Sunday 21 August 2011

印尼华人 (21/1)

印尼华人 (21/1)


WANG DUN, JENDERAL YANG KUDETA TERHADAP DINASTI JIN

Posted: 21 Aug 2011 06:22 AM PDT

Wang Dun (266-324) adalah seorang panglima perang pada zaman Dinasti Jin. Ia mempunyai kekuasaan yang sangat besar sehingga Kaisar Yuan dari Jin (Sima Rui) pun tunduk padanya. Ia pernah mencoba dua kali menggulingkan Dinasti Jin namun tidak pernah berhasil. Ia meninggal tahun 324 karena depresi setelah kudeta keduanya gagal.

Wang Dun adalah putra Wang Ji, seorang pejabat Jin. Ia menikah dengan Putri Xiangcheng, putri Kaisar Wu dari Jin (Sima Yan). Ia menjabat sebagai asisten untuk putra mahkota Sima Yu (cucu Kaisar Wu). Ketika Sima Yu difitnah oleh Permaisuri Jia Nanfeng sehingga diasingkan, Wang tetap mendampingi atasannya hingga ia dibawa ke pengasingan, atas kesetiaannya ini namanya mulai dikenal. Ia kemudian diangkat sebagai gubernur Yangzhou (sekarang wilayah Zhejiang, bagian selatan Jiangsu dan Anhui). Ketika Sima Rui, Pangeran Langye mengepalai operasi militer di daerah itu pada 307, Wang dan sepupunya, Wang Dao, menjadi asisten kepercayaan sang pangeran. Konon katanya ketika itu kekuasaan marga Wang dan Sima (keluarga kerajaan) sama besarnya di wilayah itu.

Ketika pemberontakan petani meletus di Jiangzhou (sekarang wilayah Jiangxi dan bagian timur Hubei) dan Jingzhou (sekarang Hubei dan Hunan). Pemimpin pemberontak yang terkuat adalah Du Tao, pemimpin pengungsi dari Yizhou (sekarang wilayah Sichuan dan Chongqing yang kabur dari Cheng Han. Sima Rui menugaskan Wang untuk operasi militer di wilayah barat. Dibawah koordinasi Wang yang efektif, pemberontakan akhirnya dapat ditumpas. Setelah mengalahkan Du Tao, Wang mulai sombong dan menganggap provinsi-provinsi di barat adalah wilayahnya. Setelah Sima Rui naik tahta tahun 318 sebagai kaisar Yuan, secara formal Wang tetap menyatakan kesetiaan padanya, namun di saat yang sama ia juga memperkuat posisinya di wilayah kekuasaannya.

Melihat ambisi Wang yang begitu besar, Kaisar Yuan mulai merasa takut padanya sehingga ia mengumpulkan orang-orang yang tidak suka pada Wang seperti Liu Huai dan Diao Xie. Ia juga mulai memangkas kekuasaan keluarga Wang dalam pemerintahan, termasuk Wang Dao, yang membuat Wang Dun marah. Para bawahan Wang seperti Shen Chong dan Qian Feng membujuknya agar melakukan kudeta militer untuk menggulingkan Kaisar Yuan. Tahun 320, kaisar mengangkat Sima Cheng, pangeran Qiao, sebagai gubernur Xiangzhou (sekarang Hunan), ini berarti menolak usul Wang yang merekomendasikan Shen. Namun saat itu Wang merasa belum siap untuk memberontak, sehingga ia menerima keputusan tersebut. Tahun 321, kaisar memberikan komando atas sejumlah besar pasukan yang kuat kepada Dai Yuan dan Liu Huai dengan alasan untuk mempertahankan negara terhadap kerajaan Zhao Akhir, namun tujuan sebenarnya adalah untuk berjaga-jaga dari kemungkinan Wang memberontak.

Pada musim semi tahun 332, Wang mengangkat senjata melawan kaisar dengan dalih bahwa kaisar telah dimanipulasi oleh Dai dan Liu, sehingga ia wajib membersihkan pemerintahan dari orang-orang seperti mereka. Ia membujuk Gan Zhuo, gubernur Liangzhou (sekarang wilayah barat laut Hubei dan tenggara Shaanxi) dan Sima Cheng, gubernur Xiangzhou untuk turut serta dalam pemberontakan. Namun keduanya menentang ajakan itu dan melawan walau bukan tandingan pasukan Wang, bahkan terhadap pasukan garis belakang pun keduanya tidak sanggup memberikan perlawanan efektif. Pasukan Wang dengan cepat tiba di ibukota Jiankang dan mengalahkan pasukan kekaisaran, dengan mudah mereka menduduki dan menjarah ibukota. Liu Huai kabur ke Zhao Akhir, sementara Diao, Dai dan Zhou Yi dibunuh. Kaisar Yuan dipaksa menyerah dan menganugerahi Wang kekuasaan yang lebih besar di barat. Wang merasa puas dengan negosiasi itu sehingga membiarkan kaisar tetap bertahta dan mengurungkan niatnya untuk mendepak Sima Shao, putra sulung Kaisar Yuan, dari posisi putra mahkota (Wang sebenarnya takut akan ketegasan dan kecakapan pangeran itu). Wang memimpin pasukannya kembali ke pusat kekuasaannya di Wuchang (sekarang Ezhou, Hubei). Dalam perjalanan pulang ia membunuh Sima Cheng dan Gan Zhuo yang dulu menentangnya.

Setelah kekalahannya, Kaisar Yuan dirundung kesedihan dan akhirnya meninggal sekitar tahun baru 323. Putra mahkota, Sima Shao, naik tahta sebagai Kaisar Ming dari Jin. Kaisar baru ini bersikap seolah-olah ia tunduk dan hormat pada Wang, ia menyerahkan banyak tanggung jawab militer dan pemerintahan padanya. Wang Dun menjadi semakin besar kepala karenanya, kaki tangannya seperti Qian dan Shen semakin korup dan sewenang-wenang. Karena masih merasa kuatir dan takut dengan keluarga Zhou Yi, musuh yang dibunuhnya dalam kudeta pertama dulu, pada tahun 324, ia memburu dan membunuhi anggota keluarga yang tersisa.

Pada akhir tahun itu juga, kesehatannya mulai memburuk. Ia mengangkat Wang Ying, keponakan sekaligus putra angkatnya (Wang tidak memiliki putra), sebagai deputinya dan Wen Jiao sebagai walikota Jiankang dengan tujuan agar mudah mengawasi gerak-gerik kaisar. Ia merencanakan agar setelah ia meninggal, Wang Ying akan memimpin pasukannya untuk menyerang Jiankang dan merebut tahta. Namun tanpa sepengetahuannya, Wen sebenarnya telah bekerja dibawah Yu Liang, ipar kaisar. Begitu tiba di ibukota Wen membeberkan kondisi Wang yang tengah terbaring sakit dan rencana kudetanya. Kaisar Ming memutuskan untuk mengambil tindakan pendahuluan, ia menyatakan bahwa Wang Dun adalah pemberontak serta memerintahkan para jenderal di perbatasan utara untuk menumpasnya. Mendengar kabar ini, Wang mengutus adiknya, Wang Han (ayah biologis Wang Ying) dan Qian Feng untuk bergerak ke timur untuk menyerang ibukota. Namun kali ini pasukannya menderita kekalahan besar dari pasukan kekaisaran yang diperkuat oleh pasukan perbatasan yang terlatih dengan baik. Wang meninggal dalam kesedihannya setelah mendengar berita buruk mengenai kekalahan pasukannya. Wang Ying menyembunyikan kabar kematian ayah angkatnya dan meneruskan perlawanan namun pada akhirnya dikalahkan. Ia dan ayahnya ditangkap lalu dihukum mati. Jenazah Wang Dun diletakan dalam posisi berlutut dan dipancung sebelum dikembalikan pada keluarganya untuk dimakamkan. [Angelina Lim, Medan, Tionghoanews]

OBAT YANG DAPAT MENGHAPUS KENANGAN BURUK

Posted: 21 Aug 2011 06:10 AM PDT

Setiap orang pastinya memiliki masalalu, Baik itu yang manis ataupun yang pahit atau kelam. Pastinya kita lebih senang bila selalu ingat kenangan-kenangan manisitu kan, Namun terkadang justrus kenangan pahit itu sering muncul dalam ingatan kita, sedih tentunya.

Yang jadi pembahasan kita kali ini adalah bagaimana cara agar kenangan pahit atu massa-massa kelam hidup kita dulu tidak selalu hadir dalam ingatan kita. para ilmuwan baru-baru ini menemukan obat untuk melupakan semua itu. Kenangan pahit akan hilang dari ingatan dan efeknya mampu bertahan beberapa hari sejak pemberian obat dihentikan.

Obat yang dinamakan Metyrapone ini bekerja dengan menghambat produksi hormon kortisol. Selain memicu stres, hormon kortisol juga memegang peran penting dalam membangkitkan kembali kenangan-kenangan negatif yang tersimpan di dalam memori otak.

"Hasil penelitian menunjukkan jika hormon stres berkurang maka otak lebih sulit mengingat kengangan-kenangan negatif di masa lalu," ungkap Dr Sonia Lupien, peneliti dari University of Montreal seperti dikutip dari ScienceDaily, baru-baru ini.

Dr Lupien menyimpulkan hal itu setelah melakukan eksperimen pada 33 pria dewasa yang diminta untuk membaca atau mempelajari beberapa cerita. Ada 2 jenis cerita yang diberikan, yakni cerita dengan nuansa netral serta nuansa negatif dalam arti menyedihkan.

Setelah mempelajari cerita tersebut, para partisipan dibagi menjadi 3 kelompok. Kelompok pertama mendapat Metyrapone dosis tunggal, kelompok kedua mendapat obat yang sama dengan dosis ganda dan yang terakhir hanya diberi plasebo atau obat kosong.

Setelah minum obat secara rutin selama 3 hari, para partisipan diminta menuturkan kembali cerita sedih yang dibacanya. Partisipan yang minum Metyrapone dengan dosis ganda paling susah menceritakan kembali sedangkan yang minum plasebo paling bagus ingatannya.

Dalam eksperimen berikutnya, Dr Lupien menghentikan pemberian obat pada seluruh partisipan. Saat diamati kembali 4 hari kemudian, efeknya masih sama yakni partisipan yang mendapat Metyrapone tetap sulit mengingat cerita sedih meski sudah tidak minum obat.

Dr Lupien berharap suatu saat nanti hasil penelitiannya bisa bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kejiwaan yang berhubungan dengan stres. Salah satunya pada orang-orang yang mengalami gangguan stres paska trauma. [Caroline Chan, Bandung, Tionghoanews]

KENAPA ORANG SANGAT MENYENANGI GOSIP ?

Posted: 21 Aug 2011 06:06 AM PDT

Gosip adalah sesuatu yang sangat menyenangkan, Kalau tidak untuk semaua orang mungkin kebanyakan orang yang beranggapan demikian. Sebenarnya banyak yang menyadari bahwa menggosip atau mengguncingkan orang lain adalah perbuatan yang tidak baik, Namun terkadang mereka mengesampingkan hal tersebut dan lebih menikmati gosip tersebut.

Problema terhanyut dalam lingkaran gosip memang sulit dihindari. Salah satu penyebabnya adalah sistem visual kita terprogram untuk fokus pada gosip negatif yang kita dengar. Selain itu, ternyata otak manusia mengingat gosip negatif lebih kuat daripada gosip positif atau gosip yang netral.

"Secara alamiah kita memang lebih sensitif pada informasi yang mungkin berpotensi mengancam kehidupan kita," Irving Biederman, ahli neuroscience dari California Amerika Serikat.

Walaupun topik dalam gosip itu mengenai orang lain, namun bukan tidak mungkin suatu saat akan menimpa kita. Misalnya tentang PHK karyawan atau perselingkuhan.

"Kita bisa mengambil keuntungan dari gosip negatif yang kita dengar dengan cara menghindari hal itu agar tidak terjadi pada kita," kata ketua peneliti Eliza Bliss-Moreau, dari California, AS.

Studi sebelumnya juga mengungkapkan manusia berevolusi sedemikian rupa untuk memiliki kecenderungan menghakimi dan senang membicarakan orang lain.

Meski ada banyak kategori pembicaraan dengan orang lain, mulai dari salam, penjelasan, berbohong atau menceritakan rahasia, namun yang paling disukai orang adalah membicarakan orang lain. Bahkan, meski pembicaraan diawali dengan topik tentang cuaca, pada akhirnya mereka akan membicarakan orang lain.

Ahli primata Robin Dunbar dari Universitas Oxford Inggris mengatakan bahwa gosip tidak selalu berarti buruk. Dunbar menjelaskan, gosip telah melalui seleksi evolusi sebagai salah satu cara untuk menyatukan kelompok manusia.

Pada awalnya, menurut Dunbar, primata seperti babon hidup berkelompok dan menggunakan perawatan diri sebagai alat sosial untuk menjalin, menjaga dan memutus hubungan sosial. Namun dalam sejarah evolusi, kelompok manusia sebagai besar dan tidak ada yang punya waktu lagi untuk memperhatikan penampilan orang lailn. Gosip atau membicarakan orang lain kemudian menggantikannya sebagai perekat ikatan sosial.

Walau gosip mungkin secara alami sudah ada dalam setiap lingkungan sosial, tetapi manusia tidak terlahir untuk bergosip. Anak-anak belajar seni komunikasi melalui lingkungannya, mulai dari bicara dengan sopan pada orangtua, tidak menyumpah pada orang lain, atau menggunakan tata bahasa yang baik. Termasuk, kebiasaan menggosipkan orang lain.

Dengan kata lain, meski kita punya kecenderungan untuk menyukai gosip, tetapi kesukaan itu tidak harus dipupuk. Malah, kita bisa mengajar anak-anak untuk menghindari gosip dengan cara "menjaga lidah" untuk tidak sering-sering membicarakan berita negatif tentang orang lain. [Caroline Chan, Bandung]

BAGAIMANA BERBICARA DENGAN PACAR ANDA SETELAH BERTENGKAR

Posted: 21 Aug 2011 05:53 AM PDT

Banyak orang percaya bahwa bagian terbaik dari berdebat dengan pacar adalah berbaikan sesudahnya. Dan sementara ini mungkin benar, itu tidak membuat Anda lebih mudah mendekati pacar setelah adu argumen. Apakah itu pertengkaran besar atau perselisihan kecil, bertentangan dengan orang yang Anda cintai bukan perasaan yang baik. Namun, mengatasi masalah dan berbicara dengannya sesegera mungkin adalah penting jika Anda ingin mencegah kerusakan jangka panjang untuk hubungan Anda.

1. Membuat langkah pertama. Terlepas dari siapa yang salah, mengambil langkah pertama menuju menangani masalah menunjukkan padanya Anda ingin menyelesaikan konflik. Jika Anda percaya Anda adalah orang yang bersalah, maka minta maaf dengan tulus atas tindakan Anda. Jika Anda yakin kesalahan ada pada pacar Anda, jangan meminta maaf, melainkan katakan padanya Anda mencintainya dan ingin berusaha untuk menyelesaikan masalah.

2. Dengarkan apa yang dia katakan. Dia mungkin masih merasa marah dan kesal, tetapi penting bagi Anda untuk membiarkan dia mengeluarkan semua frustrasi di dadanya. Hindari mencoba untuk mengemukakan pendapat Anda karena ini cenderung menyalakan kembali perdebatan, serta memberinya kesan Anda tidak tertarik pada apa yang dia katakan.

3. Berikan pacar Anda ruang jika dia membutuhkannya. Jika dia masih marah tentang perdebatan itu, satu-satunya pilihan Anda adalah untuk memberinya waktu sendiri untuk tenang. Mencoba untuk berbicara padanya ketika dia marah berarti dia tidak mendengarkan Anda atau mungkin mengatakan sesuatu yang tidak benar-benar diinginkannya, menyebabkan konflik lebih lanjut.

4. Berjalan pergi dan tinggalkan bola di pihaknya, jika dia mengatakan dia tidak ingin berbicara dengan Anda atau tidak menerima permintaan maaf Anda. Memaksanya untuk melakukan percakapan sementara ia tidak siap hanya lebih mengisolasi Anda berdua. Sebaliknya, biarkan dia tahu Anda bersedia menunggu selama waktu yang dibutuhkan dan memintanya untuk menghubungi Anda ketika ia siap untuk bicara. Setelah dia telah berpikir tentang hal-hal secara logis, dia bisa mendekati Anda dan Anda berdua bisa berbicara tentang masalah Anda dengan tenang dan mudah-mudahan mencapai resolusi. [Liana Yang, Surabaya]

MEMBAYAR KEMBALI MAKANAN

Posted: 21 Aug 2011 05:47 AM PDT

Han Xin, seorang jenderal dan strategi yang terkenal dari Dinasti Han, sangat miskin ketika ia masih muda. Kedua orang tuanya meninggal lebih awal dan dia mengalami kesulitan untuk menghidupi diri sendiri. Dia mengenal baik Walikota Nanchang, jadi  walikota mengizinkan dia tinggal di rumah walikota dan makan bersama dengan keluarganya. Setelah beberapa bulan, istri walikota bosan melihat keberadaanya, ketika dia bangun dan menyiapkan sarapan pagi dan makan dengan walikota di tempat tidur. Ketika Han Xin bangun, ia tidak menemukan makanan di meja makan. Setelah beberapa hari seperti itu, Han Xin merasa bahwa ia tidak diterima dan meninggalkan rumah walikota.

Han Xin pergi memancing di Sungai Huai. Ketika ia menangkap cukup ikan, ia menjualnya untuk mendapatkan uang. Jika tidak, ia harus kelaparan. Ada sekelompok  wanita tua yang mencuci sutra mereka di Sungai Huai dan mereka semua membawa  makan siang setiap hari. Seorang wanita dalam kelompok itu menyadari bahwa Han Xin sering kelaparan dan berbagi makan siang dengannya selama berbulan-bulan. Han Xin sangat bersyukur dan mengatakan kepada wanita tua baik hati tersebut: "Suatu hari, saya akan membayar Anda untuk kebaikan Anda. "

Kemudian, Liu Bang, kaisar pendiri Dinasti Han, melihat bakat Han Xin dan menjadikannya jenderal. Han Xin terkenal karena pertempurannya dengan negara Chu. Akhirnya, Han Xin diberi gelar Raja Chu.

Han Xin kembali ke kampung halamannya. Dia memberikan walikota Nanchang sejumlah uang sebagai ganti beberapa hari ia menginap dan makan di rumah walikota dulu. Dia menemui wanita tua pencuci sutra dan memberinya seribu keping emas. Kemudian, orang  menyebarkan legenda Han Xin dan dijuluki sebagai " Makanan senilai seribu keping emas ". Ini berarti bahwa sekali melunasi memberi berlipat ganda.

Zhao Dun adalah seorang menteri berpangkat tinggi di istana. Suatu kali, ia pergi berburu dan tinggal di Yisang. Dia melihat seorang pria di tanah dan bertanya apakah ia sakit. Pria itu berkata: "Saya belum makan selama berhari-hari." Zhao Dun memberinya sesuatu untuk dimakan, tapi pria itu hanya makan setengah  dan menyisakan setengah lainnya tidak tersentuh. Zhao Dun kemudian bertanya kepadanya alasan  menyisakan setengah makanan. Pria itu berkata: "Saya telah menjadi pembantu bagi orang lain jauh dari rumah dan saya bertanya-tanya apakah ibuku masih hidup. Sekarang, saya sangat dekat dengan rumah; tolong biarkan saya mengambil dibawa pulang. " Zhao Dun berkata kepada pria itu untuk menyelesaikan makanan dan kemudian memberinya sekeranjang daging dan beras untuk dibawa pulang ke ibunya.

Han Xin memberi seribu keping emas kepada wanita tua pencuci sutra

Jin Ling Gong, raja dari Jin, tidak kompeten dan tidak baik sebagai penguasa. Zhao Dun mencoba membujuk Jin Ling Gong untuk berbuat baik. Jin Ling Gong takut kepada Zhao Dun, sehingga ia berusaha menyingkirkannya dalam perjamuan malam. Untungnya, salah satu tentara Zhao Dun mengetahui rencana dan mencoba untuk keluar dari pengepungan, tetapi diat ewas dalam kejadian. Pada saat-saat kritis, salah satu penjaga Jin Ling Gong memutar tombak di sekeliling dan terus menahan tentara Jin jauh dari Zhao Dun. Zhao Dun bertanya kepada penjaga iyu mengapa ia melakukan hal itu. Penjaga itu berkata: "Saya adalah orang yang lapar di Yisang." Ketika Zhao Dun menanyakan nama dan tempat tinggal, penjaga itu malah menyuruh Zhao Dun cepat pergi menyelamatkan diri. Zhao Dun menuruti sarannya dan bisa meloloskan diri dari rencana jahat raja. [Anita Li, Jayapura, Tionghoanews]

ANAK LAKI-LAKI SEKARANG MULAI CEPAT MATANG SECARA SEKSUAL

Posted: 21 Aug 2011 05:11 AM PDT

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa anak laki-laki matang secara fisik lebih awal dari sebelumnya dengan usia kematangan seksual dipercepat sekitar 2,5 bulan setiap dekade, setidaknya sejak pertengahan abad ke-18.

Joshua Goldstein, Direktur Institut Max Planck untuk Penelitian Demografi di Rostock (MPIDR), telah menggunakan data kematian untuk membuktikan tren ini. Apa yang selama ini diketahui berlaku pada anak perempuan tampaknya juga berlaku pada anak laki-laki.

Telah lama didokumentasikan dengan baik bahwa remaja-remaja putri mengalami menstruasi pertama mereka di usia yang semakin lama semakin muda. Beberapa studi menemukan bahwa gadis-gadis masa kini mencapai pubertas lebih awal, yang ditandai oleh menstruasi dan perkembangan payudara. Namun, data untuk analisis yang sama pada laki-laki tidak ada. Tidak ada cara mudah untuk mengetahui usia rata-rata awal pubertas pada populasi besar anak laki-laki.

Goldstein mengatasi kesenjangan tersebut dengan mempelajari data demografi yang terkait dengan kematian. Sebelumnya, para peneliti telah menemukan bahwa pada titik di akhir masa remaja laki-laki, kematian tiba-tiba melonjak tajam. Puncak ini, yang disebut accident hump (punuk kecelakaan), berkorelasi dengan saat di mana produksi testosteron pria pada puncaknya. Dengan testosteron tinggi, pria muda lebih cenderung untuk terlibat dalam aktivitas berisiko yang menunjukkan kejantanan dan kenekatan, sehingga meningkatkan tingkat kematian mereka. Fenomena ini terjadi di hampir semua masyarakat dan statistiknya terdokumentasikan dengan baik.

Menggunakan data kematian rinci dari Swedia, Denmark, Inggris dan Italia, Goldstein dan rekan-rekannya melacak data punuk kecelakaan sampai tahun 1751. Mereka menemukan bahwa periode berisiko tinggi (dan, berarti produksi testosteron tertinggi) telah bergeser terus ke bawah sekitar 2,5 bulan per dekade, atau lebih dari dua tahun per abad. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa usia kematangan seksual anak laki-laki juga dipercepat pada tingkat yang sama. Sebelumnya, penelitian lain menunjukkan bahwa awal pubertas anak perempuan telah maju sekitar 3,6 bulan per dekade sejak tahun 1800.

Penurunan dimulai sebelum industrialisasi meluas dan sebelum mobil diperkenalkan, dua faktor yang mungkin memengaruhi angka kematian remaja. Selain itu, para peneliti menulis anekdot lain yang menunjukkan bahwa anak laki-laki matang lebih cepat dari era sebelumnya. Misalnya, pada pertengahan 1700-an, anak laki-laki anggota Paduan Suara J.S. Bach di Leipzig, Jerman, keluar dari paduan suara pada usia sekitar 18 tahun, ketika suara mereka berubah. Pada abad ke-20 di London, usia rata-rata perubahan suara adalah 13 tahun.

Studi ini tidak dapat secara definitif menunjukkan alasan mengapa punuk kecelakaan bergeser, namun tampaknya ada penjelasannya secara biologis. "Mungkin karena gizi yang lebih baik dan berkurangnya penyakit lingkungan," kata Goldstein. Keduanya membuat sumber daya biologis jadi lebih terfokus untuk pematangan seksual.

Kematangan seksual yang lebih dini ini menimbulkan banyak kekhawatiran bahwa anak-anak tumbuh secara fisik sebelum otak mereka memiliki waktu untuk mengejar ketinggalan. Namun, Goldstein mengatakan ada implikasi lainnya. Meskipun anak laki-laki dan perempuan lebih cepat matang secara fisik, mereka menikah, mengawali karir, dan memiliki anak lebih tua. Periode waktu di mana para remaja sudah dewasa secara seksual tapi belum dewasa secara sosial semakin lama semakin melebar. Hal ini mungkin ada implikasinya secara sosial. [Julianty Chang, Singkawang]

INSOMNIA DAN MAKANAN

Posted: 21 Aug 2011 04:40 AM PDT

Kebiasaan, pola, dan penyimpangan makan dapat berkontribusi pada gangguan pola tidur. Pemicu terbesar dari dapur kita yakni kafein dan senyawa terkait seperti teobromin (ditemukan dalam coklat). Bahan-bahan ini secara langsung mengganggu tidur sebagai akibat efek stimulasi mereka pada sistem saraf pusat (SSP).

Bahan pemicu lain dalam makanan yakni etil alkohol, pada awalnya menekan SSP dan merangsang timbulnya kantuk, namun kemudian mengakibatkan gangguan pola tidur dan kualitas tidur yang buruk.

Porsi dan waktu makan juga dapat mempengaruhi tidur secara signifikan. Makan besar yang dikonsumsi tepat sebelum tidur akan menggembungkan perut, memberi tekanan pada diafragma, membatasi napas, dan akan menyebabkan ketidaknyamanan saat tidur. Berangkat tidur dengan perut lapar dengan perut kosong dapat menyebabkan rasa lapar, memicu gula darah rendah, dan ketidaknyamanan perut. Baik kelebihan dan kekurangan makan dapat mengganggu tidur.

Tidur yang sehat: Kebiasaan cara makan dan asupan makanan harus dievaluasi secara hati-hati berkaitan dengan masalah tidur. Makanan yang menimbulkan gangguan harus benar-benar dihilangkan dalam daftar diet terlepas dari kapan mereka dikonsumsi. Seperti yang telah disinggung dalam artikel sebelumnya, bahkan residu bahan kimia yang sangat kecil memiliki efek biokimia dan bioenergi pada tidur selama beberapa jam atau bahkan berhari-hari kemudian.

Baik kelebihan dan kekurangan makan harus dicegah. Mengonsumsi makanan kecil tepat sebelum tidur meningkatkan koordinasi pelepasan neurotransmiter dan endorfin, menciptakan rasa keamanan dan memudahkan tidur.

Proses pencernaan juga berkontribusi melalui fenomena yang dikenal sebagai pasang-surut alkalin, yang ditandai dengan naiknya pH darah setelah makan. Perubahan kimia ini tampaknya memicu rasa kantuk, memudahkan transisi tidur, dan menambah durasi tidur.

Beberapa makanan yang mengandung asam amino triptofan alami tinggi (seperti kalkun, selai kacang, buah ara, beras, ikan tuna, dan pisang) lebih mungkin menginduksi tidur ketika dikonsumsi sesaat sebelum tidur. Makanan dengan kandungan magnesium dan B-kompleks tinggi juga dapat menambah waktu tidur.

Makanan dengan kandungan asam amino tiramin tinggi (seperti bayam, kentang, tomat, dan keju lunak) menunda atau menghambat evolusi tidur.

Tidur siang setelah makan (suatu praktek tradisional) tidak hanya membantu meningkatkan fungsi otak, dia juga menambah energi, mood, dan produktivitas. Hal ini juga membantu mengatur siklus bangun tidur, yang dapat memperbaiki pola tidur malam hari. Tidur siang ini cukup singkat-tidak lebih dari 20 menit.

Masyarakat Amerika dan negara-negara modern lain tampaknya mengalami peningkatan penyakit gastroesophageal reflux atau GERD (merupakan penyakit pencernaan kronis yang terjadi ketika asam lambung atau kadang-kadang cairan empedu mengalir kembali  ke saluran esofagus). Berbaring atau tidur setelah mengonsumsi makanan ringan tidak menyebabkan GERD, dan rekomendasi agar menunda tidur setelah makan tidak mencegah terjadinya GERD.

Jika timbul GERD, maka harus diatasi dengan teknik khusus. Setelah penangan yang tepat berhasil dilakukan, melalui sarana nonfarmakologis, aktivitas seperti tidur siang dan mengonsumsi makanan ringan sebelum tidur, dapat dicapai tanpa membahayakan.

Mereka yang berisiko GERD harus menghindari makan berlebihan dan ikuti langkah-langkah nonfarmakologis untuk memperkuat sfingter esofagus (sebuah otot  band melingkar sekitar bagian bawah kerongkongan Anda) bagian bawah untuk mengatasi kondisi ini. [Jelia Lin, Kupang, Tionghoanews]

SEBUAH SENYUMAN MENGHALAU KEKHAWATIRAN

Posted: 21 Aug 2011 04:35 AM PDT

Seorang bijak pernah mengatakan suatu hal kepada saya, "Banyak tertawa adalah rahasia bagi panjang umur." Sayangnya, pada saat itu usia saya masih terlalu muda, sehingga saya belum dapat memahami makna dari perkataannya.

Setelah beranjak dewasa, barulah berangsur-angsur saya mengerti bahwa setiap orang pasti mempunyai pengalaman dan hal-hal yang mencemaskan hati, kegagalan, kesedihan dan penderitaan, "Boleh dikatakan dalam hidup, hal-hal yang tidak sesuai dengan keinginan hampir semuanya pernah dialami." Jika tiap hari kita masih dapat memberikan sebuah senyuman, hal tersebut tidak mudah untuk dilakukan.

Meskipun perjalanan hidup tidak selalu mulus, namun jika di saat menghadapi kesulitan dan kegagalan kita masih dapat mempertahankan sikap hati yang riang, optimis dan percaya diri, bila di saat-saat yang paling sulit masih dapat tersenyum, maka Anda akan dapat mengubah hari yang biasa ini menjadi hari yang kaya akan vitalitas hidup, mengubah hidup yang berat ini menjadi ringan dan santai, bahkan mengubah saat-saat getir dan sengsara menjadi hari yang manis dan berharga.

Seorang pakar mental keturunan Yahudi, Profesor Victor Frank, pernah mengalami perlakuan sewenang-wenang di kamp konsentrasi Nasi Jerman. Tempat itu terkenal dengan pembantaian berdarah, Anda tidak akan menemukan martabat dan kemanusiaan di sana. Setiap hari selalu ada kaum perempuan, anak-anak dan orang dewasa yang tewas dibunuh. Profesor Frank juga dihantui rasa takut yang amat sangat setiap harinya, dia mengalami siksaan batin yang teramat besar dalam jiwa dan raga. 

Suatu hari, dia mengikuti barisan pergi ke lapangan kamp konsentrasi untuk bekerja. Di sepanjang perjalanan dia terus-menerus mengalami halusinasi, dalam pikirannya terus terlintas kekhawatiran bahwa malam nanti dia tidak dapat kembali dengan selamat. Saat bekerja tengah hari, tali sepatunya mendadak putus. Dirinya semakin cemas, mengira hal ini sebagai pertanda yang kurang baik. Pemikiran Frank yang sangat kacau menyebabkan dirinya timbul perasaan bosan akan hidup yang dijalaninya. Untuk menenangkan hati dan pikiran, dia mencoba untuk merenung sejenak, membayangkan dirinya sedang memberikan ceramah dengan penuh semangat di sebuah ruangan kelas yang luas dan terang.

Saat memejamkan mata, mendadak dia merasakan kelegaan hati yang terbebas dari segala kesusahan dan kecemasan, di wajahnya juga berangsur-angsur timbul senyuman. Itu adalah sebuah senyuman yang sudah lama tidak dijumpai Frank! Kala itu, dengan perasaan hati yang sangat gembira dia memberitahu kepada dirinya sendiri, "Bagus sekali, asalkan sudah melihat senyuman, saya tak akan meninggal di sini, saya pasti dapat keluar dari kamp ini dengan selamat."

Di kemudian hari, ketika dia benar-benar bebas dari kamp konsentrasi, teman-temannya menjadi sangat terkejut ketika mereka melihat raut wajahnya, karena di atas wajahnya sama sekali tidak meninggalkan bekas apapun yang menunjukkan dia pernah mengalami siksaan. Sebaliknya, seluruh tubuhnya memancarkan semangat anak muda yang penuh vitalitas.

Senyuman adalah salah satu pusaka yang dianugerahkan Tuhan kepada umat manusia. Asalkan Anda dapat tertawa, keadaan apapun yang Anda jumpai tidak akan menjadi kian buruk. Ketika berada dalam bahaya dan kesusahan, asalkan Anda masih dapat tertawa, itu merupakan kecerdasan yang luar biasa. Dalam cerita Tiongkok (kisah tiga Negara), ketika pasukan Cao Cao menderita kekalahan dalam peperangan di Chi Bi, hampir dari seluruh pasukannya yang berjumlah 830 ribu tewas di tangan Zhou Yu karena serangan api. Di tengah perjalanan, saat Hua Rong berpapasan dengan Guan Yu, dia hampir saja tewas di tangan Guan Yu, namun saat itu dia masih bisa tertawa terbahak-bahak. 

Dalam kehidupan sehari-hari, semua orang pasti menyukai orang yang selalu mengisi wajahnya dengan senyuman, karena senyuman itu lebih menunjukkan orang tersebut ramah-tamah dan mudah bergaul, memberikan orang lain semacam perasaan yang tenang. Orang yang sering tertawa lebih mudah mendapatkan teman, karena senyuman juga merupakan semacam daya tarik. Ilmu pengetahuan juga telah membuktikan, orang yang memiliki sifat lapang dada dan terbuka, batin mereka selalu cerah dan tenang, berkepribadian wajar dan lepas, sehingga kebanyakan orang yang demikian hidupnya sehat dan panjang umur. 

Sebuah senyuman menghalau segala kekawatiran, juga ada orang yang mengatakan "mabuk bisa mengurai segala kekawatiran" Saya kira hal ini tidak bisa benar-benar terlepas dari lubuk hati kita terdalam. Saya ingin mengatakan kepada mereka yang gemar minum minuman keras, "Sebuah senyuman akan menghalau segala kekawatiran, tidak perlu lagi meneguk minuman keras." Tertawa terbahak-bahak, menertawakan ketidak gentaran kita terhadap dunia fana ini, menertawakan kehambaran kita terhadap gelar akademis, menertawakan jiwa yang bebas dan terlepas, menertawakan jiwa yang membumbung, inilah daya tarik pesona dari sebuah tawa. (Guan Min, Surabaya)

No comments:

Post a Comment