Monday 12 September 2011

印尼华人 (21/1)

印尼华人 (21/1)


INGIN PERNIKAHAN BAHAGIA, PASTIKAN ISTRI ANDA TIDUR CUKUP

Posted: 12 Sep 2011 05:08 AM PDT

Pernikahan yang bahagia atau harmonis akan membuat seseorang lebih teratur dan nyaman pada waktu mereka istirahat atau tidur. Namun sebaliknya juga pernikahan yang kurang harmonis atau sering pertengkaran akan membuat mereka mengalami gangguan atau masalah saat mereka akan beristirahat atau tidur.

Sebuah penelitian menunjukkan hubungan antara tidur dengan pernikahan. Prof. Wendy Troxel dan kolega-koleganya menanyai 2.000 wanita yang telah menikah. Mereka ditanyai tentang status pernikahan, kualitas tidur, seberapa sering mengalami gangguan tidur, serta jadwal tidur-bangun.

Wanita yang hidup pernikahannya bahagia, tidur lebih nyaman dan bangun dengan rasa segar bugar, mereka juga tak mudah terbangun di tengah malam. Ini mudah dimengerti. Saat sedang berselisih pendapat, tentu sulit untuk tidur dengan pasangan.

Tetapi kelompok peneliti yang sama membuktikan bahwa hal sebaliknya juga bisa terjadi. Penelitian terbaru yang dipresentasikan pada pertemuan SLEEP 2011, menunjukkan bahwa para istri yang mengalami gangguan tidur akan mengalami interaksi yang negatif di pagi harinya.

Mereka merekrut 35 pasangan yang selama 10 malam tidur dengan actyiraphy, sebuah alat yang merekam aktivitas tubuh. Kemudian mereka diminta untuk mencatat hubungan interaksi dengan pasangan.

Hasilnya, wanita yang mengalami gangguan tidur cenderung untuk merasakan interaksi yang negatif terhadap pasangan. Suami pun melaporkan kurangnya interaksi positif ketika istri sulit tidur.

Prof. Wendy Troxel, seperti dikutip webMD mengatakan, memang terdapat perbedaan gender dalam penelitiannya. Pria sepertinya tak memiliki efek gangguan tidur yang sama dibanding wanita. Wanita, menurutnya, memang lebih ekspresif dibanding pria yang cenderung menekan perasaan-perasaan negatifnya. Namun akibat dari gangguan tidur wanita, tak terbatas pada dirinya sendiri. Terbukti pasangan turut merasakan akibatnya.

Jadi bagi para pria, jika Anda ingin kehidupan pernikahan yang bahagia, pastikan pasangan tidur dengan sehat. [Linda Lim, Denpasar, Tionghoanews]

MENGENALI ARTI DARI GERAK TUBUH PRIA

Posted: 12 Sep 2011 05:06 AM PDT

Jangan beranggapan bahwa hanya wanita saja yang mempunyai bahasa tubuh atau gerak tubuh untuk mengungkapkan sesuatau. Pria ternyata juga mempunyai bahasa tubuh yang dapat mngungkapkan setiap keinginannya, Bahkan dari bahasa tubuh pria dapat kita ketahui watak dan kepribadian mereka.

1. Si dia menarik Anda ke dadanya
Sekilas, sikap pria ini menunjukkan ketangguhannya. Namun justru sebenarnya, si dia menunjukkan kepribadian yang penyayang. Pria yang menunjukkan bahasa tubuh seperti ini cenderung tak sungkan menunjukkan perhatian dan kasih sayang kepada pasangannya.

"Dengan membawa Anda dekat ke hatinya, ini merupakan simbol untuk menunjukkan ke Anda bahwa si dia tertarik dengan Anda," kata pakar komunikasi Audrey Nelson, PhD, penulis You Don't Say. "Memeluk Anda ke arah area maskulinnya, bagian dada, juga menunjukkan bahwa si dia bisa melindungi Anda," lanjutnya.

2. Si dia senang mencumbu Anda
Jika si dia selalu menunjukkan sikap mesra, memeluk Anda, merangkul, kontak fisik dengan Anda, perilaku ini menunjukkan si dia menyukai aktivitas fisik. "Boleh jadi ia memiliki hasrat seksual yang tinggi," kata Nelson.

Nelson melanjutkan, pria tipe ini cenderung lebih nyaman menunjukkan perhatian melalui kontak fisik, dan tak mahir mengungkapkan perasaan dengan kata-kata.

3. Si dia merebah di pangkuan Anda
Kalau Anda tipe perempuan yang senang memanjakan laki-laki, Anda cocok dengan pria tipe ini.

"Pria yang menggunakan bahasa tubuh ini cenderung bergantung dalam hubungan.

Kecenderungannya, pria tipe ini mengandalkan pasangannya untuk membuat dirinya merasa nyaman," jelas Peter A Andersen, PhD, profesor komunikasi di San Diego State University, yang juga penulis The Complete Idiot's Guide to Body Language.

Andersen menambahkan, pria ini juga merasa nyaman dengan emosinya, sangat sensitif, dan mau mengungkapkan pendapatnya. Pria tipe ini penuh perhatian dan selalu ingin membahagiakan pasangannya.

4. Si dia merangkul Anda
"Merangkul dengan satu tangan bukan merupakan gerakan yang intim. Dia ingin bermanjaan namun tak menyesuaikan kondisi atau tak memperhitungkan kenyamanan," kata Andersen.

Namun, kabar baiknya, gerakan ini menunjukkan bahwa si dia merasa berdekatan dengan Anda adalah hal penting. Si dia melakukan sesuatu untuk menyenangkan Anda. Jika Anda tak nyaman, berikan saja arahan kepadanya, dan dia pasti akan segera memperbaiki dan melakukan apa yang Anda senangi. [Jeni Wang, Semarang, Tionghoanews]

MATA BUTA HATI TERANG

Posted: 11 Sep 2011 09:42 PM PDT

Ada seorang pemuda yang buta sedang bermain piano, seorang pelajar mendekatinya dan bertanya kepadanya, "Berapa usia anda?" Si buta menjawab, "Saya berumur 15 tahun." "Sejak kapan engkau menjadi buta?" "Sejak usia 3 tahun."

"Kalau begitu engkau sudah buta selama 12 tahun, setiap hari dalam kegelapan, tidak dapat melihat bulan, matahari, gunung-gunung, tidak tahu kehidupan dalam masyarakat, tidak tahu penampilan keindahan dan keburukan wajah manusia, tidak melihat keindahan pemandangan alam, apakah tidak terlalu menyedihkan?".

Pemuda buta ini dengan tersenyum menjawab, "Engkau hanya tahu orang buta itu buta, tetapi tidak tahu bahwa orang normal itu banyak yang buta, walaupun mata saya tidak bisa melihat, tetapi keadaan tubuh saya normal saya dapat bergerak bebas, mendengar suara saja saya sudah tahu siapa itu, mendengar percakapan orang saya dapat mengetahui apakah dia orang baik atau orang jahat, saya dapat memperkirakan kondisi jalan untuk mengatur laju kecepatan, tanpa takut terjatuh,..

Seluruh pikiran dan jiwa saya dengan konsentrasi melakukan pekerjaan saya, dengan gigih meningkat maju, tanpa membuang-buang energi mengurus urusan yang konyol, lama kelamaan hal tersebut menjadi kebiasaan, sehingga saya tidak sedih lagi karena mata saya buta. 

Tetapi sekarang dimasyarakat banyak yang matanya walaupun dapat melihat, tetapi dibutakan oleh hasrat, terlalu banyak melihat hal-hal yang buruk, sehingga tidak bisa membedakan kebijaksanaan dan kebodohan, tidak bisa membedakan orang baik dan orang jahat, tidak mengetahui penyebab kekacauan maupun ketenangan, buku dan puisi yang terletak didepan mata tetapi pikiran melayang kemana-mana, sehingga tidak memahami esensinya.

Ada juga orang yang memutar balikkan fakta, berbuat jahat, tidak bisa bertobat sehingga akhirnya terperangkap didalamnya, apakah orang-orang tersebut tidak mempunyai mata? Apakah orang yang dengan mata terbuka sengaja berbuat kesalahan apakah mereka bukan orang buta?   Mereka sebenarnya dibandingkan dengan orang yang seperti saya yang secara fisiologis buta lebih tercela dan lebih menyedihkan!"

Pelajar ini tidak bisa lagi mengucapkan sepatah katapun.

Cerita ini mengungkapkan filfasat hidup, kebutaan fisik ini tentu menyedihkan, tetapi buta secara psikologis lebih menyedihkan lagi. Kebutaan adalah kelemahan utama, tetapi dalam kebutaan ini jika kita dapat berkonsentrasi mempelajari sebuah keahlian yang akhirnya dapat mencapai hasil yang baik dan memahami wawasan dalam prinsip-prinsip kehidupan. Tetapi walaupun mata ini melek tetapi selalu melakukan pelanggaran, melakukan perbuatan menyimpang maka orang tersebut adalah  "orang yang buta mata hatinya". [Selvia Chang, Gorontalo, Tionghoanews]

PERSAHABATAN

Posted: 11 Sep 2011 06:27 PM PDT

Pada suatu ketika, ada dua sahabat baik tinggal bersama di naungan sebuah batu. Kedengarannya aneh, kedua sahabat itu adalah singa dan harimau. Ini adalah kisah tentang persahabatan mereka.

Kedua sahabat baik itu bertemu ketika mereka masih sangat kecil untuk mengetahui perbedaan antara singa dan harimau. Jadi mereka sama sekali tidak berpikir bahwa persahabatan mereka tidak biasa. Selain itu, mereka berada di bagian pegunungan yang damai, dan mungkin karena pengaruh seorang biarawan yang tinggal di hutan dekat pegunungan tersebut. Dia adalah seorang pertapa, yang tinggal jauh dari keramaian orang. 

Untuk beberapa alasan yang tidak diketahui, suatu hari dua sahabat itu terlibat dalam sebuah perdebatan konyol. Harimau berkata, "Semua orang tahu udara dingin datang saat bulan sabit menuju bulan mati!" Singa berkata," Darimana Anda mendengar omong kosong  seperti itu? Semua orang tahu hawa dingin datang ketika bulan sabit menuju bulan purnama!

Perdebatan mereka semakin sengit. Mereka tidak bisa meyakinkan yang lain dan tidak bisa mencapai kesimpulan apapun untuk menyelesaikan perdebatan yang memuncak. Akhirnya mereka memutuskan untuk pergi meminta pendapat biarawan yang ada di hutan, yang pasti akan tahu tentang hal-hal seperti ini. 

Mengunjungi biarawan yang damai, singa dan harimau membungkuk hormat dan mengajukan pertanyaan mereka kepada biarawan. Biarawan yang ramah itu berpikir sejenak dan kemudian memberikan jawabannya. "Dingin dapat terjadi dalam setiap fase bulan, dari bulan mati menuju bulan purnama dan kembali ke bulan mati lagi. Adalah angin yang membawa udara dingin tersebut, apakah angin itu dari barat atau utara atau timur. Oleh karena itu, kedua pendapat Anda berdua benar! Dan tidak ada dari Anda berdua yang dikalahkan oleh yang lain.

Beda pendapat itu biasa. Yang paling penting adalah hidup tanpa konflik, untuk tetap saling bersahabat. Persahabatan adalah hal terbaik dalam segala arti. " 

Singa dan harimau mengucapkan terima kasih kepada pertapa bijaksana. Mereka senang masih bisa bersahabat. 
Pesan moral adalah: Cuaca bisa datang dan pergi, tetapi persahabatan tetap harus dijaga. [Rosvina Ang, Palu, Tionghoanews]

No comments:

Post a Comment