Tuesday 6 September 2011

印尼华人 (21/1)

印尼华人 (21/1)


APA YANG PERLU DIKETAHUI TENTANG KARBOHIDRAT

Posted: 06 Sep 2011 03:54 AM PDT

Karbohidrat adalah sumber energi utama tubuh yang merupakan senyawa berunsur C, H dan O. Ada dua jenis karbohidrat: karbohidrat sederhana dan kompleks. Karbohidrat sederhana, disebut juga gula atau monosakarida, terdiri dari hanya satu jenis gula (sakarida) yaitu fruktosa (gula buah), glukosa (gula pati), sukrosa (gula tebu), laktosa (gula susu), atau maltosa (gula malt). Karbohidrat sederhana ditemukan dalam buah, sayuran, gula, madu, minuman ringan, permen dan selai. Karbohidrat kompleks, disebut juga pati atau polisakarida, terdiri dari kombinasi rantai panjang berbagai jenis gula. Karbohidrat kompleks ditemukan secara alami dalam makanan seperti pisang, kacang, nasi, kentang, ubi, jagung dan gandum.

Pencernaan dan penyerapan karbohidrat

Sistem pencernaan makanan memecah karbohidrat menjadi gula sederhana yang disebut glukosa. Gula sederhana ini kemudian dibawa ke setiap sel melalui aliran darah Anda. Pankreas mengeluarkan hormon insulin yang mengontrol penyerapan glukosa darah ke dalam sel-sel. Setelah di dalam sel, glukosa akan 'dibakar' bersama dengan oksigen untuk menghasilkan energi. Otot, otak, dan sistem saraf tergantung pada glukosa sebagai bahan bakar utama mereka untuk membuat energi. Otak menggunakan 70 persen dari glukosa darah yang tersedia. Jika sel-sel otak Anda kekurangan glukosa, kemampuan mental Anda akan terganggu dan karena otot-otot Anda dikendalikan oleh otak, Anda akan merasa lemah dan gemetar. Sistem saraf yang kekurangan glukosa dapat membuat Anda merasa lelah, lamban bereaksi dan lesu. Kondisi kekurangan glukosa darah ini disebut hipoglikemia

Tubuh mengubah kelebihan glukosa dari makanan menjadi bentuk lain yang disebut glikogen, yang disimpan di dalam jaringan otot dan hati. Rata-rata orang dapat menyimpan sekitar 400 gram glikogen (1/3 di hati, 2/3 di otot). Ketika tubuh Anda membutuhkan lebih banyak energi, hormon kedua yang disebut glukagon disekresi oleh pankreas. Hormon ini mengubah glikogen menjadi glukosa kembali, yang kemudian dilepaskan ke dalam aliran darah untuk digunakan oleh sel-sel Anda.

Indeks glikemik

Semakin lambat pelepasan glukosa ke dalam darah, semakin stabil dan berkelanjutan tingkat energi bagi tubuh. Semakin sederhana karbohidrat, semakin cepat glukosa dilepaskan ke dalam darah Anda. Hal ini dapat menyebabkan kenaikan dan penurunan tingkat gula darah yang cepat dan ketikdakstabilan tingkat energi di dalam tubuh.

Untuk mengukur kecepatan konversi karbohidrat menjadi glukosa, setiap makanan yang mengandung karbohidrat dapat dinilai pada skala yang disebut indeks glikemik (GI/glycemic index). Skala ini memeringkat makanan yang mengandung karbohidrat berdasarkan efek terhadap kadar gula darah selama periode waktu tertentu, biasanya dua jam. Makanan yang mengandung karbohidrat dibandingkan dengan glukosa murni (meskipun kadang-kadang digunakan roti putih sebagai makanan referensi), yang diberi skor GI = 100. Karbohidrat yang memecah dengan cepat selama proses pencernaan memiliki indeks glikemik tinggi (GI lebih dari 70). Karbohidrat yang perlahan-lahan melepaskan glukosa secara bertahap ke dalam aliran darah memiliki indeks glikemik rendah (GI kurang dari 55). Makanan dengan karbohidrat sederhana memiliki skor GI tinggi, sedangkan makanan berkarbohidrat kompleks umumnya memiliki skor GI lebih rendah. [Christine Lim, Ambon, Tionghoanews]

CARA POPULER UNTUK HIDUP SEHAT DI ZAMAN KUNO

Posted: 06 Sep 2011 03:34 AM PDT

Apa rahasia untuk umur panjang dari kebijaksanaan kuno? Bagaimana orang-orang dari masa lalu mempertahankan umur panjang?

1. Terapi Meridian

Meridian adalah jaringan tubuh yang mengontrol aliran kekuatan darah dan kehidupan di seluruh tubuh untuk memastikan berfungsinya semua bagian. Menurut Huangdi Neijing (Kaisar Kuning), mereka adalah kunci untuk kehidupan dan kesehatan yang baik. Orang kuno percaya bahwa untuk menjaga kelancaran arus di meridian, merangsang, memberikan pijat atau melakukan akupunktur ke titik akupunktur Hegu, Neiguan dan Zusanli adalah yang paling penting, karena mereka terhubung ke kepala, jantung dan organ-organ masing-masing.

2. Makrobiotik

Orang kuno percaya bahwa makanan dan minuman bisa menyehatkan tubuh, memperbaiki kerusakan organ, mencegah penyakit dan membantu mempertahankan umur panjang. Mereka menganjurkan gagasan "tanaman panen menjadi sumber makanan utama, buah-buahan untuk tambahan, hewan domestik dan unggas untuk menambah gizi, dan sayuran untuk suplemen," Mereka juga melihat pentingnya bumbu racikan untuk membawa keseimbangan.

3. Hidup sesuai dengan musim

Kebijaksanaan kuno dijalankan secara serius. Seiring perubahan musim, begitu juga semua makhluk hidup. Jadi, orang kuno percaya bahwa manusia harus makan dan hidup sesuai dengan perubahan musim. Melawan alam artinya melawan kesehatan.

4. Detoksifikasi

Semua energi negatif internal, seperti kemurungan, makan berlebihan, kelelahan, atau kekuatan negatif eksternal, seperti kelebihan atau karena kurangnya unsur-unsur alam seperti angin, sinar matahari ... dapat menjadi penyebab penyakit dan mereka dianggap sebagai racun dalam tubuh. Pembersihan dan menutrisi melalui diet dan obat-obatan dapat membantu menjaga keseimbangan internal.

5. Meditasi

Meditasi adalah penting dalam penelitian mengenai umur panjang. Pikiran mendominasi tubuh. Ketika pikiran tenang, semua bagian tubuh tetap selaras dan harmoni, yang penting untuk kesehatan yang baik. Di sisi lain, ketika pikiran dipenuhi oleh kemarahan, terlalu gembira, takut ... tubuh kehilangan keseimbangan dan rentan terhadap penyakit.

6. Mengolah Watak

Olah watak tidak hanya membuat diri damai, tetapi juga membantu untuk mengurangi pikiran buruk seseorang atau kata-kata buruk, dan akan menambah antusiasme untuk membantu orang lain. Ketika pikiran dibersihkan, hati dipenuhi dengan sukacita dan keterbukaan, dengan demikian, kesehatan tidak akan jauh dari Anda. [Yolanda Li, Banjarmasin, Tionghoanews]

BERTEMAN DAN MENJAGA TALI PERSAHABATAN

Posted: 06 Sep 2011 03:31 AM PDT

Sebagai manusia kita memerlukan teman. Sering kali teman-teman membantu kita melewati masa sulit, dan demikian juga sebaliknya. Semakin berkualitas lingkungan sosial yang kita miliki, hidup kita akan menjadi semakin bermakna dan menarik.

Berikut ini adalah beberapa tips bagaimana untuk mencapainya:

1. Minat dan perhatian pada orang lain

Salah satu cara terbaik untuk berteman adalah dengan memberi perhatian pada orang-orang di sekeliling anda. Ketika anda bertemu dengan orang baru, fokus pada usaha mencari tahu tentang mereka dengan mengajukan pertanyaan yang berbobot, bukan pertanyaan yang hanya dijawab dengan "ya" atau "tidak."

2. Sifat positif

Siapa yang tidak menyukai seseorang yang riang gembira? Ketika kita semua sedang melewati hari yang buruk, orang-orang yang dapat melihat sisi positif dan berusaha untuk maju biasanya adalah orang-orang yang mudah untuk diajak berteman.

3. Jangan Bergosip

Jangan bergosip dan berbicara di belakang orang. Ini bukan hanya akan merusak persahabatan yang telah ada, tetapi juga menyebabkan anda tidak akan mendapat teman baru.

4. Menjadi turis di Kota Anda

Berpura-puralah menjadi orang baru di kota anda dan mengunjungi tempat menarik di kota anda. Ketika anda sedang di luar, contohnya, ketika sedang berjalan keliling atau menikmati event turis, anda akan terkejut dengan banyaknya orang-orang baru yang dapat anda temui.

5. Hubungan dengan Rekan Kerja

Berusahalah dekat dengan rekan kerja anda. Berteman dengan orang-orang yang bekerja dengan anda memerlukan waktu, tetapi anda memiliki persamaan yang besar, yaitu karir dan lingkungan kerja yang sama.

6. Berdebat dengan cara yang sehat

Berlatihlah seni berargumentasi yang sehat. Semakin baik anda menunjukkan keberatan anda tanpa merusak persahabatan, tanpa menuduh orang lain atau memojokkan orang lain, semakin mudah anda mempertahankan sahabat yang baik di dalam hidup anda.

7. Proaktif dalam Membantu Teman

Selalu siap sedia membantu teman melewati masa sulit. Persahabatan kadang kala berakhir ketika satu orang menghadapi masa masa sulit dan merasa bahwa teman-temannya tidak berada disampingnya dan mendukungnya. Ketika seorang teman sedang susah, cobalah bantu sebelum mereka meminta bantuan. Ini sangatlah beresiko, karena anda mungkin saja akan ditolak, tetapi anda dapat selalu memberikan masukan yang positif, yang bukan hanya akan menghibur mereka, tetapi juga memberikan berkah pada anda.

8. Terlibat dengan Orang-orang yang anda Temui

Berusaha untuk berbicara dengan lima orang setiap hari, baik itu melalui tatap muka, atau lewat telepon, atau lewat komputer, atau tulisan tangan. Percakapan tidak selalu harus panjang, tetapi dengan terlibat secara aktif dengan orang lain, anda akan lebih menyadari ketika kesempatan muncul untuk berteman dengan teman baru.

9. Jujur dengan Orang lain

Kejujuran tanpa menyakiti perasaan orang adalah suatu seni, tetapi jika anda dapat memiliki sifat kejujuran yang lembut anda akan dihargai dan memiliki banyak teman.

10. Berbahagialah untuk Teman anda dan anda juga akan Berbahagia!

Janganlah berkompetisi dengan teman-teman anda. Hidup bukanlah pertandingan. Berbahagialah atas pencapaian teman-teman anda selayaknya seperti pencapaian anda sendiri. [Siao Wei, Tanjung Pinang, Tionghoanews]

GURU UNTUK SANG PANGERAN

Posted: 06 Sep 2011 03:26 AM PDT

Suatu kali, Meng Sun, Raja Lu, pergi berburu dengan rombongan, termasuk Menteri Qin Baxi. Selama perjalanan berburu, Meng Sun menangkap rusa kecil yang menawan dan ia sangat senang. Dia mengatakan kepada Qin untuk membawa rusa kecil ke istana sebagai hewan peliharaan.

Dalam perjalanan ke istana, Qin Baxi melihat rusa besar mengikuti keretanya dan mengembik terus menerus. Ketika rusa besar menangis, rusa kecil ikut menangis. Qin Baxi menyadari bahwa kedua rusa adalah ibu dan anak. Suara sedih mereka menyentuh hatinya, sehingga dia menurunkan rusa kecil di tanah. Rusa besar segera bergegas ke rusa kecil, menjilat mulutnya dan, secepat kilat, berlari ke hutan terdekat.

Ketika Meng Sun kembali dari berburu, dia mendengar bahwa Qin Baxi melepaskan rusa kecilnya. Meng Sun sangat marah sehingga ia mengusir Qin keluar dari istana.

Setahun kemudian, Meng Sun ingin mencari seorang guru bagi anaknya. Tentu saja, ia ingin guru yang baik bagi putranya yang sangat berharga. Banyak menteri di istana menyarankan orang untuk raja. Setelah mewawancarai, Meng Sun tidak menyukai satu pun dari mereka. Karena itu ia sedikit tertekan. Tiba-tiba, ia berpikir tentang Qin Baxi dan segera tenang dengan suasana hati yang riang. Raja meminta seseorang untuk menemukan Qin Baxi dan mengundangnya kembali ke istana.

Menteri di istana tidak bisa memahami apa yang Meng Sun lakukan, sehingga mereka bertanya: "Qin Baxi melepaskan rusa Anda tanpa izin, dan perbuatannya melawan. Sekarang, Anda mengundang dia kembali menjadi guru pangeran kecil. Kami tidak mengerti. "

Meng Sun tertawa dan berkata: "Qin Baxi adalah orang yang sangat berpengetahuan, tetapi yang lebih penting, ia memiliki hati yang baik. Dia memiliki belas kasih yang besar kepada rusa sehingga ia mempertaruhkan hidupnya untuk membiarkannya pergi. Sekarang, saya tahu bahwa anak saya akan berada di tangan yang baik. "

Raja Lu akhirnya mengerti pentingnya kebaikan dan memilih Qin Baxi menjadi guru pangeran. [Meilinda Chen, Jakarta, Tionghonews]

No comments:

Post a Comment