Friday 19 August 2011

印尼华人 (21/1)

印尼华人 (21/1)


PALMERAH UNDERGROUND

Posted: 19 Aug 2011 07:21 AM PDT

Cerpen: Terserah mau percaya pada cerita ini atau tidak: seiring mulai dioperasikannya kereta bawah tanah yang baru saja selesai pembangunannya, muncullah hantu di salah satu stasiunnya, yakni stasiun Palmerah. Korban telah jatuh. Korban ini perempuan, wartawati koran sore dari surat kabar yang berkantor di dekat stasiun tersebut. Perempuan yang kesambet hantu kereta bawah tanah itu menjadi 'pemimpi berjalan' (sleep walker).

Keluarganyalah yang pertama-tama repot. Anak perempuan yang baru setahun lulus kuliah dan kini tengah semangat-semangatnya bekerja itu menunjukkan tingkah laku yang rasa-rasanya tidak tampak sebelumnya. Sang anak ini menjadi sering bangkit tengah malam, dan berjalan-jalan dalam keadaan tidur.

Pertama-tama yang mendapati tingkahnya itu kakak perempuannya, yang tidur sekamar dengannya. Sang kakak mendengar kursi di ruang keluarga seperti berderak. Ia melirik jam di atas meja, pukul 02.45 dini hari. Ditolehnya ranjang di samping yang biasa ditiduri adiknya. Kosong. Sang adik tidak di tempat. Ia lihat kamar mandi yang menjadi bagian dari kamar mereka, tidak ada tanda-tanda ada orang di kamar mandi.

Sang kakak bangkit, menuju ruang keluarga. Dia melihat si adik, berjalan-jalan di ruangan itu dengan mata terpejam. Suara berderak tadi memang dari situ, dari kursi yang agak tergeser posisinya karena barangkali tersandung oleh langkah kaki.

"Kartika...," panggilnya ragu-ragu.

Yang dipanggil tak bereaksi. Malah terus berjalan, menuju ruang lain lagi.

Sang kakak mengikuti. Mereka tak terbiasa main-main seperti ini, dan apa yang tengah terjadi dini hari itu juga sama sekali tidak menunjukkan tanda-tanda main-main.

"Kartika," panggilnya lagi dengan nada lebih mantap sembari menggoyang pundak adiknya.

Si adik menghentikan langkah. Matanya pelan-pelan terbuka, sebelum benar-benar tampak pulih kesadarannya. Kepalanya menengok kiri kanan.

"Kamu mimpi Kartika...," kata sang kakak sambil menatap adiknya dengan terheran-heran. "Kamu ngelindur...,"

Kartika termangu-mangu. Napasnya turun naik dengan kuat, seperti baru selesai melakukan pekerjaan berat, atau seperti baru pulang dari perjalanan entah ke dunia mana.

Kakaknya mengambilkan air putih dan meminumkannya. Di luar, malam terang oleh bulan tanggal ke-14.

***

MENYELUSUP dari manakah pengaruh bawah sadar yang menggerakkan Kartika menjadi pemimpi berjalan? Dari cahaya bulan? Karena kejadian kemudian selalu berulang saat bulan menuju dan mencapai purnama penuh? Ah, seperti dongeng novel saja...

Keluarga Kartika menjadi selalu bersiaga setiap malam, terutama saat bulan mulai terang cahayanya. Mereka mengunci baik-baik semua pintu rumah. Ibunda Kartika bahkan kemudian mengikatkan anak kunci di pergelangan tangan, agar tidak bisa dipakai sembarang orang. Ini belajar dari pengalaman, karena apa yang terjadi berikutnya setelah kejadian malam pertama seperti diceritakan di atas, mereka pandang lebih serius lagi.

Ceritanya, malam itu lagi-lagi sang kakak terbangun dan tidak menemukan Kartika di tempat tidur. Yang ada cuma baju tidur yang telah terlepas dan teronggok di atas dipan. Di mana Kartika? Berjalan-jalan lagi di dalam rumah? Ia bangun mengikuti pintu kamar yang terbuka. Tak ada Kartika di ruang keluarga, atau ruang-ruang lain di dalam rumah. Sementara pintu utama kelihatan terbuka. Begitu pula pintu pagar. Gegerlah seisi rumah.

Ayah, ibu, sampai pembantu dan sopir bangun. Mereka menyebar ke mana kira-kira Kartika berjalan. Entah kebetulan atau bagaimana, sang kakak disertai ayahnya yang menemukan Kartika. Mereka berdua mencoba menelusuri Kartika sampai ke stasiun yang baru di sekitar situ, yakni stasiun SDMR.

Stasiun sangat sepi. Ini sebutannya hanya halte. Beberapa lampu halte dimatikan, karena kereta bawah tanah hanya beroperasi sampai pukul 22.00, sementara saat itu waktu mendekati pukul 03.00 dini hari.

Di antara terang cahaya bulan, mereka berdua jelas melihat satu sosok duduk di bangku di peron terbuka stasiun. Dilihat dari sosoknya yang terbilang mungil, rambutnya yang sebahu, itu jelas Kartika. Mereka mendekatinya. Kartika tampak mengenakan pakaian seperti kalau dia hendak berangkat kerja. Hanya saja tanpa rias wajah sama sekali, bahkan rambut tak tersisir. Jelas dia cuma bangkit dari tempat tidur, mengganti gaun tidur dengan pakaian ini. Matanya terpejam. Dia tidur sambil duduk di bangku stasiun, seolah tengah menanti kereta.

"Kartika...," sang ayah membelainya dengan penuh keprihatinan.

***

BAGAIMANAKAH pengakuan Kartika atas apa yang dialaminya?

"Selalu seperti ada yang memanggilku dari stasiun...,"

Pesona modernitas stasiun bawah tanah yang tengah menjadi barang baru di kota? Dengan stasiunnya yang bersih, dari lantai sampai dinding bernuansa abu-abu, antara bagian bawah dan atas dihubungkan dengan eskalator panjang, tempat duduknya bangku warna-warni biru, kuning, oranye mengingatkan gaya seni rupa Mondrian? Kartika sudah lama menanti-nanti, dan termasuk salah satu penumpang pertama dari banyak orang yang ingin mencobanya, begitu kereta bawah tanah ini beroperasi pertama kali. Sejak itu, dia menjadi penumpang tetap, memiliki kartu langganan, yang tinggal menggesekkan kartu di panel kontrol pagar masuk ruangan stasiun, maka pintu pagar setinggi sekitar satu meter akan membuka sendiri.

"Justru keadaan stasiun yang memanggil-manggilku tidak seperti stasiun bawah tanah yang modern itu," katanya. "Stasiun itu tua, bergaya gothic dengan tiang-tiang besi berukir, di atas ada lengkungan-lengkungan yang juga berukir, lalu pojok langit-langit yang gelap, di mana kelelawar sering tampak keluar masuk mengepakkan sayap..."

Benar-benar seperti imajinasi yang direkayasa novel berbau misteri. Apakah kelelawar itu kiranya yang memanggil-manggilmu?

Kartika termangu-mangu. "Mungkin...," ucapnya lirih. "Kelelawar itu hendak menggondolku."

Mimpi kamu menakutkan........

"Tidak juga...," tukas Kartika.

Stasiun tua, lalu kelelawar yang hendak menggondolmu?

"Kan dibawa terbang...," katanya. Ia memaksudkan, terbang merupakan pengalaman yang menyenangkan.

Gila, Kartika memang kesambet hantu stasiun. Hantu itu datang sebagai pesona, sebagai vanity, yang menyelinap dalam mimpi seorang perempuan melalui cahaya bulan.

Yang kami sangat khawatirkan, kamu berjalan dalam keadaan tidur. Kami sangat takut sesuatu terjadi, misalnya kamu terperosok ke got, ketabrak bajaj atau sepeda motor....

"Tidak," kata Kartika. "Dalam keadaan tidur berjalan itu, entah mengapa aku masih bisa melihat sekelilingku. Aku bisa melihat kerikil-kerikil di halaman rumah, pintu pagar, bunga alamanda kita yang warnanya sangat khusus, warna marun itu, pucuk-pucuk pohon bambu yang menari-nari, bougenvil merah ungu di teras tetangga, dan lain-lain..."

Gawat....

"Ya, tapi aku tidak tahu, harus takut ataukah menikmati sensasi semesta yang menakjubkan itu...."

***

TAK banyak yang berubah pada Kartika, selain parasnya yang tampak pucat, terutama pada hari-hari ketika tanggalan pada kalender sistem bulan (lunar system) berada pada sekitar pertengahan. Karena kewaspadaan seluruh penghuni rumah, tak memungkinkan lagi bagi Kartika untuk bangkit dan berjalan-jalan dalam keadaan tidur. Hanya saja, dalam keadaan berbaring di tempat tidur pun tampaknya ada sesuatu yang luar biasa menyusup pada alam bawah sadarnya. Ini bisa dilihat oleh ibu, ayah, kakak, yang pada saat-saat seperti itu dengan rajin menjagai Kartika. Dalam tidurnya yang lelap, sering terlihat Kartika tersenyum, atau kadang seperti berada dalam suatu pengalaman tertentu sampai butiran keringat muncul di jidat. Pagi hari setelah keadaan seperti itu, Kartika biasanya kelihatan lebih pucat dari biasanya.

"Mimpi telah membohongiku," kata Kartika. "Sedemikian meyakinkan ilusi dalam mimpi-mimpiku, sampai aku merasa itu sebagai sesuatu yang nyata. Persoalannya kemudian, terhadap yang nyata pun aku ragu. Aku meragukan semuanya, baik nyata ataupun mimpi."

Di kantor ia melakukan pekerjaan dan menyelesaikan tugas seperti biasa. Perbedaannya, dia lebih pendiam. Sebelumnya, teman-teman mengenalnya sebagai sosok yang ceria, banyak bercanda. Menulis berita di depan komputer pun, sering dia lakukan sembari kepalanya mengepit gagang telepon. Ia ngobrol di telepon sambil tertawa-tawa entah dengan siapa, mungkin dengan pacar-?maklum masih single.

Kini ia bekerja dengan diam. Kesannya, dia ingin cepat-cepat menyelesaikan pekerjaan dan segera meninggalkan kantor. Begitu pekerjaan selesai, dia akan langsung kabur menuju stasiun. Di stasiun, dia duduk-duduk di bangku peron, sementara kereta datang dan pergi.

Beberapa teman yang sama-sama pengguna alat transportasi ini, sering melihat Kartika di bangku stasiun itu. Ada juga yang dalam hati bertanya-tanya, mengapa Kartika terlihat hanya duduk-duduk, tidak segera masuk kereta entah ke jurusan mana, yang datang dan pergi setiap kurun waktu maksimal sepuluh menit.

"Mau ke mana Kartika?" seorang teman menegur.

Kartika diam saja, seolah tak mendengar. Matanya menatap lurus ke depan.

Ada juga sedikit gunjingan pada beberapa teman, mengenai sikap Kartika yang dinilai aneh belakangan. Kartika yang makin pendiam, suka duduk-duduk di stasiun, diam dan tak menjawab tegur sapa orang yang mengenalnya....

Apa yang terjadi padanya?

***

TIBA-tiba perbincangan mengenai Kartika berkobar. Kartika hilang. Keluarga Kartika panik, ketika malam itu Kartika lenyap dari rumah. Menurut versi keluarga, sudah tak kurang kewaspadaan mereka, terutama di malam-malam terang bulan seperti malam itu. Semua pintu dikunci, dan anak kunci?masih seperti biasanya?diikat di pergelangan tangan sang ibu.

Tadinya Kartika masih tidur di kamarnya, seperti biasa pula, bersama kakak perempuannya. Akan tetapi, saat terjaga tengah malam menjelang dini hari, sang kakak tidak menjumpai adiknya di tempat tidur.

Ke mana dia? Seisi rumah bangun. Diperiksa setiap sudut rumah, tak ada Kartika. Dicari di lingkungan rumah, termasuk di stasiun SDMR tempat dulu dia ditemukan, tak kelihatan pula jejaknya. Pencarian terus dilakukan, sampai pagi matahari terbit, sampai laporan ke polisi dibuat, untuk menemukan di mana kiranya Kartika.

Kegegeran atas hilangnya Kartika segera menjalar ke mana-mana. Bagaimana seorang perempuan, yang beberapa jam sebelumnya masuk kamar tidur, bisa tiba-tiba hilang? Tanpa apa pun dibawa, selain gaun tidur yang dikenakannya? Sementara semua pintu rumah terkunci? Meskipun?ini sedikit tambahan keterangan?jendela kamar tidur sedikit terkuak, dan semribit angin dini hari yang masuk lewat jendela itu pula yang katanya membikin sang kakak yang tidur bersama Kartika terbangun pada dini hari itu...

Berita hilangnya Kartika segera menghiasi halaman-halaman surat kabar. Beberapa di antaranya menjadi kepala berita, dengan ditambah bumbu-bumbu cerita misteri, mengenai perempuan yang digondol hantu stasiun bawah tanah.

Yang agak kerepotan menempatkan diri dalam kasus hilangnya Kartika justru koran sore tempat Kartika bekerja. Mau ditulis berdasar seluruh informasi yang bisa dihimpun?-di mana hilangnya Kartika memang terasa misterius?-rasanya tidak pas untuk koran berkualitas alias quality paper yang menjadi sifat koran ini. Mau menceritakan panjang lebar mengenai diri Kartika--yang pasti bisa ditulis dengan sangat bagus dan bakal menjadi bacaan menarik, mengingat koran sore ini punya penulis-penulis fitur andal--rasanya juga kurang pas.

Kartika, Kartikasari, di mana sebenarnya kamu.....***

SEMBILAN CARA MENCEGAH ASAM URAT

Posted: 19 Aug 2011 07:04 AM PDT

Penyakit asam urat (gout) adalah penyakit yang menyerang sendi dan tendon akibat timbunan kristal urat. Timbunan kristal urat tersebut disebabkan deposit asam urat yang lama-kelamaan membentuk kristal pada sendi atau tendon yang terkena sehingga mengakibatkan peradangan.

Asam urat memiliki tanda-tanda mirip artritis, yakni nyeri sendi, terutama di jempol kaki, yang kemudian merambat ke persendian kaki. Umumnya orang yang berusia 35 tahun ke atas rawan terkena penyakit ini.

Kendati bisa dikendalikan dengan obat, sebenarnya penderita asam urat wajib melakukan diet ketat terhadap makanan pencetus purin. Ada beberapa cara agar Anda dapat terhindar dari risiko terkena gout dan mengalami lonjakan kadar asam urat. Berikut beberapa di antaranya:

1. Menerapkan pola makan sehat seimbang dengan memilih karbohidrat kompleks (buah, sayuran, beras merah), protein tanpa lemak (tahu), dan lemak esensial yang sehat.

2. Kenali makanan rendah purin. Pisang, seleda, peterseli, kol merah, kubis, paprika mesh, dan buah asam termasuk makanan yang baik untuk pasien gout. Sayuran seperti bayam, asparagus, jamur, kacang polong, dan kembang kol mengandung purin dalam kadar sedang sehingga tidak terlalu memengaruhi kadar asam urat dalam darah.

3. Konsumsi makanan yang memiliki zat penurun asam urat dan mengurangi peradangan, seperti buah beri (bluberi, stroberi), tahu, dan minyak zaitun. Bawang putih sering disebut herbal ajaib karena dapat membantu menangani berbagai penyakit dan bermanfaat dalam banyak fungsi tubuh. Mengonsumsi 3-5 siung bawang putih sehari dapat membantu mengatasi gout dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Sementara peterseli juga bersifat diuretik (peluruh kencing) sehingga dapat membantu menggelontor asam urat dari tubuh. Sayuran ini bisa dikonsumsi segar atau diseduh seperti teh.

4. Minum teh dan kopi. Menurut penelitian dari Boston University dan Harvard Medical School, minum 2-4 cangkir teh dapat menurunkan risiko gout pada perempuan sekitar 22 persen. Sementara minum empat cangkir kopi per hari, menurut penelitian serupa, seperti dilaporkan dalam American Journal of Clinical Nutrition edisi Agustus 2010, dapat memangkas risiko terbentuknya asam urat sebanyak 50 persen lebih.

5. Manfaatkan herbal alami. Sambiloto (Andrographis paniculata nees) bersifat diuretik dan antiinflamasi (anti-peradangan) sehingga dapat membantu mengatasi radang sendi pada gout. Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) mengandung zat germakron yang bersifat antiinflamasi juga. Lada hitam (Pipernigrum) dapat meningkatkan urinasi dan bersifat antiinflamasi. Daun tempuyung (Sonchus arvensis) memiliki senyawa flavonoid yang bersifat antioksidan yang dapat menghambat kerja enzim kesatin oksidase dan reaksi superoksida sehingga pembentukan asam urat bisa dihambat atau dikurangi.

6. Banyak minum air putih. Minum delapan gelas sehari atau ditambah jus buah segar (tomat, jeruk, nanas, dan lain-lain).

7. Olahraga teratur. Berlatihah 4-5 kali seminggu selama 30-45 menit setiap latihan. Bisa memilih latihan yang gampang, seperti jalan kaki atau joging.

8. Kurangi berat badan jika berlebihan.

9. Hindari makanan tinggi purin, seperti ikan teri jengki, sarden, ikan hering, ragi jeroan (ginjal, hati, paru, babat, iso), kacang goreng, ekstrak daging, dan lain-lain, juga bir dan minuman beralkohol. [Angelina Lim, Medan]

BAGAIMANA PRIA JELEK MENDAPATKAN PACAR ?

Posted: 19 Aug 2011 03:58 AM PDT

Opini publik memutuskan siapa yang jelek dan yang tidak secara umum, dengan beberapa panduan di tempatkan untuk mengatur ukuran. Pria yang telah dianggap jelek oleh orang lain atau diri mereka sendiri sering merasa bahwa menemukan wanita adalah keinginan tanpa harapan yang akan berakhir pada krisis yang terlalu umum yaitu penolakan. Meskipun benar bahwa penampilan wajah yang tampan dapat membuat anda lebih mudah mendapatkan perempuan, tidak berarti wajah yang jelek tidak bisa mendapatkan seorang wanita jika Anda tahu apa yang Anda lakukan.

Meningkatkan Repertoir Pribadi Anda

Anda mungkin pernah mendengar ini berkali-kali, tetapi wanita memang suka melihat seorang pria dengan percaya diri. Kuncinya adalah menjadi sedikit sombong tanpa terlalu sombong dan angkuh. Pria tampan telah diberikan kesempatan lebih banyak dalam hidup dari usia muda, yang membantu mereka untuk membangun kepercayaan diri mereka. Gadis-gadis yang mulai menjadi tertarik pada anak laki-laki memberitahu mereka bahwa mereka terlihat ganteng pada usia muda, yang membuat anak laki-laki menjadi lebih sombong saat mereka tumbuh dewasa. Sebagai seorang pria jelek, Anda mungkin tidak memiliki pengalaman ini sehingga tidak membangun keyakinan yang sama dari waktu ke waktu. Mengakses kepercayaan diri dan memancarkannya ketika berbicara dengan wanita akan membantu Anda untuk menarik perempuan. Tambahkan sedikit keangkuhan untuk repertoar pribadi Anda pasti penting ketika mencoba untuk mendapatkan seorang wanita.

Keyakinan saja tidak akan berhasil jika Anda jelek, Anda juga harus menggabungkan keterampilan lain untuk mendapat wanita yang Anda inginkan. Karena Anda mungkin kurang di daya tarik fisik, Anda harus memperbaiki kekurangan ini dengan sikap dan kepribadian. Berhubungan dengan seorang wanita di tingkat yang lebih dalam dengan menatap matanya sebelum Anda mendekati dan bicara, harus sering dilatih. Terlibat dan tempatkan bagian-bagian terbaik dari kepribadian Anda di depan. Memiliki rasa humor merupakan karakteristik universal yang diinginkan sebagian besar wanita.

Ketertarikan yang dirasakan wanita pada pria awalnya tidak pernah dapat menggantikan perasaan nyaman seorang wanita. Ketika Anda mencoba untuk mendapatkan seorang wanita, jangan biarkan dia mengetahui niat Anda langsung dari awal. Jika dia mengkategorikan Anda sebagai brengsek atau membosankan maka Anda tidak akan mendapat apapun. Di sisi lain, mennyenangkan seorang wanita dan berada di dekatnya akan membantu memperbesar koneksi antara Anda.

Aturan Umum

Ketampanan mungkin bukan milik Anda, tetapi itu tidak berarti Anda tidak harus mencoba untuk terlihat yang terbaik setiap saat. Berpakaian dengan baik, memiliki kebiasaan kebersihan sempurna dan menjaga tubuh Anda sebaik mungkin pasti akan membantu. Wanita akan lebih memperhatikan Anda ketika Anda merawat diri sendiri dan kepunyaan Anda. Luangkan waktu ekstra untuk menjaga diri, dan mendapatkan seorang wanita akan menjadi lebih mudah.

Praktek lain yang harus Anda gunakan adalah belajar siapa yang didekati dan kapan mendekati. Mendekati kelompok wanita yang Anda nilai 7 atau lebih tinggi pada skala 1 sampai 10 adalah langkah yang mudah menguap. Jika Anda dianggap bernilai 5 atau di bawah, Anda harus tetap dengan wanita yang berada pada tingkat Anda sendiri sampai Anda membangun kepercayaan dalam kemampuan Anda dan permainan. Ini akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan  perempuan "yang lebih cantik" kemudian. [Widya Wong, Pontianak]

PRIA TERSEKSI DI ASIA

Posted: 19 Aug 2011 03:38 AM PDT

Kim Jae Joong 'JYJ' terpilih sebagai pria terseksi se-Asia. Hasil ini didapat dari polling yang dilakukan media Jepang, pada masyarakat Cina.

Pada 16 Agustus lalu, surat kabar Jepang melalui Record China merilis hasil penelitian yang dilakukan mengenai selebriti Asia yang yang memiliki wajah tampan.

Selama empat bulan penelitian yang melibatkan situs portal besar di China, seperti SINA.COM, Weibo (Chinese version of Twitter) dan mini-blogs lainnya, didapat empat selebriti Korea yang berada di posisi Top 10. Demikian dilansir Nate, Jumat (19/8/2011).

Kim Jae Joong, semakin populer namanya berkat drama terbaru Protect The Boss. Posisi kedua diraih aktor Taiwan Ming Dao. Di peringkat ketiga ada Xiaming Huang, keempat adalah Jerry Yang, dan kelima Jang Geun Seok yang terkenal berkat drama You Are Beautiful.

Peringkat keenam adalah Song Seung Hun. Aktor China Du Chun ada di nomor tujuh. Aktor Jepang Tomohisa Yamashita di nomor delapan, Peringkat kesembilan dihuni aktor Taiwan Huh Yun Dong dan personel JYJ Park Yoo Chun di nomor buncit.

"Penelitian ini dilakukan di China. Ironisnya, hanya ada dua selebriti China yang berada di peringkat 10 besar. Ada empat selebriti Korea yang jelas menunjukkan kekuatan Korea Wave sekarang ini," ujar perwakilan Record China. [Meilinda Chen, Jakarta]

MEMBINA MORAL SEPERTI AIR

Posted: 19 Aug 2011 03:02 AM PDT

修道要活潑玲瓏,通權達變,就像水一樣隨方就圓,能利萬物而不爭,任何事情忍耐退讓一下,自然就海闊天空無憂自在了。
Membina Tao haruslah fleksibel bisa menuruti situasi yang berkembang dalam mengambil sikap, bagaikan air yang mengikuti bentuk dari alat yang menampungnya,dapat membawa keuntungan bagi segala makhluk tanpa bersaing, segala hal bersabar dan mengalah, secara alamiah akan seluas lautan selapang langit begitu bebas tanpa hambatan.

誰人願學吾濟公,要裝傻來要裝聾,遇著橫逆頑皮輩,方保無事好過冬。
Barang siapa yang rela belajar seperti saya [CHI KUNG], pura-pura berlagak bodoh dan tuli, bertemu dengan orang yang bandel, barulah tidak ada masalah dalam melewati musim dingin.

在下面的人要常存感恩之心,上面的人常常施予愛心給下面的人,這樣上下才能夠連成一氣,才不會有所磨擦,這樣世界才能圓滿,人與人之間的距離才會愈拉愈近,和樂融融。
Orang yang berada di bawah harus memiliki hati yang bersyukur, orang yang berada di atas sering-sering mencurahkan kasih-sayangnya kepada orang yang berada di bawahnya, dengan demikian atas bawah dapat rukun, barulah tidak terdapat pergesekan, dengan demikian dunia barulah dapat sempurna, jarak di antara sesama manusia barulah semakin dekat, rukun dan sejahtera.

彌勒老祖師所修持的是四從願心,乃累劫修來的慈心三昧,大慈大悲大喜大捨,不論任何事情都為他人設想。所以有時候必須藉著環境來造就每一個人,若非相互折磨,互相牽纏,如何能達到事事圓融,個個無稜無角的境界呢?
Kakek guru MI LEK membina diri dengan berdasarkan pada empat ikrar, adalah merupakan membina diri menghadapi begitu banyak halangan/ujian, berwelas-asih yang maha besar, gembira dalam memberi, tidak peduli masalah apa pun selalu berpikir demi kebaikan orang lain. Maka terkadang harus berdasarkan lingkungan yang ada untuk mensukseskan seseorang, kalaulah bukan saling mengasih, saling membebani, bagaimana bisa mencapai pada tahap segala permasalahan teratasi dengan sempurna, setiap orang tanpa mempunyai tabiat / sifat yang jelek?

學道的人,要低心下氣,愩高騖遠,誰要理你!
Orang yang belajar Tao, haruslah merendahkan hatinya, orang yang tinggi hatinya, siapa pula yang mau mempedulikan kamu.

修道談的是宏量,多少口說難實現,黃中真我末盡善,因為私慾蒙蔽焉,如那電燈層層灰,必掃灰塵光明鮮,何時真我能光耀,識書達禮斯文點。
Membina Tao hanya berbicara tentang kelapangan hati, begitu banyak berkata susah untuk mewujudkannya, aku sejati masih belum sepenuh kebaikan, karena nafsu keinginan telah menutupinya, bagaikan bola lampu yang berlapisan debu, haruslah disapu debunya barulah terang, kapan aku sejati baru memancarkan terangnya, lebih sopan sedikit.

光有滿腔愛心給別人,別人不一定會接受;還要見機而做。譬如這人喜歡吃甜的,就要給甜的,若喜歡鹹的,給他甜的就不是見機而行。
Hanya memberikan cinta kasih kepada orang lain, orang lain belum tentu bisa menerimanya, masih harus melihat perkembangan situasi yang ada untuk melaksanakannya. Seperti orang ini suka makan yang manis, berikan yang manis, atau suka yang asin, memberikan dia yang manis, bukan merupakan orang yang berbuat berdasarkan situasi yang tepat.

為師希望你們要「富而不驕,貧而無諂」。越是站在高處,就趁要想到低處,就好像稻穗,越成熟就越低頭,我們有錢不驕傲,不擺貴氣也不愩高,越是地位高的,就必須越低心,要明白我們積錢不如積德。
Guru berharap kalian harus [kaya tidak sombong, miskin tanpa menjilat], semakin berdiri di tempat yang tinggi, semakin harus melihat ke tempat yang lebih rendah, bagaikan padi, semakin matang semakin merendah, kita kaya jangan sombong, tidak berlagak juga tidak tinggi hati, kedudukannya semakin tinggi, maka hati harus semakin merendah, haruslah dimengerti kita menimbun harta lebih baik menimbun moral.

與人而交,在誠在敬,相見平淡,久而彌永。
Bergaul dengan orang lain, terletak pada kesungguhan dan rasa hormat, saat bertemu wajar-wajar saja, lama-kelamaan akan seperti air yang menutupi keseluruhannya.

你們不管做什麼事情都能夠互相商量,多吸取一些知識,才不會吃虧!尤其現在社會,人與人之間,人心在內,你對他很 坦誠,有時候別人的心卻不一定會對你很坦誠。所以交朋友要謹慎,為師的意思並不是說壞的朋友不要交,現在三曹普渡,本是要化惡為善,若你的能力夠,可以渡 上他!如果能力不夠,你反而會被拖下水,所以要謹慎。
Kalian tidak peduli permasalahan apa pun haruslah saling berkompromi, lebih menyerap sedikit pengetahuan, barulah tidak rugi! Apa lagi masyarakat sekarang ini, hubungan antar manusia, hati manusia ada di dalam, kamu bersungguh-sungguh terhadap dia, terkadang hati orang lain belum tentu sungguh-sungguh terhadap kamu. Maka berteman haruslah berhati-hati, maksud guru bukan berarti kawan yang jahat, jangan berkawan dengannya, sekarang merupakan zaman pelintasan terhadap tiga alam, pada dasarnya harus merubah yang jahat menjadi yang baik, kalaulah kemampuan kamu cukup, boleh melintasi dia! Kalaulah tidak cukup mampu, kamu malahan bisa dibikin susah olehnya, maka harus extra berhati-hati.

說了這麼多「謹慎」,是要怎麼做起呢?就是要多參悟聖賢書,你們才有能力去分辨對待,使用某些圓融技巧,但你的心卻是明白的、自在的,不受到外界所感染,以身力行,才能圓滿!
Berbicara begitu banyak tentang [extra berhati- hati], adalah harus bagaimana melaksanakannya? Adalah perbanyak menelaah buku orang suci, kalian baru ada berkemampuan untuk menganalisa cara mengatasinya, menggunakan sesuatu teknik penyempurnaan, tetapi hati kamu haruslah makin mengerti, makin bebas tidak tergoda oleh godaan dari luar, dengan kekuatan badan dalam mengamalkannya, barulah bisa sempurna.

儒門設教仁為本,行忠恕之道,繼一貫之行。
Kaum Konfusius yang paling diutamakan adalah belas-kasih sebagai pokoknya, melaksanakan azas CONG SU; CONG yang berarti menggunakan hati yang bernafaskan pada Tao [hukum tengah harmonis], yang tidak miring, tepat di tengah, SU yang berarti seperti hati yang semula, pelaksanaannya harus selaras dan melebur dalam keseharian.

事非宜不敢輕諾,茍輕諾進退錯方;見未真不敢輕言,未知的不輕傳揚。
Permasalahan bukan gampang diatasi, janganlah sembarangan menjanjikannya, kalaulah gampang menjanjikannya, maju mundur akan serba salah, melihat yang tidak benar/asli jangan sembarangan mengatakannya, yang belum tahu jangan disebarkan.

人有短勿去揭穿,人有私切莫亂云;道人之善己也善,恩欲報怨須忘光。
Kelemahan orang janganlah dibocorkan, urusan pribadi orang janganlah dikacaukan; orang lain baik diri sendiri juga akan bisa baik, budi haruslah dibalas, perasaan yang tidak senang/ jengkel terhadap orang lain, lupakanlah.

濟世利民遍塵中,裝瘋賣傻誰人懂,公心一片無人我,難事遇我即靈通,活潑玲瓏通權變,隨方就圓適可從,佛在人心豈外往,性欲圓明時守中。
Menolong dunia menguntungkan rakyat tersebar ke segenap penjuru dunia, pura-pura gila dan bodoh siapa yang bisa memahaminya, selembar hati yang adil tanpa adanya orang dan aku, perkara yang rumit bertemu dengan aku langsung bisa teratasi, fleksibel dan tanggap akan situasi yang ada, menuruti situasi yang berkembang langsung bisa menyempurnakannya.

對己則無過中求有過,非獨進德亦且免患。對人則有過中求無過,非獨存厚亦且解怨。宜隨時檢點一切,處處反求諸己。
Terhadap diri sendiri tidak ada kesalahan , mencari adanya kesalahan, bukan sendiri bertambah maju moralnya, malahan agar bisa mengurangi bencana. Terhadap orang lain ada kesalahan mencari yang tidak ada kesalahannya, bukan sendiri memiliki ketebalan/kelapangan hati untuk membebaskan ikatan dendam. Gampang mengikuti waktu mengoreksi segalanya, di setiap tempat menuntut pada diri sendiri.

過在能改,改在能知,而知則在求之於己。所謂以責人之心責己,以恕己之心恕人。
Ada kesalahan bisa diubah, diubah dapat mengetahuinya, malahan mengetahui adalah tuntutan pada diri sendiri. Yang disebut dengan menggunakan hati yang menyalahkan orang untuk menyalahkan diri sendiri, dengan kelapangan hati terhadap diri sendiri untuk berlapang pada orang lain.

夫知人常易,知己常難。己有過易宥,人有過難原。人能見百步之外,難見己身之背。目能察秋毫之微,卻難自數其睫,故常自見己過者與道即相當。
Biasanya mengetahui orang lain adalah sangat gampang, mengetahui diri sendiri sangatlah sulit, diri sendiri ada kesalahan gampang memaafkan. Orang dapat melihat seratus langkah di luar dari dia, sulit melihat punggung diri sendiri. Mata bisa melihat sampai hal-hal yang sekecil apa pun, sulit untuk menghitung bulu matanya, maka sering-seringlah melihat kesalahan diri sendiri, maka akan seiringan dengan Tao. [by: Ricard Teo, Singapore]

ALAT PENDETEKSI HIV DILUNCURKAN DI INDONESIA

Posted: 19 Aug 2011 02:52 AM PDT

Sebuah tim peneliti Indonesia dan Australia telah mengembangkan perangkat komputer yang baru untuk membantu Pemerintah  mengurangi infeksi HIV dan  melacak penyebaran  penyakit di seluruh Indonesia.

Sampai saat ini, pelacakan epidemi HIV dan pengumpulan informasi yang diperlukan untuk merancang langkah-langkah pengendalian HIV di Indonesia didasarkan pada model yang dikembangkan untuk negara-negara lain.

HIV in Indonesia Model (HIM), disesuaikan dengan epidemi yang unik, variasi perilaku dan variasi geografis kepulauan, telah diluncurkan di Jakarta.

"HIV memiliki dampak negatif yang cukup besar di Indonesia," kata pemimpin peneliti Associate Profesor David Wilson, dari Australia National Centre di HIV Epidemiology and Clinical Research di University of New South Wales. "Tahun lalu hampir 485.000 orang Indonesia yang hidup dengan HIV. Jumlah ini diperkirakan meningkat menjadi 744.000 pada tahun 2020, dengan sekitar 50.000 infeksi baru setiap tahun. "

"HIV di Indonesia Model, yang dikenal sebagai HIM, didasarkan pada praktik terbaik dunia dan merupakan model komputer yang paling canggih untuk disesuaikan dan dikembangkan untuk wilayah tersebut," A/Profesor Wilson mengatakan. "Ia menggunakan semua data yang tersedia untuk mencocokkan perilaku dan tren dengan hasil dan bisa  membuka era baru untuk desain kesehatan masyarakat yang optimal

HIM sangat  fleksibel bagi pengguna untuk menilai kemungkinan kombinasi yang berbeda dari pola epidemi di masa lalu dan masa depan serta  program. Hal ini dapat digunakan untuk melihat populasi yang unik, seperti pengguna narkoba suntik, pekerja seks, waria (transgenders) dan laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki, serta masyarakat umum.

"HIM akan memungkinkan Indonesia untuk memahami pemicu  epidemi  dan ramalan di  masa depan, baik dalam kondisi saat ini dan di bawah skenario di mana intervensi yang  ditargetkan dapat digunakan," kata Profesor Wilson.

Dr. Pandu Riono, mitra pemimpin dari Fakultas Kesehatan Masyarakat di Universitas Indonesia, mengatakan: "Alat HIM akan memungkinkan kita untuk pertama kalinya untuk melacak rantai masa lalu transmisi dan untuk menilai efektivitas intervensi yang berbeda, sehingga kita yakin kita lakukan yang terbaik yang kita bisa. Ini akan memungkinkan kita untuk melaksanakan tindakan pengukuran kendali kesehatan masayarakat  yang paling efektif. "

HIM dikembangkan untuk Departemen Kesehatan Indonesia dan Komisi AIDS Nasional dan didanai oleh Australian Agency for International Development (AusAID) dengan bantuan dari Bank Dunia. [Meilinda Chen, Jakarta]

PERANG FEI SHUI YANG MENGUBAH SEJARAH TIONGKOK

Posted: 19 Aug 2011 02:45 AM PDT

"Hanya sungai Yangtse begini saja apa yang ditakuti? Aku memiliki jutaan pasukan, begitu kuperintahkan sekali saja dan segenap prajurit melemparkan pecutnya ke dalam sungai Yangtse, maka putuslah aliran sungai Yangtse!"

Kata-kata penuh kejumawaan itu dicetuskan oleh Fu Jian, Kaisar Qin-awal.

Di antara 5 kaisar pada zaman Wu Hu (5 suku nomaden non-etnik-Han yang minoritas di Tiongkok), Fu Jian-lah yang terhitung agak menonjol. Pada tahun 357, ia berhasil merebut kekuasaan, kemudian memberi posisi penting kepada Wang Meng seorang etnik Han (suku mayoritas di Tiongkok) sebagai penasehatnya. Ia menghapus kebijakan yang zalim, membenahi birokrasi, memperbaiki irigasi seluruh negeri, dan memperkuat bidang kemiliteran. Antara tahun 370 – 376, negara Qin-awal yang diperintah Fu Jian berturut-turut memusnahkan negara-negara Yan-awal dan Liang-awal, dan berhasil mempersatukan wilayah utara Tiongkok, sehingga negara Qin-awal pun kian tumbuh menjadi kuat.

Sebelum Wang Meng wafat, ia senantiasa mencegah kebijakan agresi ke wilayah selatan oleh Fu Jian dan menasehati Fu Jian agar tidak menyerbu kerajaan Jin Timur (jin dibaca cin), karena ia beranggapan meski negara mereka lebih kuat daripada Jin Timur (teletak di sebelah selatan sungai Yangtse), namun lantaran Qin (baca: jin) belum lama memersatukan wilayah utara, peluang itu belum matang, ditambah lagi Jin Timur memiliki pertahanan alami sungai Yangtse, maka itu untuk melakukan agresi ke wilayah selatan bukanlah hal mudah.

Akan tetapi Fu Jian yang berambisi secepatnya memersatukan Tiongkok sama sekali tidak memedulikan hal ini. Ia beranggapan sungai Yangtse tak perlu ditakuti, puluhan ribu prajurit Jin yang berada di sebelah selatan tak mungkin mampu menandingi dirinya, itulah mengapa terlontarlah perkataan jumawa yang kemudian menjadi peribahasa "Melempar pecut memutus arus".

Dalam masa pertumbuhan dan perkembangan Qin-awal, kerajaan Jin Timur juga memiliki kemampuan pertahanan yang cukup solid, terutama Xie Xuan yang telah membentuk dan melatih pasukan digdaya yang ditakuti lawan yakni: "Pasukan Beifu" di Jing Kou dan berhasil berulang kali menangkal agresi pasukan Qin ke arah selatan.

Pada 383, Fu Jian memimpin pasukan infantri berjumlah 600.000 prajurit diiringi dengan 270.000 prajurit berkuda (kavaleri) menuju selatan siap menggempur Jin Timur. Dalam menghadapi agresi besar-besaran Qin itu, perdana menteri Jin Timur, Xie An, mengusulkan Xie Shi, adiknya, sebagai panglima besar. Xie Xuan sang keponakannya diangkat sebagai pasukan garda depan dan memimpin pasukan yang berkekuatan 80.000 prajurit guna menyongsong ke barat menghadapi kekuatan utama musuh di sebelah barat sungai Huai.

Pasukan induk Fu Jian bergerak terus ke posisi lawan dan pasukan pionir sang adik Fu Rong telah menduduki daerah Shou Yang. Fu Jian berkalkulasi, menaklukkan daerah selatan sungai Yangtse sudah 90% di tangan, maka ia mengutus Zhu Xu seorang mantan jenderal Jin yang tertawan untuk menganjurkan bekas teman-temannya di selatan agar mau menyerah. Tak dinyana setelah Zhu Xu tiba di kubu lawan, malah membocorkan kondisi pasukan Qin kepada Xie Shi: "Jangan sampai pasukan Qin yang berjumlah hampir 1 juta itu sampai berkumpul, saat itu pasti susah dilawan. Mumpung mereka belum lengkap menggelar pasukan, segera lancarkan serangan kilat, agar menjatuhkan semangat tempur dan mental mereka."

Xie Shi dan Xie Xuan menyetujui strategi itu. Pada bulan ke-11, Xie Xuan mengutus jenderal pemberani Liu Lao Zhi (komandan pasukan Beifu) menggempur kota Luo Jian, dengan demikian babak pertempuran akbar Fei Shui telah dibuka. Jenderal Liu Lao Zhi membawa pasukan elit berjumlah 5.000 orang melakukan serangan kilat terhadap pasukan Qin yang kocar-kacir dibuatnya hingga menewaskan jenderal utama Liang Cheng dan adiknya Liang Yun yang kemudian prajurit bersama perwira mereka berebut melarikan diri melintasi sungai Huai.

Setelah kemenangan besar itu, semangat pasukan Jin melonjak dan selagi berada di atas angin mereka mengejar terus. Bersamaan itu Xie Shi mengerahkan pasukan marinir dan berhasil mencapai pantai timur Fei Shui (kini Fei He di selatan kota kabupaten Shou Chun propinsi An Hui) dan bermarkas di tepi gunung Ba Gong (baca: Pa Kung) serta berhadap-hadapan dengan pasukan Qin yang bercokol di tepi utara.

Fu Jian dan Fu Rong bersaudara mendaki menara intai di tembok kota Shou Chun, menerawang pasukan Jin di seberang sungai, nampak formasi pasukan yang rapi dengan prajurit bersemangat tempur tinggi, sampai-sampai ketika menengok ke arah gunung Ba Gong di utara, saking berubah ciut nyalinya ia sampai tidak bisa membedakan prajurit dengan pepohonan, sehingga iapun menjadi semakin cemas.

Kesombongannya mulai anjlok dan ia berkata kepada adiknya: "Pasukan Jin ternyata musuh yang alot dan kuat, bagaimana kamu bisa bilang mereka lemah?"

Kala itu lantaran pasukan Qin menyusun formasinya merapat di tepi barat, pasukan Jin tak mampu menyeberang, hanya mampu bertahan dari seberang sungai. Xie Xuan menyadari akan kekurangan diri sendiri dalam hal jumlah pasukan dan logistik, berarti akan sangat riskan jika bertahan terlalu lama. Ia mempunyai ide dan mengutus orang menemui Fu Rong dan menyampaikan pesan: "Jika pasukan Qin betul-betul menghendaki perang penentuan, harap kosongkan sebidang tanah agar pasukan saya dapat menyeberangi sungai Fei, kini pasukan Qin begitu merapat pada tepi sungai Fei, bagaimana kita dapat menentukan kalah dan menang?"

Maksud Fu Jian, strategi yang dipakai pihak lawan itu hendak ia lawan dengan hal yang sama. Ia sengaja membiarkan pasukannya agak mundur, begitu pasukan lawan mencapai tengah sungai, ia akan kerahkan pasukan kavaleri untuk menggempur, dan menurutnya mereka pasti akan menang. Tak disangka, semangat tempur pasukan Qin sangat rapuh. Begitu mundur langsung kehilangan kendali dan formasi pun menjadi kacau. Pasukan Xie memimpin 8.000 lebih pasukan berkuda berhasil menyeberang dan melancarkan serangan gencar. Sekaligus ia mengatur Zhu Xu, mantan jenderal yang tertawan musuh, untuk melancarkan perang psikologis dengan meneriakkan isu di garis belakang pasukan Qin: "Pasukan Qin kalah! Pasukan Qin kalah!"

Di dalam kekacauan itu, Fu Rong terkejar oleh pasukan Jin dan tewas terbunuh. Pasukan Qin yang kehilangan panglima utama dan pasukan garis depan yang desersi menimbulkan kepanikan pasukan garis belakang yang segera melakukan langkah seribu ke arah utara. Pasukan Qin kalah telak ibarat gunung yang runtuh, Fu Jian sendiri juga terluka oleh serangan panah, pasukan Qin lari terbirit-birit dan tidak berani berhenti di sepanjang jalan, sampai-sampai suara angin dan pekikan burung bangau pun dikira pasukan Jin yang berhasil menyusul.

Dalam medan laga di Fei Shui (sungai Fei), pasukan Qin yang terbasmi dan melarikan diri berjumlah 700.000 orang. Pasca perang, negara Qin membutuhkan waktu lama untuk pulih dari kekalahan tersebut. Fu Jian pada tahun 385 terbunuh oleh suku Jiang yang dipimpin Yao Chang, berbagai suku di wilayah utara Tiongkok beramai-ramai menyatakan kemerdekaan dan secara berturut-turut telah mendirikan sepuluh kerajaan kecil, situasi pun lagi-lagi tenggelam dalam perpecahan hingga pada tahun 439, negeri Wei Utara berhasil mempersatukan lagi wilayah Tiongkok utara.

Jin Timur yang menguasai wilayah Tiongkok selatan masih melanjutkan kekuasaannya puluhan tahun setelah itu hingga berakhir pada tahun 420 ketika Liu Yu merebut kekuasaan dan diikuti mengubah nama negeri itu menjadi Song dan terbentuklah konfrontasi antara dua dinasti utara dan selatan. Pada 589, dinasti yang bercokol di utara dan selatan (sungai Yangtse) tersebut dipersatukan oleh kaisar Sui Wen Di, pendiri dinasi Sui. (*)

http://yinnihuaren.blogspot.com
Email dari: Linda Lim, Surabaya

LIMA CARA MENGHEMAT PENGELUARAN

Posted: 19 Aug 2011 02:42 AM PDT

Pernahkah Anda mengambil segepok uang dan membuangnya ke toilet? Tentunya tidak bukan? Namun, pada dasarnya itulah yang kita lakukan setiap kali kita menghabiskan uang tanpa berpikir. Baca terus artikel berikut untuk melihat kesalahan-kesalahan umum yang kita buat, dan bagaimana cara menambal kantong bocor, sehingga uang yang susah payah diraih tidak mengucur dengan sia-sia.

Terjebak oleh kata "Obral" ("Sale")

Berbicara tentang perilaku aneh, bukankah menghabiskan uang untuk menghemat uang adalah salah satunya? Namun, bahkan pembelanja paling hematpun dapat terpengaruh oleh papan harga yang ditempatkan secara strategis, kata-kata penjualan yang menarik dan display produk yang dirancang dengan cantik. Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk sebuah tawar-menawar dadakan? Rata-rata $ 108, menurut jajak pendapat 2009 oleh majalah ShopSmart. Data ini diperoleh dari survei terhadap sejumlah wanita yang membeli barang baru mereka tanpa terencana.

Saran: Jangan tergiur oleh setiap promosi yang Anda lihat. Terutama, berhati-hatilah untuk tawaran berikut ini:

"Beli dalam jumlah besar, hemat sekian rupiah.." Lebih banyak tidak selalu lebih baik. Yang penting adalah harga per unitnya, yang biasanya dapat dilihat pada tag yang dicantumkan oleh toko. Jika tidak, lakukan matematika sederhana: Bagilah harga total paket dengan jumlah unit di dalamnya. Lakukan perhitungan untuk ukuran reguler dan jumbo kemudian bandingkan, maka Anda akan menemukan jawabannya.

"Beli satu, dapatkan barang kedua dengan harga diskon..": konsultan harga menyebut taktik ini sebagai harga nonlinier, di mana semakin banyak Anda membeli,  semakin sedikit harga per item yang harus Anda bayar. Demikianlah tampaknya. Seringkali keuntungan toko sudah tercakup dalam harga promosi. Luangkan satu menit untuk membandingkan harga per item/per unit dengan barang-barang yang bukan bagian dari promosi untuk melihat apakah "tawaran" benar-benar adalah tawaran.

"Waktu penawaran terbatas..": Strategi ini sering digunakan untuk cuci gudang item yang akan kadaluarsa. Sebelum memasukkanbarang ke keranjang belanjaan, periksa masa pakainya, dengan ini Anda tidak akan menghabiskan uang untuk barang yang berakhir di tempat sampah.

"Beli barang X, gratis barang Y ": Terlalu banyak dari kita menganggap "gratis" berarti "baik" dan kemudian membayar harga tanpa melakukan pengecekan ulang. Sebagai contoh, dalam sebuah studi oleh ekonom Dan Ariely, penulis Predictably Irrational, pembeli mal ditawari dua pilihan hadiah oleh Amazon. Tawaran pertama adalah kupon hadiah gratis senilai $ 10, tawaran kedua berupa kupon hadiah senilai $ 20 dengan membayar $ 7. Sebagian besar memilih kupon hadiah gratis senilai $ 10, meskipun tawaran kedua bernilai $ 3 lebih tinggi. Moral cerita: Jika ada sesuatu yang "gratis," lakukan pengecekan lebih teliti dari biasanya, jangan sebaliknya.

Mengalah kepada "Aku Ingin.." 

Ketika anak Anda berada di antara Anda dan lorong kasir, dengan berteriak keras, ia meminta Anda untuk membelikannya permen, pena kerlap-kerlip atau barang penggoda lainnya yang ditempatkan secara strategis, beberapa dolar mungkin tampak tak bernilai untuk solusi masalah Anda. Benarkah itu? Menghabiskan $ 1,99, $ 3.29 dan $ 5,19 seminggu sekali pada pernik-pernik gemerlapan yang berakhir terjepit di bawah kursi mobil, dapat terakumulasi menjadi ratusan dolar per tahun.

Saran: Berdirilah di depan cermin dan berlatihlah mengatakan empat kata penyelamat uang ini: "Tidak hari ini, Sayang" Sekali lagi, dengan tegas dan jelas. Jika Anda tidak ingin menjadi polisi belanja, berikan anak Anda kendali belanja dengan memberinya uang saku mingguan. Jelaskan bahwa bila ia ingin membeli sesuatu, bisa diambil dari uang saku mingguannya itu. Anda mungkin akan takjub saat ia menjadi jauh lebih bijaksana dalam mengelola pengeluarannya sendiri.Photo: Thinkstock

Menggunakan Kartu Kredit untuk Mengumpulkan Hadiah/Poin/Cash Back

Kenyamanan, belanja cepat, pengeluaran yang mudah dilacak, poin berhadiah... sulit untuk menyangkal manfaat dari kartu kredit. Tapi ada satu sisi berbahaya dari kartu kredit, yaitu kita cenderung berbelanja lebih banyak ketika kita menggunakannya. Sebuah studi oleh para peneliti di MIT Sloan School of Management menemukan bahwa orang yang ditawari pilihan untuk membayar dengan kartu kredit, bersedia menghabiskan sampai 100% lebih untuk sebuah barang daripada mereka yang diharuskan membayar tunai. Itu karena kartu kredit menunda beban menghabiskan uang sampai tagihan bulanan tiba. Kartu belanja berhadiah (melalui poin, cash back, diskon restoran atau fasilitas lainnya) bahkan lebih parah. Sebuah studi dari Bank Federal Reserve Chicago menemukan bahwa orang-orang menghabiskan uang lebih banyak ($ ​​79 lebih banyak perbulan) dan meraup lebih banyak utang ($ 191 lebih banyak per bulan) setelah mereka terdaftar dalam program berhadiah cash back daripada ketika mereka menggunakan kartu tanpa penawaran apapun.

Saran: Jangan terbujuk oleh poin kartu kredit atau hadiah. Hadiah kartu kredit membawa tingkat bunga yang lebih tinggi daripada kartu biasa (17,48% berbanding 16,82%, menurut IndexCreditCards.com), sering membebankan biaya tahunan, membatasi rabat dan memiliki aturan ketat tentang apa yang dapat Anda peroleh. Buka mata dan lihat lebih teliti pada kata-kata yang tercetak, pahami persyaratan yang sebenarnya, kondisi dan biaya kartu kredit Anda. Kecuali Anda melunasi semua tagihan Anda setiap bulan, hanya membeli barang yang Anda butuhkan terlepas dari metode pembayaran yang disediakan, dan benar-benar memanfaatkan hadiah yang Anda peroleh, ada kemungkinan Anda merasa bahwa kartu kredit tersebut tidak memberi manfaat yang setimpal..

Belanja Tanpa Berpikir

Ke mana perginya sisa $ 1,092 dari uang kas? Itu adalah jumlah rata-rata uang yang tidak bisa dilacak dari budget tahunan, menurut survei 2009 yang dilakukan oleh Visa, Inc.

Saran:
  • Bawalah hanya uang tunai yang harus dibelanjakan. Jangan curang dengan menarik uang ATM atau melakukan pembayaran dengan kartu kredit.
  • Tuliskan setiap sen yang Anda belanjakan pada hari tersebut. Catatan itu selalu menjadi pembuka mata Anda.
  • Lakukan kegiatan santai bebas belanja. Jalan-jalan sambil berbelanja adalah saat di mana 32% dari responden melakukan belanja tanpa berpikir.
  • Lawan keinginan. Tetaplah setia pada daftar belanja Anda, terutama ketika sedang berada di supermarket, pertokoan, mal atau pusat perbelanjaan. Dari semua responden survei, 34% mengatakan bahwa pengeluaran tak terduga mereka umumnya terjadi di supermarket. 
Dayana Yochim adalah seorang penulis keuangan yang meliputi isu-isu penghematan dan pengeluaran, dan juga sebagai ahli keuangan konsumen di The Motley Fool. [Meilinda Chen, Jakarta]

TARIAN DAN MUSIK ETNIK KALBAR MEMUKAU PRESIDEN

Posted: 19 Aug 2011 02:30 AM PDT

Latihan berbulan-bulan dan kerja keras ratusan seniman tari dan musik etnik Kalbar membuahkan hasil. Tarian kolosal tiga etnis provinsi ini yang bertajuk Gempita Khatulistiwa tampil cantik di Istana Negara, Rabu (17/8) sore. Terbukti, selama 12 menit 17 detik, RI 1 bersama istri terpesona.

Tidak terhitung berapan kali tepuk tangan Presiden SBY saat menyaksikan tarian kolosal tiga etnis. Pun dengan Ibu Ani Yudhoyono. Tangan kanannya terus menepuk paha mengikuti alunan irama Dayak, Melayu dan Tionghoa yang mengiringi tarian. Senyum keduanya mengembang. Presiden dan istri puas, sementara tim kesenian dan masyarakat Kalbar bangga.Bukan hanya kepala negara dan istri yang terpukau. Ribuan tamu HUT RI, kemarin sore turut terhibur. Meski ada layar kaca setiap tenda yang menayangkan tarian tersebut tidak membuat mereka puas. Kepala mendongak berebut pandangan agar dapat melihat langsung ke halaman istana. Anggota DPR RI pun demikian, tubuh bergoyang mengikuti alunan musik, sedangkan tatapan tertuju pada penari. Sambil menunggu penurunan bendera, para tamu senang. Pertunjukan selesai, tepuk tangan membahana walau penari belum sepenuhnya meninggalkan halaman istana.

Hal itu tentu membuat seluruh anggota tim kesenian Kalbar bangga. Setelah tiga provinsi, Kalbar, Sumut dan Papua selesai tampil, Kepala Biro Seni dan Budaya Sekretariat Kepresidenan, Ade mendatangi Tim Kesenian Kalbar. Kepada Koordinator Tim Kesenian Kalbar Kusmindari Triwati dia mengacungkan jempol. Dari tiga provinsi itu, menurutnya Kalbar terbaik. "Kita dipuji lagi. Sekretariat Kepresidenan mengatakan penampilan Kalbar cantik. Dia juga membandingkan dengan provinsi lain, Ibu Ade bilang kita terbaik," kata Kusmindari yang disambut tepuk tangan ratusan penari dan pemusik, tadi malam.

Pelatih tari Dayak, Vinsensius menilai anak asuhnya tampil maksimal. Kerja keras selama ini tidak sia-sia. Apa yang disuguhkan sesuai dengan harapan. "Penampilan penari membuat saya puas. Mereka tampil bagus," ujarnya.

Albertus Beni, pelatih tari Tionghoa pun mengaku puas. Bunga teratai yang menjadi perlengkapan tarian itu dimainkan sangat baik oleh penari. Anak asuhnya sangat menjiwai simbol Tionghoa untuk tarian kali ini. "Secara umum sangat membanggakan. Memang konsep saya tidak terlalu menonjolkan gerakan tubuh. Ini tarian massal, property menjadi yang utama," katanya.

Pelatih tari Melayu, Budi lebih senang lagi. Meski turut menari, sesekali dia memperhatikan anak asuhnya. Tarian Melayu sebagai penutup Gempita Khatulistiwa dinilainya mencapai puncak, kemarin. "Jauh lebih baik dari latihan dan gladi. Penutupan sekaligus puncak tarian sangat indah tadi," ucapnya sembari mengumbar senyum.

Salah seorang penari, Feri merasa sangat bangga dan terharu. Selain dapat menghibur Presiden dan tamu negara dirinya senang dapat melihat langsung orang nomor satu di negara ini dari dekat. Padahal pada 2007 Feri dan dua rekannya dari Kalbar bersama perwakilan seluruh Indonesia menjadi paduan suara pada HUT RI kala itu. "Tapi waktu itu melihat Pak SBY dari jauh. Sekarang dari dekat. Rasa tidak percaya," ungkapnya lelaki asal Tanjung Kapuas, Sanggau ini.

Kepala Taman Budaya, Sabar Hati Duha mengucapkan terima kasih kepada penari, pemusik, pelatih dan official. Jerit payah lebih dari tiga bulan membuahkan hasil. Nama Kalbar harum karena Gempita Khatulistiwa di tingkat nasional. "Namun yang terpenting, tarian tiga etnis ini kita harapkan dapat diterapkan secara nyata. Tidak hanya di Kalbar, tapi di Indonesia," harapnya.Official tim kesenian Kalbar Selamet Mulyadi mengapresiasi penari dan pemusik. Bukan sekadar penampilan mereka, kemarin tapi sikap dan kemauan selama berlatih menjadikan hasilnya sempurna. "Kami mengapresiasi kedisiplinan dan kemauan mereka berlatih. Penampilan hari ini (kemarin) hanya puncak dari proses yang telah dilakukan berbulan-bulan," tuturnya. [Widya Wong, Pontianak]

MURID PADA BERIKAN ANGPAO PADA GURU-GURU

Posted: 19 Aug 2011 02:23 AM PDT

Sekolah rakyat Tionghoa Hwa Kiauw yang dulu di Bibis menyimpan sejuta kenangan di hati para murid maupun guru. Meskipun sekolah mereka ditutup pada 12 April 1966, tapi kebersamaan serta persaudaraan terjalin dengan baik. Hebatnya para murid yang mayoritas hanya sekolah SD dan SMP tidak tamat sekarang menjadi pengusaha papan atas dan mandiri dalam perekonomian.

Para alumni yang hadir sekitar 3 ribu dan mayoritas sukses sebagai pengusaha mandiri antara lain Sindhunata Sambudhi, Soedomo Margonoto, Rachman Radjimin, Kao Ren Hua, Tjokro Saputra Jaya, Indarto Kohar, Hadinata, Kwok Juan (penyanyi tionghoa), Wu Ping Rung, Go Se Sien serta pengusaha papan atas lainnya.

''Keunggulan sekolah Tionghoa fokus mengajarkan kejujuran, kredibilitas, semangat kerja keras, ulet, tekun dan disiplin waktu dalam belajar sebagai kunci kesuksesan para murid. Saya bangga pada alumni Hwa Kiauw yang kini mayoritas menjadi pengusaha yang mandiri'' jelas Su Chen Tjen, Wali kelas SD Hwa Kiauw dengan mimik penuh semangat sebagaimana dilansir dari http://news.manycome.com.

Tiga murid terbaik Hwa Kiauw adalah Soedomo, Sindhunata dan Radjimin pun bangga terhadap para guru yang telah mendidik. "Kami sangat berterima-kasih atas jasa para guru yang dengan telaten dan sabar mengajarkan ilmu pengetahuan hingga alumni Hwa kiauw bisa mandiri" ujar Soedomo Margonoto, owner Kapal Api.

Sebagai ungkapan terima-kasih para murid memberikan angpao kepada sekitar 80 guru yang telah berjasa. Salah satunya Go Tek Lung guru senior yang kini menderita stroke di usia 88 tahun ini memperoleh perhatian khusus dari alumni Hwa Kiauw. ''Saya bangga memiliki guru yang hebat dan baik dalam mengajar para murid. Semoga jasa beliau dibalas oleh Thien Kong'' kata Fu Fu Chin murid Hwa Kiauw yang kini jadi guru senior bahasa Mandarin.

Pertunjukan seni budaya Tionghoa antara lain tarian semut kecil (Xiao Ma Yi) yang diperagakan cucu alumni Hwa Kiauw. Tak kalah hebatnya penyanyi Tionghoa alumni Hwa Kiauw menampilkan suara emasnya seperti Lao Sun Shiang menyanyikan lagu Tze Wan Hai Suei, Kao Ren Hua duet dengan istri menyanyikan lagu Su Co Ho Pien, Tan Sioe Yu (istri Tjokro) menyanyikan lagu Wo Te Cu Fu, Lim Hong Jang menyanyikan lagu Biao Lang Wo Te Sin dengan main biola, Liu Suen Lien menyanyikan lagu Mama, lagu mars Hwa Kiauw dengan dirijen Huang Mei Ing.

Juga atraksi seni budaya lintas budaya oleh alumni Machung menampilkan tarian Tanduk Majeng asal madura serta langgam Jawa campur sari dengan atraktif. [Melinda Chen, Jakarta]

SISI KETIGA DARI SEBUAH KONFLIK

Posted: 18 Aug 2011 11:48 PM PDT

Bagaimana kita hidup bersama di dunia yang penuh perbedaan? Kebanyakan bergantung pada kemampuan kita untuk menangani konflik secara damai - kebahagiaan kita di rumah, kinerja kita di tempat kerja, kehidupan di masyarakat kita, dan, di usia ini, kelangsungan hidup spesies kita.

William Ury dari Proyek Negosiasi Harvard [di Harvard University, AS] menawarkan cara baru yang menjanjikan untuk mengamati konflik di sekitar kita, yang disebut Sisi Ketiga - sisi yang sering kita abaikan saat melihat dua sisi dari sebuah masalah. Ury menunjukkan peran praktis yang bisa kita terapkan setiap hari untuk menghentikan pertengkaran hebat dalam keluarga kita, di tempat kerja, di sekolah kita, dan di dunia. Meskipun masyarakat kini berada d zaman modern, ide-ide ini telah digunakan secara efektif selama ribuan tahun oleh budaya kuno - untuk mengurangi kekerasan dan mempromosikan dialog. Sisi ketiga adalah kita - komunitas kita!

Buatlah Perubahan: Cobalah beberapa peran praktis yang disarankan Ury.         

Pepatah Afrika  — "Ketika jaring laba-laba bersatu, mereka bahkan dapat menghentikan seekor singa."

Tidak ada lagi tantangan kritis dalam wajah setiap orang, dan berusaha untuk bersama sama, dan tinggal bersama sama dalam dunia yang penuh perbedaaan. Sisi Ketiga menawarkan cara baru yang menjanjikan untuk melihat konflik di sekitar kita. Sisi Ketiga adalah masyarakat - dalam tindakan melindungi kepentingan kita yang paling berharga dalam hal keselamatan dan kesejahteraan. Ini menunjukkan 10 peran praktis yang dapat diperankan oleh siapa pun dari kita tiap harinya untuk menghentikan pertengkaran hebat dalam keluarga kita, di tempat kerja, di sekolah kita, dan di dunia. Setiap tindakan pribadi kita bagaikan sebuah jaring laba-laba tunggal, yang mungkin rapuh tapi, ketika bersatu dengan orang lain, mampu menghentikan singa perang.

Meskipun Sisi Ketiga baru saja berkembang di zaman masyarakat modern, namun sisi ini telah digunakan secara efektif oleh budaya-budaya yang lebih sederhana selama ribuan tahun untuk mengurangi kekerasan dan mempromosikan dialog.

Apa itu Sisi Ketiga?

Tidak seperti arbiter tertinggi dalam bentuk raja atau negara otoriter, sisi ketiga bukanlah individu atau lembaga penting yang mendominasi semuanya, melainkan akan muncul dari masyarakat. Ini adalah suatu dorongan yang timbul dari hubungan vital yang menghubungkan setiap anggota dan setiap anggota masyarakat lainnya.

Menggunakan kekuatan rekan

Sisi ketiga memiliki kekuatan dari tekanan pandangan dan kekuatan opini publik. Ini adalah kekuatan rakyat. Ia menggunakan kekuatan persuasi, ia mempengaruhi pihak-pihak terutama melalui daya tarik pada kepentingan pihak-pihak dan norma-norma masyarakat. Dalam setiap konflik, tidak hanya terdapat satu pihak ketiga, tetapi banyak sekali pihak ketiga. Secara individual, kita tidak mungkin dapat campur tangan secara efektif, tetapi secara kolektif potensi kita lebih kuat dibanding dua pihak yang bertikai. Dengan mengorganisir diri ke dalam koalisi, kita dapat menyeimbangkan kekuatan antara pihak-pihak dan melindungi yang lemah.

Mendukung proses dialog dan anti-kekerasan. Secara diam-diam atau keras, Sisi Ketiga mengatakan "Tidak" terhadap kekerasan dan "Ya" untuk dialog. Pihak ketiga mendesak pihak yang berselisih untuk duduk dan membicarakan keluar perbedaan mereka dengan hormat. Dengan kata lain, mereka fokus pada proses. Bagi mereka, bagaimana orang-orang menangani perbedaan-perbedaan mereka adalah sama pentingnya dengan hasil apa yang mereka capai.

Siapa sajakah Pihak Ketiga?

Sisi Ketiga terdiri dari para orang dalam, seperti teman, keluarga, dan bahkan rekan-rekan sendiri, yang pada gilirannya secara aktif didukung oleh pihak luar, seperti tetangga, pihak netral, dan pengamat.

Konflik tidak datang tanpa alasan tetapi merupakan proses dari ketegangan yang berkelanjutan, yang berkembang menjadi konflik terbuka, dan mengakibatkan perjuangan kekuasaan, dan dari sanalah akan melewati batas dari konflik merusak dan kekerasan. Sebagai pihak ketiga, tujuan kita bukan untuk menekan semua konflik, tetapi untuk mencegah agar konflik tidak meluas dan semakin parah.

Apa yang dapat saya lakukan untuk membantu?

Pihak Ketiga adalah kita. Sebagai komunitas sederhana seperti yang dikenal yaitu Semai, adalah tanggung jawab setiap orang untuk mencegah konflik yang merusak. "Anda harus membantu menyelesaikan pertikaian,". "Jika Anda tidak terlibat dan sesuatu terjadi di antara dua orang yang bertikai, anda akan menanggung hal ini." "Teman dalam hidup tidak membiarkan sesama temannya saling bertikai" ini adalah slogan dari kampanye media terkenal yang dibuat untuk melawan kekerasan di Boston. Ini dapat menjadi moto dari Pihak Ketiga.

Kita mungkin tidak berpikir diri kita sebagai pihak ketiga – pada kenyataannya, kita tidak pernah. Akan tetapi masing-masing dari kita memiliki kesempatan untuk berperan sebagai pihak ketiga dari konflik yang terjadi di sekeliling kita – apakah sebagai pihak dalam maupun pihak luar. Kita adalah bagian dari keluarga, teman teman, rekan kerja, tetangga, pengamat, saksi. Bahkan dengan tidak adanya pihak ketiga yang terlibat, kita dapat juga berperan sebagai mediator dalam konflik kita sendiri sebagai Pihak Ketiga. [Linda Lim, Denpasar]

NEGARA LU KURANG ORANG BERTALENTA

Posted: 18 Aug 2011 10:28 PM PDT

Raja Lu mengeluh ketika ia menyambut tamunya, Zhuang Zi. Raja berkata: "Negara Lu memiliki banyak sarjana Konfusian, tapi kekurangan Taois seperti Anda." Zhuang Zi menjawab, "Anda tidak hanya kekurangan Taois, sebenarnya Anda juga tidak punya banyak sarjana Konfusian."

Zhuang Zi

Raja Lu bingung dengan pernyataan Zhuang Zi, lalu bertanya "Apakah Anda tidak melihat banyak orang yang berpakaian seperti pengikut Konfusius di negara ini? Bagaimana Anda bisa mengatakan bahwa kita tidak punya sarjana Konfusian? "

Zhuang Zi berkata, "Saya telah mendengar ucapan di antara sarjana Konfusian, orang-orang yang memakai topi berbentuk bulat tahu astrologi, yang memakai sepatu berbentuk persegi tahu tentang geografi, dan orang-orang yang memakai batu giok dengan pita warna-warni memiliki pikiran jernih dan tegas."

Zhuang Zi melihat Raja mendengarkan dengan cermat, sehingga ia melanjutkan, "Sebenarnya sarjana yang sejati mungkin sama sekali tidak berpakaian seperti Konfusius, dan yang berpakaian seperti Konfusius mungkin bukanlah seorang sarjana yang sejati."

Dia mengajukan sebuah saran kepada Raja Lu, "Jika Anda pikir saya salah menilai orang Anda, buatlah sebuah pengumuman, siapa pun yang bukan benar-benar sarjana Konfusian, tetapi berpakaian seperti seorang sarjana Konfusian, akan dihukum mati."

Raja Lu mengikuti saran Zhuang Zi dan mengirimkan perintahnya ke seluruh negeri. Dalam waktu 5 hari, hanya satu orang rakyatnya yang masih berpakaian seperti Konfusius. Raja memanggilnya ke istana dan mengujinya dalam berbagai bidang. Dengan meyakinkan, ia menjawab setiap pertanyaan sesuai dengan harapan raja.

Ketika Zhuang Zi tahu bahwa setelah pengumuman raja, hanya satu orang saja yang terus berpakaian seperti seorang sarjana Konfusian, ia bertanya, "Sebuah negara besar seperti Anda hanya memiliki satu orang sarjana, apakah Anda masih mengatakan bahwa negara Anda memiliki banyak orang yang berkemampuan?"

Moral dari cerita ini adalah bahwa kemampuan yang sebenarnya bukanlah dinilai dari pakaian atau penampilan seseorang. Tanpa unsur hakiki tertentu, seseorang tidak dapat berpura-pura menjadi sesuatu hal tertentu dalam waktu yang lama. [Tiffany Chen, Batam, Tionghoanews]

BAGAIMANA MENGETAHUI JIKA PACAR ANDA MENCINTAI ORANG LAIN ?

Posted: 18 Aug 2011 08:54 PM PDT

Tidak ada yang lebih besar dari perasaan jatuh cinta, terutama jika Anda bersama seorang wanita yang mencintai Anda juga. Namun, ada saat ketika Anda dalam suatu hubungan dan Anda mencintai kekasih Anda dengan sepenuh hati, lalu kemudian anda menemukan bahwa Anda mencurigai dia mencintai orang lain. Hal ini dapat menghancurkan, tapi sebelum Anda salah menuduh dia, akan membantu untuk menggunakan tips untuk mengetahui apakah ia benar-benar memiliki perasaan bagi orang lain.

1. Berhati-hatilah pada setiap hubungan yang dia miliki dimana Anda mungkin tidak diikut-sertakan. Misalnya, Anda mungkin tidak berteman dengan semua teman-temannya, tetapi Anda pasti tahu siapa mereka. Jika pacar Anda berbicara tentang teman laki-laki yang belum pernah Anda temui – dan sering berbicara tentang dirinya – maka Anda bisa memiliki masalah, terutama jika ia menolak ide Anda untuk bertemu dengannya.

2. Perhatikan gerakan tubuhnya dan ekspresi wajah ketika dia mengatakan dia mencintai Anda. Anda akan tahu jika dia jujur. Jika dia terlihat sedih ketika dia mengatakan kata-kata itu, atau tidak dapat melihat wajah anda, ketika dia telah mampu melakukan semua itu di masa lalu, maka ada sesuatu yang tidak beres . Dia mungkin mencintai orang lain jika ekspresi wajah penuh cinta yang sama yang biasanya untuk Anda sekarang terlihat ketika ia berbicara dengan orang lain.

3. Perhatikan tingkah lakunya. Perhatikan apakah ia telah menjadi lebih perhatian atau memperhatikan orang lain dan kurang begitu perhatian dengan Anda. Misalnya, jika dia tidak bersedia untuk melakukan kegiatan dengan Anda tetapi dapat memberikan waktu itu untuk orang lain dengan sukarela, maka perasaannya untuk Anda bisa berubah secara dramatis. Jika dia pernah baik dan lembut dengan Anda, tapi sekarang kasar dan tidak sabar sepanjang waktu, tapi di sekitar orang lain dia tidak seperti itu, maka hubungan Anda kemungkinan di pinggir jurang.

4. Hadapi dia. Ini benar-benar satu-satunya cara untuk benar-benar tahu, dan sementara ia bisa secara verbal mengkomunikasikan satu hal, kebenaran akan terlihat di wajahnya. Jika Anda bertanya apakah ia jatuh cinta dengan orang lain dan dia menyangkal, tapi bingung atau tidak dapat melihat pada mata anda, maka Anda memiliki jawaban. Jika dia terlalu defensif atau dramatis, Anda memiliki alasan untuk curiga juga. Ketika Anda menghadapi dia, hanya bertanya. Jangan menuduh atau kejam, cukup menjelaskan mengapa Anda bertanya dan mendorong dia untuk jujur. [Eddy Tantoro, Jakarta]

CARA MEMBUAT CEWEK CEMBURU

Posted: 18 Aug 2011 08:49 PM PDT

Jika ada satu cara untuk mendapatkan perhatian seorang gadis, itu adalah membuatnya cemburu. Gadis cemburu akan takluk di tangan Anda. Anda dapat mulai berkencan dengan mereka atau mendapatkan kembali mereka setelah putus. Ada sesuatu yang begitu kompetitif dalam jiwa perempuan, terutama ketika bicara laki-laki. Ketika seorang gadis merasa wilayahnya terancam, ia sangat membutuhkan apa pun yang tidak dapat lagi ia miliki. Kadang-kadang mendapatkan gadis impian Anda adalah sederhana seperti membuat dia cemburu.

1. Berhenti meneleponnya. Jika Anda memiliki nomor ponsel dan Anda menelponnya, berhentilah. Jangan sms atau email. Jika Anda ingin dia datang, minta teman untuk mengontaknya di tempat Anda. Potong daging beku dan dia akan bertanya-tanya apa yang salah.

2. Berbicara dengan gadis-gadis lain dalam sepengetahuannya. Pastikan Anda berada di tempat dimana Anda tahu dia ada. Ketika dia muncul, pastikan ada gadis lain di sekitar Anda. Bahkan, belikan minuman pada seorang gadis di depannya.

3. Tertawa banyak ketika Anda berbicara dengan gadis-gadis lain. Terlihat seperti Anda sedang senang dan tidak peduli di mana dia berada. Bercanda merangkul bahu gadis lain atau memberikan pelukan pada gadis lain. Hal ini akan mendorong gadis apapun untuk cemburu.

4. Jauhkan mata Anda dari dirinya. Jangan melihat ke arahnya saat dia ada di sana. Jika ia melihat Anda melirik kembali setiap beberapa menit, dia akan tahu bahwa Anda hanya mencoba untuk membuatnya cemburu. Anda benar-benar ingin dia percaya Anda sedang senang dan hal terakhir di pikiran Anda adalah dirinya.

5. Berikan dia sedikit anggukan ketika Anda meninggalkan. Ketika Anda meninggalkan tempat, pastikan Anda memberikan sedikit lirikan. Dengan cara ini dia tahu bahwa Anda melihatnya, tapi masih tidak peduli apa yang ia lakukan. Jika Anda benar-benar mengabaikannya, dia akan berpikir Anda melakukannya dengan sengaja. [Eddy Tantoro, Jakarta]

No comments:

Post a Comment