Sunday 25 September 2011

印尼华人 (21/1)

印尼华人 (21/1)


HUBUNGI AKU JIKA KAU BUTUH AKU

Posted: 25 Sep 2011 08:36 AM PDT

Story: Kuberanikan diri untuk menulis cerita ini, pengalaman berselingkuh dengan teman sekantorku dulu saat aku masih bekerja disebuah perusahaan swasta di Kota J. Selingkuhanku ini, sebut saja namanya Vera (bukan nama sebenarnya) merupakan bawahanku di kantor. Kami berdua menempati ruangan yang sama. Aku akui Vera merupakan bawahanku yang sangat menyenangkan, cerdas, rajin dan yang terutama wajahnya cantik dengan tubuh yang padat berisi.

Sejak pertama kali bertemu, aku langsung tertarik dan terbesit pikiran-pikiran negative di otakku. Tetapi aku tidak berani menampakannya, selain baru mengenalnya, aku juga tak ingin merusak reputasiku sebagai seorang atasan. Saat itu aku hanya berani berhayal bisa mendapatkan kehangatan tubuhnya dan sesekali mencuri-curi pandang untuk menatap bentuk tubuhnya yang begitu menggoda.

Tapi semakin lama mengenalnya, semakin aku tak tahan untuk bisa mendapatkannya. Hingga suatu hari aku memberanikan diri untuk mengajaknya makan siang dan ternyata ia tak keberetan.  Semakin hari aku mulai sering mengajak makan siang ke luar kantor berdua. Hal ini banyak dilakukan oleh karyawan-karyawati lainnya. Dengan demikian orang tentu saja tidak beranggapan bahwa kami intim atau pacaran.

Upaya ini hanya bertujuan untuk mengetahui bagaimana reaksinya saat aku memancingnya dengan obrolan-obrolan yang menjurus masalah seputar seks. Dan ternyata untuk urusan yang satu ini, Vera begitu antusias bahkan sepertinya ia lebih 'gila' dari penampilannya yang begitu tenang. Hal ini tentunya membuat aku bertambah penasaran dan berniat untuk mewujudkan hayalanku selama ini.

Dan akhirnya semuanya menjadi kenyataan saat kami berdua diutus untuk mempresentasikan sebuah produk baru dari perusahaan kami. Saat berada dipesawat kami duduk bersebelahan dan kebetulan kursi yang harusnya berisi tiga orang hanya ditempati dua orang. Terus terang baru pertama kali itu kami duduk berdekatan dan bersebelahan, walaupun sudah sering 'sekamar' di kantor. Sebagai lelaki normal, hatiku berdebar-debar juga dibuatnya

Tapi, aku masih ingin terus melakukan 'test' terhadap Vera. Dengan sengaja tangan kananku aku letakkan di atas pahanya. Ternyata Vera diam saja dan tidak memberi reaksi. Kami pun terus ngobrol sepanjang penerbangan dengan tanganku tetap 'numpang' di atas pahanya. Karena tidak ada reaksi darinya, maka jari-jarikupun mulai mengelus.  Sekali lagi Vera diam saja.. Tapi, tak disangka tangannya pun juga memegang tanganku. Akhirnya kami saling berpegangan tangan.

Sesampainya di kota tujuan, kami lantas mencari hotel untuk menginap. Saat itu aku sengaja memesan dua kamar, karena aku masih merasa canggung dan ragu. Selain itu aku ingin memberi kesan bahwa hubungan kami memang sebatas atasan dan bawahan. Aku juga tak ingin laporan perjalanan kami terhadap kantor hanya menyantumkan biaya satu kamar, padahal kami berangkat berdua.

Tetapi rupanya rasa yang bergejolak pada diri kami berdua tak lagi bisa dikendalikan. Setelah selesai melakukan presentasi, kami kembali ke hotel. dan saat itulah Vera mengajak masuk ke kamarnya dan kemudian sudah bisa ditebak apa yang selanjutnya terjadi. Yang membuat aku terkejut, Vera ternyata begitu hot, bahkan bisa dibilang sangat liar. Vera juga selalu memegang kendali dan berinisiatif untuk berganti-ganti posisi, singkatnya aku sama sekali tak berkutik melayani 'permaianannya'.

Dan itulah awal dari perselingkuhanku dengan Vera, ia memang sangat menikmati seks. Gejolak yang ia rasakan semakin hari semakin liar saja. Suatu saat Vera sepertinya tak dapat mengendalikan nafsu seksnya yang demikian tinggi. Dan akhirnya perbuatan terlarang itu kami lakukan di ruangan kantor, namun demikian aku selalu menggunakan pengaman karena walau bagaimanapun juga aku tak ingin perselingkuhan ini membuat Vera hamil.

Komitmen-komitmen  kami berdua sangat sederhana dan simple. Tidak ada niat untuk saling memiliki satu atas yang lain. Tidak boleh 'main' dengan orang lain untuk menghindari penyakit seksual yang menular.  Tak terasa hubungan kami sudah berlangsung 12 tahun. Walaupun 5 tahun yang lalu aku pindah kerja ke Kota S dan Vera masih bekerja di Kota J, tetapi hubungan kami masih seperti yang dulu. "Call me.. if you need me..", kata Vera selalu. Entah sampai kapan.. !!! [Vivi Tan / Jakarta / Tionghoanews]

HAL-HAL YANG DISUKAI WANITA, TAPI DIBENCI PRIA

Posted: 25 Sep 2011 08:33 AM PDT

Ada banyak hal yang disukai wanita tapi pria justru membencinya. Wanita sering menganggap sepele hal ini, tapi melalui sebuah survei, para pria pun mengakui 3 hal tersebut. Apa saja?

Seperti Dikutip dari Yourtango, Berikut ini 3 hal yang sebenarnya tidak disukai pria tapi wanita menganggap pria menyukai hal tersebut.

1. Bunga

Pria tidak pernah tersentuh dengan bunga. Pria lebih tersentuh dengan seorang legenda sepak bola atau lagu yang mengingatkan masa-masa indah dahulu. Sementara itu, wanita justru sangat menyukai bunga dan merasa tersanjung jika diberi bunga. Tapi sebaiknya jangan berikan bunga pada pria.

Indera penciuman wanita lebih sensitif ketika mencium bunga, dan hal itu akan membuat bagian otak yang mengatur emosi menjadi lebih aktif dan mengeluarkan hormon-hormon pembawa rasa senang seperti oxytocin. Itulah mengapa wanita gampang diluluhkan dengan bunga.

2. Bicara di telepon

Pria sebenarnya tidak suka berbicara di telepon. Menurut survei yang dilakukan Emandlo.com, pria mengaku tidak suka membagi perasaan atau bercerita dengan pasangannya di telepon.

Pria merasa buang-buang waktu saja berbicara panjang lebar di telepon. Padahal ketika awal pendekatan pada seorang wanita, pria rela menelepon berjam-jam hanya untuk mendengarkan suara si wanita atau bercerita apa saja. Tapi setelah menjadi pasangan sebenarnya, kebiasaannya itu justru terbalik dilakukan oleh wanita.

Berbeda dengan pria, wanita justru merasa wajib berbicara di telepon dengan pasangannya jika ada masalah atau sekedar menanyakan kabar. Mereka senang berbagi perasaan dalam setiap kondisi.

Satu lagi yang dibenci pria saat menelepon adalah karena wanita akan lebih mendominasi percakapan ketimbang pria. Alhasil, ia hanya akan bertindak sebagai pendengar dan pemberi respons. Tapi satu-satunya hal yang disukai pria saat bertelepon dengan pasangannya adalah ketika membicarakan soal seks (phone sex).

3. Belanja

Sebenarnya pria juga suka berbelanja. Tapi pria hanya suka belanja jika benar-benar perlu belanja. Hal itu berbeda dengan wanita yang lebih suka belanja hanya untuk melihat-lihat barang apa yang sedang diskon hari itu.

Wanita tidak punya batasan waktu untuk melihat-lihat. Bagi wanita, tidak masalah kalaupun tidak membeli apa-apa, yang penting mereka sudah berkeliling dan melihat-lihat. Mungkin bagi wanita hal itu menyenangkan, tapi bagi pria tidak.

Jadi, tidak selamanya yang disukai wanita disukai pria juga. Setiap pasangan harus bisa saling mengerti dengan hal-hal tersebut jika ingin hubungannya tetap awet. [Li Hong / Jakarta / Tionghoanews]

BAGAIMANA MENDAPATKAN KEHIDUPAN CINTA ANDA KEMBALI ?

Posted: 25 Sep 2011 08:29 AM PDT

Mendapatkan kehidupan cinta Anda kembali ke jalur dapat diperlukan setelah perpisahan yang buruk atau jika Anda telah absen dari dunia kencan. Meskipun setiap orang berbeda, cara yang paling efektif untuk memulai kembali kehidupan romantis Anda sering membuat anda untuk mengumpulkan rasa percaya diri Anda dan menempatkan diri ke dalam situasi baru. Ini akan memungkinkan Anda untuk membuat koneksi baru dan secara bertahap membangun momentum menuju menemukan hubungan baru yang memuaskan.

1. Mengembangkan keyakinan tentang atribut positif Anda dalam kencan dan hubungan. Meskipun ada berbagai latihan yang dapat membantu Anda mencapai hal ini, solusi sederhana adalah dengan membuat daftar karakteristik favorit Anda tentang diri Anda dan merujuk kembali ke sana ketika Anda membutuhkan dorongan tambahan harga diri.

2. Belajar dari sejarah kencan Anda. Meluangkan waktu untuk mempertimbangkan apakah pengalaman sebelumnya dapat mengajari Anda tentang cara terbaik untuk maju dalam kehidupan cinta Anda. Sebagai contoh, mengingat lokasi dan situasi di mana Anda telah sukses khususnya dalam bertemu orang dari hubungan sebelumnya.

3. Temui orang-orang baru dalam suasana santai. Bagi sebagian orang, sangat membantu untuk "mudah" kembali ke kencan dengan pergi ke lingkungan sosial yang tidak berfokus secara tradisional pada pertemuan para lajang, memberi mereka ruang untuk tumbuh kembali dan terbiasa bertemu orang-orang baru secara teratur.

4. Memberikan sinyal positif. Buatlah upaya dengan penampilan Anda agar terlihat bersemangat dan menarik, dan selalu memperkenalkan diri dengan tersenyum. Hindari bahasa tubuh tertutup, seperti menyilangkan tangan Anda.

5. Jelajahi situasi dan lingkungan baru. Setelah Anda merasa nyaman bersosialisasi lagi, Anda harus secara aktif melihat keluar pada situasi dan acara baru yang menarik. Ini akan memungkinkan Anda untuk bertemu orang-orang yang Anda tidak kenal sebelumnya, dan dapat memberikan rasa percaya diri dan tambahan petualangan melalui mencoba hal baru. [Li Hong / Jakarta / Tionghoanews]

CARA MEMBANGUN BATAS HUBUNGAN

Posted: 25 Sep 2011 08:26 AM PDT

Banyak pasangan menetapkan batas-batas dalam hubungan mereka untuk berbagai alasan. Batas pedoman yang membantu melindungi diri dan pasangan satu sama lain, dan membantu melestarikan individualisme, integritas dan perasaan masing-masing. Orang yang menetapkan batas-batas harus menyadari bahwa tidak masalah untuk mengatakan "tidak" kepada orang lain. Dengan mengembangkan satu set batas-batas, Anda dapat menghindari merasa frustrasi dan kewalahan oleh banyak hal, termasuk diri sendiri atau merasa seperti dimanfaatkan oleh orang yang mengambil keuntungan dari Anda.

1. Periksa hidup anda. Jika Anda merasa frustasi atau kewalahan, Anda mungkin perlu untuk membangun satu set batas. Menetapkan batas akan membantu Anda memprioritaskan kehidupan Anda dan tetap beroperasi dengan lancar. Ini juga akan membantu Anda menghindari menjadi terlalu sibuk dan merasa dimanfaatkan atau kewalahan oleh orang lain.

2. Menentukan area di mana Anda perlu batas. Sebagai contoh, jika sekolah anak Anda sering memanggil Anda untuk menjadi sukarelawan dan Anda tidak bisa mengatakan tidak karena rasa bersalah atau alasan lain, Anda mungkin perlu batas. Dalam contoh ini, tetapkan batas yang membatasi jumlah waktu Anda setuju untuk menjadi relawan. Jika relawan seminggu sekali benar-benar apa yang Anda inginkan dan dapat masuk ke dalam jadwal Anda, maka atur batas ini dan tepati itu.

3. Yakinkan diri bahwa batas-batas penting. Kembangkan daftar batas-batas yang diperlukan, dan masukkan dalam pikiran. Sadarilah bahwa Anda dapat menjadi lebih baik dalam banyak hal ketika Anda tidak kewalahan oleh mereka. Atur batas-batas Anda dalam suatu cara yang memungkinkan waktu untuk Anda dan keluarga Anda dan teman-teman. Ingatlah apa prioritas utama Anda dalam hidup dan mengakui bahwa perasaan orang lain tidak selalu lebih penting daripada Anda sendiri.

4. Belajarlah untuk mengatakan tidak. Setelah Anda telah memeriksa hubungan Anda dan membuat beberapa batasan, belajar untuk mengatakan tidak. Jika, misalnya, Anda telah membuat batas untuk bertemu seorang teman untuk makan siang hanya sekali seminggu, dan dua orang teman menelepon Anda untuk janji makan siang, tunda pertemuan teman kedua hingga tanggal yang akan datang. Jadilah hormat dan baik, namun jelaskan bahwa Anda tidak dapat makan siang minggu ini karena keterbatasan waktu, namun Anda akan senang bertemu dia minggu depan. Tetap dengan keputusan Anda dan tidak merasa buruk atau bersalah untuk mengatakan tidak.

5. Menganalisis batas-batas Anda. Secara berkala, lihat daftar Anda dan menentukan apakah batasan-batasan ini masih berlaku. Jika perlu disesuaikan, ubahlah. Beranikan diri untuk tetap dengan batas dan Anda kemungkinan besar akan mulai melihat perbedaan dalam hidup Anda. [Li Hong / Jakarta / Tionghoanews]

BAGAIMANA MENANGANI KEKECEWAAN ?

Posted: 25 Sep 2011 08:24 AM PDT

Kekecewaan adalah salah satu perasaan paling sulit untuk diatasi. Ketika salah satu teman Anda mengecewakan Anda, kadang-kadang sulit untuk menangani secara emosional. Belajarlah untuk menangani kekecewaan Anda dengan cara yang sehat dan positif, sehingga Anda bisa mendapatkan lebih dari itu dan melanjutkan.

1. Mengevaluasi kembali harapan Anda teman Anda. Kadang-kadang Anda mengalami perasaan kecewa karena Anda menetapkan harapan terlalu tinggi. Tanyakan diri sendiri apakah Anda sedang realistis tentang persahabatan. Mungkin teman Anda terlalu sibuk untuk bertemu setiap akhir pekan. Pastikan Anda tidak meminta terlalu banyak pada teman Anda.

2. Bicara tentang perasaan Anda. Tangani kekecewaan Anda dengan komunikasi yang jelas. Teman Anda tidak dapat mengubah perilakunya jika ia tidak menyadari bagaimana hal itu membuat Anda merasa. Anda akan merasa divalidasi jika ia mengakui perasaan Anda.

3. Memahami. Teman Anda mungkin tidak benar-benar berniat membuat Anda kecewa. Mungkin ada peristiwa stres yang terjadi dalam hidup teman Anda yang menyebabkan dia bertindak seperti itu. Memahami bahwa setiap orang membuat kesalahan. Menangani kekecewaan Anda dengan tidak berkubang di dalamnya. Maafkan teman Anda dan terus maju.

4. Carilah pelajaran dalam situasi sulit. Setiap kekecewaan membawa kesempatan untuk belajar, bahkan ketika itu disebabkan oleh seorang teman. Mencari pelajaran membantu Anda mengubah perasaan negatif menjadi sesuatu yang positif.

5. Menjaga perspektif Anda. Kekecewaan Anda mungkin tampak seperti masalah besar sekarang, tapi mungkin tidak. Tanyakan pada diri sendiri berapa banyak kekecewaan Anda akan mengganggu Anda seminggu dari sekarang, setahun dari sekarang dan lima tahun dari sekarang. Hal ini membantu menjaga masalah kecil dalam perspektif yang tepat. [Li Hong / Jakarta / Tionghoanews]

BAGAIMANA MEMBUAT HIDUP TETAO DI JALUR ?

Posted: 25 Sep 2011 08:23 AM PDT

Semua orang menghadapi hambatan dalam kehidupan mereka dari waktu dan waktu. Perasaan kebingungan dan keputusasaan, bahkan depresi, dapat menyalip Anda selama masa-masa buruk. Ketika hidup Anda keluar jalur, ada banyak cara untuk memperbaiki situasi Anda dan mencapai keberhasilan, baik secara pribadi dan profesional. Dengan sikap positif dan ketekunan, siapapun bisa memperbaiki nasib mereka dalam hidup tidak peduli berapa hal yang mungkin tampak suram pada waktu tertentu. Dengan mengembangkan kebiasaan kerja yang baik dan pemahaman dinamika hubungan pribadi, siapa pun dapat mencapai tujuan mereka.

1. Menganalisis apa bagian hidup Anda yang perlu peningkatan. Saat kita keluar jalur dalam satu bidang kehidupan kita, mungkin memiliki efek domino dan menggulingkan bagian lainnya yang tampaknya tidak berhubungan dari kehidupan kita. Jika kita tidak puas pada pekerjaan kita, kita dapat membawa pulang ketidakpuasan kita dengan kita, yang dapat menyebabkan ketegangan dengan pasangan kita, anak-anak dan teman-teman. Buat daftar semua wilayah positif dan negatif dari kehidupan Anda dan bagaimana Anda ingin mengubahnya. Jujur dengan diri sendiri.

2. Tetapkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, pelajari diet yang berbeda dan memilih satu yang paling sesuai untuk tipe tubuh Anda dan gaya hidup. Dapatkan keanggotaan gym dan pergi ke sana setiap hari. Jika Anda memiliki masalah keuangan, tetapkan anggaran dan tepatilah, melamar pekerjaan yang gajinya lebih tinggi atau memulai bisnis Anda sendiri. Dalam setiap tujuan besar, buat aturan "tujuan mini " untuk setiap hari atau minggu.

3. Meninjau kemajuan Anda secara teratur. Sisihkan waktu setiap minggu untuk melakukan inventarisasi tujuan Anda dan prestasi. Anda mungkin perlu menyesuaikan waktu Anda atau fokus utama Anda, tergantung pada apa yang terjadi dalam hidup Anda. Ketahuilah bahwa perubahan adalah satu-satunya yang konstan dan kemampuan untuk beradaptasi dengan situasi yang berbeda sering menjadi kunci keberhasilan.

4. Hilangkan orang yang beracun. Setelah meninjau hubungan Anda, tentukan teman-teman, anggota keluarga dan rekan bisnis yang mengelilingi Anda dengan penguatan positif dan mana yang "vampir emosional. Mengidentifikasi tipe orang dan belajar bagaimana berurusan dengan mereka, atau menghilangkan mereka dari kehidupan Anda sepenuhnya, dapat membantu Anda melawan orang yang tidak baik dan membebaskan Anda untuk menjadi lebih produktif.

5. Baca buku, blog dan artikel pertumbuhan pribadi. Anda dapat tetap termotivasi dan belajar teknik baru untuk membangun energi Anda dan harga diri. Dari buku klasik sampai modern,untuk perbaikan mental, emosional dan fisik akan membuat Anda di jalur yang benar bahkan ketika Anda merasa seperti tergelincir kembali ke kebiasaan buruk.

6. Mengurangi stres. Mendapatkan kehidupan yang baik dan menjaganya membutuhkan konsentrasi dan kemampuan untuk membuat keputusan dalam cara yang rasional. Jika Anda terus-menerus di bawah stres, Anda tidak akan mampu membuat keputusan yang tepat. Belajarlah untuk bermeditasi atau melakukan yoga. Dengarkan musik klasik. Cari tempat yang tenang di rumah atau apartemen untuk merenungkan pekerjaan Anda atau menyelesaikan masalah. [Li Hong / Jakarta / Tionghoanews]

HADANG PRODUK CHINA DENGAN MENAIKKAN BEA MASUK

Posted: 25 Sep 2011 08:11 AM PDT

Ketua Komite Tetap Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Handito Joewono menilai, Indonesia tidak dapat menghambat masuknya produk impor pada saat krisis, sama seperti sebelum krisis.

Satu-satunya cara menghambat serbuan produk China adalah dengan mengurangi minat beli masyarakat terhadap produk tersebut. Mengurangi minat salah satunya dapat ditempuh dengan membuat harga produk impor lebih mahal dari produk dalam negeri.

"Minat beli terhadap produk impor bisa di kurangi melalui pemberlakuan pajak atau bea masuk dan sejenisnya yang akan meningkatkan harga jual produk impor," jelas Handito dalam surat elektroniknya, Minggu (25/9).

Bersamaan dengan itu, minat beli terhadap produk dalam negeri terus ditingkatkan. "Kampanye produk Indonesia, perbaikan kualitas, dan peningkatan daya saing merupakan cara efektif untuk meningkatkannya," lanjutnya.

Menghambat impor dengan membuat aturan yang diskriminatif, melanggar peraturan World Trade Organization (WTO) atau melanggar kesepakatan Free Trade Agreement. Hal itu dapat berdampak negatif terhadap ekspor Indonesia.

"Hal demikian bisa menimbulkan reciprocal action dari negara yang dirugikan dengan langkah tersebut," katanya. [Tony Ng / Jakarta / Tionghoanews]

JANGAN PAKAI 5 BENDA INI BERSAMA ORANG LAIN

Posted: 25 Sep 2011 07:56 AM PDT

Sejak kecil orangtua sudah mengajarkan kita pentingnya perbuatan tersebut dalam hidup. Tetapi, dalam hal kesehatan ada beberapa benda yang sebaiknya tidak Anda bagi pemakaiannya dengan orang lain.

1. Sikat gigi

Jangan pernah berbagi sikat gigi dengan orang lain, bahkan dengan pasangan yang baru saja Anda cium. Menurut Chuck Gerba, ahli mikrobiologi lingkungan dari Universitas Arizona, AS, saat kita menyikat gigi ada sebagian kulit yang terkelupas dan mungkin menempel di sikat gigi.

"Ada beberapa jenis virus yang bisa berpindah melalui sikat gigi, seperti hepatitis B dan C, HIV, serta penyakit saluran pernapasan," katanya. Hal itu terutama jika kita sedang menderita luka di bagian mulut atau radang gusi.

2. Sisir

Meski tampak tidak berbahaya, namun menurut Gerba sisir juga bisa menjadi media penularan penyakit. "Beberapa jenis bakteri dan bakteri yang kebal antibiotik atau MRSA bisa ditemukan pada sisir karena lapisan kulit kepala bisa tersangkut di sisir," katanya.

Ia menyarankan agar kita selalu membawa sisir pribadi. Namun bagaimana dengan sisir di salon? Gerba merekomendasikan agar kita memilih salon langganan yang bersih sehingga bisa dipastikan mereka secara rutin membersihkan alat-alatnya.

3. Ponsel

Tahukah Anda telepon seluler (ponsel) menyimpan banyak bakteri karena seringnya ia disentuh namun tak pernah dibersihkan. Bahkan, menurut penelitian ponsel milik wanita jauh lebih kotor dibanding ponsel kepunyaan para pria. Salah satu penyebabnya adalah wanita juga sering menyentuh alat kosmetik dan mereka lebih rentan terkena flu. Penelitian menunjukkan bakteri yang sering tertinggal di permukaan ponsel antara lain bakteri penyebab influenza.

4. Pisau cukur

Pisau cukur juga termasuk dalam benda yang wajib Anda pakai secara pribadi. Terlihat atau tidak, pisau cukur sering menggores kulit hingga berdarah. Beberapa penyakit infeksi seperti hepatitis B bisa ditularkan melalui penggunaan pisau cukur yang tidak steril. Apalagi banyak orang pembawa (carrier) virus hepatitis yang tidak menyadari dirinya mengidap virus ini.

5. Kosmetik

Berhati-hatilah saat menggunakan contoh produk kosmetik di toko karena sudah dipakai oleh ratusan pembeli. Penelitian selama dua tahun menemukan jumlah bakteri yang sangat banyak pada berbagai sampel produk kosmetik di departement store, terutama lipstik, krim wajah, dan kuas pemulas wajah dan mata. Pada penelitian yang dilakukan di hari Jumat, Sabtu, dan Minggu, itu ditemukan bahwa jumlah bakteri di sampel kosmetik pada hari minggu jauh lebih banyak dibanding hari lain. [Anita Li / Jayapura / Papua / Tionghoanews]

BAHAYA ! JANGAN JEMUR PAKAIAN DALAM RUMAH

Posted: 25 Sep 2011 03:30 AM PDT

Mengeringkan pakaian di dalam rumah ternyata berbahaya bagi kesehatan tubuh dan bisa memicu penyakit. Aroma segar dan dingin di dalam rumah yang bercampur bekas cucian memiliki dampak buruk bagi tubuh.

Hal ini terjadi jika terhirup dalam jangka waktu lama. Demikian menurut para ilmuwan Amerika Serikat dan para ahli pencemaran lingkungan dari University of Washington di Seattle, belum lama ini.

Para peneliti meneliti penguapan yang terjadi di tempat pengeringan pakaian. Hasilnya mereka menemukan sekitar 25 senyawa organik yang mudah menguap serta tujuh polutan udara berbahaya. Hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan jika terhirup dan dapat menyebabkan kanker. Dua dari zat berbahaya tersebut adalah asetaldehida dan benzene, yang diketahui sebagai racun karsinogen.

Orang-orang yang sering berada di daerah tempat pengeringan tersebut, umumnya sering merasakan sakit kepala dan masalah dengan kesehatan. Jadi cara terbaik mengeringkan pakaian adalah dengan mengeringkan di tempat terbuka. Jika perlu menggunakan pengering khusus, bukan menjemurnya di dalam rumah. [Widya Wong / Pontianak / Tionghoanews]

KITA WAJIB KETAHUI MANFAAT MANDI PAGI

Posted: 25 Sep 2011 03:18 AM PDT

Rutinitas yang padat sehari-hari menuntut kita senantiasa aktif dan produktif. Untuk itu, diperlukan kondisi tubuh yang segar dan prima agar kita bisa menjalankan berbagai aktivitas sepanjang hari. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat tubuh menjadi lebih segar dan tetap prima adalah dengan mandi pagi.

Saya yakin kamu semua melakukan kebiasaan ini setiap hari bukan. Memang terkesan sepele namun sangat berguna dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Menurut beberapa penelitian, sebaiknya manusia membiasakan diri untuk mandi pagi setiap hari dengan air dingin. Mandi pagi dengan air dingin tidak hanya bertujuan untuk membersihkan badan saja loh. Ternyata kebiasaan ini memiliki banyak manfaat lainnya yang berguna bagi kesehatan manusia.

Berikut 7 manfaat mandi pagi dengan air dingin yang perlu kamu ketahui :

1. Mandi pagi mampu melancarkan peredaran darah.

Menurut hasil penelitian sebuah lembaga riset trombosit di Inggris, jika seseorang sering mandi pagi dengan air dingin, maka peredaran darahnya akan menjadi lebih lancar. Tubuh juga akan terasa lebih segar dan bugar. Hal ini tentu akan sangat berguna sebagai bekal kita untuk menjalani kegiatan sehari-hari.

2. Mandi dengan air dingin akan meningkatkan sel darah putih.

Masih menurut hasil studi di Inggris, mandi dengan air dingin akan meningkatkan sel darah putih dalam tubuh. Bila sel darah putih dalam tubuh meningkat, maka daya tahan dan kemampuan tubuh dalam melawan virus pun akan semakin meningkat. Manfaat positifnya tubuh akan menjadi lebih prima dan tidak mudah sakit karena daya tahan tubuh selalu terjaga dengan baik.

3. Mandi dengan air dingin bisa menurunkan resiko darah tinggi.

Menurut Frederic Premji, seorang hipnoterapis dari The American Board of Hypnotherapy, mandi air dingin akan menurunkan resiko timbulnya darah tinggi, varises dan mengerasnya pembuluh darah. Hal ini disebabkan karena mandi air dingin akan melancarkan seluruh sirkulasi darah ke organ-organ tubuh.

4. Mandi dengan air dingin dapat meningkatkan kesuburan.

Mandi pagi dengan air dingin memiliki efek positif bagi kesehatan reproduksi manusia. Manfaatnya yaitu untuk meningkatkan produksi hormone testosterone pada pria dan hormone estrogen pada wanita. Akibatnya, kesuburan dan gairah seksual pun akan semakin meningkat.

5. Mandi pagi memperbaiki kesehatan jaringan tubuh.

Kebiasaan mandi pagi dengan air dingin setiap hari berdampak positif juga pada kesehatan jaringan tubuh manusia. Dengan kebiasaan ini, jaringan kulit akan semakin membaik, kulit tidak kering dan menjadi lebih kenyal. Mandi dengan air dingin juga mampu mengurangi noda dan lingkaran hitam pada bagian bawah mata. Sehingga, kesegaran wajah akan semakin terpancar. Sebaliknya bila mandi dengan air hangat, maka kulit lebih mudah keriput dan kurang kenyal.

Selain itu, mandi dengan air dingin juga berdampak positif pada jaringan kuku. Kuku pun akan menjadi lebih sehat, kuat dan tidak mudah retak.

6. Mandi pagi dengan air dingin dapat membuat rambut lebih sehat.

Apa sih yang terjadi pada rambut bila dibilas dengan air dingin? Ternyata air dingin bisa menutupi kutikula rambut, sehingga mampu mengurangi kerontokan. Rambut pun akan lebih terlindungi dari kotoran-kotoran yang biasanya menempel pada kulit kepala. Dengan demikian rambut akan menjadi lebih sehat dan kuat.

7. Mandi air dingin berkhasiat meredakan depresi.

Ritual mandi pagi dengan air dingin biasa dilakukan oleh para pejuang samurai Jepang tempo dulu. Ritual ini biasa disebut misogi dalam bahasa Jepang. Kebiasaan ini bertujuan untuk membersihkan jiwa sehingga pikiran menjadi lebih tenang dan bisa menjalani hari-hari dengan penuh semangat.

Namun, terlepas dari ritual yang biasa dilakukan orang Jepang tersbut, rasanya memang logis ya bila mandi air dingin bisa berefek meredakan depresi dan stress. Coba bayangkan bila kita sedang suntuk, dalam keadaan tegang atau depresi karena sesuatu hal, setelah kita mandi maka tubuh akan terasa lebih segar, pikiran menjadi lebih tenang, jernih, dan lebih rileks ya kan. [Sunny Lin / Pekanbaru / Tionghoanews]

TREN PENULARAN HIV/AIDS BERALIH PADA HETEROSEKSUAL

Posted: 25 Sep 2011 02:47 AM PDT

Sejak tahun 2008, tren penularan HIV/AIDS beralih yaitu dari pecandu narkoba menjadi perilaku heteroseksual. Dari perilaku heteroseksual tersebut, jumlah laki-laki positif HIV/AIDS lebih tinggi ketimbang wanita, dengan usia dominan yaitu  20-29 tahun.

Koordinator Bidang Ilmiah Pertemuan Nasional (Pernas) AIDS IV, Yanri Subrongto mengatakan tren penularan berubah karena berbagai faktor. Untuk faktor dari pecandu narkoba, saat ini sudah banyak terapi yang telah dilakukan, sehingga banyak dari pecandu yang sudah sembuh. Sementara itu, dari faktor heterokseksual sendiri, belum ada regulasi tentang Pekerja Seks Komersial (PSK).

"PSK bisa pergi ke mana-mana tanpa dibatasi aturan, dan bisa saja membawa virus. Hal inilah yang memicu peningkatan kasus HIV/AIDS," paparnya dalam Konferensi Pers Pertemuan Nasional AIDS IV di Yogyakarta, Rabu(21/9)

Dirinya melanjutkan, kasus HIV/AIDS di Indonesia mengalami peningkatan. Bahkan saat ini, jumlah anak-anak yang sudah positif HIV/AIDS juga makin banyak. Menurutnya, hal ini bisa terjadi karena ibu si anak sudah terlebih dahulu membawa virus tersebut.

Di Yogyakarta sendiri, jumlah pengidap HIV/AIDS pun mengalami kenaikan delapan persen dari tahun lalu. Berdasarkan pernyataan Riswanto, Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS DIY, jumlahnya mencapai 1.363 orang. Kurang lebih 120 orang di antaranya,justru berasal dari luar Yogyakarta.

"Untuk di Yogyakarta sendiri, kasus heteroseksual juga menjadi faktor tertinggi penularan virus. Bahkan, hal ini sudah terjadi pada anak-anak SMP," tambahnya.

Peningkatan kasus HIV di Indonesia,menurut Media Center Pernas AIDS IV, Syaiful W.Harahap disebabkan karena Indonesia tidak memiliki sebuah tes pendeteksi awal.

"Di Malaysia, ada sebuah tes surveillance yang diberlakukan pada semua ibu hamil. Dengan begitu, dari sejak awal,virus HIV sudah bisa diprediksi,"paparnya.

Dari kasus peningkatan HIV/AIDS di Indonesia, menurut Yanri, tak sebatas hanya melakukan terapi untuk proses pencegahannya. Menurutnya perlu ada sebuah sistem kesehatan yang mendukung dengan keterlibatan berbagai pihak yang terkait.

Satu hal yang terpenting lagi, tambahnya, perlu ada edukasi pada masyarakat terkait HIV/AIDS ini. Edukasi bisa dilakukan dengan keterlibatan dokter di masing-masing puskesmas.

"Pemakaian kondom di masyarakat masih rendah. Sejak tahun 2006, tidak lebih dari 20 persen laki-laki yang menggunakannya.

Harap teman-teman Tionghoa berhati-hatilah menjaga diri dan keluarga anda. [Alvonsius Lim / Jogjakarta / Tionghoanews]

No comments:

Post a Comment