Saturday 24 September 2011

印尼华人 (21/1)

印尼华人 (21/1)


WASPADA SI DIA PUTUSKAN CINTA KARENA 6 HAL INI

Posted: 24 Sep 2011 07:08 AM PDT

Setelah sekian lama menjalin cinta, si dia bisa saja tiba-tiba memutuskan hubungan. Berbagai hal pun bisa menjadi penyebabnya, mulai dari sikap Anda atau dari dirinya sendiri.

Berikut ini enam hal yang menyebabkan seorang pria memutuskan pasangannya seperti dikutip dari enzinearticles:

1. Tidak Mendengarkan

Sebuah hubungan berjalan dari komunikasi yang baik. Ketika komunikasi tidak berjalan dengan baik, maka konflik demi konflik pun akan mulai berdatangan.

Sangat penting untuk mendengarkan apa yang pasangan Anda inginkan. Terlepas dari kemampuan Anda mewujudkan hal tersebut atau tidak, sekedar memberikan respon positif terhadap hal yang menurutnya menarik akan meningkatkan kualitas hubungan Anda.

2. Kurangnya Komitmen

Ada saja orang yang meskipun sudah memiliki pasangan, namun saat bertemu orang baru yang menarik, mereka akan menyebut dirinya 'single'.

Jika hal ini diketahui oleh pasangannya, maka hubungan mereka berada di ujung tanduk. Ketidak seriusan berkomitmen seperti ini menjadi penyebab hancurnya hubungan.

Sedangkan masalah komitmen lainnya yang membuat sebuah hubungan hancur adalah salah satu dari orang yang berhubungan tidak menginginkan peningkatan status menjadi yang lebih serius. Biasanya mereka tidak ingin atau belum siap untuk menghadapi sebuah hubungan yang terikat dalam tali pernikahan.

3. Keluarga

Keluarga adalah bagian yang sangat penting dalam hidup seseorang. Namun terkadang keluarga bisa menjadi penyebab hancurnya sebuah hubungan.

Tidak jarang pasangan yang hubungannya gagal karena hubungan mereka tersebut tidak direstui oleh salah satu atau kedua keluarganya. Hal seperti ini memang sulit untuk dihadapi. Masalah yang biasa timbul adalah masalah kepercayaan.

Masalah lainnya yang sering membuat keluarga tidak menyetujui sebuah hubungan adalah imej pasangan yang buruk di mata keluarga Anda. Oleh karena itu mengapa kesan pertama sangat penting bagi banyak orang.

4. Si Dia Takut Berkomitmen

Banyak pria yang enggan berkomitmen dengan kekasihnya, meskipun ia telah menjalin hubungan lama. Begitu juga dengan kekasih Anda, mungkin ia takut menyakiti hati Anda sehingga memilih berlalu pergi daripada mengatakan yang sebenarnya.

5. Sama-sama Workaholic

Inilah isu yang sering terjadi belakangan ini. Banyak orang yang merasa waktu yang diberikan sebanyak 24 jam dalam sehari tidaklah cukup untuk memenuhi semua aktivitasnya. Ketika hal itu terjadi sering kali hubungan cintanya dikorbankan untuk mendapatkan posisi dan materi yang sebenarnya demi memperbaiki kualitas hidup dirinya dan pasangan juga.

Memang benar adanya bila sebuah hubungan tidak bisa hanya mengandalkan cinta saja. Namun mencurahkan seluruh waktu Anda untuk mendapatkan hidup yang lebih layak demi Anda dan pasangan bukanlah solusinya.

6. Hubungan Tidak Membaik

Jika hubungan Anda dan kekasih kerap bermasalah, dimana Anda berdua sering beradu argumen atau selalu berakhir dengan pertengkaran, mungkin si dia merasa jenuh. Setelah lama menahan, ternyata pasangan tidak merasa hubungan bertambah baik. Dia ingin suatu perubahan dan memutuskan meninggalkan kekasihnya. [Jeni Wang / Semarang / Tionghoanews]

USIA PRIA LEBIH PENDEK DARI WANITA

Posted: 24 Sep 2011 06:47 AM PDT

Dibandingkan dengan wanita, usia harapan hidup pria memang lebih pendek. Bahkan menurut riset para peneliti dari Uni Eropa, sebenarnya hanya sedikit saja pria yang usianya mencapai 65 tahun. Kondisi ini menurut para ahli disebabkan karena kebiasaan dan gaya hidup pria yang buruk seperti merokok, dan konsumsi alkohol.

Studi ini menyatakan bahwa setiap tahunnya sebanyak 630.000 pria di Uni Eropa meninggal karena kebiasaan hidup yang tidak sehat. Sementara itu, angka kematian pada wanita hanya separuhnya, sekitar 300.000 jiwa setiap tahunnya.

Dr. Richard de Visser, dari Universitas Sussex mengatakan, gaya hidup bukan satu-satunya pencetus kematian prematur. Menurutnya, mereka yang secara ekonomi berpenghasilan rendah juga termasuk dalam kelompok yang berisiko karena umumnya kurang mendapat asupan makan yang sehat, kurang berolahraga, lebih mungkin untuk merokok dan menggunakan obat-obat terlarang.

Untuk mengatasi kematian prematur di kalangan pria, Visser menuturkan, harus ada kesadaran yang tumbuh dari diri sendiri dalam merubah gaya hidup yang bisa merusak kesehatan.

Sementara itu Dr. Ian Bank, Presiden Europa Mens Health Forum menyatakan keprihatinan atas situasi ini. "Ini bukan hanya tentang kesehatan. Kematian prematur laki-laki akan merusak perekonomian, keluarga, perempuan (isteri), melemahkan keamanan sosial dan pelayanan kesehatan." [Caroline Chan / Bandung / Tionghoanews]

BAGAIMANA BERPIKIRAN TERBUKA ?

Posted: 24 Sep 2011 05:01 AM PDT

Untuk berpikiran terbuka, Anda perlu membuat keputusan dan membentuk opini tanpa prasangka. Hal ini tampaknya mudah, tetapi dapat benar-benar sulit, karena banyak dari prasangka Anda mungkin begitu mendarah daging dalam sistem Anda dan Anda bahkan tidak menyadari bahwa Anda memiliki mereka. Jadi, jika Anda ingin menjadi lebih berpikiran terbuka, Anda perlu untuk terus mencari dan mengatasi prasangka. Ini melibatkan titik berat pada upaya terpadu ke dalam pemikiran tentang bagaimana Anda tiba pada kesimpulan dan apa yang menjadi dasar dari keputusan Anda.


1. Lihatlah rutinitas harian Anda. Jangan hanya menilai mereka. Benar-benar memeriksa mereka, dan tanyakan pada diri sendiri mengapa Anda melakukannya. Rutinitas harian Anda mungkin tidak selalu buruk, tetapi jika Anda meneliti mereka, Anda akan berada dalam kerangka berpikir yang benar untuk meneliti hal-hal lain, sehingga membuat pikiran Anda lebih terbuka.

2. Dengarkan orang tanpa prasangka. Sangat mudah untuk jatuh ke dalam pola – terutama jika Anda tidak setuju dengan seseorang – di mana Anda menunggu seseorang untuk menyelesaikan sehingga Anda dapat mengemukakan pendapat Anda sendiri. Untuk mengembangkan pikiran yang terbuka, Anda perlu untuk melawan dorongan ini dan benar-benar mencoba untuk mendengarkan apa yang orang katakan.

3. Menempatkan diri pada posisi orang lain ketika Anda tidak setuju dengan mereka. Daripada melawan mereka, cobalah untuk memunculkan poin yang membantu mendukung argumen mereka. Ini akan membantu Anda mengembangkan kemampuan untuk menghapus diri sendiri dari keyakinan Anda sendiri dan mengambil informasi secara obyektif.

4. Kritis memeriksa motivasi (atau motivasi yang mungkin) dari siapapun yang mencoba untuk menjual ide pada Anda. Seringkali sesuatu itu lebih dari yang terlihat mata, dan dengan menjaga pikiran yang terbuka sambil melihat gambaran besar sesering mungkin, Anda bisa melihat lebih dan membuat keputusan yang lebih baik.

5. Mempertanyakan segala sesuatu yang anda anggap mutlak benar, terutama pendapat berbasis masalah. Yang paling penting, Anda perlu bertanya pada diri sendiri jika Anda memiliki informasi yang cukup, atau jika ada informasi yang tersedia. Ini akan membuka pikiran Anda saat Anda secara sukarela mengekspos diri Anda untuk informasi baru. Proses membuka pikiran Anda kemudian akan menyebar ke bagian lain dari kehidupan Anda.

6. Terbuka untuk ide-ide baru. Jika Anda memulai pekerjaan baru dan seseorang meminta Anda untuk minum santai di hari Jumat, katakan ya. Anda tidak akan kehilangan apa-apa. Jika seseorang menyebutkan pembukaan restoran baru, katakan Anda pergi kapan-kapan. Dengan melanggar rutinitas Anda dan mencoba hal-hal baru, Anda akan membuka pikiran Anda dengan mengajar diri sendiri bahwa prasangka Anda tidak benar-benar masuk akal pada awalnya. [Siao Wei / Tanjung Pinang / Tionghoanews]

BAGAIMANA BERKOMUNIKASI DENGAN POSITIF ?

Posted: 24 Sep 2011 03:50 AM PDT

Komunikasi adalah aspek fundamental dari kehidupan di sekolah, tempat kerja dan di rumah. Kemarahan yang tidak perlu atau kritik yang kurang baik penyampaiannya dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang untuk hubungan Anda baik profesional maupun sosial. Anda dapat membentuk komunikasi Anda dengan orang lain dalam cara yang positif ketika Anda dengan sadar mempertimbangkan apa yang akan Anda katakan sebelum Anda berbicara. Jika Anda memiliki hubungan yang sudah rusak karena komunikasi yang buruk, Anda mungkin dapat mempengaruhi hubungan dari waktu ke waktu ketika Anda menampilkan perilaku komunikasi positif.

1. Mendengarkan orang lain ketika mereka berbicara. Jangan mengganggu orang yang sedang berbicara. Ketika pembicara selesai, parafrasekan apa yang telah dikatakan untuk memperjelas komunikasinya. Ini akan menunjukkan bahwa Anda mendengarkan dan memahami apa yang orang lain katakan.

2. Berbicara perlahan dan tenang saat berinteraksi dengan orang lain. Ini akan meningkatkan kemungkinan bahwa mereka mendengarkan Anda akan mengerti apa yang Anda katakan. Jaga komunikasi Anda singkat dan ringkas. Katakan pendapat Anda dan tunjukkan pertimbangan untuk yang lain.

3. Menunjukkan minat pada apa yang orang lain katakan. Duduk tegak di tepi kursi Anda ketika orang lain sedang berbicara. Ajukan pertanyaan pada saat yang tepat untuk menunjukkan minat Anda.

4. Menjauh dari situasi jika Anda menemukan diri Anda marah ketika berbicara dengan orang lain. Ketika Anda sudah tenang, pertimbangkan apa yang Anda ingin untuk dikatakan kepada orang lain. Apakah ada cara di mana Anda dapat mengungkapkan keluhan Anda tanpa menampilkan kemarahan yang tidak perlu atau menyalahkan orang lain?

5. Mendekati secara pribadi ketika Anda harus memberikan kritik. Hindari penggunaan berlebihan dari kata "Anda." Jelaskan solusi yang perlu dicapai dan tunjukkan hambatan yang telah menghalangi Anda mencapai solusi. Berbicara perlahan dan tetap tenang saat Anda berbicara. Dorong orang lain untuk mengajukan pertanyaan yang mungkin ia miliki tentang keluhan Anda.

6. Tetap fleksibel saat Anda berkomunikasi dengan orang lain. Jika Anda dikoreksi pada sesuatu yang keliru, tunjukkan bahwa Anda meminta maaf dan buat langkah-langkah untuk memperbaiki situasi ini. Kemampuan untuk menunjukkan rasa humor tentang kesalahan-kesalahan Anda, dan untuk menghormati keprihatinan orang lain dan pendapat, dapat membentuk lebih banyak interaksi positif antara Anda dan orang di sekitar Anda di masa depan. [Linda Lim / Denpasar / Bali / Tionghoanews]

UNGKAP KEPRIBADIAN LEWAT BENTUK ALIS

Posted: 24 Sep 2011 01:35 AM PDT

Alis mata seringkali dikatakan sebagai bingkai wajah. Lebih dari itu, bentuk alis juga bisa mengungkapkan karakteristik seseorang wanita.

"Bentuk alis bisa mengungkapkan karakter Anda, bahkan tanpa mengucapkan sepatah kata pun," kata DeeDee Marcelli, make up artis Chella Skin Care, seperti dikutip dari Stylelist.

Dengan latar belakang pemikiran seperti ini, kemudian Marcelli menciptakan stensil alis dalam empat bentuk. Dan kebanyakan wanita, katanya, terinspirasi bentuk alis dari gaya make up para selebriti Hollywood.

Berikut ini bentuk alis yang bisa menggambarkan kepribadian Anda:

Alis tebal:

"Bagi saya, bentuk alis seperti Jane Russell, sebuah alis yang lebih tebal di depan dengan ekor pendek dan menggambarkan kepribadian yang berani. Alis Anda seolah berkata, 'lihatlah aku, aku unik, tidak pemalu, sedikit tegang dan sedikit berani'," kata Marcelli.

Bentuk alis Sassy bisa menggambarkan banyak karakter pribadi wanita, dan bisa menjadi riasan pelengkap poni.

Simetris:

"Bentuk alis ini membuat Anda terlihat menarik dan terlihat sempurna dalam segala hal. Bentuk alis ini mengingatkan saya pada Sophia Loren, sedikit eksotis dan sedikit misterius," kata Marcelli.

Melengkung:

"Lengkungan alis yang tinggi dramatis bisa menggambarkan karakter bahwa saya seseorang yang harus diperhitungkan dan percaya diri," kata Marcelli. "Bentuk alis ini seperti alis Marilyn Monroe."

Alis tipis:

Bentuk alis seperti ini selalu menjadi tren. Bentuk alis tipis akan memperlihatkan keanggunan wanita. Bentuk alis ini akan selalu menarik. Grace Kelly adalah salah satu selebriti dunia dengan bentuk alis tipis.

Sebagai tips, agar alis terlihat sempurna dan alami, cobalah melukis alis dengan pensil alis yang memiliki warna lebih muda dari rambut Anda. Gunakan tangan yang ringan dan lembut untuk merapikannya.

Siapa yang tahu bahwa alis ternyata mampu mengungkapkan begitu banyak arti? [Lina Goh / Surabaya / Tionghoanews]

AKU TERIMA KENYATAAN PAHIT HIDUPKU

Posted: 24 Sep 2011 01:21 AM PDT

Story: Pembaca yang budiman, sebelum aku menceritakan kisahku  ijinkan aku memperkenalkan diri. Namaku Ani (bukan nama sebenarnya), saat ini usiaku telah mencapai 40 tahun dan memiliki empat orang anak, dua laki-laki dan dua perempuan.

Awal kehidupan rumah tanggaku dimulai dengan 'married by accident' karena aku hamil saat masih duduk di bangku  kuliah. Kuliahku terputus ditengah jalan dan menerima resiko menikah sebelum waktunya. Kujalani hidupku dengan rasa penyesalan, karena aku harus mengubur cita-citaku untuk menjadi seorang dokter.

Untungnya suamiku, sebut saja dengan nama Yan, memiliki karir yang lumayan bagus. Karirnya terus menanjak dan memperlihatkan prestasi yang sangat luar biasa. Dalam waktu singkat, dia sudah mencapai tingkat sejajar dengan Manager. Bagian pekerjaannya yang dianggap 'lahan rupiah' membuat rejeki begitu deras mengalir dan kami menikmati kehidupan yang sangat membahagiakan.

Pembaca yang budiman, sebelumnya tak pernah kuduga, jika kebahagiaan yang tengah kurasakan tiba-tiba disabot oleh kenyataan pahit yang merisaukan, karena mendadak suamiku memperlihatkan tingkah laku yang mencurigakan, mulai dari pulang yang sering terlambat,  sampai sikapnya yang mulai dingin terhadapku.

Awalnya aku bisa menerima alasan yang selalu dilontarkannya, namun ketika kebiasaan pulang malam berlanjut samapi berbulan-bulan bahkan lebih dari satu tahun aku mulai curiga, dan aku berniat menyelidiki kebenaran akan alasan yang selalu dilontarkan suamiku, benarkah ia sibuk dengan urusan pekerjaannya atau sibuk karena hal lain.

Suatu hari dengan naik taksi,  kutunggui suamiku diluar kantornya dan saat mobilnya bergerak keluar aku membuntutinya. Ternyata ia menuju ke kawasan perumahan mewah di Jakarta Timur. Di sudut jalan, aku berhenti untuk mengawasi, hatiku berdebar keras, jantungku nyaris berhenti berdenyut, ketika di pintu pagar suamiku disambut oleh perempuan cantik. Sikap mereka tampak mesra, setelah itu suamiku masuk dan pintu tertutup.

Setelah peristiwa itu, aku berfikir untuk menangkapnya dirumah kekasih gelapnya dan membuktikan kebejatan moral suamiku. Dan akhirnya pikiran itu kuwujudkan saat sekali lagi aku pergoki suamiku berada dirumah itu. Dan apa yang ada dibenaku ternyata benar adanya, dengan sedikit memaksa aku masuk kedalam rumah itu dan kudapati suamiku baru saja selesai mandi, kamipun langsung bertengkar hebat.

Sejak itu, jiwaku terasa hancur. Tak ada semangat hidup lagi setelah mengetahui penyelewengannya. Satu-satunya jalan, aku mengancam akan menghancurkan karirnya dengan cara melaporkan kebejatan moralnya kepada atasannya. Mungkin karena ancaman itu ia takut. Tak lama kemudian ia kembali bersikap seperti biasanya, dan berupaya memperbaiki kekeliruannya.

Pembaca yang budiman, ternyata kebiasaan jatuh cinta pada perempuan lain tak bisa ia kendalikan. Kali ini dia mencintai seorang perawan tua yang berprofesi sebagai guru. Aku tak mengira jika perselingkuhannya kali ini menggiringnya dalam perkawinan resmi. Suamiku menikah lagi. Dan kali ini aku benar-benar mengalami kehancuran yang tak mungkin bisa aku tahan lagi.

Dan selanjutnya suamiku dipecat secara tidak hormat karena melanggar undang-undang kepegawaian terkait perkawinan keduanya, aku menerima nasib yang buruk. Tak ada lagi gaji bulanan yang bisa diberikan suamiku. Tahun-tahun awal kami masih bisa hidup normal dengan tabungan kami.

Namun lewat tiga tahun, aku mulai berusaha untuk mencari uang sendiri, dengan cara bekerja apa saja untuk sekedar menutupi kebutuhan hidup sehari-hari. Suamiku tidak pernah kembali kerumah lagi, dia hidup bersama istrinya sampai punya anak, kehidupannya mungkin dibiayai penuh oleh istrinya.

Selanjutnya kehidupan aku jalani denga perasaan yang sangat pedih, karena penderitaan, kesengsaraan secara bertubi-tubi terus menghantam tat kala suamiku kembali kerumah dengan tubuh yang kurus dan tatapan matanya yang kosong. Laki-laki yang dulu begitu kukagumi kini hanya seorang yang lemah dan aku tak tega untuk mengusirnya. Karena walau bagaimanapun ia masih ayah dari anak-anakku. Aku menerimanya dan menyediakan kamar untuk ditinggali.

Setiap pagi ia pergi entah kemana dan menjelang malam ia kembali kerumah dan langsung mengurung diri dikamar. Aku mulai dihantui baying-bayang ketakutan, beberapa kali ia menatapku dengan pandangan dendam, lalu beberapa kali juga dia mengancamku dengan kekerasan. Dan lama kelamaan aku mulai tak tahan dengan keadaan ini.

Disaat seperti itu aku memutuskan untuk kembali kerumah orang tuaku, setelah anak-anak dapat hidup mandiri dan segera kusampaikan maksudku kepada anak-anak danuntunglah mereka mau menerimanya dan mereka menyokongku utnuk pulang ke kampong halamanku.

Belum setahun aku pulang kerumah orang tuaku, aku menerima telepon dari anakku, suamiku telah kehilangan ingatan. Dia sering keluar ruamh dengan bercelana pendek dan bertelanjang dada. Sering pula berhari-hari tidak pulang. Dikamar tidurnya ia sering mengoceh sendiri. Aku iba mendengarnya, tetapi kebencian sudah menguasai hatiku. Pembaca salahkah sikapku ini, dengan meninggalkanya dalam keadaan yang demikian..?? [Vivi Tan / Jakarta / Tionghoanews]

CITA-CITA ITU MEMBUAT HIDUPKU HANCUR

Posted: 24 Sep 2011 01:09 AM PDT

Story: Sejak kecil aku memang sudah tertarik dengan dunia modeling, apalagi di lingkungan keluarga besarku ada beberapa sepupu dan bahkan kakak kandungku telah menjadi seorang model yang cukup terkenal, walaupun ketenaran tersebut masih berada di level lokal namun bagi keluarga kami prestasi itu sudah cukup membanggakan.

Setelah lulus dari SMU, aktifitasku di dunia modeling semakin membuat aku merasa yakin bahwa aku akan mampu masuk kedalam jajaran para model elit yang ada saat ini. Apalagi aku dibekali dengan keadaan fisik yang memadai, dengan tinggi tubuh 171 cm, wajah yang cantik dan berat tubuh yang proporsional membuat banyak agensi model yang tertarik kepadaku. Awalnya itu semua menjadi bekal keyakinanku bahwa aku pasti bisa  bejaya di dunia glamour yang akan aku geluti.

Namun setelalah beberapa kesempatan aku dapatkan, ternyata apa yang selama ini aku angan-angankan jauh dari kenyataan. Aku hanya mendapatkan kesempatan-kesempatan kecil menjadi model kalender atau produk yang tidak begitu terkenal, itupun aku dapatkan dengan mengorbankan moralku karena untuk mendapatkan job itu, aku harus sedikit berani tampil fulgar jika tidak, para agensi tidak akan pernah memberikan kesempatan.

Dan akhirnya selama hampir satu tahun aku tak juga mendapatkan kesempatan besar, padahal hampir semua 'jalur' aku jajaki, termasuk menggunakan referensi yang diberikan kakak dan saudara-saudaraku, tapi itu semua ternyata tak mempengruhi para agensi, kebanyakan dari mereka meminta 'sesutau' yang lebih dari aku dan aku masih bisa bertahan dengan idelisme aku yang selama ini aku pegang teguh.

Hingga pada suatu saat, datang kesempatan untuk yang kesekian kalinya untukku. Informasi itu aku dapatkan darti seorang teman yang juga berprofesi sebagai model. Singkat cerita, casting yang dilakukan disebuah rumah model cukup terkenal itu aku melakukan berbagai pose baik dalam pakai yang lengkap maupun pakaian yang kuanggap sangat minim. Di sesi kedua itu  aku diharuskan memperagakan pakaian bikini yang transparan, hingga lekuk liku tubuhku yang mulus menjadi santapan empuk sang photographer.

Satu hari setelah casting, telepon genggamgu di hubungi seseorang yang mengaku dari pihak agensi yang kemarin aku ikuti. Orang tersebut mengatakan bahwa pihak agensinya tertarik dengan apa yang aku peragakan kemarin. Selanjutnnya aku di minta menemui bapak Hendro di kantor untuk membicarakan lebih jauh tentang bagaimana dan apa yang selanjutnya aku harus lakukan.

Singkat cerita, aku telah bertemu Pak Hendro  yang aku kenal kemudian adalah sebagai pemilik agensi model. Dan seperti perkiraanku Pak Hendro meminta aku untuk melakukan hal yang menurutku tidak ada sangkut pautnya dengan dunia model dan sudah jelas aku menolaknya atas penilakan tersebut Pak Hendro sepertinya tidak tersinggung.

Setelah mempersilahkan aku meminum hidangan air jeruk, pak Hendro lantas meninggalkan aku untuk beberapa saat. Dan kemudian muncul kembali dengan pakaian yang berbeda, duduk disampingku dan mencoba kembali menawarkan kesepakatan yang barusan aku tolak. Sambil berbicara tangan Pak Hendro meraih pundakku dan tetntu saja aku terkejut dan menghindar.

Namun Pak Hendro sepertnya tak mau menyerah, rangkulan tangannya semakin erat memeluk tubuhku dan saat itu aku merasakan perasaan aneh, tiba-tiba nafasku tersengal dan aliran darahku mengalir dengan cepat, sesaat kemudian entah mengapa aku mulai membalas rangkulan pak Hendro, bahkan lebih liar, tanganku meraba kian kemari mencari-cari sesuatu yang bisa memuaskan dahaga birahiku yang tiba-tiba saja muncul secara menggila.

Semenit telah berlalu, aku merasakan pakaian yang melekat di tubuhku sudah tak ada lagi dan aku merasakan pak Hendro telah berada di atas tubuhku, dan tiba-tiba aku merasakan sesuatu menusuk bagian bawah tubuhku, sesaat kemudian aku mengerang merasakan sakit dan nikmat yang bersamaan dan selanjutnya yang aku lihat bumi seakan berputar dan bergetar, aku mengerang keras saat aliran darahku mengalir dengan cepat sedetik kemudian kegelapan menutupi seluruh kesadaranku.

Saat aku sadar, aku merasakan tubuhku sakit, pakaianku berserakan di lantai dan tangisan akhirnya meledak begitu aku sadar aku telah ternoda. Namun tangis sepertinnya tidak akan menyelesaikan masalah, sambil terisak aku mendapatkan surat kontrak yang tergeletak diatas meja, di surat tersebut tertulis bahwa aku telah di kontrak selama lima tahun dengan nilai kontrak mencapai lima ratus juta rupiah.

Satu minggu setelah peristiwa itu, aku baru menyadari bahwa air jeruk yang aku minum ternyata telah dibubuhi perangsang yang membuat aku tak sadar. Namun itu semua telah menjadi masa laluku, saat ini aku memang sedang menikmati apa yang selama ini aku idamkan walaupun harus mengorbankan seseuatu yang paling berharga bagiku. Dan mudah-mudahan kisahku ini menjadi pelajaran buat kaumku. [Vivi Tan / Jakarta / Tionghoanews]

MATAHARI YANG TAK PERNAH JATUH

Posted: 24 Sep 2011 12:59 AM PDT

Tahun 1730 BCE, raja Jie dari dinasti Xia marah akibat upeti yang dipersembahkan oleh adipati/raja muda setempat bernama Youshi terlalu sedikit. Raja Jie lalu memerintahkan pasukan kerajaan untuk menghukumnya. Youshi yang sadar pasukannya tidak mungkin menandingi pasukan kerajaan menyerahkan putrinya sendiri yang bernama Meixi dan berbagai perhiasan berharga untuk meredakan kemarahan raja Jie.Sebelumnya, Mei Xi dititipkan pesan oleh ayahnya agar mencari cara untuk menghasut rakyat melawan raja Jie.

Kemudian raja Jie dan Mei Xi pindah ke istana baru, setiap hari bersenang-senang. Untuk itu Mei Xi menghasut raja Xie agar menambah 3000 penyanyi dan penari untuk menghibur. Tentu saja 3000 penyanyidan penari itu direkrut secara paksa dari rakyat jelata. Tidak hanya itu, raja Jie juga memerintahkan pejabat-pejabatnya untuk membangun sebuah kolam / danau buatan yang berisi anggur, di sekelilingnya ditanami pepohonan dan tanaman lainnya. Di pohon-pohon tersebut  digantungkan daging yang telah diawetkan (seperti dendeng). Karenanya, terciptalah ungkapan "kolam anggur dan pohon daging". Setiap hari kaisar Jie dan Mei Xi berpesiar dengan perahu mewah di kolam/danau buatan tersebut, menikmati kolam anggur dan pohon daging sambil dihibur dengan 3000 penari dan penyanyi yang mengelilingi kolam / danau buatan itu.

Setelah beberapa lama, Mei Xi bosan dengan nyanyian dan tarian dan tampat murung. Raja Xie yang mencoba membujuknya untuk berpesiar di kolam anggur pohon daging tanpa sengaja menarik dan mengoyakkan lengan baju sutra Mei Xi. Suara koyakan sutra membuat Mei Xi senang, ia lalu meminta raja Xie mengoyakkan lebih banyak kain sutra lagi. Taishi, seorang pejabat senior, bersama bawahannya, Zhong Gu mencoba menasihati perilaku raja Jie yang tidak masuk akal. Namun raja Jie tidak menggubrisnya. Karena kecewa mereka lalu pindah mengungsi ke negara bagian Shang.

Berikutnya, giliran pejabat senior Guan Longfeng masuk istana untuk memberikan nasihat sambil membawa sebuah lukisan kuno. Ketika menghadap, raja Jie kemudian menanyakan perihal benda yang dibawa Guan Longfeng. Ia menjelaskan bahwa benda itu adalah sebuah lukisan kuno. Di dalamnya digambarkan bagaimana nenek moyang raja Xie, raja Yu membangun dinasti Xia. Raja Yu menderita bersama rakyat selama 13 tahun untuk membuat sistem pengairan guna mengatasi banjir yang sering terjadi di Tiongkok. Selama raja Yu memerintah, dia selalu hidup sederhana. Mendengarkan penjelasan ini, raja Jie malu dan marah. Dia lalu memerintahkan agar lukisan kuno itu dibakar. Guan Longfeng yang setia berusaha menyelamatkan lukisan itu dan menolak perintah raja Jie, akhirnya dia dihukum mati (dipenggal). Sesaat sebelum dihukum, Guan Longfeng masih sempat berusaha memberikan nasehat, namun tetap tidak dipedulikan.

Raja Jie kemudian menerima dua selir baru yang menurutnya lebih cantik dari Mei Xi. Dia lalu memerintahkan para pejabatnya untuk membangun dua istana miring yang baru dan lebih mewah untuk kedua selir barunya, namun para pejabat menjawab bahwa dana yang dimiliki keuangan kerajaan sudah tidak sanggup lagi untuk membangun kedua istana baru itu. Mendengar itu, raja Jie bermaksud mengirimkan pasukan untuk menaklukkan dan merampok negara bagian Shang yang kaya. Akan tetapi, pasukan kerajaan juga tidak mempunyai sumber daya lagi untuk mewujudkan keinginan raja Jie. Semua sumber daya negara telah habis dihambur-hamburkan oleh raja Jie dan Mei Xi.
Zhao Liang, seorang pejabat yang licik kemudian menawarkan sebuah ide "memancing harimau turun gunung" kepada raja Jie yang langsung disetujui. Zhao Liang lalu berangkat ke negara bagian Shang sebagai duta negara untuk mengundang raja muda negara bagian Shang, Cheng Tang, datang ke istana Xia dengan alasan raja Jie ingin membahas urusan negara dengan raja muda Cheng Tang. Setibanya Cheng Tang di Xia, dia langsung ditahan di penjara.

Para pejabat Shang lalu mengumpulkan banyak upeti perhiasan dan wanita cantik untuk menebus raja muda Shang. Gembira atas upeti baru itu, raja Jie kemudian mengibaratkan dirinya seperti matahari di langit yang tidak pernah/mungkin jatuh. Karenanya, muncul ungkapan "matahari yang tidak mungkin jatuh".

Setelah bebas dari penjara, raja muda Cheng Tang berusaha keras memakmurkan negara, mengembangkan produksi pertanian dan menunjuk orang-orang berdasarkan jasa dan bakat mereka. Ia lalu mengangkat seorang bijaksana dari klan Youxin bernama Yi Yin. Dia lalu memanggil Yi Yin untuk berdiskusi. Dalam diskusi tersebut, Cheng Tang memuji kebijaksaan dan ketajaman politik Yi Yin, lalu ia meminta Yi Yin membujuk raja Jie untuk meninggalkan cara-caranya yang jahat. Untuk itu Yi Yin segera berangkat ke Xia. Namun tak lama kemudian, Yi Yin sudah kembali. Raja muda Cheng Tang yang heran bertanya kepada Yi Yin mengapa ia cepat sekali kembali. Yi Yin lalu menjawab bahwa dia sudah mengamati raja Jie dari dekat dan menurutnya bahwa raja Jie sudah tidak dapat diperbaiki lagi. Dia lalu menyarankan agar raja muda Cheng Tang mengerahkan segala sumber daya untuk menggulingkan dinasti Xia.

Menuruti saran Yi Yin, Cheng Tang lalu mempersiapkan segalanya. Setelah semuanya dipersiapkan, dia lalu melancarkan pemberontakan yang didukung oleh mayoritas rakyat dan tentara. Pemberontakannya berhasil, dalam perang penentuan di daerah Mingtiao, pasukan Xia akhirnya kalah. Raja Jie kemudian ditangkap dan dipenjara di Nanchao. Tiga tahun kemudian dia wafat. Dengan itu, berakhirlah dinasti Xia dan dinasti Shang bangkit. Matahari palsu itu akhirnya jatuh juga. [Monica Lee / Jakarta / Tionghoanews]

SEGITIGA PASCAL

Posted: 24 Sep 2011 12:51 AM PDT

Gambaran awal tentang sebuah segi tiga pekali binomial muncul pada abad ke-10 dengan ulasan dalam Chandas Shastra, sebuah buku India purba dalam prosodi bahasa Sanskrit yang ditulis oleh Pingala antara abad ke-5–ke-2 SM. Karya Pingala pula hanya muncul tentang pecahan, yang diulas oleh Halayudha, sekitar 975, menggunakan segi tiga itu untuk menjelaskan rujukan kabur pada Meru-prastaara, "Tangga Gunung Meru". Ia juga disedari bahawa pepenjuru pada jumlah segi tiga itu wujud pada nombor Fibonacci. ahli matematik India Bhattotpala (kk. 1068) kemudian memberikan barisan 0-16 pada segi tiga tersebut.

Pada waktu yang sama, ia telah dibincangkan di Parsi (Iran) oleh ahli matematik Al-Karaji (953–1029) dan penyajak-ahli nujum-matematik Omar Khayyám (1048-1131); oleh itu segi tiga dirujukkan sebagai "segi tiga Khayyam" di Iran. Beberapa teorem berkaitan dengan segi tiga untuk diketahui, termasuk teorem binomial. Ternyata kita boleh memastikan bahawa Khayyam menggunakan suatu cara mencari punca ke-n berasaskan pengembangan binomial, dan juga pada pekali binomial.

Pada abad ke-13, Yang Hui (1238-1298) menyampaikan segi tiga aritmetik, yang sama dengan Segi tiga Pascal. Hari ini segi tiga Pascal digelar "segi tiga Yang Hui" di China.

Akhirnya, di Itali, ia dirujuk sebagai "segi tiga Tartaglia", dinamakan untuk ahli algebra Itali Niccolò Fontana Tartaglia yang hidup seabad sebelum Pascal (1500-1577); Tartaglia dikreditkan dengan rumus umum untuk menyelesaikan polinomial kubik (yang mungkin dari Scipione del Ferro tetapi diterbitkan oleh Gerolamo Cardano 1545).

Petrus Apianus ( 1495 -1552 ) menerbitkan Segi tiga itu pada ilustrasi depan bukunya tentang perniagaan 1531/32 dan suatu versi asal pada 1527 yang merupakan rekod pertamanya di Eropa.

Pada 1655, Blaise Pascal menulis sebuah Traité du triangle arithmétique (Perjanjian pada segi tiga aritmetik), iaitu dia mengumpul beberapa penilaian kemudian diketahui mengenai segi tiga itu, dan menggunakannya untuk menyelesaikan masalah teori kebarangkalian. Segi tiga itu kemudian dinamakan sempena nama Pascal oleh Pierre Raymond de Montmort (1708) dan Abraham de Moivre (1730). [Lina Goh / Surabaya / Tionghoanews]

PENGEMIS TERCANTIK DARI CHINA

Posted: 24 Sep 2011 12:42 AM PDT

Kisah ini terungkap berkat seorang reporter yang tanpa sengaja menemukan Loli tengah berada di emperan toko saat sedang mengamen untuk mendapatkan recehan dari belas kasihan orang. Reporter ini terkejut bukan main setelah melihat wajah sang pengemis wanita ternyata sangat cantik dan imut  Yang lebih mengejutkan lagi, wanita itu memakai jaket Adidas dan kontak lens!! Lho kok bisa? Jangan2 pengemis palsu lagi? Dilanda rasa penasaran, reporter itu kemudian melacak tempat tinggalnya di sebuah kawasan rumah kumuh dan berhasil menjepret rumahnya.

Sontak saja, berita ini langsung menyebar ke seluruh Cina dan mendapat perhatian serius dari publik Cina. Belakangan diketahui, gadis ini bernama Han Biyao dan pernah bekerja sebagai waitress. Untuk menyambung hidupnya dan membantu biaya pengobatan ibunya yg sedang sakit, Biyao menjadi musisi jalanan.

Namun, cerita sedih Han Biyao ini agak diragukan karena diduga gadis ini sedang mencari sensasi untuk menjadi terkenal. Ini terungkap dari beberapa foto Biyao yang menampilkan dirinya berpose di sebuah mobil mewah, tinggal di hotel dan pergi ke Hong Kong. Bahkan, sebagain menuding Biyao adalah pelacur. Yang jadi pertanyaan, apakah benar Biyao adalah seorang pengemis atau hanya ulahnya saja yang bikin sensasi? Biarlah agan dan aganwati yang menilai .

Jarang2 ada pengemis kayak gini yang berpenampilan modis dan keren. [Lina Goh / Surabaya / Tionghoanews]

HAKIM TELADAN GU ZOU

Posted: 24 Sep 2011 12:36 AM PDT

Pada dinasti Ming, di provinsi Taicang (sekarang disebut provinsi Jiangsu) ada seorang hakim bernama Gu Zou, orangnya memiliki integritas tinggi dan berbelas kasih, ketika dia mendengar di luar kota ada sebuah pemilik kios roti bernama Jiang dituduh dengan tuduhan palsu mencuri oleh sebab itu dipenjara, Gu Zou setelah mengetahui Jiang ini difitnah orang,  setelah investigasi, akhirnya Jiang dilepaskan karena dia memang tidak bersalah.

Setelah Jiang keluar dari penjara, untuk membalas budi kebaikan Gu Zou membawa anak gadisnya yang berusia 17 tahun ke rumah Gu Zou dan berkata, "Untuk membalas budi tuan, saya membawa anak gadis saya untuk dijadikan selir atau pembantu dirumah tuan. "

Gu Zou menolaknya. Setelah mengetahui perekonomian keluarga Jiang sangat susah, Gu Zou ketika membawa anak gadis Jiang pulang menghadiahkan beberapa barang berharga kepadanya. Pada mulanya keluarga Jiang berpikir mungkin Gu Zou hanya pura-pura saja, lalu mengantar anak gadisnya kembali ke rumah Gu Zou, setelah ke 3 kali berbuat demikian Gu Zou dengan tegas  menolak dan berkata, "Hidup di dunia ini harus saling membantu, sebagai seorang pejabat kewajiban saya adalah mengabdi kepada negara dan rakyat, membela keadilan dengan begitu bisa sebagai contoh mengembalikan moral rakyat, saya dengan tulus membantu anda, didalam hati saya tidak ada kepura-puraan."

Beberapa tahun kemudian, masa jabatan Gu Zou di provinsi Taicang sudah selesai. Pada suatu hari karena urusan dinas dia ditugaskan ke rumah menteri Han Shilang, kebetulan pada saat itu menteri Han tidak berada dirumah, pada saat itu dia mendengar pengawal di rumah menteri berteriak:  "Nyonya Han tiba!", semua orang duduk berlutut.

 Gu Zou sambil berlutut dipintu rumah wajahnya ditundukkan tidak berani memandang nyonya rumah, nyonya rumah berhenti didepannya berkata, "Silahkan berdiri, bukankah engkau tuan Gu Zou dari Taicang? Saya adalah anak gadis keluarga Jiang, saya sangat berterima kasih karena dahulu tuan telah menyelamatkan keluarga saya, tetapi karena keluarga saya miskin akhirnya ayah saya menjual saya kepada seorang saudagar dan saudagar ini menganggap saya sebagai anaknya, dan saya dinikahkan sebagai selir Han, ketika nyonya Han meninggal saya diangkat menjadi istrinya, karena kebaikan tuan maka saya hari ini dapat hidup sebagai orang senang, menerima kebaikan orang yang berupa setitik air harus dibalas dengan mata air, apalagi saya menerima budi yang demikian besar dari tuan! Karena belum terbalas saya merasa sangat menyesal, kebetulan hari ini atas bantuan Tuhan saya dapat bertemu dengan tuan, saya akan menceritakan hal ini kepada suamiku."

Setelah menteri Han Shilang kembali istrinya menceritakan kisah Gu Zou, Han lalu berkata, "Gu Zou seorang pria sejati dan baik hati."

Menteri Han Shilang kemudian menceritakan certia tentang Gu Zou membela rakyat jelata dan keadilan kepada kaisar Ming Xioazhong. Kaisar Ming memujinya, "Seorang pejabat yang dapat menjadi pelindung rakyat, mempunyai loyalitas yang besar kepada negara, saya akan mengangkatnya menjadi menteri hukum." [Lina Goh / Surabaya / Tionghoanews]

BATIK CHINA SERBU TANAH ABANG JAKARTA

Posted: 24 Sep 2011 12:32 AM PDT

Sejumlah pedagang di Pusat Grosir Tanah Abang, Jakarta, masih menjual batik buatan China dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan batik asli buatan Indonesia.

"Iya, sampai sekarang saya masih terus mengimpor produk-produk batik buatan China karena bisa dijual dengan harga yang jauh lebih murah," kata Asti Setya, pemilik salah satu toko batik di Pusat Grosir Tanah Abang, Jakarta, Jumat.

Batik-batik buatan China, kata Asti, semuanya merupakan batik cetak mesin. Berbeda dengan batik lokal yang jenisnya bermacam-macam, yaitu cetak, cap dan tulis.

Hampir sama dengan Asti, Rendy Jaya, pemilik salah satu toko yang hanya menjual batik secara grosir, tidak hanya menjual produk batik buatan China, tetapi juga Malaysia dengan alasan harga jual yang lebih murah.

"Saya menjual berbagai jenis batik, ada yang asli Indonesia, buatan Pekalongan, ada yang dari China dan ada juga yang berasal dari Malaysia. Harganya memang bervariasi, namun yang termurah adalah yang buatan China," kata Rendy.

Rendy menambahkan prosentase batik lokal yang dijual di tokonya adalah sebesar 60 persen, batik China 30 persen dan 10 persen batik Malaysia.

Batik-batik buatan China yang dijual di Pusat Grosir Tanah Abang, Jakarta, terdiri dari berbagai model, mulai dari kemeja laki-laki, kemeja perempuan, blouse hingga gaun.

Harganya berkisar antara Rp.30.000 hingga Rp80.000 per buah, sementara untuk batik buatan lokal, harganya berkisar antara Rp.65.000 sampai jutaan, tergantung jenis dan motif. [Wilson Ng / Jakarta / Tionghoanews]

ENAM PEREMPUAN DIPERLAKUKAN SEBAGAI BUDAK SEKS

Posted: 24 Sep 2011 12:32 AM PDT

Seorang pria di China ditahan setelah mengurung enam perempuan di ruang bawah rumahnya dan memperlakukan mereka sebagai budak seks. Dua di antara korban meninggal dan seorang di antaranya berhasil lolos, serta melaporkannya ke polisi.

Surat kabar Southern Metropolis Daily, seperti dikutip Reuters, melaporkan, pria tersebut bernama Li Hao (34), seorang pensiunan pemadam kebakaran di kantor pemerintahan di Luoyang, Provinsi Henan.

Ia dituduh membunuh dua orang wanita dan menguburnya di ruang bawah tanah rumahnya. Li ditahan sejak 6 September lalu. Dia diduga menculik enam pekerja kelab malam dan memerkosanya berulang kali. Dia juga memperlakukan para korban tidak manusiawi dengan hanya memberi makan tiap dua hari sekali.

Li kadang-kadang melepas para perempuan tersebut dari ruang bawah tanah hanya saat dia kehabisan uang. Ia memaksa para wanita itu berhubungan seks dengan pria lain, dan ia pun memperoleh uang.

Seorang perempuan (23) berhasil meloloskan diri dan melaporkan kejadian tersebut hingga akhirnya misteri ruang bawah tanah terbongkar. Li memiliki satu anak dan seorang istri. Mereka baru menyadari keberadaan ruang bawah tanah tersebut setelah suaminya ditahan.

Dalam proses penyelidikan, polisi menemukan dua mayat terkubur di penjara bawah tanah tersebut. [Lu Xiao Feng / Hong Kong / Tionghoanews]

CARA HALUS KATAKAN AKU CINTA KAMU

Posted: 23 Sep 2011 11:27 PM PDT

Penting untuk mengingatkan pasangan Anda dengan kata-kata bahwa Anda mencintainya setidaknya sekali setiap hari, tapi apa yang dapat Anda lakukan untuk menunjukkan kasih Anda kepadanya dengan tindakan? Meskipun mungkin unik untuk setiap pasangan, ada beberapa hal yang setiap orang dapat lakukan untuk pasangan mereka yang akan menunjukkan cinta dan kasih sayang dengan cara yang jelas.

Pengorbanan

Salah satu cara yang paling penting Anda dapat menunjukkan pasangan Anda bahwa Anda menghargai dia adalah mengorbankan kebutuhan dan keinginan Anda sendiri untuk dirinya. Menempatkan apa yang dia inginkan di peringkat pertama akan menunjukkan padanya bahwa Anda benar-benar peduli padanya; memberikan padanya tanpa pamrih tidak menunjukkan kedalaman cinta yang sama. Lain kali Anda tergoda untuk melakukan sesuatu hanya untuk diri sendiri, pertimbangkan pasangan Anda terlebih dahulu dan dia akan merespon dengan cinta yang lebih dalam dan penghargaan untuk Anda.

Mendengarkan

Dalam perjalanan kehidupan, begitu banyak terjadi hal tak terduga yang dapat membuat orang stres. Memiliki kemampuan untuk mendengarkan pasangan Anda ketika ia membutuhkan seseorang untuk mencurahkan hatinya adalah penting dan perlu untuk hubungan yang abadi. Ketika Anda mendengarkan pasangan Anda berbicara, jangan mengganggu atau mengalihkan perhatian dari dia dengan mengungkapkan pengalaman Anda sendiri. Cukup mendengarkan dan merespons dengan cara yang positif dan menggembirakan yang menunjukkan perhatian Anda untuk dia.

Membantu

Ini mungkin bukan hal ternyaman untuk dilakukan, tetapi membantu pasangan Anda dengan hal-hal yang perlu untuk dilakukan menunjukkan kasih Anda dalam cara yang jelas. Tidak ada banyak penghargaaan dalam melakukan tugas biasa di kehidupan hari demi hari, sehingga mengambil tanggung jawab dari tangan pasangan Anda untuk satu hari akan menunjukkan Anda ingin dia untuk bersantai dan hanya menikmati hidupnya. Sisihkan sedikit waktu Anda untuk membantu pasangan Anda, dan dia akan merasakan cinta Anda dengan cara yang unik.

Memberikan

Anda dapat memberikan cinta dan berkorban untuk pasangan Anda, tetapi juga penting untuk sesekali memberi hadiah tanpa alasan yang jelas. Ada segala macam hadiah yang dapat Anda berikan pada orang yang dicintai, tapi beberapa yang pasti khusus: sesuatu yang Anda buat dengan tangan Anda sendiri, hari yang dihabiskan untuk mengenal satu sama lain, atau sesuatu yang pasangan Anda ingin miliki atau inginkan yang diperlukan sejak lama. Mengejutkan pasangan Anda dengan hadiah menunjukkan cinta dengan cara yang tak terduga tapi sangat bisa diterima. [Liana Yang / Surabaya / Tionghoanews]

ALERGI MAKANAN PADA ANAK-ANAK SEMAKIN PARAH

Posted: 23 Sep 2011 11:28 PM PDT

Banyak anak Amerika Serikat menderita alergi terhadap makanan tertentu melebihi perkiraan sebelumnya, menurut studi Pediatrics (Ilmu kesehatan anak) baru yang diterbitkan secara online di awal 20 Juni.

Dipimpin oleh Dr. Ruchi Gupta dari Northwestern University Feinberg School of Medicine, tim peneliti mensurvei lebih dari 40.000 rumah tangga yang memiliki anak di Amerika Serikat.

Mereka menemukan bahwa hampir delapan persen anak atau hampir enam juta orang di bawah usia 18 tahun, menderita alergi terhadap makanan. Kondisi ini melipatgandakan persentase yang diperkirakan oleh National Health Interview Survey pada 2007.

Dari hasil survei didapatkan, 30,4 persen anak menderita multi alergi dan hampir 40 persen anak pernah mengalami reaksi yang parah, dengan penyebab alergi terbanyak adalah kacang, susu, dan kerang.

"Dengan melibatkan populasi yang demikian besar, penelitian ini dapat menunjukkan bahwa makanan penyebab alergi merupakan masalah penting dan semakin berkembang dalam masyarakat," kata Gupta dalam siaran persnya. "Berdasarkan data yang dihimpun, sekitar 1 dari setiap 13 anak menderita alergi terhadap makanan tertentu. Terlebih, hampir 2 dari setiap 5 anak penderita alergi mengalami alergi makanan yang parah."

"Bagi anak-anak ini, konsumsi makanan yang dapat menyebabkan alergi mengakibatkan kesulitan bernapas, penurunan tekanan darah secara tajam, dan bahkan kematian," tambahnya. "Sekarang ketika kita telah memahami sejauh mana masalah makanan menjadi penyebab alergi, kita dapat mulai mengambil langkah yang diperlukan untuk menjaga agar anak-anak kita aman."

Para peneliti juga menemukan perbedaan prosentase dan secara formal mendiagnosis makanan penyebab alergi berdasarkan ras, pendapatan, dan distribusi geografis.

Anak-anak Asia dan anak berkulit hitam memiliki peluang lebih tinggi menderita alergi makanan dibandingkan dengan anak kulit putih non-Hispanik, tetapi memiliki peluang yang lebih rendah menerima diagnosis medis.

Demikian juga, rumah tangga dengan pendapatan lebih rendah dari 475 juta rupiah memiliki kemungkinan 1 banding 2 menderita alergi makanan dibandingkan rumah tangga yang memiliki pendapatan lebih dari 475 juta rupiah, tetapi juga memiliki setengah kemungkinan menerima diagnosis.

Para peneliti menemukan bahwa mereka yang tinggal di luar Midwest (negara-negara bagian utara Amerika Serikat) memiliki peluang lebih tinggi mengalami alergi makanan dibandingkan dengan mereka yang hidup di luar Midwest.

"Dengan memahami mengapa sebagian anak terpengaruh oleh makanan yang mengakibatkan alergi sementara yang lain tidak, akan membuat kita lebih memfokuskan upaya untuk menemukan obat yang diperlukan," kata Gupta. [Ginger Chan, New York, Tionghoanews]

No comments:

Post a Comment