Saturday 27 August 2011

印尼华人 (21/1)

印尼华人 (21/1)


CHINA LARANG LAGU BARAT BERLIRIK SAMPAH

Posted: 27 Aug 2011 09:56 AM PDT

Lagu-lagu hits milik Lady Gaga, Beyonce, dan Take That, berada dalam jajaran 100 lagu yang masuk daftar hitam internet yang dibuat oleh Menteri Kebudayaan Cina. Seperti diwartakan BBC, laman-lama itu diberi waktu hingga 15 September untuk menghilangkan track lagu yang dinilai membahayakan "keamanan kebudayaan nasional" itu

Bagi mereka mengabaikan pemberitahuan itu akan berhadapan dengan hukum. Di Cina, kegiatan dunia maya diawasi secara ketat. Konten yang dirasa tidak tepat sering diblokir atau dihilangkan.

Kebanyakan lagu yang dilarang berasal dari Taiwan atau Hong Kong, dan beberapa dari Jepang. Lady Gaga memiliki enam track lagu yang dilarang, yaitu The Edge of Glory, Hair, Marry the Night, Americano, Judas, dan Bloody Mary. Lagu milik Beyonce, Run the World (Girls), juga dilarang bersama dengan tembang milik Katy Perry, Last Friday Night, yang semuanya memiliki lirik tentang hubungan seksual tak lazim dan "sampah".

Daftar itu juga meyertakan lagu Backstreet Boys, I Want It That Way, yang diluncurkan lebih dari satu dekade lalu. [Linda Lim, Denpasar, Tionghoanews]

POSISI PEREMPUAN DALAM SEJARAH TIONGKOK

Posted: 27 Aug 2011 09:39 AM PDT

Di Tiongkok kuno, seorang bayi perempuan yang baru lahir membawa sukacita yang lebih sedikit untuk keluarga dibandingkan anak laki-laki. Kebanyakan orang menginginkan anak laki-laki lebih banyak daripada menginginkan anak perempuan, karena dalam budaya itu, anak perempuan hanya anggota keluarga sementara dari orang tua yang melahirkan. Setelah menikah, gadis-gadis menjadi anggota keluarga suami mereka. Orangtua biasanya pikir itu tidak layak berinvestasi banyak pada anak perempuan mereka.

Pendidikan

Sebuah pepatah Tiongkok kuno mengatakan : "Tidak ada pendidikan kepribadian terbaik untuk wanita "Kebanyakan wanita tidak bisa pergi ke sekolah dan bahkan tidak tahu bagaimana menulis nama mereka. Beberapa wanita, terutama putri sarjana, yang berpendidikan. Mereka biasanya sekolah di rumah mendapat pengajaran dari orang tua mereka atau guru keluarga.

Pernikahan

Kebanyakan gadis-gadis menikah saat masa remaja mereka. Orang tua di kedua sisi akan mengatur pernikahan melalui perantara pernikahan dan gadis itu tidak memiliki pilihan suami. Mereka percaya jika kelahiran gadis itu cocok dengan kelahiran anak laki, pasangan ini akan memiliki perkawinan yang baik. Kebanyakan dari mereka tidak pernah bertemu satu sama lain sampai hari pernikahan. Setelah kelahiran dicocokkan, orang tua memilih tanggal hari keberuntungan pernikahan. 

Bekerja

Kebanyakan wanita bekerja sangat keras, mereka terlibat dalam membesarkan anak-anak dan pekerjaan rumah tangga, serta bekerja di ladang, membawa ember air berat dan sebagainya. Perempuan juga menenun pakaian yang digunakan untuk seluruh keluarga, dan juga membuat sepatu. Semua wanita harus bisa memasak dan menyajikan makanan, kecuali dalam beberapa keluarga cukup kaya membeli budak atau membayar pelayan.

Beberapa wanita menerima cukup pendidikan untuk menjadi dokter (hanya mengobati pasien wanita), tetapi mereka tidak pernah bisa menjadi guru atau politisi, karena wanita di Tiongkok kuno tidak diizinkan untuk bertindak dan berbicara dengan bebas di sekitar pria. [Linda Lim, Denpasar]

PASANGAN CHINA DEDIKASIKAN HIDUP DEMI LANSIA

Posted: 27 Aug 2011 05:57 AM PDT

Di Yupeng, sebuah pedesaan perbukitan di Provinsi Fujian, terdapat sebuah kisah menakjubkan. Huang Xiaoqing dan suaminya Chen Chengwen, bersumpah 20 tahun lalu untuk membantu mereka yang tidak tahu harus tinggal dimana, yaitu para lansia yang tidak bersanak keluarga atau berpenghasilan.
 
[Jin Shaode, Penghuni]: "Mereka menjaga kami dengan baik, para orang tua yang bahkan tidak mereka kenal. Makanan, pakaian, rumah, semua gratis. Mereka menjaga waktu sakit dan mengurus kematian kita. Dimana lagi ada tempat sebaik ini!"
 
Dua tahun yang lalu, pasangan ini berencana untuk membangun rumah yang lebih luas. Mereka menjaga 17 lansia tanpa bantuan dari pihak luar. Tetapi tragedi muncul bulan Juni lalu, ketika sang suami tewas dalam kecelakaan mobil, saat membeli bahan bangunan rumah.
 
Huang, janda yang ditinggalkan, berada dalam kondisi sulit.
 
[Huang Xiaoqing, Janda Chen Chengwen]: "Saya sudah menjaga para lansia itu selama sepuluh hingga dua puluh tahun. Kami sudah seperti keluarga. Saya tak bisa melepas sumpah untuk merawat mereka."  
 
Tetapi ketika segalanya tampak suram, seluruh warga desa Yupeng datang membantu. Kini seluruh kota membantu Huang mengumpulkan dana, bekerja sukarela dan membangun rumah. Dengan ini, rumah bagi para lansia diperkirakan akan selesai akhir bulan ini. [Diana Chuang, Kendari]

INSOMNIA DAN LINGKUNGAN

Posted: 27 Aug 2011 05:40 AM PDT

Lingkungan memainkan peran yang sangat penting untuk mencapai dan mempertahankan pola tidur yang normal dan restoratif.

Banyak faktor di lingkungan sekitar berkontribusi atau mengurangi kualitas tidur. Termasuk diantaranya lampu, kebisingan, suhu, kelembaban, kualitas udara, bau, parfum lingkungan, tempat tidur dan kualitas kasur, medan elektromagnetik (EMF), Wi-Fi, dan polusi listrik.

Faktor-faktor ini dapat memainkan peran, baik secara tunggal maupun kombinasi, untuk menghambat atau mengganggu pola tidur sehat.

Lingkungan tidur harus ditinjau, dan rincian mengenai penempatan jendela, perangkat listrik, dan perlengkapan lain harus benar-benar diperiksa. Bagi mereka yang berbagi tempat tidur atau ruang tidur, perlu perhatian khusus jika pasangan atau teman sekamar memiliki preferensi lingkungan tidur yang bertentangan.

Dalam banyak kasus, lingkungan tidur minimal harus sedikit lebih dingin daripada ruangan dalam rumah lainnya. Jendela yang terbuka dapat memasukkan udara segar sambil menyiapkan selimut untuk memberikan kenyamanan dan kehangatan.

Ruang udara yang ideal perlu pergerakan dan pertukaran udara saat tidur, baik secara alami melalui jendela yang menghadap taman atau melalui sistem ventilasi buatan semacam kipas angin. Kebutuhan akan bantal untuk mendukung kepala dan kaki harus dipertimbangkan. Jendela harus mampu menghalangi cahaya dari luar yang masuk tanpa mengganggu aliran udara.

Suara yang terlalu gaduh dapat menjadi faktor pengganggu. Perlu perhatian khusus pada anak usia dini dan preferensi pribadi. Mengetahui bagaimana seseorang tidur (atau tidak tidur) saat masih kanak-kanak juga dapat menguraikan masalah tidur ini.

Jika lingkungan anak usia dini kondusif untuk tidur, lantas apakah faktor-faktor membedakannya sekarang? Apakah di masa kanakkanak memiliki lingkungan yang bising, tenang, panas, dingin, atau sesak? Jendela ruang tidur yang menghindari jalan-jalan bising di masa kecil mengindikasikan kebutuhan lingkungan yang sama pada orang dewasa.

Penyumbat telinga perlu dipertimbangkan hanya jika lingkungan sangat bising, tetapi harus dianggap sebagai solusi sementara. Mungkin bisa dicari lingkungan yang baru.

Penelitian terbaru menunjukkan medan elektromagnetik (EMF), termasuk Wi-Fi, ponsel, telepon selular, smart meters, dan peralatan listrik yang berdekatan dengan ruang tidur, terutama yang dekat dengan kepala tempat tidur, dapat mengganggu tidur. Peralatan ini mungkin perlu dipindahkan atau diputus (jika mereka membutuhkan arus listrik) selama jam tidur.

Semua perangkat nirkabel rumah, Wi-Fi, telepon nirkabel, dan ponsel harus dimatikan atau ditempatkan jauh dari ruang tidur di malam hari.

Stasiun pusat telepon nirkabel memancarkan EMF secara terus menerus, dan medan ini dihantarkan melalui dinding, lantai, dan langit-langit. Ponsel memancarkan radiasi dalam format berdenyut ketika mereka dihidupkan, bahkan saat mereka tidak digunakan. Paparan EMF dari perangkat ini sangat berpengaruh dengan jarak, itulah mengapa perangkat ini harus ditempatkan sejauh mungkin dari tubuh.

Semua perangkat listrik kabel (yang menarik arus listrik), termasuk jam alarm dan selimut listrik, memancarkan EMF dan seharusnya tidak berada di dekat tubuh (terutama kepala) selama jam tidur. Mematikan perangkat di malam hari, memindahkan mereka dari kepala, atau mengganti mereka dengan perangkat non-listrik analog merupakan beberapa pertimbangan yang bisa dilakukan.

Paparan sinar matahari sehat setidaknya 30 menit (tanpa hitam kacamata atau sun block) di pagi hari adalah salah satu metode yang paling penting untuk membangun kembali jam biologis tubuh dari siklus tidur-bangun. Sinar matahari langsung di pagi hari memiliki banyak manfaat, termasuk efisiensi produksi vitamin D dan menekan melatonin.

Paparan sinar matahari secara teratur setiap hari (tidak melalui kaca) meningkatkan kemampuan tidur di malam hari. Demikian pula, penggunaan lampu yang sangat terang di malam hari harus dihindari, karena ini dapat menyebabkan ketidak-sesuaian jam biologis yang lebih besar. (Ronald D. Whitmont, M.D, New York, Tionghoanews)

BAGAIMANA BICARA DENGAN PACAR, JIKA DIA MARAH ?

Posted: 27 Aug 2011 05:28 AM PDT

Jika pacar Anda marah dengan Anda, itu dapat membuat komunikasi jadi sulit. Dia dapat membuat dirinya tidak tersedia, menjadi sarkastik atau menjauh atau bahkan menolak untuk mengakui bahwa ada sesuatu yang salah. Kemarahan adalah sesuatu yang bisa bercokol, mengubah masalah kecil menjadi sesuatu yang jauh lebih besar dan lebih sulit untuk ditangani. Jika Anda perlu berbicara dengan pacar yang marah, ambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa pesan Anda akan diterima.

1. Berikan waktu pada pacar Anda untuk menenangkan diri. Jika dia telah menjadi marah atas sesuatu yang baru terjadi, beri dia waktu untuk mendinginkan dan untuk memilah-milah perasaannya. Anda mungkin menunggu satu atau dua hari sebelum menghubungi lagi.

2. Hubungi pacar Anda dan meminta pertemuan tatap muka. Jika ternyata dia menolak, tekankan bahwa Anda ingin berbicara dengan dia dan memperbaiki hal-hal dan bahwa dia penting bagi Anda. Jika membuatnya lebih nyaman, tawarkan untuk bertemu dengannya di tempat yang dia pilih sendiri.

3. Bicara tentang apa yang telah membuatnya marah. Jika apa yang telah membuatnya marah adalah yang Anda lakukan, jelaskan itu padanya. Jika Anda salah, minta maaf dan katakan padanya bagaimana Anda berencana untuk memperbaiki perilaku. Jangan menawarkan permintaan maaf kecuali anda tulus.

4. Katakan padanya bahwa Anda peduli tentang dirinya dan bahwa Anda menghargai hubungan Anda.

5. Bicarakan dengan pacar Anda tentang bagaimana Anda berdua dapat berusaha untuk mencegah masalah lebih lanjut di masa mendatang. Hal ini untuk mencegah konflik yang lebih lanjut. [Susi Ng, Balikpapan, Tionghoanews]

DIDUGA UNTUK KEPENTINGAN HUMAN TRAFFIKING

Posted: 27 Aug 2011 03:32 AM PDT

Disinyalir terkait sindikat human traffikcking, Kantor Imigrasi (Kanim) Belawan keluarkan paspor palsu kepada bocah berusia tiga tahun bernama Renald.

Informasi dihimpun wartawan, Kamis (25/8), Kakanim Belawan, Sunardi SH disinyalir mengeluarkan paspor nomor A0923063 tanggal 28 Juli 2011 atas nama Renald kelahiran 28 Agusutus 2004 di Paya Geli, Sunggal, Kabupaten Deliserdang merupakan anak dari Adi Suhendra dan ibu Revivita Dewi.

Sedangkan sebelumnya Renald diketahui telah memiliki paspor nomor: V132799 tanggal 17 Mei 2010 masa berlaku tahun 2015 dengan nama orang tua Ayah, Suwandi dan Ibu Ana warga turunan Tionghoa asal Paya Geli Sunggal Deliserdang Serdang yang dikeluarkan oleh Imigrasi Polonia Medan.

Jadi Renald paspornya dikeluarkan kembali oleh Imigrasi Belawan dengan nama orang tua yang berbeda, padahal passport V132799 baru sekali digunakan dan belum habis masa berlakunya.

Terpisah, pihak Imigrasi Polonia Medan ketika dikonfirmasi beberapa waktu lalu, Kepala Seksi Infokim Polonia Medan, Subki Mulyadi membenarkan adanya pengeluaran paspor V132799 oleh Polonia Medan.

Terkait paspor ganda yang dikeluarkan Imigrasi Belawan, Mulyadi mengatakan itu bukan tanggung jawab pihaknya. "Coba tanya saja kepada imigrasi Belawan, karena mereka yang mengeluarkan paspor ganda tersebut," ujarnya.

Kakanim Imigrasi Belawan Sunardi, SH ketika dikonfirmasi Harian Orbit terkait paspor ganda tersebut enggan memberikan penjelasan, Sunardi juga tidak mau ditemui Harian Orbit.

Sementara Suwandi yang disebut sebut sebagai orangtua Renald dalam paspor yang dikeluarkan pihak Imigrasi Polonia Medan ketika dikonfirmasi dikediamannya mengatakan Renald bukan anak kandungnya.

Renald merupakan anak asuh  atau anak angkatnya, menurut Suwandi, Renald telah diserahkan kepada seseorang di luar negeri (namanya tidak disebutkan-red) segala berkas akta lahir dan paspor Renald diurus oleh Biro Jasa.

Menurut Aktivis Pegiat Anti Human Trafficking, Agoes Husein yang sejak awal melakukan ivestigasi terhadap paspor ganda tersebut, pihaknya menemukan kejanggalan. Bahkan diduga  adanya sindikat human trafficking yang dilakukan oleh Kakanim Belawan dengan mengeluarkan paspor ganda.

Aktivis Anti Human Trafficking meminta Kapoldasu dan Dirjend Imigrasi agar mengusut penerbitan paspor ganda yang disinyalir untuk kepentingan trafficking. [Angelina Lim, Medan]

SHI TAO, PELUKIS DAN PENYAIR TERKENAL ZAMAN DINASTI QING

Posted: 27 Aug 2011 03:17 AM PDT

Shi Tao (1642–1718), terlahir sebagai Zhu Ruoji ialah seorang pelukis lanskap dan penyair Cina pada permulaan zaman Dinasti Qing (1644–1911).

Dilahirkan di Kabupaten Quanzhou di Provinsi Guangxi, Shi Tao ialah anggota istana kerajaan Dinasti Ming. Dia nyaris terkena bencana pada tahun 1644 ketika Dinasti Ming jatuh akibat serangan Manchuria dan pemberontakan sipil. Setelah berhasil menyelamatkan diri, Shi Tao mengambil nama Yuanji Shi Tao sebelum tahun 1651 ketika dia menjadi seorang rahib Buddha.

Dia pindah dari Wuchang, Hubei ketika dia memulai pengajaran keagamaannya, ke Anhui pada dasawarsa 1660-an. Pada dasawarsa 1680-an dia menetap di Nanjing dan Yangzhou, dan pada tahun 1690 dia pindah ke Beijing untuk menjumpai pembimbingnya demi promosinya dalam sistem biara. Kecewa karena gagal menjumpai pembimbing, Shi Tao mengganti keyakinannya menjadi Taoisme pada tahun 1693 dan kembali ke Yangzhou di mana dia menghabiskan sisa hidupnya sampai tahun 1707.

Shi Tao memiliki lebih daripada 24 nama alias selama hidupnya.

Nama yang paling lazim di antara nama-nama yang digunakan adalah Shi Tao (Gelombang Batu), Ku Gua Heshang (Rahib Labu Pahit), Yuan Ji (Penghulu Keselamatan), Xia Zun Zhe (Sang Buta Yang Terhormat, buta terhadap hasrat duniawi), Da Dizi (Sang Suci (atau terbersihkan).

Sebagai mantan Buddhis, dia juga dikenal dengan nama kerahiban Yuan Ji.

Nama Da Dizi digunakan ketika Shitao meninggalkan ajaran Buddha dan memeluk Taoisme. Itu juga menjadi nama yang digunakan untuk rumahnya di (Da Di Hall).

Shi Tao adalah salah seorang pelukis individualis paling terkenal dari permulaan zaman Dinasti Qing. Seni yang dia ciptakan dapat dikatakan revolusioner, karena perbedaannya dari teknik dan gaya yang telah baku dan kaku yang sebelumnya dianggap indah. Peniruan dihargai melebihi terobosan, dan meskipun Shi Tao jelas-jelas dipengaruhi oleh para pendahulunya (Ni Zan dan Li Yong), seni yang dia ciptakan menyelisihi cara-cara mereka dalam beberapa cara baru dan mempesonakan.

Terobosan-terobosan resminya dalam melukis meliputi perhatiannya kepada tindakan pelukisan itu sendiri melalui penggunaan cara penipisan dan penebalan, sapuan kuas yang impresionistis, juga minatnya dalam pendekatan subjektif dan penggunaan ruang putih atau negatif untuk menyatakan jarak. Terobosan gaya Shi Tao adalah sulit menempati konteks yang sedang berlaku pada periode itu. Dalam sebuah tanda penerbitan (kolofon) yang berangka tahun 1686, Shi Tao menulis: "Dalam seni lukis, terdapat mazhab Selatan dan Utara, sedangkan dalam seni kaligrafi terdapat metode-metode Dua Wang (Wang Xizhi dan puteranya Wang Xianzhi). Zhang Rong (443–497) pernah berkata, 'Saya tidak menyesal ketika saya tidak berbagi dengan metode-metode Dua Wang, melainkan Dua Wang itu tidak berbagi dengan metode-metode saya.' Jika seseorang bertanya apakah saya (Shi Tao) mengikuti Mazhab Selatan atau Utara, atau apakah kedua-dua mazhab itu mengikuti metode saya, saya menahan tawa dan menjawab, 'saya selalu menggunakan metode saya sendiri!'

Puisi dan kaligrafi yang menyertai lukisan-lukisan lanskapnya begitu cantik, agak nakal, dan cerah seperti halnya lukisan yang mereka sertai. Lukisan-lukisannya menjadi contoh pertentangan dan ketegangan internal bagi seniman-seniman amatir-terpelajar, dan mereka ditafsirkan sebagai cercaan melawan penyakralan seni yang bersejarah.

"10.000 Titik Tinta Buruk" adalah sebuah contoh sempurna dari prinsip-prinsip estetik ironis dan perlawanan yang diberikan Shi Tao. Karya unik aperseptif ini menantang baku-baku keindahan yang sudah melembaga pada waktu itu. Karena lanskap dilukis secara hati-hati bergerak memburuk ke dalam percikan Pollock-esque, pemandang dipaksa mengakui bahwa lukisan ini tidak transparan (segera -dalam pengertian yang paling harfiah- tanpa media) menurut cara yang dimaksudkan sejak semula. Semata-mata karena mereka dinamai "buruk", titik-titik tinta bermula untuk mengambil sejenis keindahan abstrak.

"Peringatan Qin-Huai" adalah lukisan unik Shi Tao lainnya. Seperti banyak lukisan dari penghujung Dinasti Ming dan permulaan Dinasti Qing, lukisan ini berkenaan dengan tempat manusia di alam. Bagaimanapun, pada pandangan pertama, puncak terjal dalam lukisan ini tampak distortif. Yang membuat lukisan ini begitu unik adalah bahwa lukisan ini terlihat menggambarkan gunung yang membungkuk. Seorang rahib berdiri tenang di atas perahu yang mengambang di sepanjang Sungai Qinhuai, menatap kagum batu raksasa yang tengah berlutut. Ekonomi rasa hormat yang berulang alik antara manusia dan alam digali di sini menurut cara yang canggih, mengingatkan pada surealisme atau realisme magis, dan berbatasan dengan kekonyolan. Shi Tao sendiri pernah mengunjungi sungai itu dan kawasan di sekelilingnya pada dasawarsa 1680-an, tetapi tidak diketahui apakah album yang berisi lukisan ini menggambarkan tempat-tempat tertentu. Representasi itu sendiri adalah satu-satunya cara perasaan saling hormat yang Shi Tao coba gambarkan dalam lukisan ini yang berhasil dikomunikasikan; subjek gunung yang dipersonifikasikan membantah apapun yang lebih sederhana. [Meilinda Chen, Jakarta, Tionghoanews]

CARA MENCIPTAKAN HUBUNGAN MELALUI SENTUHAN

Posted: 26 Aug 2011 10:06 PM PDT

Kasih sayang adalah bagian besar dari setiap hubungan romantis. Dengan sentuhan kasih sayang dan mencintai, hubungan dapat berkembang dan tumbuh. Tanpa kasih sayang, hubungan dapat sangat menderita, bahkan mengakibatkan perpisahan atau perceraian. Keintiman fisik di setiap tingkatan harus tetap hidup sepanjang hubungan Anda. Jika Anda ingin memulai, menumbuhkan dan memelihara hubungan yang sehat dan tahan lama, pelajari cara untuk menjadi orang yang penuh kasih sayang dan menunjukkan pada pasangan Anda bahwa Anda peduli melalui kekuatan sentuhan.

1. Pegang tangan pasangan Anda, baik ketika di depan umum dan ketika secara pribadi. Ini adalah cara yang manis dan intim menunjukkan hubungan yang juga sesuai bagi pandangan orang lain.

2. Peluk pasangan Anda secara teratur, apakah itu untuk memberikan kenyamanan atau hanya untuk menawarkan pelukan. Pelukan akan membuat seseorang merasa disambut dan dicintai dan dapat sangat meningkatkan baik suasana hati dan hubungan Anda. Pelukan juga dapat menunjukkan rasa terima kasih Anda untuk orang lain saat mereka telah melakukan sesuatu yang Anda hargai.

3. Sentuh pasangan Anda dengan cara yang menyenangkan. Tidak semua sentuhan harus serius – Anda dapat bercanda dengan pasangan Anda dan menyentuh secara main-main juga. Jenis sentuhan termasuk menggelitik ringan dan lembut memukul. Ini akan menunjukkan pada pasangan Anda bahwa Anda tidak hanya menikmati menyentuhnya, tetapi Anda menikmati bersenang-senang dengannya juga.

4. Terlibat dalam sentuhan kasih sayang baik ketika secara pribadi dan ketika di depan umum. Dengan menunjukkan kemesraan di depan umum, pasangan Anda akan tahu bahwa Anda tidak hanya ingin untuk menyentuh, tetapi Anda juga bangga terlihat bersamanya.

5. Waspadai jenis sentuhan yang pasangan Anda suka dan jenis sentuhan yang tidak disukainya. Hormati keinginannya dan buat dia tahu bahwa dia tidak dapat menemukan sentuhan seperti anda, sentuhan nyaman yang akan memperkuat hubungan Anda, karena pasangan Anda akan melihat bahwa Anda bersedia untuk mengubah tindakan Anda untuk membuatnya senang. [Yenny Jie, Palangkaraya]

TAHAPAN KANKER SERVIKS

Posted: 26 Aug 2011 09:42 PM PDT

Menurut statistik di luar negeri, pengobatan kanker serviks menyumbang lebih dari 2 milyar dari pengeluaran setiap tahun. Memahami tahap kanker serviks menyoroti pentingnya pencegahan dan deteksi dini.

Fakta

Kanker serviks biasanya terjadi ketika infeksi menular seksual dari human papilloma virus (HPV) tetap ada dalam tubuh, pada akhirnya menyebabkan sel-sel normal di daerah serviks untuk bermutasi dan menjadi kanker.

Tahapan Awal

Tahap pertama dari kanker serviks, tahap O (juga disebut carcinoma in situ), terjadi ketika sel-sel abnormal berkembang di lapisan dalam serviks. Tahap I dari kanker serviks terjadi ketika kanker sebenarnya telah terbentuk tetapi masih terbatas pada serviks.

Tahapan Lanjut

Tahap selanjutnya dari kanker serviks ditandai dengan gerakan progresif kanker serviks ke area lain dari tubuh, termasuk bagian dari vagina (tahap II), dinding panggul (stadium III), dan akhirnya kandung kemih, rektum atau perut (tahap IV).

Jangka Waktu

Kanker serviks berkembang secara perlahan pada tahap awal, seringkali sampai bertahun-tahun antara infeksi awal HPV dan kanker stadium I. Karena gejala tidak terjadi sampai tubuh dalam tahap selanjutnya dari kanker serviks, tes pap smear secara teratur merupakan alat penting untuk pencegahan dan deteksi dini.

Pertimbangan

Menurut sebuah institut kanker, dokter menentukan perkembangan stadium kanker serviks di tubuh melalui sebuah proses di mana dokter melakukan berbagai tes seperti X-ray, CAT scan dan ultrasound. [Vina Koh, Pangkal Pinang, Tionghoanews]

TANGISAN YANG MEMILUKAN DARI SEORANG ANAK

Posted: 26 Aug 2011 09:24 PM PDT

Permohonan Seorang anak untuk keadilan setelah kematian ayahnya yang mencurigakan di tahanan polisi menyebar di Internet China awal bulan ini, menarik puluhan ribu respon simpatisan dan posting ulang pada portal blog China dalam hitungan jam.

Seorang anak 10 tahun, menyebut dirinya "Yuan-Yuan tanpa harapan," posting pesan online pada Minggu (14/8) sore, meminta pembaca untuk meneruskan pesannya mencatat perjalanan ayahnya dari Cagar Alam Datian ke kamar mayat dan tekanan polisi dalam mengungkapkan rincian seputar kematian ayahnya.

"Pada 12 Agustus pagi, ayah saya, Huang Guohui, tidak sengaja lewat ke Cagar Alam Datian di Provinsi Hainan," tulisnya. "Setelah bertengkar, dia dibawa ke kantor polisi Dua jam kemudian ia meninggal di ruang interogasi, dengan penuh luka."

Pesannya segera beredar menimbulkan keprihatinan yang dalam dari para blogger lain dan pesannya diumumkan oleh lebih dari 200.000 pengguna.

Tapi beberapa jam kemudian,  akun blog "Yuan-Yuan tanpa harapan" dan pesannya dihapus dalam aksi sensor untuk meredam publik atas dugaan kebrutalan polisi.

Catatan resmi polisi mengklaim bahwa Huang "bunuh diri di ruang interogasi dengan gantung diri."

Keluarga Huang menolak klaim tersebut, mengatakan keadaan mencurigakan sekitar  kasus kematian Huang merupakan permainan kotor polisi.

Setelah mendapat informasi tentang kematian Huang, adiknya dan ayahnya bergegas ke Datian untuk menyelidiki berita, tiba-tiba dia  melihat bahwa kaki, paha, dahi, dan bahu mayat Huang semua memar. Polisi penjelasan bahwa itu disebabkan pemeriksaan pada ruang bedah mayat.

Saudara Huang juga merasa curiga bahwa polisi tidak segera memberikan video dari apa yang sebenarnya terjadi.

"Saya tidak bisa melihat bagian depan wajah seseorang pada rekaman dari kamera tersembunyi, hanya bagian kaki. Ketika saya tiba, saya diminta untuk melihat video dan mayat adik saya tapi mereka tunda selama dua hari sebelum membiarkan saya melihatnya, sehingga mereka pasti punya cukup waktu ke dokter rekaman," kenangnya. "Saya menduga bahwa mereka telah memalsukan rekaman."

Dia juga mencatat bahwa semua barang-barang pribadi Huang, seperti uang dan kalung emas, telah diambil.

Ketika The Epoch Times menghubungi kantor polisi, petugas yang bertugas hanya mengatakan bahwa pimpinan sedang rapat dan fakta-fakta yang tidak jelas. Dia menyarankan untuk menghubungi departemen kepolisian kota, tapi seseorang di sana mengatakan itu bukan waktu yang tepat untuk menerima wawancara.

Saudara Huang Guohui menyuarakan penyebab kematian adiknya di dunia maya, bahkan posting atas nama keponakannya di blog-Yuan Yuan.

Tapi pemerintah telah  mengejar kakak Huang Guohui  baik secara online dan  offline  untuk menahan kritik blak-blakan tentang apa yang ia percaya penyiksaan brutal terhadap Huang dalam penahanan polisi.

"Saat ini saya tidak dapat menggunakan komputer dan telepon di hotel keberadaan saya sedang dipantau dan seseorang akan mengikuti saya ketika saya pergi keluar," katanya. [Tiffany Chen, Batam]

No comments:

Post a Comment