Thursday 25 August 2011

印尼华人 (21/1)

印尼华人 (21/1)


MENERIMA KRITIKAN

Posted: 25 Aug 2011 03:15 AM PDT

Aristoteles pernah berkata: "Kritik adalah sesuatu yang Anda dapat dengan mudah dihindari dengan tidak mengatakan apa-apa, tidak melakukan apa-apa dan tidak menjadi apa-apa." Tidak selalu mudah untuk menerima Kritik - namun dapat diubah menjadi kesempatan untuk peningkatan pribadi, perkembangan emosional, efisiensi waktu, memperbaiki hubungan dan kepercayaan diri. Saya menyadari kritik tidak selalu datang dengan lembut dari seseorang yang mencoba untuk membantu.

Kita kadang-kadang sekuat tenaga mencoba untuk memperoleh persetujuan semua orang. Saya terobsesi atas apa yang orang pikirkan tentang diri ini. Saya telah spekulatif dan biasanya tidak akurat untuk umpan balik yang saya terima, dan saya kehilangan kepercayaan diri dan pikiran negatif tentang kritik dan manfaatnya. Kemudian saya bertanya-tanya - mengapa pendapat orang lain tentang saya begitu penting?

Kita tidak bisa mengendalikan apa yang orang lain akan katakan kepada kita, apakah mereka akan menyetujui atau membentuk opini dan membaginya. Tapi kita dapat mengontrol bagaimana kita menyimpannya, bereaksi dan belajar dari itu, dan ketika kita melepaskan dan melanjutkan. Itu semua tergantung pada pola pikir kita!

Bagi siapa pun mengalami kesulitan berurusan dengan kritik, mungkin membantu untuk mengingat hal berikut:

Pengembangan Pribadi 

1. Mencari benih kebenaran dalam kritik mendorong kerendahan hati. Ini tidak mudah untuk jujur melihat diri sendiri dan kelemahan Anda, tetapi Anda hanya bisa tumbuh jika Anda bersedia untuk mencoba.

2. Belajar dari kritik memungkinkan Anda untuk meningkat. Hampir setiap kritik memberi Anda alat untuk lebih efektif menciptakan kenyataan masa depan Anda.

3. Kritik membuka Anda sampai ke perspektif baru, dan ide baru yg tadinya mungkin saja belum pernah terpikirkan oleh Anda. Setiap kali seseorang menantang Anda, mereka membantu memperluas pemikiran Anda.

4. Kritik memberi Anda kesempatan untuk berlatih aktif mendengarkan. Ini berarti anda memberi dorongan untuk menganalisis di kepala Anda, perencanaan sanggahan Anda dan hanya mempertimbangkan apa yang orang lain katakan.

5. Anda memiliki kesempatan untuk berlatih memaafkan saat Anda menghadapi kritik keras. Sebagian besar dari kita diliputi stres dan frustrasi yang tidak sengaja menyesatkan kita berlarut-larut.

Manfaat Emosional

6. Kontrollah emosi saat dikritik, dibandingkan bila anda langsung bereaksi saat dikomentari. Apapun yang  dilakukan saat kita emosional (melakukan berdasarkan perasaan), biasanya bukan hal yang baik. 

7. Kritik memberikan Anda kesempatan untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah, yang tidak selalu mudah ketika Anda merasa sensitif, mengkritik diri sendiri atau kesal dengan kritik Anda.

8. Menerima kritik dipuncak titik sensitif membantu Anda mengenali isu yang belum terselesaikan. Mungkin Anda sensitif tentang kecerdasan Anda karena Anda menyimpan sesuatu yang dikatakan seseorang tahun yang lalu - sesuatu yang Anda perlu lepaskan.

9. Menafsirkan umpan balik orang lain adalah kesempatan untuk berpikir rasional - kadang-kadang, meskipun negatif, kritik sangat berguna.

10. Kritik mendorong Anda untuk mengatur naluri dan perasaan Anda. Jika kita memosisikan diri untuk melihat hal-hal sebagai tidak selalu hitam (seperti kritik) dan putih (seperti pujian), tidak ada batas bagi kita untuk terus maju!

Peningkatan Hubungan

11. Kritik menyajikan kesempatan untuk memilih perdamaian atas konflik. Sering kali, ketika dikritik, insting kita melawan, menciptakan drama yang tidak perlu. Orang-orang di sekitar kita umumnya ingin membantu kita, bukan menghakimi.

12. Tahan kritik membantu Anda mengurangi merasa benar sendiri. Tidak ada yang menutup pikiran  anda selain ego – yang adalah hal buruk bagi pertumbuhan pribadi dan merusak hubungan Anda.

13. Kritik memberi Anda kesempatan untuk menjelaskan apa yang berbeda dari pemikiran orang lain. Hubungan didasarkan pada kebutuhan persetujuan sama dapat menyulitkan semua yang terlibat. Ini membiarkan orang berpikir apa yang mereka inginkan - mereka akan tetap melakukannya.

14. Kritik memberi Anda kesempatan untuk mengajar orang bagaimana untuk memperlakukan Anda. Jika seseorang memberikan hal buruk, Anda dapat menggunakan kesempatan ini untuk memberitahu mereka: "Saya pikir ada beberapa yang benar, tapi saya akan menerima lebih baik jika Anda tidak meninggikan suara Anda."

15. Bagian tertentu dari kritik mengajar Anda untuk tidak memusingkan hal-hal kecil. 

Efisiensi Waktu

16. Semakin banyak waktu yang Anda habiskan tentang apa yang seseorang katakan, semakin sedikit waktu Anda untuk melakukan sesuatu.

17. Jika Anda meningkatkan cara Anda beroperasi setelah menerima kritik, ini akan menghemat waktu dan energi di masa depan. 

18. Membangun kemampuan untuk melepaskan perasaan dan pikiran Anda tentang dikritik dapat membantu Anda melepaskan hal lain dari kehidupan Anda. Melepaskan kekhawatiran, penyesalan, tekanan, ketakutan dan bahkan perasaan positif membantu  menemukan akar masalah Anda sendiri pada saat ini. Perasaan menerima adalah paling efisien dalam penggunaan waktu.

19. Kritik memperkuat kekuatan pribadi. Memerlukan 10 menit untuk memproses emosi Anda, mungkin dengan menulis jurnal, akan memastikan Anda merespon dengan baik. Dan meresponnya dengan baik pertama mencegah sebuah komentar kritis menguasai hari Anda.

20. Dalam beberapa kasus, kritik mengajarkan Anda bagaimana untuk berinteraksi dengan seseorang - jika mereka negatif atau bermusuhan misalnya. Mengetahui hal ini dapat menghemat banyak waktu dan stres di masa depan.

Keyakinan Diri

21. Belajar untuk menerima kritik palsu - umpan balik yang tidak memiliki nilai membangun - tidak kehilangan kepercayaan diri adalah suatu keharusan jika Anda ingin melakukan hal-hal besar dalam hidup. Anda menerima pekerjaan lebih besar, kritik juga akan lebih besar.

22. Ketika seseorang mengkritik Anda, itu menampakan kelalaian Anda sendiri. Jika Anda diam-diam setuju bahwa Anda malas, Anda telah sampai ke akarnya. Mengapa Anda percaya itu - dan apa yang dapat Anda lakukan?

23. Belajar bergerak maju setelah kritik, bahkan jika Anda tidak merasa sangat percaya diri, menjamin tidak ada komentar tersembunyi mencegah Anda merebut impian Anda. Anggap saja sebagai memisahkan gandum dari sekam, mengambil apa yang berguna, meninggalkan sisanya dan terus maju!

24. Ketika orang lain menilai Anda kasar, Anda memiliki kesempatan untuk melihat diri Anda. Penelitian menunjukkan bahwa sampai 80 persen pikiran kita negatif. Pergunakan kesempatan ini untuk melihat dan mengubah proses berpikir Anda sehingga Anda tidak menguras dan menyabotase diri sendiri!

25. Menerima umpan balik dengan baik mengingatkan Anda memiliki kekurangan - ketidaksempurnaan adalah bagian dari menjadi manusia. Jika Anda bisa mengakui kelemahan dan bekerja tanpa merendahkan diri sendiri, Anda akan mengalami jauh lebih bahagia, kedamaian, kenikmatan, dan kesuksesan. [Kelly Chang, Jogjakarta]

PEMUDA TIONGHOA BERBAGI TAKJIL

Posted: 24 Aug 2011 10:38 PM PDT

Ikatan Tionghoa Muda (ITM) Kota Tanjungpinang yang merupakan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) baru di ibukota Kepri dengan anggota mayoritas remaja dan generasi muda Tionghoa, Selasa (23/8) petang berbagi takjil atau makanan berbuka puasa di Jalan Merdeka Tanjungpinang. Pembagian takjil itu menjadi wujud dari tekad organisasi ini, untuk menjaga kerukunan, kebersamaan, kesatuan dan persatuan dengan tanpa memandang etnis, suku atau agama.

''Di bulan Ramadan yang suci ini, ITM ikut berpartisipasi untuk saudara-saudara muslimin dan muslimah yang diwujudkan dengan pembagian takjil, untuk berbuka puasa,'' kata Ketua ITM, Edyanto kepada Tanjungpinang Pos, Rabu (24/8).

Menurut Edyanto, lokasi pembagian ratusan paket takjil di Jalan Merdeka depan Hotel Furia tersebut dilaksanakan karena jalan pertimbangan strategisnya jalan tersebut. Sedangkan paket takjil yang dibagikan tersebut antara lain berisikan es buah dan kue-kue, yang diharapkan bisa digunakan untuk berbuka.

Selain para anggota organisasi itu, sejumlah anggota DPRD juga ikut hadir dan ikut membagikan takjil. Di antaranya, anggota DPRD Kepri Rudy Chua dan anggota DPRD Tanjungpinang, Reny. Keduanya juga menjadi pembina di organisasi tersebut.

''Kedua anggota dewan kita yang sekaligus pembina ITM, ikut serta membagikan takjil didampingi pengurus ITM lainnya. Kepada pengendara dan masyarakat yang sedang melintas di lokasi pembagian takjil,'' ujar Edyanto. [Tiffany Chen, Batam]

DIBALIK KISAH BATU METEOR DI CHINA

Posted: 24 Aug 2011 09:27 PM PDT

Dikabarkan bahwa tidak lama sebelum Qin Shi Huang meninggal, sebuah meteor raksasa jatuh dari langit. Kata-kata 'Kaisar Qin Meninggal dan Tanahnya Terbagi' ditemukan tertulis di atas batu meteor tersebut. Karena Kaisar Qin tidak bisa menemukan siapa yang menulisnya, lalu ia membunuh semua penduduk desa yang tinggal dekat dengan tempat jatuhnya batu meteor tersebut.

Batu meteor 1, sekarang dipajang di Musium Meteorit Jilin di kota Jilin, adalah batu meteor terbesar yang di temukan baru-baru ini.

Sebenarnya, kata-kata itu  adalah ramalan. Setelah kejadian itu, Kaisar Qin benar-benar meninggal, dan enam negara yang telah dikalahkan olehnya, kembali menduduki wilayah mereka masing-masing. Sehingga ramalan yang tertulis di atas batu itu menjadi kenyataan. Seluruh kejadian ini tercatat di dalam buku Biografi Kaisar Qin 'Jing Shi' (Book of Odes), bab keenam.

Batu Meteor di Jilin

Pada 8 Maret 1976 jam 15:01, hujan meteor jatuh di Jilin, yang meliputi wilayah sekitar 500 kilometer persegi. Awalnya, bola api besar melintasi langit dan segera pecah menjadi tiga bagian bola api besar dan disertai dengan batu meteorit kecil yang tak terhitung jumlahnya.

Tiga bola api terbang  ke barat dengan sangat cepat. Di daerah ini, jutaan orang bisa mendengar suara gemuruh yang diciptakan oleh gelombang kejut dari bola api terbang dengan kecepatan tinggi. Bahkan pada ratusan kilometer, deru gemuruh juga bisa terdengar jelas. Kekuatan besar dari gelombang kejut, mirip dengan gelombang yang dipancarkan dari sebuah bom atom, mengakibatkan kerusakan parah pada daerah Jilin. Banyak warga melaporkan bahwa jendela–jendela rumah mereka hancur berantakan.

Di China, ada legenda rakyat tentang hujan meteor, suatu peristiwa yang terjadi sekali dalam 100 tahun. Tiga buah batu raksasa yang jatuh menunjukkan bahwa tiga orang penting akan meninggal. Seperti prediksi sebelumnya, tiga orang penting, Zhou Enlai, Zhu De dan Mao Zedong, meninggal pada tahun 1976.

Batu-batu meteor lainnya yang tak terhitung jumlahnya berhubungan dengan bencana alam yang besar. Pada 28 Juli 1976 di Tangshan, China, ada gempa besar. Gempa ini adalah bencana gempa terbesar yang tercatat dalam 400 tahun terakhir. Energi gempa ini setara dengan kekuatan 400 bom atom meledak dengan radius kedalam bawah tanah sejauh 16 km. Semua bangunan di kota Tangshan dengan lebih dari satu juta penduduk,  runtuh hampir seketika. Diperkirakan bahwa jumlah korban meninggal sebanyak 240.000 dan 160.000 lainnya terluka.

Batu Loncatan ke Dunia Surga

Beberapa cerita batu psikis dapat ditemukan dalam legenda China. Dikatakan bahwa Gunung Taihang dan Gunung Wangwu di zaman kuno adalah batu loncatan untuk keabadian melangkah terbang ke Surga. Dalam rangka untuk membiarkan keturunan mereka memprediksi berbagai keberuntungan dan bencana di dunia fana, Dewa meninggalkan batu psikis, yang disebut 'batu bersuara-babi.'

Batu Babi Bersuara Lagi

'Batu bersuara-babi' ditemukan di Desa Huifuyan Gaojiatai, tempat yang indah di Taihang Grand Canyon, kota  Linzhou China. Batu ini juga disebut 'batu peringatan,' 'batu psikis,' 'batu ilahi' dan 'batu aneh.' Karena suara yang dipancarkan seperti suara babi, orang menyebutnya 'batu bersuara-babi.'

Dikabarkan bahwa saat akan ada hal penting terjadi di China, 'batu babi' akan mengeluarkan suara keras untuk suatu peristiwa penting yang besar dan suara-suara kecil untuk peristiwa kecil. Ketika batu itu bersuara, ada sedikit getaran dapat dirasakan ketika anda menyentuhnya. Jika orang terlalu dekat dengan batu itu, suara batu langsung berhenti. Setelah terdiam beberapa saat, akan bersuara lagi. Suara tersebut sangat hidup, seperti suara babi berada dalam batu itu. Sementara itu, suara kadang-kadang keras, namun kadang-kadang lembut, sulit untuk direkam. 'Batu bersuara-babi' dijuluki 'Keajaiban pertama dari Taihang.'

Beberapa laporan mengungkapkan bahwa beberapa ahli di China telah mengetahui bagaimana batu dapat bersuara, tetapi mereka tidak dapat menemukan alasan yang tepat untuk menjelaskan fenomena tersebut. Beberapa sesepuh penduduk lokal  mengatakan bahwa 'batu bersuara-babi' seperti seorang peramal. Untuk perubahan-perubahan dunia, telah secara akurat diprediksi oleh penduduk  lokal dalam beberapa ratus tahun sebelum setiap peristiwa besar terjadi.

Beberapa contoh: meletusnya pemberontakan Li Zicheng melawan pemerintah selama akhir Dinasti Ming, Delapan-kekuatan Sekutu menyerang Angkatan China, Jepang menginvasi China pada Perang Dunia II, Revolusi Kebudayaan oleh Partai Komunis China (PKC), wabah SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) dan sebagainya. Para penduduk lokal selalu mengetahuinya sebelum sesuatu yang penting itu terjadi melalui 'batu bersuara-babi.' Sesepuh warga setempat mengatakan bahwa batu itu selalu punya 'mulut tertutup rapat.' Batu akan mengeluarkan suara hanya beberapa kali sebelum setiap peristiwa penting terjadi.

Namun, batu itu terus menerus mengeluarkan suara dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini telah membuat sesepuh warga  lokal berpikir bahwa beberapa peristiwa yang paling signifikan dalam sejarah akan terjadi dalam waktu dekat. [Susan Sie, Bandar Lampung]

No comments:

Post a Comment