peneliti mulai menjelajahi Amazon mengeksplorasi pengetahuan akan tanaman dan berharap dapat menemukan obat ajaib untuk momok penyakit manusia.

"Dengarkan suara tanaman," kata seorang shaman bijak pada Henri di waktu lalu. Dalam pengobatan tradisional, tanaman bisa berbicara. [Sunny Lin / Pekanbaru / Tionghoanews]

KENAPA DIA MENOLAK PERSUNTING ISTRI MUDA ?

Posted: 26 Sep 2011 04:58 AM PDT

Sejak zaman dulu, orang telah mendapatkan kebahagiaan dan kemakmuran dengan mengikuti aturan Tuhan dan hati nurani. Jika bertentangan dengan prinsip-prinsip tersebut dan melakukan kesalahan, ia akan membawa bencana. Setiap orang merindukan memiliki umur panjang dan keberuntungan. Namun, mereka yang  tersesat karena nafsu seksual akan menderita bencana satu demi satu.

Orang hanya akan diberkati dengan kebahagiaan dan keberuntungan jika menjauhi larangan Tuhan dan meningkat moralitas. Seperti cerita-cerita yang dicatat dalam sejarah, dibawah ini adalah salah satu contoh.

Pada masa Dinasti Ming, ada seorang guru yang memiliki semangat kuat dan sangat dihormati karena moralitas dan prestasinya dibidang kesustraan, bernama Jin Yu. Dia berasal dari kota Zhenjiang, provinsi Jiangsu dan mengajar di sebuah sekolah di kota Jintan. Namun, Dia belum memiliki keturunan setelah menikah 20 tahun. Istrinya sangat kasihan dan membujuknya untuk mencari istri lagi untuk mendapatkan keturunan, tapi Dia berkata, " Saat ini saya tidak punya anak, bekerja sebagai guru dan berbuat yang terbaik mendidik murid-murid untuk menjadi orang berguna bagi Negara, ini sudah seperti memiliki keturunan. Selain itu punya keturunan juga ditentukan oleh suratan tangan bukan dengan paksaan."

Istrinya tetap bersikeras dan membuat sebuah rencana. Saat Jin Yu pergi, istrinya mencari seorang gadis muda dan membayarnya. Menulis surat mendesak Jin Yu untuk segera pulang dari sekolah. Di rumah dia mempersiapkan makanan dan meminta gadis muda itu untuk menemani Jin Yu. Setelah Jin Yu datang, dia menceritakan semua apa yang telah direncanakan dan berpikir Jin Yu akan malu kemudian pergi dengan mengunci pintu. Ketika Jin Yu menyadari pintu terkunci dari luar, Dia memecahkan kaca jendela dan keluar. Melihat hal tersebut Isterinya sangat khawatir dan berkata," Saya telah menghabiskan sebagian besar tabungan untuk membayar gadis muda tersebut untuk menjadi istri Anda sehingga keluarga Jin akan mempunyai keturunan." Jin Yu berkata, " Anda mempunyai maksud yang baik, tapi gadis muda ini berumur 18 tahun. Saya pernah mengenalnya saat dia masih seorang gadis kecil, Setiap dia melihat Saya, Dia selalu memanggil Kakek Jin.

Saya hanya berharap Dia menikah dengan pria baik-baik dari keluarga baik-baik juga dan Saya sudah tua dan terganggu dengan banyak penyakit. Saya tidak layak untuknya." Istrinya menyerah sehingga ia mengirim kembali Gadis muda itu kembali ke rumah si gadis.

Tidak lama setelah itu, istrinya (yang tetap tanpa anak selama lebih dari 20 tahun) tiba-tiba menjadi hamil dan kemudian melahirkan seorang putra. Ketika putra mereka berusia 17 tahun, Dia membuat nilai tertinggi pada ujian provinsi dan unggul dalam ujian tingkat tertinggi ketika Dia menginjak usia 18 tahun. Dia kemudian menjadi perdana menteri di pengadilan dan dikenal sebagai Bangsawan Jin Wenxi. Setiap orang berpikir bahwa moralitas Jin Yu menyentuh langit, yang kemudian memberikan kepadanya seorang putra. [Irene Ang / Malang / Jatim / Tionghoanews]

ISUZU MOTOR MENGGANDENG PERUSAHAAN CHINA

Posted: 26 Sep 2011 06:32 AM PDT

Isuzu Motors menggandeng China menjadi mitra untuk lebih mengembangkan produksi truk-truk besar perusahaan Jepang ini. Proyek ini akan melibatkan perusahaan asal China Qingling Motors Co, untuk memproduksi truk kecil dan sedang. Truk-truk baru hasil karya Jepang-China ini diperkirakan akan mulai dijual di China dan Jepang sekitar 2015. Demikian dilansir laman Japan Today, Sabtu (24/9).

Menyusul Toyota yang juga menggandeng China untuk membuat suku cadang, keputusan serupa ternyata juga diambil oleh perusahaan truk ternama di Jepang. Hal ini berdasarkan hasil survei pasar penjualan truk-truk besar China yang berhasil menjual lebih dari satu juta unit truk besar per tahun. Ini jauh berbeda bila dibandingkan dengan Jepang, yang hanya menjual sekitar 30.000 unit.

Selain itu penghematan biaya juga menjadi pertimbangan mereka. Di negara tirai bambu ini standarisasi suku cadang mobil dapat dilakukan dengan biaya minim. Masalah Yen yang menguat pun tak lagi menjadi kendala produksi mobil besar ini. Tak hanya truk besar yang menjadi prioritas, Isuzu juga berencana untuk meningkatkan penjualan truk kecil dan sedang berdasarkan permintaan pasar China. [Lu Xiao Fang / Hong Kong / China / Tionghoanews]

WOW! ADA PATUNG TELANJANG ZHANG ZIYI

Posted: 26 Sep 2011 06:30 AM PDT

Untuk menarik minat turis manca negara, pemandian air panas di Chongqing Yongchuan, mendirikan sebuah patung telanjang bergambar aktirs Zhang Ziyi.

Selain patung telanjang Zhang Ziyi, pihak pemandian juga mendirikan patung aktor kawakan, Andy Lau lengkap dengan kostum kuno, yang dikenakan saat menjalani syuting film House of Flying Daggers. Demikian seperti yang dilansir Maydaily, Minggu (25/9/2011).

Pendirian patung itu dilakukan untuk memberitahukan kepada wisatawan kalau tempat pemandian air panas itu, menjadi lokasi syuting film House of Flying Daggers.

Para wisatawan yang datang ke permandian tersebut, mengatakakan kalau patung itu dibuat kurang bagus. Dimana payudara Zhang Ziyi tidak mirip dengan aslinya.

"Yang saya tahu ukuran payudara Zhang Ziyi tidak besar dan bulat seperti yang dipatung," urai wisatawan yang tertawa melihat patung tersebut.

Film House of Flying Daggers, dirilis pada tahun 2004 menjadi box office di Cina, dengan menerima pendapatan USD 24 juta. [Linda Waty / Jakarta / Tionghoanews]

CARA MENCARI PASANGAN IDEAL

Posted: 25 Sep 2011 09:16 PM PDT

Menarik orang yang tepat merupakan tantangan bahkan bagi orang yang paling percaya diri, ramah, supel dan populer. Pertanyaan tentang kompatibilitas dan ketidakpastian tentang keuangan dan karir sering mencegah orang untuk menjadi pasangan. Penentuan orang yang tepat membutuhkan pemikiran dan kesabaran. Menemukan pasangan yang ideal dengan terlebih dahulu mengidentifikasi nilai-nilai pribadi Anda dan kemudian menentukan tipe orang seperti apa yang mencerminkan nilai-nilai tersebut.

1. Mengeksplorasi nilai-nilai pribadi. Tentukan diri sendiri sesuai dengan standar inti dari perilaku. Jelaskan diri Anda dari sudut pandang Anda. Tuliskan kualitas yang Anda kagumi dalam diri Anda. Renungkan karakteristik yang Anda temukan menantang. Tentukan apa kekurangan anda. Luangkan waktu yang cukup untuk melakukan eksplorasi diri.

2. Baca artikel dan buku tentang menemukan orang yang tepat. Mendapatkan perspektif lain tentang bagaimana untuk menentukan pasangan mengambil tekanan dari Anda untuk memiliki semua jawaban. Selain itu, banyak penulis menulis berdasarkan pengalaman tangan pertama dan yang memiliki pelatihan atau lisensi dalam masalah hubungan.

3. Putuskan apa perilaku yang tidak akan Anda tolerir. Pikirkan tentang hubungan masa lalu dan identifikasi setiap tindakan yang menjengkelkan. Putuskan untuk tidak menerima perilaku yang tak bisa ditolerir. Membuat komitmen tak tergoyahkan untuk berdiri teguh.

4. Visualisasikan pasangan yang ideal. Kembangkan citra mental dari orang tersebut. Tuliskan kualitas yang ia miliki. Sekarang cocokkan kualitas tersebut dengan karakteristik anda sendiri dan tentukan mana yang Anda miliki. Menemukan pasangan yang ideal dimulai dengan menemukan sendiri kualitas-kualitas yang ideal.

5. Berpartisipasi dalam kegiatan yang sehat. Pertimbangkan menjadi relawan. Temukan pasangan yang ideal melalui kegiatan meningkatkan koneksi. Selain itu, renungkanlah bertemu dengan seseorang melalui teman, di tempat ibadah, pada fungsi profesional, acara olahraga dan tempat-tempat lain di mana Anda merasa nyaman. [Linda Waty / Jakarta / Tionghoanews]

ANDA WAJIB TAHU PENYAKIT SEKS INI

Posted: 25 Sep 2011 08:51 PM PDT

Pernah mendengar tentang orang yang berhubungan seks di kala tidur, atau lelaki yang terlahir dengan dua penis? Meski terdengar aneh dan sulit dicerna akal, sejumlah kondisi seksual langka tersebut benar-benar terjadi di kehidupan nyata.

Yang lebih mengenaskan, kondisi ini bisa menggangu, mengasingkan, dan menyebabkan penderitanya mengalami sakit fisik dan emosional. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Female blue balls

Dikenal pula sebagai gangguan gairah kelamin persisten atau PGAD. Pada awalnya, kondisi ini mungkin terdengar menyenangkan karena selalu memiliki perasaan antisipasi orgasme.

Perbedaannya, ketika menderita PGAD, bahkan setelah orgasme pun penderitanya masih memiliki perasaan praorgasme dari pembengkakan kelamin, sepanjang hari. Tidak ada pengobatan yang pasti untuk menyembuhkan kelainan ini, meski pun teknik biofeedback dan beberapa obat dapat membantu.

Priapisme

Bayangkan saja jika kelinci Energizer memiliki penis. Kondisi ini merupakan versi lelaki dari PGAD. Ereksi bisa berlangsung lebih lama dari empat jam, tanpa harus menggunakan pengobatan disfungsi ereksi. Dan kondisi ini sangat menyakitkan.

Satu cara untuk menyembuhkannya adalah dengan menghunjamkan jarum suntik ke penis, untuk menyedot kelebihan darah yang menyebabkan pembengkakan. Jika tidak diobati, priapisme dapat menyebabkan penis menjadi terluka secara permanan, yang dapat mengakibatkan impotensi.

Sexsomnia

Kondisi ini dikenal pula dengan istilah sleep sex dan mirip dengan tidur sambil berjalan (sleepwalking). Sexsomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkan orang terlibat dalam tindakan seksual saat tidur, dan tidak dapat mengingat apa yang terjadi kala terjaga.

Climax conundrum

Gangguan ini dikenal juga dengan istilah migrain orgasme atau coital cephalgia, yaitu orgasme yang memberikan penderitanya sakit kepala yang mirip dengan migrain. Sakit kepala parah setelah mencapai puncak kenikmatan tersebut bisa berlangsung selama beberapa jam. Gejala yang menyertainya bisa termasuk leher kaku dan muntah.

Penis ganda

Diphallia atau duplikasi penis terjadi ketika seorang lelaki memiliki dua penis, biasanya berdampingan. Kedua penis itu biasanya dapar berfungsi normal dan mampu digunakan untuk buang air kecil dan ejakulasi.

Lelaki yang menderita kondisi ini sering kali steril, dan hanya satu penis yang aktif dalam satu waktu. Diphallia biasanya disertai kelainan bawaan seperti spina bifida.

Ejakulasi mundur

Kondisi ini terjadi karena sphincter kandung kemih tidak mengerut sebagaimana mestinya, yang dalam keadaan normal memaksa air mani keluar dari uretra. Akibatnya, ejakulasi semen berjalan mundur, naik ke penis dan masuk ke kandung kemih.

Meskipun bukan gangguan yang menyakitkan, kondisi ini bisa membuat seorang lelaki tidak subur karena air mani disimpan dalam kandung kemih. Kondisi ini bisa dideteksi dengan memeriksa sampel urin untuk air man. [Meilinda Chen / Jakarta / Tionghoanews]

RASA DAMAI ITU BERUBAH JADI CINTA

Posted: 25 Sep 2011 08:45 PM PDT

Story: Pernikahanku dengan Toha (bukan nama Sebenarnya) berlangsung sangat meriah, semua temanku juga sahabat Toha hadir untuk mengucapkan selamat kepadaku. Begitu juga dengan kerabat dan keluarga besar masing-masing mempelai, semua hadir untuk ikut bersuka ria memeriahkan resepsi pernikahan sekaligus beramah tamah antar keluarga.

Acara Malam pertamapun berlangsung lancar walau ada sedikit 'gangguan', karena aku sama sekali tidak memiliki pengetahuan tentang bagaimana seharusnya perempuan bersikap terhadap suaminya diatas ranjang. Namun keadaan itu tak berlangsung lama, karena sekian menit kemudian naluri dan hasrata keperempuananku mengambil alih rasa malu dan grogi. Dan terus terang malam itu Toha sangat bekerja keras untuk mengimbangi gelora birahiku yang demikian hebat.

Demikian juga pada malam-malam berikutnya, kami sama-sama mampu melepaskan hasrat yang telah terpendam sejak lama. Bahkan tak jarang dalam satu kali 'permainan' aku mengalami berkali-kali orgasme  yang membuatku mengerang dan bergerak liar, mendesak-desakan tubuhku kedalam pelukan hangat Mick, sebelum akhirnya kami berdua terkulai lemas diatas ranjang dengan selimut dan sprei yang telah berantakan.

Selama kurang lebih lima bulan, kami merasakan masa-masa indah dalam kehidupan rumah tangga. Tidak sekalipun pertengkaran atau perselisihan terjadi diantara kami. Sebelum akhirnya muncul satu dua batu sandungan yang membuat kami bisa saling berdiam diri selama berhari-hari, dan saat-saat itu adalah saat paling menyebalkan dalam kehidupan rumah tanggaku.

Kelemahan-kelemahan Toha memang baru terlihat, setelah kami menjalani bahtera rumah tangga, Toha yang aku kenal sangat penyabar, penyayang, penuh perhatian ternyata hanya bertahan beberapa bulan saja, selebihnya Toha adalah seorang yang amat egois, pasif, dan lebih senang menyendiri dan cenderung kekanak-kanakan jika menghadapi sebuah masalah, mungkin karena Toha anak tunggal dan masih muda.

Jika sudah begini, aku hanya ikut berdiam diri sehingga keadaan jadi bertambah pelik. Padahal jika kulihat dengan jelas, masalah yang kami hadapi sangatlah sepele. Tapi untunglah ada ayah mertuaku yang selalu memberikan nasehat-nasehat berharga buat kami berdua, sehingga pertengkaran tidak sampai membuat kami merencanakan hal-hal yang mengarah ke jurang perceraian. Hal terburuk memang tak terjadi pada perkawinan kami, namun hal yang lebih buruk ternyata telah mengintai dan sedikit demi sedikit mengikis rasa cintaku terhadap Toha

Secara tak terduga pesona ayah mertuaku kemudian menggantikan posisi Toha dalam keseharianku sebagai seorang ibu rumah tangga. Karena Ayah lebih bisa mengerti akan perasaan dan keinginanku. Jika masalah sudah muncul ayah pasti hadir untuk menghibur dan memberi nasehat kepadaku, hingga membuat aku merasa lebih damai jika dekat dengan ayah.

Celakanya perasaan damai tersebut akhirnya berkembang menjadi perasaan sayang dan cinta, karena aku saat ini ternyata lebih memerlukan kehadiran ayah mertuaku dari pada suamiku, baik saat aku dalam kesulitan maupun saat aku membutuhkan kehangatan seorang laki-laki, aku sendiri baru menyadari jika ayah mertuaku masih cukup muda dan gagah dalam penampilannya, atau mungkin karena aku terlanjur mengaguminya, entahlah…

Yang pasti, awalnya ayah memang menghindar dari pancingan-pancinganku. Namun aku tahu pasti, bahwa ayah juga laki-laki normal yang masih muda dan pasti memiliki hasrat yang sama dengan laki-laki pada umumnya. Dan umpanku akhirnya termakan juga olehnya, hal yang hampir dua bulan ini aku harapkan.

Awalnya ketika aku baru saja selesai mandi, sementara Toha telah berangkat ke kantor, karena masih mengenakan handuk yang hanya menutupi separuh tubuhku, ayah menatapku dengan pandangan mata yang lain dari biasanya. Aku sempat tertegun dengan tatapan itu, namun sedetik kemudian justru aku yang memanfaatkan keadaan itu. Setelah sampai dalam kamar, dengan alasan pintu lemari yang tak bisa terbuka, aku meminta ayah untuk menolongku.

Dan saat itulah kesempatan muncul, setelah ayah berada dalam kamar, dengan sengaja aku melepaskan handuk yang melilit tubuhku, hingga tubuhku yang setengah telanjang dan masih agak basah terlihat jelas dihadapannya. Dan tanpa aku duga, ayah langsung menubruk dan memeluk aku seraya menciumi seluruh tubuhku. Dan selanjutnya terjadilah perbuatan yang seharusnya tidak kami lakukan.

Sejak saat itu, ketika Toha tidak berada di rumah, ayah selalu menggantikan posisi anaknya dan anehnya aku merasa sangat bahagia dengan perselingkuhan ini. semakin hari perasaan sayangku terhadap ayah mertuaku semakin berkembang dan sulit untuk aku musnahkan. Padahal aku sangat sadar bahwa hal ini akan berakibat sangat mengerikan di masa mendatang, namun aku sampai saat ini tak bisa berbuat apa-apa, haruskah aku menceraikan Toha dan menikahi ayah mertuaku…? [Vivi Tan / Jakarta / Tionghoanews]

AGAR TIDAK BENAR-BENAR MENGANGGUR

Posted: 25 Sep 2011 08:40 PM PDT

Selepas lulus kuliah puluhan surat lamaran dilayangkan ke berbagai perusahaan. Namun, belum tentu mereka semua akan memanggil Anda dalam waktu yang cepat. Maka, selepas wisuda pasti membosankan sekali menjadi pengangguran. Apalagi di dunia penuh pesaing seperti sekarang ini, mendapatkan pekerjaan yang tinggi butuh usaha yang ekstra keras dari bawah.

Anda yang berstatus karyawan pun, seringkali tak lepas dari bayang-bayang kekhawatiran PHK. Maka dari itu setiap orang harus bisa mempersiapkan diri jika kemungkinan terburuk menimpa Anda, jadi pengangguran. Nah, inilah yang bisa Anda lakukan agar tidak benar-benar merasa "menganggur":

Teman-teman, networking. Banyak orang  baru mengumpulkan jaringan dan teman-teman lama saat membutuhkan pekerjaan. Padahal itulah waktu terburuk untuk membuat koneksi.

Tetap jalin hubungan dengan mitra dan rekan dari berbagai profesi, teman masa kuliah melalui Facebook atau LinkedIn. Jaga hubungan dengan jaringan secara teratur. Sehingga bila membutuhkan informasi, Anda akan mudah memperolehnya.

Apabila ada sebuah lowongan pekerjaan di tempat kerjanya, mereka pasti akan mencari orang yang mempunyai kompetensi yang sudah ia ketahui. Tak jarang posisi tersebut tidak dipublikasikan kepada khalayak.

Pekerjan sampingan. Hal ini tidak selalu mudah pada seseorang yang bekerja fulltime. Namun, jika Anda dapat mengelola hanya satu atau dua proyek lepas tiap tahun, Anda akan memiliki posisi lebih baik daripada mereka yang tidak mempunyai pekerjaan sampingan. Bekerja sebagai tenaga kerja paruh waktu di sebuah perusahaan konsultan, bahkan proyek amal bermanfaat bagi karir di masa depan.

Bisnis sampingan. Memulai bisnis sendiri saat bekerja fulltime menantang sekaligus menjadi jaring pengaman bagi diri sendiri di masa sulit. Usaha dengan blogging, pemasaran terafiliasi, penjualan di eBay dan Facebook, atau penjualan langsung membantu Anda membangun karir di luar pekerjaan yang Anda sandang saat ini. Banyak karyawan yang kemudian mampu membangun bisnis sendiri dari pekerjaan sampingan.

Selalu belajar. Ambil keuntungan dari pelatihan dan pendidikan yang kerap diadakan perusahaan. Gunakan kesempatan yang ada untuk belajar hal-hal baru. Semakin banyak Anda tahu, semakin berharga Anda di mata perusahaan.

Data di dua-tiga jaringan perekrut. Pastikan untuk tetap ada dalam jaringan perekrut yang berada di industri Anda. Pastikan agar resume dan CV Anda perbarui meski sedang tidak memerlukan pekerjaan. Selain itu, gunakan banyak kata kunci yang baik bagi keahlian dan pengalaman dalam resume Anda agar berbeda dengan yang lain. [Meilinda Chen / Jakarta / Tionghoanews]

IMIGRASI SANGGAU KALBAR MASIH BERLAKUKAN SBKRI

Posted: 25 Sep 2011 06:47 PM PDT

Ketua Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Kabupaten Sanggau Khironoto alias Aki mengatakan, kantor imigrasi kelas IIB Sanggau terbilang diskriminatif. Dalam hal persyaratan pembuatan paspor warga negara Indonesia yang ada di wilayah ini.

Pasalnya menurut Khironoto, beberapa waktu lalu dirinya mendapatkan pengaduan dari seorang warga Tionghoa di wilayah ini yang mengaku dipersulit ketika hendak mendapatkan pasport.

Pihak imigrasi meminta warga Tionghoa tersebut menunjukan Surat Bukti Kewarganegaraan Republik Indonesia (SBKRI) kepada warga tersebut.

"Yang kita herankan kan kebijakan SBKRI ini sudah dihapuskan dan dinyatakan tidak berlaku lagi, sekarang pembuatan paspor cukup menggunakan KTP, KK dan beberapa syarat lain. Sehingga sebagai ketua MABT kita sangat menyayangkan katanya, Minggu (25/9/2011). [Widya Wong / Pontianak / Tionghoanews]

BERLARI 30 KM UNTUK HEMAT BIAYA KE SEKOLAH

Posted: 25 Sep 2011 05:00 PM PDT

Besarnya rasa pengorbanan yang dimiliki oleh seorang pelajar SMA di Cina ini memang rasanya sangat pantas ditiru dan dijadikan inspirasi oleh para pelajar kita.

Ketika akhir-akhir ini ramai berita mengenai sebagian pelajar kita yang sibuk dengan tawuran, seorang siswa SMA berumur 19 tahun di Cina terus bertahan sekolah meskipun harus berlari 30 km sehari untuk menghemat biaya perjalanan sebesar 9 yuan (12 ribu rupiah). Dan kegiatan itu rutin ia lakukan selama 2 tahun!

Pelajar itu, Yan Mingqiang, memang hidup dalam keluarga yang miskin, tapi hebatnya, hal itu tidak membuat Yan menjadi seorang remaja yang miskin budi pekerti.

Ditengah kemiskinan tersebut, kedua orang tua Yan sakit, bahkan sang ibu tidak dapat meninggalkan tempat tidurnya. Untuk mengurangi beban finansial yang dialami keluarganya, di saat anak lain sibuk bermain, Yan selalu menghabiskan waktu liburnya dengan bekerja.

Seperti dilaporkan oleh chinanews.com, pengorbanan yang dilakukan Yan tersebut menjadikan dirinya sebagai seorang atlit lari jarak jauh yang baik, gurunya juga percaya anak ini memiliki prospek yang bagus dalam olahraga tersebut.

Bagi Yan, keinginan terbesarnya saat ini adalah kesembuhan bagi kedua orangtuanya. [Liana Yang / Surabaya / Tionghoanews]

No comments:

Post a Comment