Wednesday 14 September 2011

印尼华人 (21/1)

印尼华人 (21/1)


GUBERNUR BALI BUKA KONGRES PGT DUNIA

Posted: 14 Sep 2011 03:12 AM PDT

Sebanyak 2.100 orang dari 50 negara termasuk Indonesia mengikuti kongres ke-8 Persekutuan Gereja Tionghoa Dunia (Chinese Congres on World Evangelization –CCOWE) di Hotel Westin Nusa Dua, Bali yang berlangsung Senin (12/9) hingga Jumat (16/9). Kongres dibuka Senin (12/9) malam oleh Gubernur Bali Made Mangku Pastika.

Pastika mengatakan, atas nama masyarakat dan pemerintah Pemprov Bali menyampaikan penghargaan kepada  Perseketuan Gereja Dunia yang memilih Bali sebagai tempat kongres. Selain berkonggres pihaknya berharap kepada para peserta untuk menyempatkan diri menikmati keindahan Bali sebagai daerah tujuan wisata dunia.

"Mudah-mudahan dalam kongres nanti mampu merumuskan program-program yang dibahas dalam kongres. Bali ini adalah daerah yang cukup tenang dan aman, Dengan ketenangan itu saya berharap kongres berjalan lancar," tegas Made Pastika.

Mantan Kapolda Papua ini juga menyampaikan, Bali yang merupakan daerah kecil dengan jumlah penduduk 3,9 juta jiwa yang meyoritas umatnya menganut agama Hindu, sekarang ini menjadi pulau yang heterogen karena pesatnya perkembangan pariwisata. Akibatnya, banyak orang luar yang datang ke daerah ini sehingga di daerah inipun agama tumbuh dan berkembang dengan baik.

Semuanya itu lanjut Pastika, tidak lepas dari konsep masyarakat Bali yang menekankan konsep "menyama braya" atau lebih menekankan pada keharmonisan dan kenyamanan. Konsep ini pula yang tentunya menjadi dasar ketika ada umat lain yang melakukan kongres bisa diterima baik seperti Kongres Persekutuan Gereja Tionghoa Dunia.

Hal yang sama juga dikatakan Dirjen Bimas Kristen Saur Hasugian saat ditemui SP di sela-sela kongres. "Negara kami sejak diplokamirkan telah memilikiyang namanya  Pancasila dengan salah satu butir mengandung Ketuhanan Yang Maha Esa sehingga agama di Indonesia tumbuh dan berkembang," katanya.

Dirjen juga menyampaikan , Indonesia  meski ada banyak agama,  tetapi selalu saling mengasihi dan bertumpu kepada kebhinekaan. Dengan konsep kebhinekaan tersebut maka penyelenggaraan kongres kali ini berjalan baik dan lancer. "Bali yang dikenal dengan meyoritas beragama Hindu tidak menghalangi ada Kongres Agama lain. Ini luar biasa yang patut kita pertahankan," para Saur. [Linda Lim, Denpasar, Tionghoanews]

WALIKOTA SEMARANG NGALAB BERKAH DI KLENTENG

Posted: 14 Sep 2011 03:06 AM PDT

Walikota Semarang Sumarmo, 'ngalab berkah' dengan memikul arca Kong-co (Yang Mulia) 'Hok Tik Cing Sien' (HTCS), Dewa Bumi, di klenteng Tong Pek Bio (TPB), Gang Pinggir Semarang, saat klenteng melakukan Jut-bio (ulang tahun ritual ki-rab), Minggu 11 September 2011.

Lebih dulu Walikota dan istri membakar dan memegang tiga lidi 'Hio-swa'. Melakukan 'pai' (hormat) tiga kali di depan Kong-co HTCS, yang telah ditempatkan di joli (tandu), sebelum keluar klenteng, memimpin kirab diikuti tujuh Kong-co dari tujuh klenteng, keliling "daerah Pecinan", Gang Pinggir sekitarnya sepanjang 10 Km.

Walikota pada sambutan singkat dihadapan ribuan warga Tionghoa yang menyaksikan ritual itu menyatakan terima kasih. Sebab masyarakat Tionghoa bisa memelihara suasana kondusif dan harmonis di lingkungannya. Dan telah menyumbangkan tenaga serta pikiran, ikut memajukan roda perekonomian di kota Semarang.

Warga Tionghoa saling berebut, berusaha dapat memikul dan menggoyang tandu Kong-co HTCS sepanjang kirab berlangsung. Sebab orang Tionghoa meyakini, barang siapa dapat ikut memikul joli itu, maka hidupnya akan dilimpahi berkah berupa panjang umur, sehat lahir bathin dan kaya raya dilimpahi rezeki.

Jut-bio Klenteng HTCS Semarang ini, berbeda dengan Jut-bio yang selama ini pernah diselenggarakan klenteng-klenteng lain. Sebab mengikut-sertakan sepasang gajah dewasa, 'Deo' dan 'Shinta'. Sebelum dua gajah ini berangkat, keningnya ditempeli kertas 'Hu' (ajimat) silang. Dengan maksud, agar tak diganggu roh jahat dan lebih jinak serta tertib mengikuti kirab. [Jeni Wang, Semarang]

EFEK SAMPING KURANG TIDUR

Posted: 14 Sep 2011 02:01 AM PDT

Tubuh manusia membutuhkan tidur yang cukup agar dapat berfungsi dengan baik. Kebanyakan orang membutuhkan minimal delapan jam tidur untuk benar-benar beristirahat dan diremajakan. Sementara beberapa orang dapat bekerja walaupun sesedikit empat atau lima jam tidur malam, tubuh dan pikiran mereka pada akhirnya akan merasakan efek dari kurang tidur. Kurang tidur dapat menyebabkan berbagai efek samping mental dan fisik. Seiring waktu, kekurangan tidur kronis dapat memiliki efek buruk pada kesehatan seseorang secara keseluruhan.

Efek Samping Fisik

Kurang tidur dapat menyebabkan sakit kepala, penglihatan kabur dan pusing. Mual juga mungkin terjadi. Kurang tidur kronis juga melemahkan sistem kekebalan tubuh, yang dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap pilek, infeksi flu, dan penyakit lainnya.

Efek Samping Mental

Kurang tidur yang cukup dapat menyebabkan cepat marah, stres dan kecemasan. Kurang tidur dapat mempengaruhi kemampuan untuk fokus dan berkonsentrasi. Kebingungan mental dan kehilangan memori dapat terjadi karena kurang tidur.

Penampilan

Kurang tidur bisa membuat Anda tampak lebih tua dan lelah. Lingkaran hitam dan kantong yang terbentuk di bawah mata memberikan Anda penampilan kuyu.

Perilaku

Kurang tidur dapat mengganggu kemampuan otak untuk belajar. Orang yang tidak mendapatkan cukup tidur mungkin gagap, mengalami kesulitan membuat keputusan dan tidak mungkin dapat mengerjakan banyak tugas dengan tingkat efisiensi. Pola pikir bisa menjadi berulang, dan kreativitas menurun.

Peringatan

Ada banyak bahaya dari kurang tidur tapi salah satu yang paling umum adalah kecelakaan. Orang kurang tidur rentan terhadap cedera dan lebih mungkin untuk terlibat dalam kecelakaan mobil. Kurang tidur mempengaruhi tangan / koordinasi mata, keterampilan motorik dan memperlambat waktu reaksi.

Pencegahan / Solusi

Tidur yang cukup diperlukan oleh tubuh dan pikiran untuk regenerasi. Tidur satu jam lebih awal setiap malam atau tidur siang cukup di siang hari dapat membantu Anda untuk mendapatkan sisa waktu tidur yang Anda butuhkan. Jaga kesehatan Anda dan tingkatkan produktivitas Anda dengan mendapatkan waktu tidur yang Anda butuhkan. [Kelly Chang, Jogjakarta, Tionghoanews]

PERLUKAH SUPLEMEN VITAMIN DAN MINERAL ?

Posted: 14 Sep 2011 01:27 AM PDT

Vitamin dan mineral sangat penting agar kita tetap sehat dan dapat melakukan aktivitas sehari-hari. Mereka mendukung daya tahan tubuh dalam melawan penyakit serta membantu pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tubuh. Ada banyak jenis vitamin. Sebagian vitamin, yang disebut vitamin esensial, tidak dapat disintesis oleh tubuh sehingga kita harus mendapatkannya dari makanan. Beberapa vitamin lainnya dianggap "tidak penting" atau non-esensial karena tubuh Anda mampu membentuknya dari nutrisi. " Tidak penting" di sini berarti Anda tidak perlu mendapatkannya dari makanan. Secara teknis vitamin-vitamin itu tetaplah penting.

Menurut US National Library of Medicine, setidaknya ada 13 vitamin esensial, yang terdiri dari: Vitamin A (retinol), Vitamin B1 (tiamin), Vitamin B2 (riboflavin), Vitamin B3 (niasin/ nikotinamida), Vitamin B5 (asam pantotenat), Vitamin B6 (piridoksin), Biotin, Vitamin B11 (asam folat), Vitamin B12 (sianokoblamin), Vitamin C (asam askorbat), Vitamin D (colecalciferol), Vitamin E (tokoferol), Vitamin K (fitomenadion). Beberapa vitamin tersebut juga dapat disintesis oleh tubuh. Vitamin D, yang penting untuk penyerapan kalsium dan pemeliharaan jaringan tulang, disintesis oleh sel-sel kulit melalui paparan radiasi ultraviolet B dari sinar matahari. Biotin adalah jenis vitamin yang unik karena sebenarnya disintesis oleh bakteri pencernaan atau flora usus Anda. Flora usus biasanya menghasilkan cukup biotin untuk tubuh Anda.

Mineral tidak dapat diciptakan oleh tubuh Anda, sehingga perlu didapatkan dari makanan. Seperti halnya vitamin, mineral sangat penting untuk perkembangan dan pemeliharaan tubuh. Berikut adalah mineral yang penting bagi setiap orang: Kalsium, Klorin, Fosfor, Kalium, Magnesium, Sodium, Khrom, Fluor, Besi, Yodium, Tembaga, Mangan, Molibdenum, Selenium, dan Seng.

Apakah Anda perlu suplemen?

Banyak orang memilih untuk mengambil suplemen, tetapi sebenarnya  Anda tidak perlu suplemen vitamin dan mineral bila makanan Anda sehat dan bervariasi. Untuk itu, sediakanlah buah dan sayuran yang cukup dan bervariasi dalam makanan Anda. Perlu diketahui bahwa beberapa vitamin dapat rusak bila sayuran dimasak. Cobalah untuk tidak memasak sayuran terlalu matang atau sesekali memakannya secara mentah (sebagai lalapan). Jika Anda menginginkan tambahan vitamin dan mineral,  ambillah secukupnya. Kecuali untuk jenis vitamin larut air yang akan dikeluarkan melalui kencing bila berlebihan, kelebihan dosis vitamin dapat berbahaya bagi tubuh Anda.

Bila Anda termasuk dalam kelompok orang dalam situasi berikut, suplemen vitamin dan mineral mungkin diperlukan:

Selama atau setelah sakit. Jika Anda sakit atau baru sembuh dari sakit, vitamin tambahan dapat mempercepat kepulihan Anda. Vitamin dari buah-buahan dan sayuran tetaplah yang terbaik, tapi kadang-kadang dokter merekomendasikan suplemen vitamin sebagai tambahan. Dokter juga dapat merekomendasikan suplemen jika Anda memiliki kondisi medis tertentu. Sebagai contoh, Anda mungkin akan diresepkan suplemen zat besi untuk mengobati anemia defisiensi zat besi.

Kehamilan dan menyusui. Bagi wanita yang ingin hamil sampai 12 minggu kehamilan, disarankan untuk mengambil suplemen asam folat. Kekurangan asam folat dapat meningkatkan risiko cacat tabung saraf seperti spina bifida pada janin. Asam folat tersedia secara bebas di apotek dan toko obat. Selama menyusui, disarankan untuk mengambil suplemen vitamin lainnya, terutama vitamin D.

Lanjut usia. Para lanjut usia bisa mendapatkan keuntungan dari suplemen vitamin D untuk memerangi osteoporosis. Jumlah kebutuhannya bervariasi pada setiap orang. Tanyakan ke dokter dan apoteker Anda untuk mendapatkan rekomendasi yang terbaik untuk Anda. [Sunny Lin, Pekanbaru, Tionghoanews]

HIDUP BAGAI MENDAKI GUNUNG

Posted: 14 Sep 2011 12:47 AM PDT

Perjalanan mendaki gunung selalu berliku-liku, terkadang mendaki terus, terkadang harus melalui jalan yang curam, terkadang harus mendaki dengan susah payah, terkadang harus menggantung ditepi jurang, terkadang akan melalui jalan kecil yang tenang tetapi panjang seperti jalan yang tiada akhir.

Dalam banyak kasus, mengikuti jalan yang sudah dirintis, tetapi terkadang harus dengan tangan sendiri menebang pohon dan rumput membuka jalan sendiri.

Selalu berpikir teriknya matahari sudah akan menghanguskan badan kita, tetapi  pada belokan berikutnya akan terlihat sungai kecil yang jernih, atau sumber air dan danau yang tenang nan indah, air yang dingin dan segar tersebut dengan cepat menghentikan rasa dahaga kita, asalkan dengan gigih dan berani berjalan maju terus.

Selalu berpikir persediaan bahan pangan sudah tipis sudah akan mati kelaparan, namun jika terus berjalan akan menemukan ada pohon dengan buah-buahan matang yang tergantung menjulur kebawah, berry liar dan sayuran liar yang terdapat disepanjang jalan, asalkan anda melihatnya dan memperhatikannya dengan teliti.

Selalu berpikir akan berjalan terus sendirian sampai tua, secara kebetulan di depan anda sudah pendaki gunung yang lain lewat, akan bersama-sama anda mendaki sampai di puncak gunung.

Pemandangan pengunungan biasanya terlihat tenang, perubahan pemandangan terkadang terlihat sangat menakjubkan membuat orang kagum. Didalam perjalanan kehidupan ini boleh saja tenang, tetapi tidak pernah membosankan; bertamasya boleh saja sendirian, tetapi pasti tidak akan kesepian sampai membosankan.

Setiap gunung mempunyai pemandangan unik yang menakjubkan, dibelakang setiap gunung memiliki cerita tersendiri.

Pengalaman mendaki gunung terkadang bagaikan perjalanan dalam kehidupan manusia. [Angelina Lim, Medan, Tionghoanews]

No comments:

Post a Comment